Pulau Ayer Kepulauan Seribu, Ini Harga Paket Wisatanya

pulau ayer
Daftar isi

Pulau Ayer Kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan yang tepat bagi siapa saja yang ingin berlibur dengan suasana alam yang indah dan tenang tapi tidak jauh-jauh dri ibu kota.

Pulau ini hanya berjarak 15 kilometer atau perjalanan 25 sampai 30 menit menggunakan speedboat dari kota Jakarta. Meski dekat dengan perkotaan, pemandangan penuh pepohonan dan birunya air laut memberikan rasa teduh dan tenang para pengunjungnya.

Pulau ini termasuk salah satu gugusan pulau di Wilayah Administrasi Kepulauan Seribu yang dijuluki sebagai Pulau Mutiara dengan luas mencapai 10 hektar. Bukan hanya keindahan alamnya, berbagai fasilitas bintang 4 siap menyambut para pengunjung yang datang ke sini. Tertarik untuk datang? Yuk cek informasi di bawah ini terlebih dahulu..

Pulau Ayer Kepulauan Seribu

Pulau ini merupakan pulau resort, sedikit berbeda dengan pulau lainnya di kawasan Kepulauan Seribu. Namun, pulau ini sudah menjadi tempat favorite untuk berlibur sejak zaman kerajaan lho…

Sebelum Indonesia merdeka, banyak raja-raja menjadikan pulau ini menjadi tempat pelesir keluarga kerajaan. Saat penjajahan Belanda pun, banyak bangsawan yang pergi berlibur dan beristirahat di tempat ini. 

Artikel Terkait

Pulau ini juga pernah menjadi tempat peristirahatan Presiden Indonesia Ir. Soekarno pada tahun 1950 dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 1988.

Wisata Pulau Ayer

cottage pulau ayer diatas laut
Cottage Pulau Ayer (Photo by nusatour.co.id)

Pilihan wisata Pulau Ayer yang utama adalah keindahan pemandangannya dan kegiatan watersport. Berikut beberapa rekomendasi kegiatan berlibur versi Advontura untuk Anda!

Mencoba Watersport

Berbagai permainan olahraga air dapat Anda coba disini, seperti jet ski, banana boat, kano dan lain sebagianya. Sayangnya, Anda belum bisa berenang, snorkeling atau scuba diving disini karena posisi pulau yang dekat dengan perkotaan membuat kita harus berhati-hati dengan air laut yang tercemar.

Jalan Santai Mengelilingi Pulau

Di pulau ini disediakan jalan setapak yang mengitari pulau. Biasanya jalanan ini dipakai untuk jogging, bersepeda, atau sekedar jalan santai mengitari pulau.

Memancing di Floating Cottage

Memancing merupakan salah satu kegiatan favorite para pengunjung di sini, terlebih bagi mereka yang menginap di kamar terapung. 

Anda tidak perlu khawatir dengan peralatan memancing, karena disini sudah disediakan tempat penyewaan alat pancing beserta umpannya.

Makan Makanan Khas di Restoran Terapun

Tidak lengkap kalau berlibur tana mencoba masakan asli khas daerah. Kalau datang ke sini, pastikan Anda sudah mencoba berbagai masakan khas pulau ini di floating restoran atau restoran terapung ya. Dijamin pengalaman makan disini menjadi lebih menyenangkan.

Taman Bermain Anak dan Arcade Zone

Bagi yang membawa anak tau rombongan besar, pulai ini sudah menyediakan fasilitas taman bermain bagi anak dan Arcade Zone untuk outbound para pengunjungnya. jadi Anda tidak khawatir kalau bosan atau bingung ketika ada disini.

Baca juga: Pulau Harapan Kepulauan Seribu, Ini Harga Open Tripnya

Pulau Ayer Resort & Cottage

Menjadi pulau khusus resort, Pulau Ayer Resort & Cottage menawarkan dua jenis penginapan yang dapat Anda coba.

Floating Cottage

Jenis pertama adalah floating cottage atau penginapan apung. Jenis ini selalu menjadi pilihan utama banyak wisatawan yang datang. Di penginapan ini Anda bisa memancing ikan dan menikmati langsung suasana laut dari balkon kamar.

Terdapat 33 penginapan apung dengan fasilitas yang cukup lengkap, seperti televisi, AC, kulkas, safety box, mini bar, hingga shower air panas dan air dingin. Kamar di sini pun diberikan nama unik dari nama-nama Suku Asmat, seperti oshibi, serui, fakfak dan lain sebagianya.

Cottage Etnik

Selain penginapan apung, Anda Bisa memilih penginapan yang ada di pulaunya. Penginapan ini juga tidak kalah unik dengan mengadaptasi 12 cottage dengan tema etnik Papua. Fasilitasnya juga lengkap mulai dari 10 ruang karaoke dan bungalow.

Harga Penginapan di Pulau Ayer

Harga penginapan di Pulau Ayer sangat beragam dan bergantung pada jenis kamar dan lamanya menginap. Mulai dari harga Rp 350.000,00 per orang untuk satu hari hingga Rp 900.000,00 per satu orang untuk satu hari.

Kebanyakan wisatawan yang datang biasanya menggunakan jasa paket wisata agar mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap. 

Namun bagi Anda yang ingin datang dengan perencanaan sendiri agar lebih leluasa berlibur, ada baiknya untuk menyiapkan uang cash yang cukup ketika datang ke sini karena di kawasan ini belum tersedia ATM.

Paket Wisata Pulau Ayer

Wisata Pulau ayer
Pulau ayer (Photo by eagle-adventure.com)

Paket Wisata Pulau Ayer biasanya dibagi menjadi empat jenis. Pertama paket wisata reguler untuk jangka pendek atau hari-hari libur. 

Kedua paket wisata hari-hari libur keagamaan, seperti Lebaran atau HAri raya Natal. Kawasan ini juga cenderung lebih ramai saat hari libur keagamaan seperti di atas. Ketiga ada paket wisata khusus kegiatan outbound, gathering, atau tamasya sekolah.

Keempat ada paket wisata honeymoon. Untuk memilih wisata paket ini biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 2.000.000,00 sampai Rp 3.000.000,00 per pasangan. Namun dengan biaya tersebut Anda sudah bisa mendapatkan paket lengkap berupa kapal cepat pulang-pergi, welcome drink and flower dan juga beberapa buah-buahan segar.

Pulau Ayer Paket Murah

Bagi Anda yang ingin berlibur dengan harga yang bersaing, Anda bisa mencoba paket wisata untuk 1 hari penuh. Tarif yang perlu disiapkan untuk berlibur satu hari penuh kira-kira sebesar Rp 390.000,00 untuk orang dewasa dan Rp 370.000,00 untuk anak-anak usia 1 sampai 12 tahun.

Fasilitas umum yang bisa didapatkan seperti perjalanan kapal cepat pulang pergi, welcome drink, makna siang, kolam renang gratis, lapangan basket, volly pantai, taman bermain anak dan pajan pelayanan sebesar 21%.

Paket Wisata Pulau Ayer 3 Hari 2 Malam

Khusus bagi Anda yang ingin berlibur dengan puas bisa mencoba paket wisata Pulau Ayer 3 hari 2 malam. Untuk mengikuti paket ini Anda bisa menyiapkan biaya mulai dari Rp 1.300.000,00/orang sampai Rp 2.5000.00,00/orang pada hari biasa dan Rp 1.600.000,00/orang hingga Rp 3.000.000,00/orang pada hari libur.

Meski terbilang lebih mahal, dijamin akan sepadan dengan fasilitas dan pengalaman yang dirasakan. Namun, ada baiknya untuk memesan kamar jauh-jauh hari terlebih untuk pemesanan kamar terapung. Karena kamar terapung selalu menjadi incaran banyak orang.

Fasilitas Pulau Ayer

Sebagai pulau resort dengan start bintang 4, berbagai fasilitas premium siap menyambut dan melayani Anda selama berkunjung di pulau ini.

Beberapa fasilitas yang ada seperti front office, mini shop, restoran terapung, jogging track, arcade zone, mimikas swimming pool, fishing pier, convention hall, mamberamo multi room, karaoke room, dan ayar souvenir store.

Demikian pembahasan mengenai Pulau Ayer Kepulauan Seribu kali ini. Semoga informasi diatas dapat berguna bagi Anda yang sedang mencari informasi liburan yang tidak jauh dari ibu kota. Sampai jumpa di berbagai pembahasan tempat wisata Indonesia lainnya!

Baca juga: Taman Nasional Pulau Komodo: Wisata Keajaiban Dunia

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *