1. Rekomendasi Wisata
  2. Tips Wisata

Liburan Versi Advontura: Wisata Campervan bersama Keluarga

Kamu ingin touring trip atau road trip bersama keluarga? Eits, tunggu dulu. Advontura akan memberimu salah satu alternatif liburan bersama keluarga yang masih ada kaitannya dengan road trip, yaitu wisata campervan. 

Wisata campervan emang apa, min? Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak pembahasan Advontura kali ini tentang wisata satu ini. 

Menjadi Alternatif Road Trip bersama Keluarga

Jika kamu termasuk penggemar road trip bersama keluarga, mungkin kamu bisa mencoba berwisata menggunakan campervan, sebuah tren liburan yang memungkinkanmu dan keluarga mengunjungi berbagai tempat wisata dengan menggunakan mobil yang memiliki fasilitas lengkap.

Jika sebelumnya kegiatan liburan bersama keluarga cenderung mengharuskan kamu untuk menginap di hotel, tidak ada salahnya sesekali mencoba wisata campervan ini. Terutama karena dalam beberapa waktu terakhir, kegiatan ini menjadi tren bagi mereka yang suka berwisata dan menjelajahi alam bersama keluarga.

Sumber: Wikipedia

Dengan campervan, kamu tidak perlu repot menyewa kamar hotel karena mobil campervan umumnya sudah dilengkapi dengan segala fasilitas yang dibutuhkan, mulai dari tempat tidur, dapur mini, area penyimpanan, hingga hiburan seperti televisi.

Mengenal Wisata Campervan 

Campervan merupakan jenis kendaraan spesial yang berbentuk van atau bus, yang telah dimodifikasi untuk menyediakan akomodasi seperti yang ada di dalam rumah. Di dalamnya terdapat fasilitas lengkap seperti ruang tidur, ruang makan, area duduk, dapur mini, dan area hiburan mini.

Dengan fasilitas tersebut, campervan sangat cocok bagi kamu yang merencanakan perjalanan road trip bersama keluarga. Tak perlu lagi mencari kamar hotel karena kendaraan ini telah diadaptasi menjadi tempat beristirahat yang nyaman dan praktis.

Untuk merasakan pengalaman baru selama perjalanan, kamu bisa berhenti di lokasi tertentu, seperti pantai, bukit, atau tempat wisata alam lainnya, lalu menikmati suasana camping sederhana sambil menikmati pemandangan alam di sekitar.

Sumber: Wikipedia

Meski masih relatif baru, tren berlibur dengan campervan mendapat banyak perhatian di Indonesia. Jambore Pertama Campervan Indonesia yang diadakan di Bali pada 15-17 Maret 2022, menunjukkan animo yang tinggi dari masyarakat untuk ikut serta berlibur menggunakan campervan.

Jika kamu masih ragu mencoba berlibur dengan campervan, jangan khawatir. Sebenarnya, menggunakan campervan lebih menarik dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum. Jika kamu menemukan tempat-tempat menarik atau tempat tersembunyi tanpa sengaja, kamu bisa langsung singgah tanpa perlu mencari hotel atau penginapan terdekat.

Campervan yang telah diubah menjadi seperti rumah akan terasa lebih nyaman, sehingga liburanmu jadi lebih praktis tanpa perlu khawatir tentang tempat tidur, makanan, atau minuman. Semua kebutuhan sudah ada di dalam kendaraan.

Apabila merasa lelah selama perjalanan dan butuh istirahat, para wisatawan yang menggunakan campervan biasanya akan mencari tempat terbuka yang nyaman dan aman, lalu berkemah dan beristirahat.

Baca Juga: 10 Tips Touring Motor Supaya Perjalanan Aman dan Nyaman

Harga Sewa Campervan 

Jika kamu ingin mengikuti tren liburan ini, kamu bisa menyewa mobil campervan terlebih dahulu. Tempat sewa mobil campervan sudah banyak tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Bali, Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta. Harga sewa campervan bervariasi, namun umumnya tidak terlalu berbeda jauh antara satu kota dengan kota lainnya. Selain itu, harga sewa campervan juga dapat dipengaruhi oleh tujuan liburanmu. 

Sumber: Wallpaper Flare

Biasanya, harga sewa campervan ditawarkan dalam bentuk paket dengan kisaran harga mulai dari sekitar Rp1.750.000 hingga Rp5.000.000 per paket. Harga tersebut biasanya sudah mencakup fasilitas seperti pengemudi, bahan bakar, biaya camping ground, tiket masuk tempat wisata, peralatan berkemah, perapian, pemanggang, bahan-bahan makanan, dan bahkan dokumentasi selama perjalanan wisata.

Tempat Rekomendasi untuk Wisata Campervan

Untuk memaksimalkan pengalamanmu, Advontura akan memberimu beberapa rekomendasi tempat yang cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga ketika melakukan wisata campervan. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisatanya:

Telaga Saat Puncak Bogor

Jika kamu ingin mencari tempat campervan yang mudah kamu akses dari wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, cobalah mengunjungi kawasan Puncak di Bogor. Salah satu tempat yang patut kamu coba adalah Telaga Saat Puncak. 

Tidak jauh dari sana, terdapat spot berkemah yang menarik bernama Wisata Javana Sehat. Di tengah perkebunan teh dan pemandangan perbukitan hijau, kamu bisa merasakan sensasi trekking dengan jalur yang menantang. Di tempat ini, kamu akan terpesona oleh pesona alam serta pemandangan Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak yang megah.

Ranca Upas Bandung

Setelah Bogor, kita akan bergeser sedikit ke Bandung. Ternyata wisata alam Bandung tidak hanya terbatas di Lembang saja. Di Ciwidey, kurang dari 2 jam perjalanan dari pusat Kota Bandung, terdapat Ranca Upas atau Cai Ranca Upas, sebuah area perkemahan yang berada di hamparan rumput hijau luas. Di Ranca Upas, kamu juga dapat berinteraksi dengan rusa-rusa yang ada di penangkaran. 

Sumber: Pxfuel

Green Grass Cikole

Masih di wilayah Bandung, khususnya Lembang, terdapat spot campervan favorit lainnya yang bernama Green Grass Cikole. Berlokasi di lereng Gunung Tangkuban Perahu, tempat ini menawarkan pemandangan hijau nan asri dengan padang rumput yang luas dan memukau. Tak heran, hutan pinus di dalam Green Grass Cikole menjadi daya tarik utama, membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk berkemah bersama keluarga.

Bukit Moko Bandung

Jika kamu ingin merasakan keindahan malam dengan melihat bintang-bintang, pilihan tepat ada di Bukit Moko, Bandung. Dengan ketinggian hampir 1.500 meter di Kecamatan Cimenyan, Bukit Moko menawarkan pemandangan romantis dengan cahaya kota yang berkelap-kelip seperti bintang di langit malam. Tempat ini juga menyediakan area perkemahan yang seru, sehingga sangat cocok untuk melepaskan penat dan menikmati suasana malam.

Pantai Watu Kodok Yogyakarta

Pindah ke Kota Gudeg, Yogyakarta. Bagi kamu yang merindukan pantai, Pantai Watu Kodok di Gunungkidul, Yogyakarta bisa menjadi destinasi campervan yang sempurna. Pantai ini memiliki garis pantai yang luas dan pasir putih bersih dengan air laut berwarna biru jernih. Terdapat juga formasi batu dan karang yang indah di sepanjang pantai. Keunikan pantai ini terletak pada deretan batuan yang menjadi daya tarik utama Pantai Watu Kodok.

Baca Juga: Bukit Moko – Wisata Bandung dengan Pemandangan Surga

Bagaimana, kamu penasaran untuk mencoba liburan dengan menggunakan mobil campervan? Dengan pengalaman wisata ini, kegiatan berlibur kamu bersama keluarga akan jadi pengalaman tak terlupakan. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen ketika berlibur ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Liburan Versi Advontura: Wisata Campervan bersama Keluarga

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Jalan-jalan ke taman wisata sudah, berlibur akhir pekan di pantai juga sudah. Hmm, kira-kira kita mau kemana lagi ya? Gimana kalau ke pusat perbelanjaan? Why not? Berlibur atau sekedar menghabiskan waktu luang di pusat perbelanjaan seperti Lokasari Square bukanlah ide yang buruk lho. Pasalnya,beberapa aktivitas menarik seperti bermain di arcade, karaoke, sembari berbelanja pakaian bisa […]

    Trending

    Ditengah, kurangnya teman hiburan yang ramah lingkungan di Jakarta, hadirlah Allianz Ecopark menjadi salah satu list tempat wisata yang eco friendly. Tempat ini dibangun dengan luas lahan hampir 34 hektar dengan mengubah Padang Golf Ancol menjadi sebuah sarana rekreasi yang mengusung konsep hiburan, edukasi, dan pastinya ramah lingkungan. Informasi tentang Allianz Ecopark lainnya, selengkapnya bisa […]
    Yuk, kita berlibur ke Sumatera Selatan! Kira-kira selain pemandangan alam bukit barisan yang memanjakan mata, objek wisata manakah yang seru dan juga menyenangkan? Yap, main ke Alaska Park Banjarbaru adalah pilihan yang tepat. Tempat ini merupakan sebuah taman rekreasi keluarga yang memiliki wahana yang beraneka ragam. Wahana yang tersedia pun cocok untuk segala umur. Untuk […]