1. Rekomendasi Wisata

10 Tempat Wisata di Sukabumi yang Menarik untuk Kamu Kunjungi

Sukabumi adalah suatu daerah yang berada di selatan Gunung Gede. Lokasinya yang berada di daerah pegunungan membuat tempat wisata di Sukabumi memiliki daya tarik tersendiri. Untuk memahami lebih dalam, Advontura kali ini akan membahas lebih dalam tentang 10 tempat wisata di Sukabumi yang menarik untuk kamu kunjungi!

1. Pantai Citepus

Pantai Citepus terletak di wilayah Pelabuhan Ratu dan menjadi tujuan populer para pengunjung. Lokasinya yang strategis, berada tepat di sepanjang Jalan Raya Cisolok-Pelabuhan Ratu, membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang. Keunikan pantai ini terletak pada ukuran ombaknya yang cukup besar, sehingga perlu memperhatikan aturan berenang yang ada. Jangan sampai melewatkan momen indah matahari terbenam ketika mengunjungi Pantai Citepus.

Sumber: Wikipedia

2. Pantai Karang Hawu 

Pantai berikutnya yang masih terletak di daerah Pelabuhan Ratu ialah Pantai Karang Hawu. Nama “Hawu” berasal dari bahasa Sunda yang menggambarkan tungku atau perkakas memasak tradisional. Pantai ini dinamai Karang Hawu berdasarkan sebuah formasi karang dengan lubang yang menyerupai tungku. Karakteristik khas dari Pantai ini adalah kelompok bebatuan karang yang menjulur ke laut. Meskipun demikian, wisatawan disarankan untuk berhati-hati karena ukuran ombak di Pantai Karang Hawu cukup besar.

Sumber: Wikipedia

3. Pantai Cicaladi 

Pantai yang juga dikenal sebagai Pantai Karang Bolong adalah Pantai Cicaladi. Seperti namanya, ciri khas dari Pantai Cicaladi adalah adanya batuan karang yang berlubang atau bolong. Selain itu, wilayah ini memiliki bukit-bukit dengan padang rumput yang luas dan deretan tebing yang tinggi. Pantai Cicaladi tergolong sebagai pantai dengan ombak yang sangat besar. Karena itu, kamu dapat mengunjungi Pantai Cicaladi pada pagi hari ketika ombak laut masih belum pasang.

Sumber: Native Indonesia

Salah satu objek wisata air terjun yang berada di Kabupaten Sukabumi terletak di kawasan Ciletuh Palabuhan Ratu UNESCO Global Geopark. Sebagian besar air terjun di Kabupaten Sukabumi masih dalam keadaan alami dan indah, menjadikannya tujuan favorit bagi para wisatawan.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Binjai, Cocok untuk Liburan

4. Goa Buniayu

Goa Buniayu menjadi salah satu daya tarik wisata di Sukabumi yang layak dijelajahi. Berbeda dengan taman rekreasi biasa, Goa Buniayu bukanlah destinasi yang cocok untuk liburan keluarga, mengingat medannya yang cukup kompleks dan tentu saja bukanlah tempat bermain yang aman bagi anak-anak. Tempat wisata ini menghadirkan tantangan menarik bagi para pecinta petualangan.

Sumber: Wikipedia

Goa Buniayu menghadirkan terowongan yang curam dengan dinding yang dihiasi fosil-fosil koral laut. Untuk menjelajahi goa ini, diperlukan kekuatan fisik yang tangguh karena, sekali lagi, medannya yang cukup sulit, bukan hanya berupa jalan lurus, namun juga melibatkan melewati danau lumpur. Selain itu, pengunjung harus waspada dan berhati-hati saat memanjat tebing, melintasi tumpukan batu, dan situasi lainnya. Petualangan di tempat wisata ini memerlukan waktu sekitar 5 jam. Untuk keamanan yang lebih terjamin, disarankan untuk menggunakan jasa pemandu yang memiliki pengetahuan mendalam tentang medan di dalam goa.

5. Bukit Durian Sagara

Bukit Durian Sagara menjadi salah satu destinasi wisata di Sukabumi yang menghadirkan panorama indah perbukitan dan laut. Tempat ini menggabungkan dua konsep sekaligus, yaitu pariwisata alam dan tempat untuk menikmati durian langsung dari kebunnya. Terletak di dataran tinggi Desa Sukamaju, Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat.

Sumber: Travel Kompas

Salah satu titik favorit untuk berfoto di Bukit Durian Sagara adalah jembatan kayu yang berfungsi sebagai penghubung antara berbagai area, seperti dari tempat makan dengan payung-payung hingga ke tempat bersantai dengan bean bag. Saat mengunjungi Bukit Durian Sagara, pengunjung dapat melihat proses budidaya durian sampai menikmati hasil panen durian langsung dari tempat budidayanya. Bagi mereka yang tidak begitu menyukai durian, pilihan tetap ada dengan menikmati hidangan dan minuman di restoran Bukit Durian Sagara.

6. Desa Wisata Cisande

Desa Wisata Cisande, yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menjadi destinasi unik dengan fokus pada pendidikan dalam bidang peternakan. Saat mengunjungi desa ini, para wisatawan memiliki kesempatan untuk mengambil bagian dalam berbagai kegiatan pendidikan, termasuk budidaya ikan hias dan ikan lele.

Sumber: Langit7

Selain menawarkan pelajaran tentang peternakan, pengunjung juga dapat merasakan pengalaman lain seperti merias layang-layang, menanam padi, serta berpartisipasi dalam kegiatan outbond seperti flying fox, panahan, river tubing, dan berkemah di area perkemahan.

Baca Juga: Geopark Ciletuh Sukabumi: Lokasi, Info Tiket, & Spot Wisata

Bagi mereka yang tertarik dengan kegiatan kuliner, Desa Wisata Cisande menyediakan taman kuliner yang memuat angkringan dan warung kopi. Fasilitas juga mencakup kelas memasak dengan sentuhan tradisional khas Cisande.

Setelah menikmati kuliner, pengunjung dapat mengunjungi rumah-rumah produksi kriya sandal jepit, permainan tradisional khas Cisande, anyaman bambu, abon lele, serta pabrik batik khas Kecamatan Cicantayan di Sukabumi, dan pakaian khas pangsi untuk menyaksikan kerajinan tangan warga Desa Cisande.

7. Curug Cikaso

Curug Cikaso menjadi salah satu objek wisata air terjun yang terkenal di Sukabumi. Menurut informasi dari situs Pemerintah Provinsi Jawa Barat, air terjun ini dipasok oleh aliran anak sungai Cikaso yang dikenal sebagai Sungai Cicurug. Keunikan dari Curug Cikaso terletak pada tiga aliran air terjun yang terletak berdampingan, yaitu Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki.

Sumber: Wikipedia

Tinggi ketiga curug ini mencapai sekitar 80 meter, dengan tebing yang membentang lebar hingga sekitar 100 meter. Lingkungan sekitar masih sangat alami, bahkan kolam air yang terbentuk di bawah air terjun memiliki warna biru yang bening. Tempat ini terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kec. Surade, Sukabumi.

8. Kawah Ratu Gunung Salak

Dari namanya saja sudah terlihat bahwa destinasi wisata di Sukabumi ini terkait erat dengan aktivitas vulkanis. Dan memang, Kawah Ratu adalah sebuah kawah yang masih aktif dan mengeluarkan uap panas. Tentu saja, tempat wisata ini bukanlah pilihan yang cocok untuk liburan keluarga, terutama bagi anak-anak, karena memiliki risiko yang cukup tinggi. Walaupun begitu, keelokan Kawah Ratu yang terletak di lereng Gunung Salak ini tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Sumber: Wikipedia

Destinasi wisata di Sukabumi ini menjadi tujuan favorit para pencinta alam yang senang menaklukkan gunung. Untuk menikmati pesonanya, pengunjung harus menghadapi tantangan perjalanan yang tidak mudah, melalui jalur setapak yang terjal dan berliku, dengan durasi perjalanan sekitar 3 jam. Meskipun begitu, segala rintangan yang diatasi selama perjalanan akan terbayar lunas saat mata akhirnya disuguhkan dengan panorama indah kawah begitu mencapai tujuan.

9. Taman Selabintana

Jika kamu ingin tetap berdekatan dengan pusat Kota Sukabumi, tak perlu khawatir, kamu dapat menjelajahi Taman Rekreasi Selabintana. Destinasi wisata ini berlokasi di utara Kota Sukabumi, hanya sekitar 7 km dari pusat kota. Meskipun berdekatan, daya tariknya tidak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata lainnya. Di sini, kamu akan menemukan padang rumput hijau yang terbentang luas dan tampak sangat indah serta menenangkan.

Sumber: Penginapan

Taman Rekreasi Selabintana menjadi pilihan favorit banyak keluarga untuk menghabiskan akhir pekan atau bahkan liburan panjang. Luasnya area taman memungkinkan pengunjung untuk bersantai dan berbaring di atas rumput sambil menikmati suasana yang damai dan segar.

Salah satu hal yang menarik, Taman Rekreasi Selabintana dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menambah kenikmatan pengalaman wisata. Ini termasuk kolam renang, taman bermain, tempat berkemah, penginapan, perkebunan teh, hutan lindung, area parkir yang aman dan luas, mushola, fasilitas toilet, permainan ATV, flying fox, serta berbagai hiburan lainnya.

Baca Juga: Pantai Ujung Genteng: Harga Tiket, Rute Lokasi & Daya Tarik

10. Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh adalah salah satu destinasi wisata di Sukabumi yang menawarkan daya tarik yang luar biasa. Tempat ini mempersembahkan kombinasi pesona alam yang mengagumkan, seperti dalam satu paket lengkap. Mengapa disebut “paket”? Karena Geopark Ciletuh menghadirkan panorama indah pegunungan, pantai, bukit, air terjun, dan formasi batuan purba yang sungguh memukau mata. Terletak di Kecamatan Ciemas, tempat wisata ini bisa dicapai dengan perjalanan sekitar 5 jam dari pusat Kota Sukabumi.

Sumber: Wikipedia

Selain kaya akan pemandangan alam yang indah dan menenangkan, tempat wisata di Sukabumi juga memiliki keunikan tersendiri, ada yang dalam bentuk pantai, curug, sampai desa wisata. Beragam bukan? Semoga informasi Advontura kali ini bermanfaat untuk kamu.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Tempat Wisata di Sukabumi yang Menarik untuk Kamu Kunjungi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan advontura! Kita akan berenang-senang lagi kali ini. Coba tebak, kamu mau kami ajak membahas tempat wisata apa? Yap, hari ini kita akan membahas tentang Air Terjun Bajuin. Air terjun ini terletak di Kalimantan Selatan. Tepatnya di Desa Sungai Bakar, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut. Berbicara tentang keindahan alam di Kalimantan memang nggak ada […]

    Trending

    Telaga Ngebel Ponorogo merupakan telaga yang menampung air dari Sungai Jeram dan membawa sebagian air dari Sungai Talun. Saluran ini dibangun mulai dari tahun 1920 hingga 1924. Manfaat utama dari pembangunan waduk ini adalah untuk untuk mengairi sekitar 10.000 hektar lahan pertanian. Namun, dalam rangka untuk memaksimalkan pemanfaatan air yang terdapat dalam telaga ini, maka […]