1. Pantai

Pantai Serangan Bali: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

Pantai Serangan memiliki garis pantai dengan panjang sekitar 2,9 km, menawarkan pemandangan yang unik dengan keberadaan banyak kura-kura. Tempat ini menjadi alternatif menarik selain Pantai Sanur. 

Berbagai fasilitas melengkapi pantai ini, menciptakan daya tarik yang melimpah dan menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Apa sajakah daya tariknya? Mari ikuti Advontura untuk menelusuri informasi selengkapnya!

Tentang Pulau Serangan

Di bagian utara Pulau Serangan, wilayahnya berbatasan dengan laut dan hutan bakau, sehingga sekitar 60 persen dari total area pulau ini terdiri dari lautan. Pada masa lalu, Pulau Serangan menjadi tempat persinggahan bagi para pelaut yang berasal dari Makassar yang mencari sumber air minum. 

Setelah mengonsumsi air, mereka kemudian merasakan pengaruh sira angen, yakni rindu akan keindahan Serangan. Sebagian pelaut memilih untuk menetap di pulau ini, membentuk pemukiman yang dikenal dengan nama Kampung Bugis, dan hingga saat ini keturunan mereka terus berkembang.

Sumber: Tripadvisor

Masyarakat Pulau Serangan menggantungkan hidupnya pada pemanfaatan sumber daya laut sebagai sumber mata pencaharian utama. Meskipun adanya proses reklamasi pulau yang menyebabkan berkurangnya wilayah pantai, penduduk setempat mengubah profesi mereka dengan mencari rumput laut atau bekerja dalam sektor bahari.

Pulau Serangan dihuni oleh penduduk asli suku Bali dan pendatang dari berbagai suku, termasuk suku Bugis. Akses ke Pulau Serangan dapat dilakukan menggunakan kendaraan bermotor atau mobil, dengan melewati Jembatan Serangan Sakenan Brigjdent. Jarak tempuh dari Bandara Ngurah Rai sekitar 23 menit.

Lokasi dan Jarak Tempuh

Pantai Serangan terletak di bagian selatan Kota Denpasar, tepatnya di Pulau Serangan. Pulau ini memiliki ukuran yang relatif kecil, dengan panjang sekitar 2,9 kilometer dan lebar 1 kilometer. Garis pantainya membentang sekitar 8 kilometer mengelilingi Pulau Serangan.

Keunikan area pantai ini terlihat dengan adanya bangunan pura dan pemukiman warga muslim yang berdekatan. Ombak laut yang tinggi di sini menjadi daya tarik tersendiri, menarik para penggemar olahraga selancar yang tertantang oleh keganasan ombak yang besar.

Sumber: Tripadvisor

Asal-usul nama Pulau Serangan merupakan gabungan kata dari “sira” dan “angen,” yang mengandung arti bahwa pulau ini memikat dan meninggalkan kerinduan karena keindahannya. Pulau Serangan sendiri terletak di antara destinasi wisata Tanjung Benoa dan Nusa Dua di sebelah selatan, wilayah wisata Sanur di timur laut, dan Pelabuhan Laut Benoa di bagian barat.

Harga Tiket Masuk Pantai Serangan

Pantai Serangan tidak menarik biaya tiket masuk sepeserpun, alias gratis. Akan tetapi, pengunjung harus membayar tiket jika inginmenikmati wahana permainan. Biaya juga dikenakan bagi yang ingin masuk ke area konservasi penyu, dengan tarif sebesar Rp5.000.

Untuk menikmati watersports, biaya yang dikenakan sebesar Rp100.000, sementara untuk kegiatan snorkeling, biayanya sekitar Rp170.000. Jika ingin mencoba flying fish, pengunjung harus membayar Rp180.000. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir tentang besaran biaya tersebut karena dibandingkan dengan tempat wisata Bali yang sedang populer, biaya-biaya tersebut masih dianggap terjangkau.

Jam Buka Pantai Serangan

Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi Pantai Serangan sekaligus pulaunya, kamu dapat langsung menuju ke lokasi yang berjarak sekitar 23 menit dari Denpasar. 

Pantai Serangan memiliki jam operasional yang fleksibel karena tetap beroperasi sepanjang 24 jam. Meski demikian, disarankan untuk memerhatikan jam buka dan tutup masing-masing wahana serta watersports.

Sumber: Pemerintah Kota Denpasar

Contohnya, untuk Konservasi Penyu dan Kura-Kura Bali, akan buka mulai pukul 09.00 dan tutup pada pukul 17.00 WITA. Sementara itu, wahana watersports akan beroperasi dari jam 08.00 hingga pukul 17.00 WITA.

Objek Wisata yang Dapat Kamu Kunjungi

Selain Pantai Serangan Bali, kamu juga dapat mengunjungi objek-objek wisata lain yang ada di sekitar pulau ini. Berikut adalah beberapa objek wisata lain yang dapat kamu kunjungi.

1. Kampung Nelayan Etnis Bugis

Pulau Serangan memiliki ciri khas utama di kampung nelayannya, di mana para penduduk yang tinggal bukan berasal dari etnis Bali, melainkan dari etnis Bugis. Pada masa kerajaan, ketika terjadi pengungsian dari masyarakat Makassar, mereka memilih untuk melarikan diri dan menetap di Pulau Serangan. Kampung Nelayan ini terletak di Banjar Ponjok, Desa Pakraman Serangan, Denpasar Selatan.

2. Penangkaran Penyu

Di Pulau Serangan terdapat penangkaran penyu. Di tempat ini, kamu dapat berwisata sekaligus mengetahui bagaimana penyu itu tumbuh dan berkembang. Wisata ini tepatnya di Turtle Conservation and Education yang beralamat di Jalan Tukad Punggawa, Serangan, Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Untuk masuk ke dalam penangkaran pengunjung harus membayar tike masuk sebesar Rp 5.000/orang. Untuk operasional biasanya buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00 WITA.

3. Watersport

Pantai Serangan menawarkan daya tarik berupa berbagai kegiatan watersports yang menarik. Terdapat berbagai jenis watersports, seperti selancar, fastboat, dan banana boat, yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Semua watersports ini dijamin dapat memancing adrenalin, sangat sesuai bagi wisatawan yang menyukai tantangan, dan aman.

Tidak mengherankan bahwa masyarakat setempat menyediakan penyewaan berbagai peralatan yang terkait dengan watersports. Banyak pula wisatawan yang berencana untuk tinggal lebih lama di Bali dan memilih untuk mengikuti pelatihan selancar di pulau ini.

4. Berenang Bersama Lumba-Lumba

Di tepi pantai terdapat wahana berenang bersama lumba-lumba yang menarik untuk kamu coba. Jika merasa enggan untuk berenang bersama lumba-lumba, kamu dan keluarga masih dapat menikmati menyaksikan wisatawan lain yang sedang menikmati momen bersama mamalia lucu ini.

Sumber: Salsawisata

Pengalaman berenang bersama lumba-lumba di Dolphin Lodge ini akan menjadi kenangan yang sulit kamu lupakan. Jika kamu berkesempatan berenang bersama mengabadikan momen bersama lumba-lumba yang menggemaskan dengan berfoto di Dolphin Lodge ini. Pastikan kamu memanfaatkan sepenuhnya waktu selama 35 menit yang tersedia untuk berenang atau berfoto bersama lumba-lumba.

5. Menunggang Kuda

ka belum pernah mencoba menunggang kuda, sebaiknya kamu mencoba pengalaman seruini di Pantai Serangan Bali. Kamu akan dapat merasakan pengalaman yang sangat berkesan, terutama karena kuda-kuda di sini sudah terlatih dan jinak. Saat menunggang kuda, setiap pengunjung akan didampingi oleh pawang kuda untuk memastikan keamanan dan kenyamanan ketika menunggang.

Selama pengalaman menunggang kuda, disarankan untuk mengabadikan momen tersebut dengan kamera. Siapa tahu, hasil foto tersebut dapat menjadi kenangan indah dan menjadi bahan cerita yang menarik untuk dibagikan ke media sosialmu.

6. Mengunjungi Pura Sakenan

Setelah bersenang-senang, kamu dapat mengunjungi wisata yang lebih tenang. Salah satunya adalah Pura Sakenan yang merupakan salah satu pura tertua yang telah berdiri sejak abad ke-10. 

Menurut catatan sejarah, pura ini memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan Buddha yang tinggal di Melinggih Bhatara Ida Sakya Muni, yang menjadi Pura suci bagi umat Hindu. Alamat Pura Sakenan terletak di Jl. Pulau Serangan, Sesetan, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

Baca Juga: 8 Tips Liburan ke Bali Untuk Pemula yang Perlu Kamu Coba!

Demikian pembahasan Advontura kali ini mengenai Pantai Serangan Bali, mulai dari lokasi, harga tiket, sampai jam bukanya. Semoga penjelasan kali ini dapat membantu kamu jika berwisata ke pantai satu ini.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Serangan Bali: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]