Wisata Pulau Tidung | Aktivitas Menarik dan Penginapanya

Wisata Pulau Tidung
Photo by traveloka.com
Daftar isi

Menjelang pergantian tahun 2022 yang tinggal menghitung hari, sobat Advontura sudah merencanakan lokasi wisata yang akan dituju? Jika belum, Anda bisa memilih wisata Pulau Tidung sebagai lokasi untuk menghabiskan liburan akhir tahun bersama keluarga ataupun pasangan Anda.

Pulang yang menyimpan panorama alam begitu menakjubkan ini, merupakan destinasi wisata primadona di Kepulauan Seribu. Indahnya pantai dan jernihnya air laut tidak heran membuat tempat ini banyak diburu oleh para wisatawan.

Penasaran seperti ulasan lengkap tempat wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu? Yuk baca artikel berikut sampai habis.

Sejarah Pulau Tidung

Sebelum dikenal dengan nama Pulau Tidung, dulunya pulau ini bernama Pulau Air Besar. Nama Tidung sendiri merupakan pemberian dari Raja Pandita yang merupakan raja dari Kerajaan Tidung di wilayah Kalimantan Utara.

Beliau memberikan nama Tidung dengan niatan untuk mengenang kampung halamannya selama beliau berada di pulau tersebut. Saat itu tepatnya di masa penjajahan Belanda, beliau merupakan sosok yang paling menentang keras kolonialisme Belanda sehingga diasingkan ke pulau ini.

Artikel Terkait

Tidak hanya Raja Pandita saja, orang-orang yang membangkang pihak Belanda pun juga di asing ke tempat tersebut. Raja Pandita sempat diasingkan di beberapa wilayah, yang pertama ke Banjarmasin, Jepara, Batavia dan terakhir ke Pulau Tidung ini di tahun 1892.

Hingga di tahun 1898 beliau wafat di pulau yang jauh dari tanah kelahirannya ini. Kisah keterkaitan Raja Pandita dan Pulau Tidung sempat tersimpan rapat dan tidak diketahui sama sekali oleh masyarakat.

Hingga di tahun 2011 berkat perkembangan teknologi informasi yang pesat, kisah ini pun tersebar di berbagai media. Bahkan sampai terdengar ke telinga masyarakat Malinau yang merupakan keturunan dari Kerajaan Tidung yang merupakan tanah kelahiran Raja Tidung.

Wisata Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan salah satu pulau dalam kawasan Kepulauan Seribu yang menyuguhkan pesona alam yang begitu eksotis. Mulai dari keindahan pulau dan pantainya, pemandangan bawah laut mengagumkan, hingga jernihnya air laut berwarna hijau kebiruan sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Pulau yang tepat bagi Anda untuk dijadikan destinasi wisata  liburan akhir tahun bersama keluarga, sahabat ataupun pasangan Anda. Pulau dengan luas lahan sekitar 35 hektar ini, memiliki 2 bagian wilayah yaitu Tidung Besar dan Tidung Kecil.

Dimana kedua pulau ini dihubungkan oleh jembatan panjang sekitar 700 meter yang dikenal dengan sebutan Jembatan Cinta. Jembatan ini adalah icon wisata paling populer dan banyak diminati oleh wisatawan saat berkunjung ke Pulau tersebut.

Terdapat mitos unik yang beredar tentang jembatan cinta dimana pasangan kekasih yang belum menikah dan datang berdua melintasi jembatan ini nanti akan berjodoh. Sedangkan bagi pengunjung pasangan suami istri dipercaya kehidupan rumah tangganya akan semakin langgeng.

Namun hal ini tergantung dengan kepercayaan dan keyakinan setiap masing-masing individu. Terlepas dari mitos yang beredar, faktanya lokasi jembatan ini memang paling favorit bagi wisatawan. Sebab pengunjung tak jarang menguji adrenaline mereka dengan terjun dari jembatan setinggi 6 meter ini.

Terjun dari jembatan dan merasakan segarnya air laut menjadi kepuasan tersendiri bagi wisatawan saat berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Lalu selain jembatan kegiatan apa saja sih yang bisa sobat Advontura lakukan di destinasi wisata kali ini? Berikut aktivitas yang bisa Anda coba dan pastinya akan membuat hari liburmu jadi lebih seru:

Snorkeling

Diving di pantai tidung
Diving di pantai tidung (Photo by seribuharapan.com)

Para wisatawan hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 35.000 saja untuk menyewa alat snorkeling dengan jangka waktu seharian penuh. Namun bagi pengunjung yang sudah memiliki alat snorkeling sendiri, bisa langsung menikmati pesona biota bawah laut yang akan membuat pengunjung terkagum-kagum.

Selama melakukan aktivitas snorkeling dihimbau untuk selalu berhati-hati sebab di beberapa area pengunjung dapat menemukan bulu babi. 

Permainan Air Lainnya

Selain snorkeling pengunjung juga bisa mencoba berbagai jenis permainan air diantaranya yaitu water sofa, banana boat, donuts boat, canoe, jet ski, angsa laut dan lain-lain. Wahana permainan air ini dibandrol dengan tarif sebesar 20 ribu hingga 50 ribu saja setiap jenis permainan

Bersepeda

Apabila pengunjung tidak ingin bermain air, Anda bisa mencoba bersepeda mengelilingi pulau untuk menikmati indahnya pantai dan merasakan hembusan semilir angin yang sejuk. Disini banyak tersedia penyewaan sepeda bagi para wisatawan, dengan kisaran harga sekitar Rp 10.000 hingga Rp 25.000.

Penangkaran Penyu Sisik

Aktivitas selanjutnya yang bisa pengunjung lakukan yaitu melihat penangkaran penyu sisik di pulau tidung kecil. Anda hanya perlu menyebrangi jembatan cinta saja untuk sampai ke lokasi penangkaran. Lokasi ini bisa Anda jadikan destinasi wisata edukasi bersama putra-putri Anda.

Penanaman Mangrove

Selain melihat penangkaran penyu, di Tidung Kecil wisatawan juga bisa melakukan kegiatan penanaman Mangrove sebagai upaya untuk budidaya Mangrove dan konservasi perairan pulau ini. Hutan mangrove menawarkan latar belakang yang indah yang bisa Anda abadikan untuk menambah daftar foto koleksi Anda.

Menikmati Sunset

Menikmati panorama alam yang begitu nan mempesona apalagi kalau bukan pesona sunrise dan sunset di Pulau Tidung. Menyaksikan munculnya atau terbenamnya matahari secara perlahan dari ujung laut indah yang begitu indah bercampur dengan suara desiran ombak yang merdu akan membuat rasa lelah nan penatmu hilang seketika.

Semua area di pulau ini bisa dijadikan tempat untuk melihat pesona alam ini, Namun spot utama yang menjadi favorit pengunjung untuk menikmati sunrise dan sunset yaitu apalagi kalau bukan Jembatan Cinta.

Wisata Kuliner

Jika pengunjung merasa lapar, tidak perlu khawatir mencari tempat makan. Sebab pengunjung dapat menemukan warung-warung makan, kedai, cafe, hingga restoran yang bisa Anda jadikan tempat wisata kuliner.

Makanan yang disajikan pun beragam mulai dari Seafood segar yang diolah dari hasil tangkapan segar, seperti ikan, udang, cumi-cumi, kepiting, sotong, kerang, dan seafood lainnya akan diolah dengan bumbu khas penduduk setempat. Panti Anda akan ketagihan ketika merasakannya.

Tidak hanya itu, disini juga menjual Jajanan khas dari Pulau Tidung yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu otak-otak yang diolah dari daging ikan tenggiri. Jajanan yang cocok untuk nikmati bersama es teh, es soda, es kelapa muda, es jeruk, atau minuman dingin lainnya sambil melihat pemandangan pantai.

Baca Juga: Taman Nasional Pulau Komodo: Wisata Keajaiban Dunia

Cara ke Pulau Tidung

Pulau tidung kepulauan seribu
Pulau tidung (Photo by Google Maps – Rahmad Setiadi)

Alamat Pulau Tidung ini berada di sebelah barat laut Jakarta, lebih tepatnya berada di Kepulauan Seribu. Jarak antara Jakarta dengan pulau tersebut sejauh 32 Mil laut. Untuk mencapai lokasi wisata ini tersedia berbagai transportasi ke Pulau Tidung mulai dari kapal feri hingga speedboat.

Apabila pengunjung menggunakan kapal feri dari pelabuhan Muara Angke dan dermaga Kali Adem dibutuhkan waktu sekitar 2,5-3 jam perjalanan. Pengunjung akan dikenai tarif Rp 45.000 saja. Jika pengunjung ingin lebih cepat bisa menggunakan speedboat dari Marina Ancol dengan waktu tempuh sekitar 45 menit saja, namun tarif yang dibayar relatif lebih mahal yaitu sekitar Rp150.000/ orang.

Selain di Jakarta, pengunjung juga bisa menyebrang lewat Pelabuhan Rawasaban Tangerang menggunakan kapal feri untuk sampai ke lokasi wisata ini. Jarak untuk sampai ke pulau ini lebih cepat lewat Pelabuhan Rawasaban dari pada pelabuhan yang ada di Jakarta.

Penginapan Pulau Tidung

Setelah menikmati pesona tempat wisata Pulau Tidung. Wisatawan bisa beristirahat di hotel ataupun penginapan yang letaknya tidak jauh dari area pantai, dengan berbagai pilihan harga dan fasilitas menarik yang bisa Anda coba.

Beberapa hotel dan penginapan di Pulau Tidungyang bisa Anda dijadikan pilihan antara lain adalah Mutiara Tidung Resort, Tidung Lagoon, Penginapan New Griya Rahma, Homestay Safari, Sera Homestay dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Jika Anda ingin lebih berhemat saat berlibur ke detinasi wisata ini, tersedia berbagai pilihan paket wisata pulau tidung dengan tarif harga yang bervariasi mulai dari 250 ribu hingga 1jt rupiah. 

Harga ini tergantung dari berapa lama Anda berlibur dan aktivitas yang nantinya Anda nikmati. Semakin Anda membawa rombongan keluarga akan semakin murah juga harga yang ditawarkan

Demikian informasi mengenai wisata Pulau Tidung. Semoga informasi di atas bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang mencari referensi lokasi wisata untuk merayakan pergantian tahun bersama keluarga atau pasangan Anda. Sampai jumpa pada pembahasan destinasi wisata seru lainnya.

Baca Juga: Pantai Pulau Merah Banyuwangi – Tiket, Lokasi, dan Hotel

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *