Jembatan Barelang Batam – Sejarah, Lokasi dan Fasilitas

Lokasi Jembatan Barelang
Photo by pegipegi.com
Daftar isi

Kalau ditanya apa saja icon kota Batam, pasti jawaban pertama yang keluar adalah Jembatan Barelang. Dikenal juga sebagai “Golden Gate-nya Indonesia”, jembatan ini menggabungkan model arsitektur Amerika dan Eropa. 

Selain itu, pesona sejarah dan pemandangan cantik yang bisa disaksikan dari atas jembatan ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Bahkan rasanya kurang pas kalau berkunjung ke Batam tanpa mampir dulu ke jembatan ini. Tertarik untuk berkunjung? Yuk simak terlebih dahulu artikel di bawah ini!

Sejarah Jembatan Barelang Batam

Jembatan Berelang
Jembatan Barelang (Photo by kumparan.com)

Namanya merupakan singkatan dari tiga pulau yaitu Batam, Galang, dan Rempang. Sejarah Jembatan Barelang Batam dimulai pada tahun 1992 sampai 1998 yang diprakarsai oleh Menteri Riset dan Teknologi yaitu Bapak Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie.

Selain berfungsi menjadi infrastruktur untuk meningkatkan perekonomian dan industri, jembatan ini juga dibangun untuk menjadi kawasan wisata dengan memilih struktur Golden Gate yang ada di San Fransisco.

Bukan hanya itu, jembatan ini terdiri dari enam jembatan dengan arsitektur yang berbeda-beda. Setiap area juga diberi sebutan yang berbeda-beda berdasarkan nama raja yang dulu berkuasa pada zaman Kerajaan Melayu Riau.

Artikel Terkait

Nama setiap jambatannya adalah Tengku Fisabilillah, Nara Singa, Raja Ali Haji, Sultan Zainal Abidin, Tuanku Tambusai dan Raja Kecik.

Lokasi Jembatan Barelang

Lokasi Jembatan Barelang ada di Jalan Trans Barelang, Pulau Setokok, Bulang, Kota Batam. Para pengunjung yang datang tidak perlu membayar tiket masuk dan bisa berkunjung kapan saja karena kawasan ini selalu dibuka setiap hari.  

Akses Menuju Lokasi

Sebenarnya akses menuju lokasi termasuk mudah bagi para pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi. Namun apabila Anda memilih memakai transportasi umum maka Sobat Advontura bisa naik bus transBatam dan transit beberapa kali.

Wisata Jembatan Barelang Batam

Wisata Jembatan Berelang
Wisata Jembatan Barelang Batam (Photo by travel.kompas.com)

Berdiri sejak 23 tahun yang lalu, kawasan ini sudah semakin dikenal oleh banyak orang. Oleh karena itu pihak pengelola juga semakin gencar melakukan pengembangan di area sekitarnya. Kali ini, Advontura punya beberapa rekomendasi kegiatan wisata Jembatan Barelang Batam yang cocok untuk Anda!

Menikmati Panorama Jembatan Barelang Malam Hari

Saat siang hari jembatan ini memang memberikan panorama yang indah dengan memperlihatkan bentangan laut lepas serta menyaksikan kehidupan masyarakat bawah jembatan. Namun panorama saat malam juga tidak bisa diremehkan.

Panorama Jembatan Barelang malam hari memberikan pengalaman yang berbeda. Gemerlap lampu jembatan dan pemukiman di bawahnya akan sangat indah untuk dilihat secara langsung atau dari lensa kamera.

Baca juga: Wisata Labuan Bajo: Jembatan Menuju Surga

Hunting Foto

Aktivitas satu ini menjadi kegiatan favorite para pengunjung yang datang. Tak sedikit pula para fotografer yang berlatih memotret di sekitar jembatan. Jadi bagi Anda yang berkunjung ke sini jangan sampai lupa membawa kamera ya.

Berpiknik Ria

Selain berfoto, para pengunjung juga bisa mencoba piknik di Padang Dendang Melayu. Di taman ini Anda bisa menikmati semilir angin dan pemandangan sekitar dengan bebas. 

Anda juga bisa tidak membawa karpet piknik karena disini telah disediakan gazebo luas yang bisa digunakan untuk satu keluarga kecil. Selain itu ada warung kecil di sekitar taman yang menjual makanan ringan untuk menikmati waktu bersantai Anda.

Fasilitas yang Tersedia

Meski hanya sebuah jembatan, beberapa fasilitas wisata sudah dipersiapkan untuk para pengunjung yang datang. Seperti tempat penyewaan perahu kayu, deretan bangku tempat bersantai hingga gazebo luas untuk Anda yang ingin rebahan sekaligus menikmati hembusan angin Barelang.

Tips Berwisata

Sebelum berkunjung, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa tips berkunjung berikut agar pengalaman liburan Anda semakin nyaman, aman dan tentunya berbekas.

Bawa Kamera

Kamera adalah salah satu barang yang wajib dibawa. Jangan sampai Anda menyesal karena tidak membawa kamera padahal pemandangan di sekitarnya sangat mempesona. Terlebih bagi Sobat Advontura yang menyukai wisata pantai atau mempunyai hobi fotografi.

Bawa Makanan dari Rumah untuk Piknik

Khusus bagi para pengunjung yang berencana piknik di bawah Jembatan Barelang dan menikmati pemandangan disana. Anda bisa pergi ke Pantai Dendang Melayu sambil menikmati pemandangan jembatan sepuasnya.

Datanglah pada Cuaca Cerah

Satu hal lain yang penting untuk diingat adalah untuk datang saat cuaca cerah. Karena kalau datang saat hujan ditakutkan anginnya akan terlalu kencang sehingga Anda tidak bisa menikmati pemandangan sekitar.

Objek Wisata Terdekat Lainnya

Batam bukan hanya punya Jembatang Barelang loh, ada banyak berbagai objek wisata lain yang bisa Anda kunjungi. Seperti Ex-Camp Vietnam, Ocarina Park, Pantai Nongsa, Pulau Belakang Padang, Taman WIsata Habibie Tangga Seribu, Pantai Tanjung Pinggir, Piayu Laut dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Jembatan Barelang Batam. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat Anda yang sedang mencari destinasi alternatif liburan keluarga. Sampai jumpa di destinasi wisata keren Indonesia lainnya!

Baca juga: Jembatan Suramadu, Ini Letak & Sejarah Pembangunanya

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *