25 Tempat Wisata Pulau Samosir Indah & Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Pulau Samosir
Daftar isi

Pulau Samosir merupakan satu dari lima besar pulau yang berada di tengah danau terbesar di dunia. Berada di ketinggian 1.000 meter dari permukaan laut dan termasuk pulau vulkanik di Indonesia, pulau ini tidak hanya menyimpan berbagai keindahan alam saja melainkan keragaman budaya yang begitu kental serta berbagai misteri dan legendanya.

Menjadi salah satu ikon kota Medan sekaligus kebanggan bangsa Indonesia, pulau ini sangat sayang untuk dilewatkan. Terlebih ketika Anda sedang berlibur di Medan. Tertarik untuk berkunjung? Yuk simak terlebih dahulu informasi pentingnya di bawah ini.

Pulau Samosir

Luas Pulau Samosir mencapai 63.000 hektar atau setara dengan 640 kilometer persegi. Besar luas ini pun hampir sama dengan luas negara Singapura.

Luas Pulau Samosir inilah yang menjadikan daratan subur ini menjadi salah satu dari lima besar pulau terbesar di tengah danau yang ada di dunia.

Pulau ini berada di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Membentang sedemikian luasnya, daratan ini menampung 6 kecamatan dari total 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Samosir dan mempunyai lebih dari 100 desa. 

Artikel Terkait

Bagi para wisatawan yang ingin datang berlibur harus menempuh perjalanan darat selama sekitar 3 sampai empat jam dari pusat kota Medan. Anda bisa menaiki taksi dari kota dan pergi ke Terminal Amplas untuk melanjutkan perjalanan dengan bus umum menuju Parapat-Toba. 

Anda juga bisa menyewa mobil sekaligus supirnya dari Bandara Kualanamu sampai ke Danau Toba dengan tarif Rp600.000,00. Namun jika datang dari Bukit Lawang biaya yang harus disiapkan bisa sampai Rp1.100.000,00. Perjalanan jauh ini selalu terbayarkan dengan pengalaman dan pemandangan alam yang begitu menakjubkan.

Seperti yang diketahui, pulai ini berada di tengah-tengah Danau Toba. Para peneliti menjelaskan bahwa Pulau Samosir merupakan dasar danau yang terangkat karena adanya letusan di Danau Toba. Hal ini dibuktikan dari fosil ganggang yang banyak ditemukan di tengah-tengah pulau.

Terlepas dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh para peneliti, kisah Danau Toba dan Pulau Samosir tidak bisa dipisahkan.Terlebih pada kehidupan masyarakat asli sekitar. 

Legenda Pulau Samosir

Legenda pulau samosir
Legenda pulau samosir (Photo by kr freepik.com)

Bagai inai dengan kuku, kisah Danau Toba dan Pulau Samosir selalu berhubungan satu sama lain juga tidak pernah terpisahkan. Begitu pula pada Legenda Pulau Samosir.

Berdasarkan kepercayaan rakyat sekitar, legenda Pulau Samosir dimulai karena sebuah janji yang dilanggar sehingga menimbulkan malapetaka bagi banyak orang.

Konon ada seorang pemuda bernama Toba yang menikahi seorang gadis cantik jelmaan seekor ikan emas dan akhirnya memiliki anak laki-laki yang disebut Samosir.

Sebelum menikah, Toba berjanji untuk tidak pernah menceritakan asal usul gadis cantik itu dan anaknya. Sayangnya perjanjian itu dilanggar sehingga timbullah gempa besar disertai air yang meluap dengan sangat cepat. Akibat bencana itu lah terbentuk Danau Toba dan Pulau Samosir.

Tempat Wisata di Pulau Samosir

Kawasan Tuk Tuk memang sudah terkenal sebagai pusat turis. Namun dengan luas Pulau Samosir yang mencapai 63.000 hektar, bentala hijau ini memiliki segudang tempat wisata menarik yang mungkin belum Anda ketahui.

Kali ini Advontura telah meringkas berbagai pilihan tempat wisata di Pulau Samosir yang sayang sekali untuk dilewatkan. Yuk lihat daftar destinasinya di bawah ini!

1. Wisata Budaya di Kampung Tomok Pulau Samosir

Kampung Tomok adalah sebuah perkampungan budaya yang awalnya merupakan kawasan yang tempat tinggal para Raja. Di sini terdapat beberapa rumah panggung tradisional yang ditopang oleh tiang kayu besar yang awalnya dibangun oleh Raja Sidabutar.

Keunikan dan kemegahannya membuat banyak orang penasaran datang kemari. Hingga seiring berjalannya waktu, kompleks perumahan tradisional itu berubah menjadi museum kebudayaan.

Selain rumah bersejarah, Anda juga bisa mengunjungi kompleks pemakaman para Raja Batak. Uniknya, peti mati yang digunakan berasal dari batu dengan ukiran kepala manusia di ujungnya dan tidak ditanamkan di dalam tanah melainkan ada di permukaan.

Tidak hanya itu, di sini para pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan Sigale-Gale sebuah boneka kayu yang penuh misteri dan seni tari Tor Tor.  Bagi Anda yang ingin membeli cinderamata dan cuci mata, ada banyak toko penjual pernak pernik dna berbagai makanan khas Kampung Tomok.

2. Bersantai di Kota Pangururan Pulau Samosir

Kota Pangururan adalah kota wisata yang berada di tengah Pulau Samosir. Kawasan ini biasanya menjadi tempat persinggahan wisatawan sebelum mengeksplor keindahan pulau. Kawasan ini juga memiliki banyak taman di sekitar tepian Danau Toba.

Banyak orang yang datang untuk berolahraga di jalan setapak yang ada di samping taman sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan indah Danau Toba yang membentang jauh.

3. Menikmati Keindahan Alam Pulau Samosir dari Pusuk Buhit

Bagi orang biasa, lokasi ini masih jarang diketahui. Namun, bagi para pendaki Pusuk Buhit merupakan destinasi pendakian favorite. 

Lokasinya cukup tersembunyi, tapi dibalik itu Pusuk Buhit menyimpan keindahan alam yang tidak ada duanya. Panorama bukit, danau, lembah hijau di Kabupaten Samosir dan area persawah masyarakat sekitar akan memanjakan mata Anda.

Pemandangan matahari terbitnya sungguh luar biasa, bahkan dikenal dengan nama golden rise. Jika beruntung, Anda juga bisa merasakan sensasi berdiri di atas awan di puncak bukit pada waktu tertentu.

Bukan hanya keindahan alamnya saja,  menurut cerita dan sejarah yang dipercaya masyarakat sekitar, Pusuk Buhit merupakan tempat lahirnya suku Batak pada masa kerajaan.

4. Berendam di Pemandian Air Panas Rianiate Pulau Samosir

Siapa sangka bahwa di tengah danau ada pemandian air panas? Pemandian Air Panas Rianiate merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan yang datang ke Pulau Samosir.

Air panasnya berasal langsung dari gunung dan dipercaya mengandung banyak khasiat bagi kesehatan tubuh dan mampu memberikan efek relaksasi. Sembari berendam, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan terbuka berbagai pulau kecil dan bukit Sitalmak-Talmak.

Selain mata dan otot, Anda juga bisa memanjakan perut dengan mencoba Mie Gomak. Makanan ini adalah salah satu menu khas yang sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: Pulau Ayer Kepulauan Seribu, Ini Harga Paket Wisatanya

5. Panatapan Parhallow View Point

Panatapan Parhallow View Point adalah salah satu tempat dimana para pengunjung bisa menikmati keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir dari ketinggian. Jaraknya hanya 30 menit dari Desa Wisata Tomok.

Tiket masuknya juga gratis dan para pengunjung hanya diwajibkan untuk membeli makanan dan minuman yang ada di warung-warung sekitar. Menikmati kopi hangat dan mie rebus di tengah Bukit Barisan, tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

6. Berfoto di Jembatan Tano Ponggol

Kalau pergi ke Pulau Samosir, Anda pasti akan melewati Jembatan Tano Ponggol. Jalan penghubung ini menyambungkan Pulau Samosir dan Daratan Pulau Sumatera. 

Meski hanya sebuah jembatan, Anda bisa melihat pemandangan kapal tradisional yang berlalu-lalang dengan bebas tanpa dipungut biaya.

7. Melihat Keunikan Batu Guru Pulau Samosir

Batu Guru adalah sebuah batu granit besar yang disakralkan oleh penduduk sekitar. Berbeda dari batu lainnya, batu ini mengambang di tengah danau dan bisa berpindah-pindah tempat. Konon katanya, bagian bawahnya adalah rumah para ikan sedangkan dasarnya tidak bisa terlihat.

Bagi Anda yang penasaran, masih bisa diperbolehkan untuk datang. Namun hanya bisa melihat dari kejauhan. Para pengunjung bisa menyewa sampan atau kapal nelayan yang ada di Pelabuhan Nainggolan. Biasanya para nelayan juga tidak segan untuk menceritakan sejarah dari Batu Gurun ini.

8. Berpetualang di Pondok Wisata Lagundri

Pondok Wisata Lagundri adalah lokasi khusus wahana outbound bagi para pengunjung yang datang. Keindahan alam yang masih terjaga dilengkapi berbagai fasilitas yang bagus membuat kawasan ini menjadi banyak pilihan para wisatawan. Lokasi daerah wisata ini berada di ujung timur Pulau Samosir. Tepatnya di Desa Sitamiang, Onan Runggu.

9. Menikmati Suasana Pesisir di Pantai Sigugur Resort

Berada di tengah danau, Pulau Samosir juga memiliki beberapa kawasan pasir putih salah satunya Pantai Sigugur Resort. Area wisata ini termasuk baru dan dibuka sejak awal tahun 2020. 

Kondisi daratannya menjorok ke arah Danau Toba dengan indah yang kemudian dihias dengan berbagai spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan. Lokasinya berada di Desa Cinta Dame, Simanindo, Sinapuran.

10. Menenangkan Diri di Pantai Bebas Sukkean

Bagi yang menyukai pantai putih yang tenang, bersih dan tidak terlalu dalam. Anda bisa mencoba untuk berkunjung ke Pantai Abbas Sikken. 

Pantai ini cenderung tidak banyak didatangi wisatawan sehingga keadaan alamnya masih sangat terjaga. Airnya berwarna kehijauan, jernih, dan dangkal sehingga aman untuk berenang.

11. Mengunjungi Tempat Bersejarah di Kampung Huta Siallagan

Selain kawasan wisata Tomok, ada Kampung Wisata Adat Huta Siallagan. Selain menjadi daerah ini menjadi pelestarian adat, sejarah dan budaya desa ini dikenal sebagai kawasan penegakan hukum.

Di dalam ampung ini Anda bisa melihat batu yang dipahat dan ditanam bagaikan meja dan kursi yang melingkar. Dulunya meja dan kursi batu ini adalah tempat pengadilan penjahat oleh para Raja Batak. 

Berdasarkan keunikan dan nilai sejarahnya yang kental, area perkampungan ini dijadikan sebuah kampung adat sejarah. Untuk melihat berbagai peninggalan kerajaan dan mendengarkan sejarahnya secara langsung, Anda bisa mencoba untuk mengunjungi museum Huta Bolon yang ada di dalam kawasan ini. 

12. Menginap di Bukit Beta

Bukit Beta berada di kawasan Tuktuk, Siandong yang dikenal sebagai kawasan pusat para wisatawan untuk beristirahat di berbagai hotel dan penginapan bintang lima. 

Hal ini tidak mengherankan karena Bukit Beta memiliki perbukitan hijau yang sangat luas dan memberikan suasana damai menenangkan. Anda juga bisa mencoba bermain layang-layang, berburu air terjun atau hanya sekedar menikmati keindahan Danau Toba.

13. Melewati Pulau Tao 

Pulau Tao dulunya adalah primadona bagi turis mancanegara karena kondisi alam tropisnya. Namun saat ini sudah ditinggalkan dan berubah menjadi rumah bagi banyak spesies hewan dan burung. Karena itu, Anda lebih baik menikmati keindahan pulau ini dari kejauhan saja.

14. Berkunjung ke Danau Sidihoni (Danau diAtas Danau)

Disebut sebagai Danau di Atas Danau di Pulau Samosir ini menawarkan keindahan alam dengan hamparan sawah indah serta keramahan warga sekitarnya. 

Danau di Pulau Samosir ini memang tidak terlalu luas namun, sangat penting bagi keberlangsungan hidup penduduk sekitar karena menjadi penopang hasil pertanian.

15. Wisata Kuliner di Dermaga Jetty Samosir

Perpaduan antara pelabuhan kecil dengan taman air dan spot kuliner menjadikan Dermaga Jetty Samosir sebagai pilihan kegiatan liburan Anda selanjutnya. Kawasan ini memang masih dalam tahapan pengembangan tapi sudah mulai terbuka untuk umum. Lokasinya ada di Desa Situngkir, Simanindo.

Selain kulinernya, Anda bisa mencoba bermain banana boat dan menikmati matahari terbit yang muncul dari balik perbukitan. 

16. Wisata Religi di Taman Goa Getsemani Pulau Samosir

Taman Goa Getsemani merupakan tempat berdoa di patung Yesus yang berada di kecamatan Harian. Bangunan doanya dibangun sangat cantik dengan memadukan gaya klasik Eropa dan Belanda. Tempat berdoa ini juga terbuka untuk setiap kalangan tanpa membayar tiket masuk asalkan tetap menjaga kebersihan di lokasi berdoa.

17. Melihat Danau Toba dari Ketinggian di Bukit Holbung

Bukit Holbung berada di Desa Janji Marharan dan menawarkan keindahan Danau Toba yang dilihat dari ketinggian. Sangking indahnya, banyak orang yang menjulukinya sebagai Bukit Teletubbies-nya Pulau Samosir.

Bagi Anda yang berencana datang, ada baiknya untuk berkunjung pada musim penghujan saat rerumputan yang ada di bukit dalam keadaan hijau dan segar.  

18. Mencari Ketenangan di Pantai Lumban Parmonangan

Pantai lain yang cukup sepi dan memiliki suasana tenang lainnya adalah Pantai Lumban Parmonangan. Pantai ini cukup menawan dna tidak banyak orang yang tahu. Letaknya ada di Desa Martoba.

19. Belanja Kain Ulos di Desa Lumban Suhi Yui

Keindahan kain ulos sudah diakui oleh banyak negara. Kalau sudah sampai di Pulau Samosir, jangan lewatkan untuk berbelanja Kain Ulos di Desa Lumban Suhi Yiu. Di kawasan ini Anda bisa membeli kain ulos kualitas tinggi dari para pengrajin langsung dengan harga yang bersaing. 

20. Menikmati Air Terjun Situmurun Binangalom

Salah satu Air terjun di Pulau Samosir yang paling dicari adalah Situmurun Binangalom. Air terjun ini mengalir langsung ke Danau Toba dan menjadi pemandangan langka yang mungkin hanya bisa Anda temui di sini. 

Bila tertarik berkunjung, Anda bisa datang langsung ke Desa Binangalom, Samosir dengan menggunakan kapal atau perahu tradisional.

21. Berkunjung ke Air Terjun Binanga Bolon

Air terjun di Pulau Samosir lainnya adalah Binanga Bolon. Lingkungan alam di sekitarnya sangat hijau dan sejuk. Dijamin Anda tidak akan menyesal bila mencoba untuk datang ke sini.

22. Menyegarkan Pikiran di Air Terjun Sampuran Efrata

Air terjun di Pulau Samosir yang terakhir adalah Sampuran Efrata yang sangat terkenal dengan airnya yang segar dan kawasan perkemahan. Bagi para pengunjung yang hobi berkemah, datang ke sini adalah pilihan yang tepat.

23. Mencoba Air 7 Rasa di Aek Sipitu Dai

Aek Sipitu Dai adalah destinasi unik yang menyuguhkan 7 mata air alami yang saling berdekatan namun memiliki rasa yang berbeda. 

Konon awalnya, seorang generasi kedua dari marga Limbong sedang mencari sumber air dan dia bernama Opung Langgat Limbong. Setelah berdoa ia mencoba menancapkan tongkatnya selama 7 kali namun tidak berhasil.

Opung Langgat Limbong lahirnya berdoa untuk kedua kalinya. Setalah itu doanya terkabul dan air memancar dari 7 lobang tongkat yang tadi dengan rasa yang berbeda satu sama lain.

24. Berpose Sepuasnya di Menara Pandang Tele

Menara Pandang Tele berlokasi di Lumban Pinggol. Kawasan ini merupakan kawasan foto yang menyuguhkan pemandangan alam pulau dari ketinggian. Selain berfoto, Anda juga bisa duduk dan nongkrong bersama keluarga atau teman.

25. Berburu Foto Instagramable di Puncak Sidiangkat

Selain Menara Pandang tele, pulau ini juga punya Puncak Sidiangkat. Sebuah kawasan khusus dengan berbagai macam spot foto sarang burung sering dicari oleh para influencer dan selebgram.

Hotel di Tuk Tuk Pulau Samosir

Hotel di Pulau Samosir
Hotel di Pulau Samosir (Photo by borukaro.com)

Penginapan dan hotel di Tuk Tuk Pulau Samosir sangatlah beragam dengan berbagai fasilitas dan rentang harganya. Beberapa diantaranya berada di Bukit Beta yang sudah terkenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa.

Bagi Anda yang ingin menginap, Advontura akan memberikan beberapa rekomendasi penginapan dan hotel di Tuk Tuk Pulau Samosir antara lain Hotel Sedayu 2, RedDoorz @TukTuk Danau Toba, Samosir Cottage and Resort, Juma Cottage, Hotel Pandu TukTuk Lakeside, Toba Village Inn, Samosir Villa Resort dan lain sebagainya.

Tarif menginap selama satu malam untuk dua orang berkisar antara Rp145.000,00 hingga Rp600.000,00. Namuan Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan berbagai promo yang tersedia.

Demikian penjelasan kita mengenai Pulau Samosir kali ini. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi Anda untuk menentukan destinasi liburan selanjutnya. Sampai jumpa di pembahasan wisata Nusantara lainnya!

Baca juga: Pulau Harapan Kepulauan Seribu, Ini Harga Open Tripnya

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *