Kampung Betawi Setu Babakan, Wisata Asli Betawi di Jaksel

Setu babakan
Photo by review.bukalapak.com
Daftar isi

Kampung Betawi Setu Babakan adalah salah satu destinasi wisata unik di Jakarta. Meski namanya tidak sekondang TMII atau Dunia Fantasi Ancol, di sini para pengunjung bisa berlibur sambil belajar tentang kebudayaan Betawi melalui media yang menarik.

Tempat wisata ini sebenarnya cukup populer di kalangan masyarakat Jakarta dan sekitar. Dengan jumlah pengunjung hingga 4000 orang di hari biasa dan 10000 orang di hari libur, tempat berikut menjadi salah satu tempat wisata terfavorit banyak orang.

Tertarik untuk berkunjung? Yuk baca info lengkap seputar Kampung Betawi Setu Babakan Jakarta Selatan di bawah ini.

Sejarah Setu Babakan Jakarta Selatan

Kampung Betawi Setu Babakan Jakarta Selatan atau biasa dikenal sebagai Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan adalah tempat khusus untuk melestarikan budaya Betawi yang sudah mulai punah.

Tempat wisata ini didirikan pada 18 Agustus 2000 dan diresmikan pada 20 Januari 2001. Awalnya, banyak orang yang takut untuk tinggal di sekitar danau karena terkenal angker. Namun, setelah dilakukan banyak pengembangan dan perbaikan, daerah berikut disulap menjadi tempat yang jauh dari kesan angker.

Artikel Terkait

Pemerintah DKI Jakarta akhirnya memilih kawasan Kelurahan Srengseng Sawah sebagai cagar budaya untuk melestarikan budaya Betawi agar tidak punah. 

Daerah ini juga punya kesan tersendiri saat Lebaran tiba. Banyak masyarakat asli Betawi yang bersilaturahmi ke sini untuk bertemu sanak famili. Bahkan beberapa tokoh Indonesia seperti Presiden dan Gubernur juga ikut datang ke sini dalam beberapa acara tertentu.

Wisata Setu Babakan Jakarta Selatan

Para pengelola tempat liburan ini menyediakan beberapa jenis wisata yang bisa Anda nikmati. Berikut berbagai pilihan wisata di dalamnya.

Wisata Budaya

Sesuai dengan tujuan yang awal pembentukannya, tempat wisata ini menyuguhkan berbagai kegiatan kebudayaan yang bisa Anda lihat dan Anda coba secara langsung. Di sini Anda bisa menemukan kesenian musik, tari, silat, dan teater tradisional di panggung terbuka.

Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari berbagai kesenian Betawi di atas, pengelola menyediakan 12 workshop yang bisa Anda ikuti. Mulai dari belajar menari, musik, teater tradisional, kerajinan khas Betawi, membatik dan lain sebagainya.

Bahkan kalau Anda beruntung, Anda bisa melihat secara langsung bagaimana kehidupan masyarakat Betawi asli dan beberapa prosesi budaya Betawi seperti upacara pernikahan, sunatan, aqiqah, khatam Quran, nujuh bulan, injak anak, negederas dan lain sebagainya.

Wisata Kuliner

Jika Anda datang ke sini, tidak akan lengkap rasanya kalau tidak bisa mencicipi beberapa jajanan khas Betawi yang sudah sulit ditemui. Berikut beberapa rekomendasi jajanan yang selalu diburu oleh banyak orang.

Pertama ada Kerak Telor. Kerak telor adalah jajanan tradisional Betawi yang masih bisa bertahan sampai sekarang. Makanan ini terbuat dari telur yang digoreng, ketan putih dan udang kering. Kemudian ditambahkan merica, jahe, kelapa sangrai, cabe merah dan bumbu.

Harganya pun cukup murah, yaitu Rp 15.000,00 untuk telur ayam dan Rp 20.000,00 untuk telur bebek. Untuk cara menemukannya juga cukup mudah, karena ada di sepanjang jalan kampung betawi Setu Babakan.

Kedua ada Tauge Goreng. Meski namanya tauge goreng, sebenarnya tauge dan tahunya dimasak dengan cara direbus. Tauge Goreng beririsan bumbu tauco yang spesial dengan irisan lontong, tahu dan mie kuning. Satu porsinya dihargai sebesar Rp 15.000,00.

Ketiga adalah Laksa. Laksa merupakan salah satu jajanan yang mulai susah untuk ditemukan. Laksa berisikan mie, telur, tauge, kucai, perkedah, ketupat dan bawang goreng. Anda hanya perlu membayar Rp 15.000,00 saja untuk satu porsi Laksa. Mengingat jajanan ini hampir punah, jangan sia-siakan kesempatan Anda untuk mencoba Laksa selama jalan-jalan di sini, ya!

Selain ketiga jajanan di atas, masih banyak lagi kuliner khas Betawi yang bisa Anda coba. Mulai dari soto betawi, bir pletok dan lain sebagainya.

Setu Babakan
Setu Babakan (Photo by lembagakebudayaanbetawi.org)

Wisata Agro

Wisata Agro atau wisata pertanian menjadi salah satu daya tarik tempat wisata ini. Selain menjadi objek hiburan, beberapa kawasan di sini juga diperuntukkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Uniknya, kebun-kebun yang ada bukan dikumpulkan di suatu tempat khusus melainkan pengunjung bisa langsung melihat-lihat di area rumah warga. 

Beberapa jenis buah yang bisa ditemui antara lain buang mangga, melinjo, rambutan, kecapi, jambu, jamblang, krenang, buni, nangka dan lain-lain. Beberapa diantaranya adalah buah yang sudah langka di pasaran.

Baca juga: Danau Kerinci – Letak, Rute, dan Asal Usul

Wisata Air

Sesuai namanya, setu atau danau, di sini Anda bisa mencoba beberapa kegiatan hiburan air seperti sepeda air, olahraga kano dan memancing. Salah satu dibentuknya wisata air ini adalah untuk meningkatkan daya tarik wisata dari aspek olahraga air. Untuk menikmati wahana yang ada, para pengunjung cukup membayar sekitar Rp 10.000,00 sampai Rp 15.000,00.

Atraksi

Terdapat berbagai atraksi yang dibangun untuk melestarikan budaya Betawi dengan cara yang menyenangkan. Diantaranya adalah replika kampung betawi, embrio perkembangan budaya betawi, rumah betawi Setu Babakan, masjid khas Betawi dan amfiteater.

Fasilitas Setu Babakan Jakarta Selatan

Wisata setu babakan jagakarsa
Wisata setu babakan (Photo by independensi.com)

Fasilitas Setu Babakan Jakarta Selatan cukup lengkap, mulai dari mushola, area parkir, toilet, tempat makan, wisma, terapi ikan gratis dan berbagai spot berfoto.

Jam Buka Setu Babakan

Setu Babakan sudah dibuka sejak jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Biasanya, sejak pagi sudah banyak orang yang mulai memancing di sekitar danau.

Harga Tiket Masuk

Pengunjung yang datang tidak ditarik biaya apapun alias GRATIS. Sebagai gantinya, pengunjung hanya perlu untuk membayar parkir sebesar Rp 2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil.

Tips bagi Anda yang akan berkunjung dengan menggunakan mobil pribadi, disarankan untuk parkir di depan pintu masuk agar tidak terjebak macet di jalan pinggiran danau.

Zona Wisata

Dengan luas 289 hektar, kawasan wisata ini dibagi menjadi 5 bagian, yaitu Zona A, B, C, D dan E.

Zona A merupakan area untuk melihat berbagai pusat pelestarian budaya. Di dalamnya ada berbagai koleksi unik yang disimpan di Museum Embrio dan berbagai penyelenggaraan kebudayaan lainnya.

Zona B adalah pusat berbagai kuliner, bagi Anda yang suka berburu makanan enak. Zona ini adalah kunjungan wajib Anda.

Zona C sebenarnya masih dalam tahap pembangunan dan diusahakan agar selesai pada tahun ini.

Zona D adalah zona yang berbeda dari yang lain karena merupakan sebuah zona pembangunan. Rencananya di zona ini akan dibuat sekolah khusus kebudayan Betawi. Sehingga diharapkan pelestarian kebudayaan akan terus berkembang.

Zona E adalah zona cikal bakal perkembangan budaya Betawi. Di sana terdapat berbagai replika dan model suasana dan bangunana khas kebudayaan Betawi.

Lokasi

Lokasi Setu Babakan berada di Jalan Mohammad Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, RT.10/RW.9, Jakarta Selatan. Berjarak 5 km dari Kebun Binatang Ragunan arah ke Depok melalui Jalan Lenteng Agung Timur. Bagi Anda yang masih kebingungan atau takut tersesat, Anda bisa mengandalkan google maps sebagai penunjuk arah.

Demikian pembahasan kita tentang Wisata Setu Babakan kali ini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda untuk memudahkan perencanaan liburan ke depan. Sampai jumpa di destinasi-destinasi menarik dari Nusantara lainnya!

Baca juga: Danau Kelimutu : Pesona Danau Tiga Warna Flores

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *