1. Taman Bermain

Taman Edukasi Binjai: Rekomendasi Wisata Ramah Anak

Binjai merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Sumatera Utara dan termasuk dalam bagian dari wilayah Kabupaten Langkat. Kota Binjai juga mendapatkan sebutan sebagai kota rambutan, lantaran bibit rambutan Binjai sudah dibudidayakan di berbagai wilayah Indonesia.

Namun, artikel kali ini akan membahas tentang salah satu tempat wisata yang ada di Binjai, yakni Taman Edukasi Binjai. Kalau kamu penasaran mengenai Taman Edukasi Binjai, kamu harus membaca artikel Advontura yang satu ini. Informasi lengkapnya ada di bawah ini, ya!

Tentang Taman Edukasi Binjai

Latar belakang berdirinya Taman Edukasi Binjai karena keterbatasan lahan yang terdapat di Kota Binjai untuk arena bermain anak-anak. Selain itu tujuan lainnya yakni sebagai sarana anak-anak mempelajari berbagai hal baru. Taman Edukasi Binjai sendiri berdiri pada bagian atas lahan dengan luas kurang lebih 3 hektar yang dahulunya merupakan lahan perkebunan kelapa sawit. 

Sumber: Pariwisata Binjai

Karena letaknya tidak jauh dari pusat Kota Medan, maka tidak heran tempat ini kerap menjadi destinasi untuk wisata alam. Seperti study tour, gathering keluarga, kumpul komunitas hingga acara keagamaan. Terutama bagi warga Kota Medan yang ingin refreshing sembari mencari udara segar.

Jam Operasional & Harga Tiket Taman Edukasi Binjai

Taman Edukasi Binjai beroperasi Setiap Hari dari Pukul (09.00 hingga 18.30). Tapi jika ingin melihat pemandangan matahari saat terbenam bisa datang sekitar jam 17.00-18.30. Namun dengan catatan jika cuaca sedang mendukung.

Sedangkan harga tiket untuk memasuki tempat wisata ini sebesar Rp10.000 per satu orangnya. Tersedia juga tiket khusus bagi yang mengadakan acara gathering sebesar Rp150.000. Terdapat beberapa benefit dari tiket gathering seperti bebas biaya untuk paket outbound lengkap dan bisa mengelilingi taman sepuasnya.

Baca Juga: Taman Barito: Lokasi, Harga Tiket Masuk, & Jam Operasional

Lokasi & Cara Menuju Taman Edukasi Binjai

Taman Edukasi Binjai letaknya di Jalan Sei Bagkatan, Gang Cempaka, Kelurahan Tanah Seribu, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara.

Sumber: Andalas Tourism

Bila posisi kamu dari Kota Medan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 55 menit dengan kendaraan beroda empat dengan melalui Jalan Lintas Sumatera. Sedangkan kalau menggunakan motor durasi perjalannya 45 menit dengan melewati jalan yang sama. Kalau ingin lebih dekat, bisa dari Tugu Pahlawan 45 yang jaraknya hanya 15 menit saja. Guna untuk mempermudah menemukan jalan, patokannya setelah melewati Jalan Sei Bangkatan, kamu tinggal belok kanan yang terdapat tulisan Gang Cempaka.

Fasilitas Taman Edukasi Binjai

PIhak pengelola Taman Edukasi Binjai, menyediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh semua pengunjung. Berikut beberapa fasilitas ini yang juga bisa sebagai referensi kamu jika ingin mengunjunginya:

Permainan Outbound

Jenis-jenis permainan outbound yang tersedia antara lain, flying fox, jembatan kayu, bermain panahan, tarik tambang, menaiki jembatan bambu. Bagi yang anak-anak, untuk jenis outboundnya dapat menyesuaikan dengan kemampuan dan keselamatan anak. Outbound sering digunakan untuk kegiatan pelatihan semi militer dan camping pramuka.

Melihat Berbagai Jenis Tanaman

Ada berbagai jenis tanaman yang bisa kamu lihat, seperti tanaman ara, manggis, rambutan hingga eukaliptus (bahan untuk pembuatan minyak kayu putih). Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa berkesempatan untuk melihat proses pengolahan air nira hingga menjadi gula aren, mencoba madu lebah Trigona yang langsung dari sarangnya hingga ikut merasakan menanam padi.

Sumber: Tribun Medan

Mencicipi Kopi Asli Buatan Masyarakat Setempat

Gula aren yang telah melalui proses pengolahan, selain untuk kegiatan perekonomian melalui penjualan kepada sejumlah pihak). Juga digunakan sebagai pemanis kopi. Buat pecinta kopi, bisa banget untuk mencicipi kopi dengan gula aren hasil buatan masyarakat setempat.

Selain itu juga terdapat fasilitas lainnya seperti lapangan rumput yang bisa untuk bermain bola, toilet, gazebo, restoran, tempat parkir hingga berbagai spot yang bisa sebagai tempat mengambil foto.

Baca Juga: Taman Bunga Celosia Semarang: HTM & Jam Operasional

Barang yang Sebaiknya Dibawa Saat Ke Taman Edukasi Binjai

Agar aktivitas kamu saat berlibur ke Taman Edukasi lancar. Sebaiknya kamu membawa beberapa barang berikut ini:

Uang Tunai

Tidak semua tempat wisata belum menerapkan sistem pembayaran non-tunai. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya siapkan uang tunai selama bertransaksi. Akan lebih baik jika membawa uang cadangan, sebab kamu mungkin belum mengetahui apakah harga fasilitas yang di tempat wisata tersebut terjangkau atau tidak.

Kuota Internet

Pastikan kuota internet kamu tercukupi dari awal hingga selesai berkunjung. Karena selain mungkin belum tersedia fasilitas wifi, kuota internet ini sangat berguna untuk menunjang aktivitas antara lain saat menggunakan aplikasi maps (untuk mencari jalan), upload media sosial dan berkomunikasi dengan orang lain.

Kalau perlu perhatikan tanggal masa tenggang langganan paket internet. Jika mendekati masa tenggang, sebaiknya segera memperpanjang masa langganan. Tujuannya agar tidak kesulitan untuk mengakses internet.

Sumber: Koran Kita

Baju Ganti

Sebaiknya membawa baju ganti, jika setelah melakukan aktivitas tertentu. Terlebih aktivitas yang membuat pakaian kamu kotor atau bisa juga jika seharian mengunjungi tempat ini. Lantaran keringat dan kuman yang menempel seharian pada baju.

Peralatan Mandi

Selain membawa baju ganti, agar tubuh kamu kembali segar setelah beraktivitas. Lebih baik sekalian membawa peralatan mandi. Kamu bisa bertanya kepada pihak tempat wisata, mengenai ketersediaan fasilitas mandi untuk pengunjung.

Baca Juga: Taman Dayu Pandaan – Info Wisata Pasuruan dan Penginapan

Demikian beberapa informasi dan penjelasan seputar Taman Edukasi Binjai. Kalau lagi ingin mencari tempat wisata yang ramah untuk semua kalangan, termasuk anak-abak. Pastinya tempat ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk berwisata.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Taman Edukasi Binjai: Rekomendasi Wisata Ramah Anak

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]