1. Wisata

Batu Luhur: Destinasi Wisata Bebatuan di Kuningan

Selain Bumi Perkemahan Trijaya yang letaknya berdekatan dengan Gunung Ciremai. Ada satu tempat wisata lainnya, yakni Batu Luhur di mana letaknya di Taman Nasional Gunung Ciremai. Sama seperti tempat wisata umumnya, Batu Luhur juga menyajikan pemandangan indah dengan alam yang asri dan pastinya udaranya sejuk. 

Barangkali kalau dalam waktu dekat hendak berkunjung ke daerah Kuningan atau bosan dengan wisata alam yang itu-itu saja. Kamu bisa pilih Batu Luhur sebagai list selanjutnya, sekalian kamu kenalan dengan tempat ini melalui artikel yang Advontura tulis.

Cerita di Balik Adanya Batu Luhur

Tau gak sih, kenapa tempat ini namanya Batu Luhur? Karena banyaknya bebatuan bekas sisa letusan Gunung Ceremai yang menjulang tinggi pada kawasan tersebut. Dalam Bahasa Sunda, tinggi itu artinya sama dengan luhur. Alhasil nama tempat ini menjadi, Batu Luhur sebab artinya merupakan batu yang ada di bukit.

Oh, ya untuk pembangunan objek wisata ini melibatkan Kelompok Pujangga Manik Desa Padabeunghar (merupakan kelompok masyarakat setempat) yang bekerja sama dengan Pengelola Taman Nasional Gunung Ciremai yang kemudian resmi beroperasi sejak 3 April 2016. 

Sumber: Itrip

Baca Juga: Coban Putri: Wisata Eksotis Batu Penuh Misteri, Foto, & Rute

Akses Menuju Batu Luhur

Kebanyakan wisatawan menggunakan kendaraan bermotor saat mengunjungi objek wisata ini. Jadi untuk rute yang dibahas pada artikel ini merupakan rute yang dilalui oleh kendaraan bermotor dari berbagai kota. Jika kamu berada di pusat Kota Kuningan, maka rute yang bakal kamu lewati, yakni dengan menggunakan Jalan Lingkar Timur Kuningan dan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Sedangkan jika dari Kota Cirebon jaraknya kurang lebih 55 menit, kamu dapat melewati Jalan Pangeran Kejaksan. Nah, buat wisatawan yang dari Jakarta durasi perjalanannya kurang lebih 3,5 jam via Tol Cikopo-Palimanan.

Sumber: Faqotriska

Agar tidak tersesat saat mencari tempatnya, ketika sudah berada di Jalan Pasawahan-Padabeunghar jalan terus sampai menemui tulisan “Selamat Datang Puncak Batu Luhur” (setelah melewati beberapa kedai kopi). Mengingat akses jalannya menanjak serta terdapat banyak tikungan, alangkah baiknya, berhati-hati saat berkendara dan fokus pada rute.

Harga Tiket  & Jam Buka Batu Luhur

Kamu tidak perlu khawatir, karena harga tiket yang dipatok oleh Pihak Pengelola kepada wisatawan termasuk relatif terjangkau. Rp10.000 (anak-anak) dan Rp15.000 (dewasa).  Harga segitu sudah termasuk asuransi resiko (jika terjadi kecelakaan), mendapat 2 tiket untuk berkunjung ke Puncak Batu Luhur dan Taman Nasional Gunung Ciremai. Jika datang dengan mengendarai kendaraan akan mendapatkan tarif tambahan yakni Rp2.000 (motor) dam Rp5.000 (mobil). Tentu harga murah sekali, bukan? Sedangkan jam bukanya sendiri Setiap Hari pukul (07.00-17.00).

Baca Juga: 20 Tempat Wisata Cirebon Kuningan Terhits & Sudah Buka 2021

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan

Banyak kegiatan seru yang sangat sayang untuk kamu lewatkan, di kala berada di Batu Luhur. Berikut, Advontura kasih beberapa list kegiatan yang bisa dilakukan:

Bermain Air di Kolam Renang

Satu hal yang dapat kamu temukan di tempat wisata alam, yakni kolam renang. Fungsinya tidak lain untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin berenang. Nilai plus dari kolam renang ini airnya yang jernih dan segar. Terdapat tiga buah kolam renang yang bisa kamu coba.

Mencoba Macam-macam Permainan

Tidak cuma sekadar berenang dan mencari udara segar saja, kamu juga bisa berkesempatan mencoba macam-macam permainan yang disediakan, seperti sepeda sirkuit, flying fox dan jembatan tali. Beberapa permainan ada yang dikenakan tarif tambahan, jadi sebaiknya membawa uang tunai lebih, ya!

Sumber: TripAdvisor

Menjelajahi Rumah Panggung

Terdapat rumah panggung yang fungsinya untuk melihat pemandangan Batu luhur dari ketinggian. Memang untuk menaikinya membutuhkan kehati-hatian lantaran ketinggian tanggaya mencapai 4 meter. Tapi sebanding dengan keindahan panorama dan pastinya bisa sekalian mengabadikannya.

Camping

Tak lupa ada beberapa pengunjung yang memanfaatkan luasnya lahan di Batu Luhur sebagai tempat untuk bercamping. Caranya sama seperti camping pada umumnya yaitu dengan melakukan izin kepada pengelola, membawa peralatan camping sendiri dan melakukan kegiatan camping sesuai dengan kesepakatan waktu.

Apa Saja yang Harus Dipatuhi Selama Berwisata ke Batu Luhur?

Terkadang tiap tempat wisata memiliki masing-masing kebijakan, terkait hal yang dilarang. Namun berhubung belum menemukan larangan khusus tersebut. Jadi yang Advontura berikan ini merupakan larangan secara umum yang diterapkan pada semua objek wisata, sebagai berikut:

Memakai Pakaian yang Sopan

Mungkin saat ini, orang cenderung mulai tidak peduli terkait dengan model dari kesopanan pakaian seseorang. Tapi berhubung di Indonesia terlebih pada daerah pedesaan yang sebagian besar masih teguh “menjaga” nilai ketimuran. Sebaiknya tetaplah berpakaian yang sopan dan hal ini berlaku bagi yang berenang. Termasuk ketika saat menggunakan pakaian renang, pilihlah pakaian renang yang tidak mengundang perhatian orang lain.

Sumber: Kabupaten Kuningan

Menjaga Kebersihan Di Seluruh Kawasan Tempat Wisata

Salah satu permasalahan yang kerap terjadi setiap liburan di tempat wisata yaitu masih banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Padahal, pihak pengelola sudah menyediakan tempat sampah dan kalaupun mungkin sulit menemukan tempat sampah, lebih baik membawa plastik lalu kumpulkan dan tinggal membuangnya begitu menemukan tempat sampah.

Baca Juga: Kampung Warna Warni Jodipan – Rute hingga Tiket Masuk

Nah kalau misalnya masih bingung buat cari wisata alam yang asri dan belum banyak orang yang mengunjunginya. Kenapa tidak mencoba berkunjung ke Batu Luhur?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Batu Luhur: Destinasi Wisata Bebatuan di Kuningan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]