Advontura – Platform Informasi Tempat Wisata Seru untuk Traveller

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Pasar Beringharjo Yogyakarta, Pusat Batik & Benda Antik

Pasar beringharjo

Pasar Beringharjo Yogyakarta merupakan pusat perbelanjaan tertua yang eksistensinya tidak bisa dipisahkan dengan keluarga keraton. Namanya berarti hutan pohon beringin yang diberikan dengan harapan untuk membawa kesejahteraan bagi masyarakat Jogja.

Hingga kini, popularitasnya tidak pernah pudar sebagai kawasan one stop shopping tradisional. Berbagai barang juga dijajakan di sini mulai batik, pakaian anak dewasa, bahan dasar jamu, sembako, uang kuno hingga barang antik lainnya.

Bukan hanya berbelanja, kawasan ini juga dikenal sebagai tempat wisata kuliner yang lengkap dan penuh dengan nostalgia. Tertarik untuk berkunjung? Yuk simak artikel di bawah ini. 

Sekilas Sejarah

Pada awalnya, area pasar ini hanyalah tanah kosong di tegalan dengan pedukuhan yang ada di sekelilingnya. Awalnya kawasan Beringharjo hanya digunakan sebagai pasar temporer.

Hingga pada tahun 1876 barulah pasar ini mulai dibangun kios atau los yang mengajar dari utara hingga selatan dan bersebelahan dengan Jalan Malioboro.

Pasar ini memiliki ikatan sejarah yang erat dengan Kesultanan Jogja. Hal ini dikarenakan keberadaan area perbelanjaan ini dipercaya sebagai salah satu pilar “catur tunggal” bersama Keraton, Alun-Alun Utara dan Masjid Keraton.

Apa Saja yang Ada di Sini?

Pasar Beringharjo
Photo by jurnaba.co

Pasar Beringharjo Jogja memang dikenal dengan barang-barangnya yang murah dan berkualitas tinggi. Bahkan di sini Anda masih bisa melakukan tawar menawar dengan penjualnya. Berikut beberapa panduan berbelanja yang Advontura siapkan khusus untuk Anda!

Wisata Belanja Murah Meriah

Pasar ini terdiri dari dua bangunan yang berada di bagian barat dan timur. Masing-masing memiliki dia dan tiga lantai. Saat memasuki kawasan ini, kesan yang paling banyak muncul adalah banyaknya pilihan pakaian batik yang bisa Anda temui. 

Di lantai dasar ini memang ditempati oleh berbagai kios batik bahan dan siap pakai. Berbagai jenis batik ada di di sini seperti Jogja, Solo, hingga batik Pekalongan. Selain itu Anda bisa menemui berbagai tas, tenun, blangkon serta pakaian surjan di lantai dasar.

Di Pasar Beringharjo lantai 2 adalah area khusus yang menjual bahan dan peralatan untuk membuat ramuan khas Indonesia atau jamu. Berbagai rempah-rempah seperti jahe, kunyit, kunci, kencur, serai, kayu manis hingga kapulaga bisa Anda temui dengan mudah. Tentunya dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang tetap terjaga.

Sedangkan di Pasar Beringharjo lantai 3 Anda akan menemukan berbagai barang antik. Seperti mesin ketik tua, tas, sepatu bekas hingga hem buatan tahun 1960-an ada di sini. Jadi tidak salah kalau banyak kolektor yang sering “berburu” di pasar ini.

Berkunjung ke Kampung Pecinan

Bagi para pengunjung masih belum puas mencari barang antik di dalam pasar, cobalah pergi ke Kampung Pecinan yang ada di sebelah utara area pasar. Berbagai koleksi lama di atas tahun 1950-an bisa Anda temui dengan mudah di sini.

Baca juga: Thamrin City Mall Jakarta – Jam Buka, Tempat Makan & Tips Belanja

Kuliner Pasar Beringharjo Malioboro

Salah satu yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke sini adalah pesona kulinernya. Dari pukul 7 pagi berbagai jajanan tradisional hingga makanan berat sudah bisa Anda temui.

Berbagai makanan tradisional seperti candil, pacar cina getuk kue lupis ketan, kue kipo, legomoro, mendut, mega mendung, hingga pecel urap sudah tersedia hangat dan pastinya lezat. 

Selain itu, pengalaman santap pagi Anda akan semakin berkesan sambil melihat para aktivitas para pedagang pasar tradisional yang hangat, ramah dan tentunya tidak bisa ditemukan di belahan dunia lain. 

Pasar Beringharjo Online

Seiring berkembangnya zaman dan memasuki era pandemi, para pihak pengelola mempunyai terobosan baru yaitu Pasar Beringharjo Online.

Saat ini pemerintah setempat telah merancang SEMAR atau Smart Traditional Market  yang memungkinkna para pembeli untuk mendapatkan barang dengan harga yang murah dan berkualitas langsung dari pasar ini. 

Beberapa dagangan yang akan dijualkan secara online antara lain makanan, bahan pokok. oleh-oleh, kriya hingga fashion. Jenis dagangan ini juga akan semakin beragam seiring berjalannya waktu. 

Alamat Pasar Beringharjo Malioboro

Pusat perbelanjaan masih jadi satu dengan kawasan Malioboro. Lebih tepatnya alamat Pasar Beringharjo ada di jalan Margomulyo No.16, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta. 

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke pasar ini, Anda cukup berjalan kaki saja apabila berangkat dari Malioboro.

Jam Buka Pasar Beringharjo Jogja

pasar beringharjo
Photo Oleh satoriahotel.com

Jam buka Pasar Beringharjo Malioboro sebenarnya dimulai pada setengah 9 pagi hingga jam 9 malam. Namun Anda juga bisa berkunjung lebih awal dari pukul 7 untuk bisa menikmati kuliner lezat tanpa harus bertemu dengan keramaian.

Objek Wisata Terdekat Lainnya

Selain pasar ini, Anda bisa menemukan berbagai objek wisata lain yang tetap unik dan penuh cerita. Beberapa rekomendasinya antara lain Tugu Jogja, Titik Nol KM, Alun-Alun Selatan dan tentunya Keraton Yogyakarta. 

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Pasar Beringharjo Yogyakarta. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin berburu barang murah dan berkualitas dari pasar tradisional di seluruh Indonesia. Sampai jumpa di destinasi wisata Indonesia lainnya!

Baca juga: Pasar Klewer Solo – Sejarah, Alamat dan Hotel Terdekat

0

Artikel Terkait