1. Wisata

5 Tempat Camping di Malang yang Menenangkan Jiwa dan Raga

Banyak orang memilih untuk menghabiskan liburan ke tempat camping di Malang. Hal ini karena Malang memiliki beragam keindahan wisata alam yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Suhunya yang dingin dan alamnya yang asri membuat siapapun rela berlama-lama menetap di tempat-tempat berikut.

Apa saja kira-kira tempat camping di Malang yang termasuk dalam rekomendasi Advontura? Yuk simak daftar dan penjelasan selengkapnya dalam artikel kali ini!

Daftar Isi

1. Camp Ground, Taman Merak, Pujon

Salah satu pilihan tempat camping di Malang yang Advontura rekomendasikan adalah Camp Ground Pujon. Pengunjung yang ingin masuk ke area ini harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Bagi yang berencana berkemah, kamu perlu membayar tambahan biaya sebesar Rp35.000 per malam.

Sumber: Sumenep Network

Untuk menyewa tenda, tersedia dengan harga Rp100.000, termasuk satu paket yang mencakup 4 matras dan 4 sleeping bag. Keindahan pemandangan di sekitar camp ground tak kalah menarik, dengan hamparan tanah lapang, sungai yang mengalir dengan damai, dan deretan pepohonan yang memberikan kesan menyejukkan.

2. Precet Forest Park

Precet Forest Park merupakan lahan hutan pinus seluas 7 hektar yang terletak di Desa Sumbersuko, Wagir, Kabupaten Malang. Di samping menikmati suasana hutan pinus, para pengunjung bisa menikmati pemandangan yang memukau dari Gunung Kawi di lokasi ini.

Agar bisa menikmati pemandangan terbaik dari Gunung Kawi, disarankan untuk mengunjungi Precet Forest Park sekitar pukul 9 atau 10 pagi. Selain itu, tempat ini juga menyediakan area camping ground, yang memungkinkan para pengunjung untuk berkemah dan menikmati hamparan rumput hijau yang dipadukan dengan pohon pinus yang tinggi.

Sumber: Malang Posco Media

Bagi yang berminat untuk berkemah di sini, Precet Forest Park menyediakan berbagai fasilitas pendukung, termasuk kamar mandi dan tempat parkir. Area camping ini juga dilengkapi dengan warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Selama berkemah di Precet Forest Park, para pengunjung juga dapat mencoba berbagai wahana seru seperti flying fox dan kegiatan berkuda.

3. Bumi Perkemahan Bedengan, Selorejo

Bumi Perkemahan Bedengan menjadi tempat camping di Malang yang sering wisatawan pilih untuk kegiatan berkemah bersama keluarga dan orang terdekat. Lokasi ini terbuka untuk semua kalangan dan berbagai rentan umur.

Tarif sewa tenda di Bedengan berkisar antara Rp35.000 hingga Rp55.000, sedangkan untuk perlengkapan lain seperti matras, hammock, tikar, dan listrik memiliki tarif mulai dari Rp5.000 hingga Rp75.000. 

Sumber: Salsa Wisata

Akses ke lokasi Bedengan sangat mudah melalui jalan beraspal yang dapat dilalui baik oleh mobil maupun motor. Selama perjalanan, pengunjung dapat menikmati keindahan kebun jeruk dan bahkan berkesempatan untuk berwisata petik jeruk sebelum mencapai lokasi. Namun, ketika menuju Bedengan, jalannya menjadi lebih kecil dan hanya cukup dilewati oleh satu mobil, sehingga perlu bergantian.

Bedengan menawarkan area berkemah yang lengkapdengan sungai berair jernih. Luasnya area berkemah mencapai kapasitas 500 orang, memungkinkan penggunaan banyak tenda tanpa khawatir kehabisan tempat. Pengunjung memiliki pilihan untuk berkemah di sekitar pepohonan pinus atau di tepi sungai.

Fasilitas yang tersedia sangat lengkap, termasuk warung yang menjual makanan dan minuman, warung kopi di bawah pohon pinus, kamar mandi, toilet, pusat informasi, dan area parkir yang luas dan nyaman untuk mobil serta motor. Tempat parkir juga berdekatan dengan area berkemah, memudahkan akses bagi para pengunjung.

4. Pantai Sendiki

Pantai Sendiki menjadi salah satu dari sepuluh pantai terindah di Malang yang menawarkan pemandangan yang memukau. Keindahan panorama pantai ini terlihat dari pasir putihnya dan air laut yang bening. Kebersihan pantai ini juga menjadi daya tarik tersendiri, terutama dengan bukit-bukit yang mengelilingi di sisi barat dan timur, menambah pesonanya.

Bagi yang ingin berkemah di Pantai Sendiki, pengunjung perlu membayar biaya sebesar Rp10.000 per motor per malam. Selain itu, ada opsi sewa tenda dengan biaya Rp60.000, termasuk dalamnya pemasangan tenda, atau Rp20.000 untuk mereka yang membawa tenda sendiri.

Untuk mencapai lokasi pantai, pengunjung akan melewati jalan kapur yang lebih sempit setelah melalui jalan besar beraspal. Meskipun kendaraan bermotor dapat mencapai tempat parkir, dari sana harus mengikuti jalan setapak yang menurun hingga mencapai pantai.

Sumber: Salsa Wisata

Salah satu daya tarik lainnya adalah garis pantai yang panjang, menciptakan area camping yang luas dan dapat menampung sekitar 400 tenda. Pengunjung memiliki pilihan untuk membawa peralatan camping sendiri atau menyewa di lokasi tersebut.

Banyak pengunjung yang menikmati waktu berkemah dengan makan malam sambil berbincang-bincang, sambil menikmati indahnya pemandangan matahari terbit di pagi hari. Fasilitas umum di Pantai Sendiki sudah lengkap, termasuk tempat duduk, kamar mandi, toilet, dan musala. Warung-warung juga tersedia lebih dekat dengan tempat parkir.

Penting untuk kamu ingat bahwa ombak di Pantai Sendiki cukup besar, sehingga pengunjung perlu berhati-hati. Pagar pembatas telah dipasang untuk kegiatan berkemah, dan mendirikan tenda di luar pagar tidak diizinkan karena risiko terkena ombak saat pasang. Tim SAR juga siap siaga selama 24 jam.

Pantai Sendiki adalah tempat yang sangat cocok untuk pengalaman berkemah yang menyenangkan, baik bersama teman-teman, keluarga, pasangan, atau rombongan kantor.

5. Coban Rais

Coban Rais merupakan destinasi alam terkenal, terutama sebagai lokasi air terjun yang populer dengan camping ground-nya. Terletak di dataran tinggi, tempat ini mudah pengunjung akses melalui jalan beraspal yang dapat kendaraan motor maupun mobil lalui. Lahan parkir sudah tersedia, dan selain tiket masuk, terdapat juga biaya sebesar Rp50.000 per kegiatan untuk menggunakan fasilitas di lokasi.

Sumber: Tripadvisor

Pengunjung yang menggunakan motor dapat dengan mudah mencapai lokasi camping. Tempat parkir motor juga tersedia dekat dengan area tenda. Area camping ini luas, ditumbuhi rerumputan, dan dikelilingi oleh pepohonan, menciptakan suasana yang hijau, rindang, dan sejuk. Luasnya area camping memungkinkan penempatan banyak tenda.

Pengunjung biasanya memilih berkemah pada malam hari, menghabiskan satu malam di Coban Rais. Mereka sering membuat api unggun dan menikmati suasana malam. Di pagi hari, pengunjung dapat menikmati matahari terbit sebelum menyantap sarapan pagi dan menikmati waktu santai sebelum pulang menjelang siang.

Coban Rais menyediakan petak-petak camping dengan berbagai ukuran tenda, beberapa di antaranya lengkap dengan fasilitas outbond. Fasilitas umum yang komprehensif melibatkan kamar mandi, toilet, musala, listrik, dan tempat parkir. Terdapat juga warung yang menjual makanan, memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang tidak membawa bekal.

Pengunjung yang ingin berkemah dapat membawa perlengkapan camping mereka sendiri. Tempat camping ini cocok untuk berbagai kelompok, termasuk keluarga, teman-teman, pasangan, atau rombongan besar.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Malang Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

Demikian pembahasan Advontura mengenai lima tempat camping di Malang yang dapat menyegarkan jiwa dan ragamu. Jangan lupa untuk berkunjung ke tempat-tempat camping di atas ya jika berkunjung ke Malang!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 5 Tempat Camping di Malang yang Menenangkan Jiwa dan Raga

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]