Taman Nasional Way Kambas, Bewisata dengan Gajah Sumatra

Bermain Bersama Gajah di Taman Nasional Way Kambas
Daftar isi

Taman Nasional Way Kambas Lampung telah berdiri semenjak tahun 1958 dan berhasil meraih gelar kawasan Taman Warisan ASEAN atau ASEAN Heritage Park karena berbagai keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya.

Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah serta rumah dari berbagai satwa liar di Indonesia. Terbentang luas sebesar 125.000 hektar, kawasan ini menjadi pusat konservasi, penjinakan, pelatihan, pengembangbiakan gajah-gajah. Hingga saat ini, ada setidaknya 300 gajah yang telah dilatih di sini.

Namun daya tarik taman nasional ini bukan hanya gajah saja, tapi juga berbagai pilihan kegiatan yang bisa Anda lakukan di dalamnya. Penasaran dengan informasi lengkapnya? Yuk, ikuti terus artikel ini sampai habis ya…

Taman Nasional Way Kambas 

Taman Nasional Way Kambas terletak di hamparan daratan hijau dan hutan yang ada di Rajabasa Lama, Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia.

Selain gajah, taman ini juga melindungi dan menjadi rumah dari berbagai satwa liar yang hampir punah. Seperti tapir, gajah sumatra, berbagai jenis primata, rusa sumbar, kijang, harimau sumatra dan beruang madu.

Artikel Terkait

Kawasan perlindunga ini dibangun bukan hanya untuk melindungi gajah dan berbagai satwa di dalamnya, tapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar dapat ikut melestarikan berbagai satwa yang ada di dalamnya dan menghentikan perburuan liar.

Beberapa kegiatan warga Desa Pinggir antara lain mengembangkan ketahanan pangan, pengolahan produk pangan,budidaya madu hutan, membuat kerajinan berbentuk satwa yang dilindungi dan lain sebagainya.

Wisata Way Kambas

Wisata Way Kambas
Wisata di Way Kambas (Photo by bisniswisata.co.id)

Wisata Way Kambas merupakan daya tarik lain di tempat ini, karena selain memberikan tempat pelatihan gajah tamna nasional ini juga memberikan berbagai pilihan wisata bagi para pengunjung. Pilihan wisata Way Kambas dibagi menjadi dua yaitu, di PLG (Pusat Latihan Gajah) dan Resort Way Kanan.

PLG – Pusat Latihan Gajah

Di PLG (Pusat Latihan Gajah) Anda bisa melihat dan menyaksikan berbagai atraksi yang dilakukan gajah-gajah seperti, mengalungkan bunga, melihat gajah bermain bola, berenang, membajak sawah, pengangguk kayu dan lain sebagainya.

Anda sebenarnya juga bisa mencoba untuk menunggangi gajah. Biaya untuk menunggangi gajah hanya sebesar Rp 20.000,00 untuk satu putaran dengan jarak 20-100 meter. Sekali naik, gajah bisa membawa dua pengunjung dan satu pawang.

Namun, atraksi menunggang gajah sebaiknya tidak Anda coba. Karena sebenarnya struktur tulang belakang gajah bukan untuk ditunggai kecuali sang Pawang. Hal ini dikarenakan hanya sang Pawang yang bisa menenangkan dan memberi perintah.

Perlu Anda ketahui juga bahwa ada dua jenis gajah di sini. Gajah liar dan gajah jinak. Gajah jinak ada di kawasan PLG (Pusat Latihan Gajah) sedangkan yang liar ada di hutan sekitar Way Kambas. Jadi, patuhi tanda-tanda yang ada di sana ya…

Resort Way Kanan

Wisata di Resort Way Kanan biasanya diperuntukkan bagi Anda yang ingin menjelajah lebih jauh atau sedang melakukan penelitian. Pihak pengelola Way Kambas juga sudah memberikan berbagai fasilitas dan kegiatan paket wisata khusus untuk kegiatan di atas.

Berkemah di Bumi Perkemahan Way Kanan

Berkemah menjadi salah satu kegiatan yang difasilitasi oleh pihak pengelola. Tempat ini juga menjadi tempat favorite untuk berkemah bagi orang banyak.

Biaya yang ditetapkan juga tidak mahal. Untuk kegiatan berkemah bagi wisatawan umum (minimal 10 orang) ditarik biaya sebesar Rp 5.000,00 per orang dan perhari kemah. Sedangkan bagi kegiatan wisata rombongan pelajar/mahasiswa (minimal 10 orang) hanya ditarik biaya Rp 2.500,00 per orang dan perhari kemah.

Baca juga: Waduk Bajulmati Situbondo – Lokasi dan Tiket Masuk

Penelusuran Hutan (Tracking)

Bagi Anda yang gemar berpetualang dan ingin menyaksikan langsung ekosistem dan satwa yang ada di kawasan Way Kambas, bisa memilih paket wisata ini. 

Biayanya juga terjangkau. Untuk kegiatan penelusuran hutan bagi wisatawan umum (minimal 10 orang) ditarik biaya sebesar Rp 5.000,00 per orang dan perhari kegiatan. Sedangkan bagi kegiatan wisata rombongan pelajar/mahasiswa (minimal 10 orang) hanya ditarik biaya Rp 2.500,00 per orang dan perhari kegiatan.

Pengamatan Kehidupan Liar

Way Kambas tidak pernah sepi dari para peneliti yang datang. Selain karena kekayaan flora dan faunanya, Way Kambas sangat terbuka dengan kegiatan satu ini.

Bagi Anda yang ingin meneliti di sini sebaiknya menyiapkan biaya Rp 10.000,00 per orang dan perhari kegiatan bagi wisatawan umum (minimal 10 orang) dan Rp 5.000,00 per orang dan perhari kegiatan untuk kegiatan wisata rombongan pelajar/mahasiswa (minimal 10 orang).

Outbound Training

Outbound Training adalah fasilitas lain yang biasanya ditawarkan untuk para pengunjung, terlebih untuk para pengunjung yang datang untuk berkemah.

Biaya juga terbilang murah. Untuk kegiatan outbound training bagi wisatawan umum (minimal 10 orang) ditarik biaya sebesar Rp 150.000,00 per orang dan perhari kegiatan. Sedangkan bagi kegiatan wisata rombongan pelajar/mahasiswa (minimal 10 orang) hanya ditarik biaya Rp 75.000,00 per orang dan perhari kegiatan.

Festival Way Kambas

Festival Way Kambas dibuka tahun lalu pada tanggal 9 dan 10 November 2019. Tujuan festival ini adalah untuk memperkuat wisata Way Kambas itu sendiri. 

Berbagai kegiatan yang diselenggarakan adalah funbike, pembukaan kemah saka pariwisata, lomba tari, pawai budaya, lomba kuliner, pameran souvenir, doorprize, hingga atraksi gajah.

Sayangnya masih belum ada pengumuman lebih lanjut untuk Festival Way Kambas selanjutnya. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini saat festival bisa menunggu berita terbaru di website resminya ya…

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas

Taman nasional way kambas
Taman nasional way kambas (Photo by travel.detik.com)

Harga tiket masuk Taman Nasional Way Kambas dibedakan menjadi dua, yaitu antara wisatawan mancanegara dan wisatawan dalam negeri. Tarif keduanya juga cukup berbeda. 

Harga tiket masuk pengunjung umum untuk wisatawan mancanegara di hari biasa sebesar Rp 150.000,00 dan di hari libur Rp 225.000,00. Sedangkan bagi pengunjung umum untuk wisatawan Indonesia di hari biasa sebesar Rp 5.000,00 dan di hari libur Rp 7.000,00.

Bagi pengunjung dengan rombongan pelajar atau mahasiswa untuk wisatawan mancanegara di hari biasa dan hari libur sebesar Rp 100.000,00. Sedangkan bagi pengunjung dengan rombongan pelajar atau mahasiswa untuk wisatawan Indonesia di hari biasa sebesar Rp 3.000,00 dan di hari libur Rp 3.000,00.

Tarif Parkir di Way Kambas

Tarif parkir di sini dibedakan berdasarkan kendaraan yang dibawa. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena area parkirnya cukup luas dan nyaman. 

  1. Tarif parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 5.000,00.
  2. Tarif parkir untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 10.000,00.
  3. Tarif parkir untuk kendaraan roda enam sebesar Rp 50.000,00
  4. Tarif parkir untuk sepeda sebesar Rp 2.000,00

Jam Buka Way Kambas

Biasanya tempat pembelian tiket buka mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore. Namun akibat pandemi, kawasan ini belum bisa terbuka untuk umum.

Namun bagi Anda yang ingin datang di kemudian hari, disarankan untuk tidak datang pada hari libur nasional karena tempat akan ramai dan Anda tidak bisa bebas untuk berlibur.

Fasilitas Way Kambas

Berbagai fasilitas mendasar sudah dibangun baik di tempat ini. Beberapa diantaranya adalah masjid, toilet, penjaja makanan dan area parkir yang luas. 

Demikian pembahasan tentang Taman Nasional Way Kambas Lampung kali ini. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang bingung untuk memilih destinasi liburan atau Anda yang sedang bersiap-siap datang ke taman nasional kebaggan Indonesia satu ini. Sampai jumpa di pembahasan tempat wisata menari di Nusantara lainnya!

Baca juga: Taman Nasional Pulau Komodo: Wisata Keajaiban Dunia

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *