Advontura – Platform Informasi Tempat Wisata Seru untuk Traveller

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Tana Toraja Sulsel – 11 Tempat Wisata dan Paket Tournya

Kabupaten Tana Toraja Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang kaya dengan nilai budaya dan masih memegang erat tradisi dan gaya hidup Austronesia. Tempatnya yang unik menjadikannya salah satu kawasan konservasi peradaban budaya sekaligus Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2009.

Daerah ini dinamakan dari kata To Riaja dalam bahasa Bugis yang berarti “Orang yang Berdiam di Negeri Atas”. Berdasarkan sebutan inilah banyak orang yang menyebut daerah ini sebagai “Negeri di Atas Awan.”

Daerah ini sangat terkenal dengan ritual pemakaman, ukiran kayu dan rumah adat Tongkonannya. Tapi, keindahan Tana Toraja tidak hanya berhenti pada tiga hal di atas. Penasaran dengan info lengkapnya? Yuk ikuti terus penjelasannya di bawah ini!

Letak Tana Toraja Sulawesi Selatan

Kawasan ini berada di  kabupaten Tana Toraja yang berada di provinsi Sulawesi Selatan dengan ibu kota yang bernama Makale. 

Kabupaten Tana Toraja memiliki luas wilayah mencapai lebih dari 2 juta kilometer persegi, kawasan ini memiliki beberapa komoditas unggulan seperti sayuran, cengkeh, vanili, kopi hingga coklat. Beberapa diantaranya bahkan sering dijadikan sebagai buah tangan bagi para wisatawan yang datang ke sini.

Tempat Wisata Tana Toraja Terbaik

Photo by bisniswisata.co.id

Mempunyai keindahan alam dan budaya yang masih terjaga dengan baik, banyak tempat wisata Tana Toraja yang bisa dikunjungi kapan saja. Berikut, Advontura telah merangkum beberapa destinasinya agar pengalaman liburan Anda semakin menyenangkan!

1. Pango-Pango

Bagi Anda yang suka melihat pemandangan dari atas bukit, Pango-Pango adalah jawabannya. Karena dari bukit ini, para pengunjung bisa melihat panorama alam hijau yang begitu indah. 

Dari tempat ini, para pengunjung bisa melihat barisan pepohonan yang terhampar luas. Berdiri di atas puncaknya juga memberikan sensasi bahwa Anda sedang berdiri di atas awan.

Bagi Sobat Advontura yang tertarik berkunjung, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp15.000,00 untuk menikmati pesona alam sepuasnya. Selain itu bawalah jaket tebal dan datanglah saat sunset atau sunrise. 

2. Gua Lemo Tana Toraja

Gua Lemo merupakan sebuah kompleks makan unik tempat dikuburkannya para bangsawan Toraja. Letaknya ada di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi.

Bagi masyarakat suku Toraja, para bangsawan yang meninggal harus dimakamkan dengan memasukkan tubuhnya ke dalam batu. Tidak ketinggalan patung juga dibuat menyerupai orang yang wafat untuk mengenang mereka. 

Peletakannya juga tidak tidak boleh sembarangan. Harus diajarkan dalam gua sesuai ikatan darah orang tersebut dengan para leluhur.

Meski kompleks pemakaman, gua ini terlihat cantik dengan semburat warna merah alam dari unsur mineral logam yang mengendap selama bertahun-tahun. 

Anda juga tidak perlu takut untuk datang karena kawasan ini sudah ramai akan wisatawan. Namun harus tetap diingat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesopanan. Untuk memasukinya, cukup membayar tiket masuk sebesar Rp20.000,00/ 3 orang.

3. Patung Yesus Bukit Buntu Burake Tana Toraja

Sekarang tidak perlu jauh-jauh ke Brasil untuk melihat Patung Kristus Penebus yang indah, karena disini Anda juga bisa menemukan monumen yang serupa.

Berdiri kokoh di Bukit Buntu Burake, patung ini menjadi salah satu destinasi religi bagi umat Kristiani. Selain itu terdapat jembatan kaca sepanjang 90 meter yang menambah cantik tempat ini.

Meski sebagai tempat wisata religi, kawasan ini tetap terbuka untuk umum. Dan apabila ingin berkunjung ke sini, datanglah sepagi mungkin mulai dari jam 6 waktu WITA untuk melihat pemandangan matahari terbit. 

Bagi Anda yang tertarik datang, para pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp50.0000,00 per orang.

4. Desa Tongkonan Pallawa

Desa Pallawa merupakan kompleks 11 rumah adat Tongkonan yang keasliannya masih terjaga semenjak zaman nenek moyang. Bukan itu saja, lingkungan alam dan udaranya juga masih sangat asri.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup lama, yaitu selama 7 jam dari kota Makassar. Namun untuk memasukinya para pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk sama sekali.  

5. Kolam Air Limbong

Khusus bagi Anda yang lebih suka tempat wisata yang tenang tanpa banyak pengunjung, cobalah datang ke Kolam Air Limbong. Yang menjadikan tempat ini unik adalah danaunya yang diapit oleh dua tebing hijau dengan warna air yang juga biru kehijauan. 

Selain itu, tempat ini hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari Rantepao, tepatnya di Jalan Singki. Bagi Anda yang ingin berkunjung kawasan ini memberlakukan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000,00 bagi wisatawan lokal dan Rp20.000,00 untuk turis asing. Beberapa fasilitas penunjang juga sudah tersedia seperti toilet dan rumah makan. 

6. Gumuk Pasir Sumalu

Ada satu tempat yang tidak bisa Anda lewatkan ketika berkunjung ke sini, yaitu Gumuk Pasir Sumalu. Gundakan pasirnya berbeda dengan tempat lain karena memiliki ketinggian yang berbeda dan warna yang begitu eksotik.

Untuk mencapai kawasan ini, Anda harus menempuh perjalanan selama satu jam lebih atau sejauh 25 kilometer dari rute Rantepao. Selain itu tidak ada biaya tiket masuk disini, hanya saja Anda harus membayar tarif parkir sebesar Rp10.000,00.

7. Bukit Ollon

Tempat wisata Tana Toraja lainnya adalah Bukit Ollon, atau biasanya disebut “Bukit Teletubbies”. Letaknya sendiri ada di Kecamatan Bonggakaradeng. Kecantikan bentangan bukit hijaunya akan semakin terasa apabila saat musim penghujan. 

Selain sebagai spot yang cocok untuk fotografi, tidak jarang kawasan ini menjadi tempat berkemah bagi pecinta alam bebas.

8. Taman Prasejarah Leang Leang

Taman Prasejarah Leang-Leang adalah salah satu kawasan karst terbesar di dunia setelah Guangzhou, China. Gua Karst ini adalah saksi bisu tentang keberadaan manusia purba yang ada di Indonesia. Di sini, para pengunjung bisa melihat lukisan tapak manusia di dinding gua.

Untuk memasuki kawasan ini, Anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp10.000,00 per orangnya. 

Baca juga: Desa Wisata Pentingsari: Desa Penuh Pesona di Jogja

9. Bori Kalimbuang

Kalau Laeng-Laeng punya goa karst, Bori Kalimbuang punya kumpulan batu megalitik yang berdiri menjulang di atas padang rumput hijau. Tidak main-main, ada sekitar 102 buah batu menhir yang terdapat di kawasan ini.

Awalnya batu ini dibuat saat penyemayaman jenazah. Bentuk dan besarnya juga beragam karena disesuaikan dengan strata sosial seseorang. Kawasan ini terletak di daerah Bori, Sesean, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Untuk memasuki kawasan ini Anda hanya perlu membayar parkir sebesar Rp5.000,00 saja. 

10. Ramang-Ramang

Bagi pecinta film “Avatar The Legend of Aang” tentu tidak asing dengan pemandangan bukit-bukit hijau yang menjulang ke atas langit.

Kali ini Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke taman hiburan di luar negeri, karena di tanah Toraja terdapat Ramang-Ramang yang menawarkan panorama alam yang mirip dengan serial animasi tersebut.

Kawasan wisata Tana Toraja satu ini juga merupakan salah satu geopark yang dilindungi oleh UNESCO langsung loh. Bagi pengunjung yang tertarik untuk datang, bisa menyewa perahu yang berkapasitas 10 orang dengan tarif sebesar Rp300.000,00.

11. Sarambu Sikore

Pesona Sarambu Sikore memang sudah dipertanyakan lagi. Atmosfer alam yang alami, air terjun bersih dengan percikan air yang menenangkan, membuat siapa saja betah berada disini.

Lingkungan alam sekitarnya juga sangat mendukung bagi Anda yang sedang mencari ketenangan. Lokasinya ada di Lembang Salu, Kecamatan Sopai. Menariknya lagi, para pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya tiket masuk apapun alias gratis. 

Informasi Tana Toraja Tour

Karena kaya dengan berbagai tempat wisata, berbagai penyedia jasa Tana Toraja Tour sudah dapat dijumpai dengan mudah. Harga dan fasilitas yang ditawarkan juga beragam tergantung lama berkunjung dan jenis tour yang dipilih. 

Khusus bagi Anda yang tertarik menggunakan jasa private tour sebaiknya menyiapkan biasanya sekitar Rp3.610.000,00 hingga Rp4.000,000,00 per orangnya untuk paket 4 hari 3 malam.

Makanan Khas Tana Toraja Sulawesi Selatan

Makanan Khas Tana Toraja Sulawesi Selatan
Photo by tokopedia.com

Selain mengunjungi berbagai tempat wisata Tana Toraja, Anda juga bisa berkeliling sambil berwisata kuliner loh. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Tana Toraja yang bisa Anda coba selama berkunjung ke sini!

Pantollo Pamarrasan

Pantollo Pamarrasan adalah kuliner khas yang menggunakan bumbu kluwek hitam atau rawon sebagai bahan utamanya. Biasanya dimasak dengan campuran daging babi, kerbau, belut, ikan, bahkan pari.

Deppa Tori

Deppa Tori adalah makanan khas Toraja yang terbuat dari tepung beras yang diolah secara khusus. Bagi Anda yang tertarik mencoba, cemilan ini bisa di dapat dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh.

Kopi Toraja

Kabupaten Tana Toraja merupakan salah satu kawasan penghasil kopi berkualitas internasional di Indonesia. Tanahnya yang subur yang terletak di dataran tinggi membuat tumbuhan kopi tumbuh dengan maksimal.

Daerah ini juga punya kopi khas mereka sendiri yaitu Kopi Toraja dengan sedikit rasa asam namun tidak terlalu pahit. Bukan hanya rasanya saja yang menjadi primadona, aromanya juga sangat harum dan begitu khas.

Hotel di Tana Toraja Sulawesi Selatan

Bagi Anda yang ingin menginap, ada beberapa hotel di Tana Toraja yang bisa dicoba. Beberapa di antara adalah Toraja Torsina Hotel, Wisma Maestro Rantepao, Hotel Sahid Toraja, Toraja Misiliana Hotel, dan lain sebagainya.

Untuk menginap di beberapa pilihan hotel di Tana Toraja di atas, ada baiknya untuk menyiapkan dana mulai dari Rp300.000,00 hingga Rp900.000,00 per dua orang untuk satu malam. Atau apabila ingin lebih murah dan tidak repot, bisa langsung menyewa paket travel yang telah disediakan.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang kawasan wisata Kabupaten Tana Toraja Sulawesi Selatan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin berkunjung. Sampai jumpa di pembahasan destinasi liburan menarik lainnya di Indonesia!

Baca juga: Nepal Van Java, Desa Wisata Magelang Ala Negara Nepal

0

Artikel Terkait