1. Pantai

Pantai Matras: Daya Tarik, Rute dan Kegiatannya yang Menarik

Pantai Matras adalah salah satu pantai yang berada di Bangka Belitung. Advontura kali ini akan membahas mulai dari daya tarik, rute, sampai berbagai kegiatan seru yang dapat kamu lakukan di pantai ini. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Sekilas Tentang Pantai Matras

Pantai Matras terletak di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, tepatnya di sebelah timur laut Pulau Bangka. Jaraknya sekitar 40 km dari Pangkalpinang dan hanya 7 km dari pusat Kota Sungailiat. Keindahan pantai ini sungguh memukau, dengan ciri khasnya yang memiliki pasir putih yang sangat halus dan landai.

Dengan panjang pantai mencapai 3 km dan lebar kurang lebih 30 meter ,pantai ini telah menjadi tujuan favorit di Bangka Belitung. Tak hanya masyarakat setempat, wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara juga sering mengunjungi tempat ini.

Sumber: Wikipedia

Namun, beberapa tahun terakhir, tempat wisata ini mengalami masalah abrasi yang cukup serius, terutama pada periode November hingga Maret. Fenomena ini terjadi karena Pantai Matras menghadap langsung ke Laut Cina Selatan, dan juga dipengaruhi oleh peningkatan kekuatan gelombang setiap tahunnya.

Daya Tarik Pantai Matras

Pengunjung akan dapat menyaksikan pemandangan yang menakjubkan di sini. Pasir yang membaur dengan indahnya bebatuan di sekitarnya menciptakan gambaran seperti mutiara yang terhampar begitu luas. 

Dengan suasana pepohonan kelapa yang menghijau, laut yang jernih, dan aliran sungai yang alami, tak jarang orang menyebutnya sebagai Pantai Surga. Tidak hanya itu, Pantai Matras juga dikenal sebagai pantai yang merakyat, karena selain mudah orang jangkau, biaya liburan di sini juga terjangkau.

Pemandangan di Pantai Matras terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian selatan dan utara. Di bagian utara terhampar pasir pantai yang tampak tak berujung, menjadikannya pantai terpanjang di wilayah Bangka. 

Sumber: Wikipedia

Sedangkan di bagian selatan, terlihat ujung tanjung yang terdiri dari formasi batu granit khas Pulau Bangka yang memukau. Ditambah lagi dengan hadirnya sungai air tawar di sekitar pantai. Salah satu keistimewaan lainnya adalah suasana nyaman dan tenang yang akan pengunjung rasakan, yang memungkinkan kamu menikmati keindahan pantai secara penuh dan khusyuk. 

Di malam hari, para pengunjung bisa menikmati pemandangan kapal nelayan yang berlayar di tengah lautan sambil menikmati cemilan seperti pisang goreng keju, kolak labu merah, ubi goreng keju, atau minuman hangat yang dapat kamu beli di restoran terdekat. Keistimewaan lainnya adalah menyantap ikan tenggiri bakar segar yang disajikan dengan sambal kecap dan sambal belacan.

Rute Menuju Pantai Matras

Seperti yang sudah Advontura sebutkan di atas, jarak antara Pantai Matras dan Kota Sungailiat sekitar 7 kilometer, sementara dari Kota Pangkal Pinang sekitar 40 kilometer. Akses menuju Pantai Matras bisa menggunakan berbagai kendaraan sewa yang tersedia dari Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang. Bagi kamu yang memilih untuk menggunakan transportasi umum, tersedia juga kendaraan jenis colt yang beroperasi dari daerah Pangkal Pinang menuju ke Pantai Matras.

Perjalanan dari Pangkalpinang ke lokasi memerlukan waktu sekitar 1 jam dengan melewati jalan yang naik turun atau bergelombang. Untuk masuk ke Pantai Matras, para pengunjung hanya perlu membayar biaya sebesar Rp5.000 per orang.

Sumber: Wikipedia

Juga ada berbagai pusat penjualan oleh-oleh dan makanan khas Bangka seperti kemplang panggang, kerupuk ikan, keretek ikan dan cumi, rusip, sambal belacan, sambal terasi, lada bubuk, dan masih banyak olahan seafood lainnya.

Kemudahan yang ditawarkan Pantai Matras tak berhenti di situ, karena sekitar pantai terdapat banyak hotel, penginapan, dan tempat hiburan. Di kawasan pantai ini juga berdiri banyak tempat peristirahatan dalam bentuk bungalow sederhana yang meningkatkan kenyamanan wisatawan. 

Selain itu, para wisatawan juga dapat menemukan resor berkelas dengan hotel bintang empat, salah satunya adalah Parai Beach Resort. Di sini, hampir semua fasilitas sudah tersedia, mulai dari restoran, bar and grill, kafe, kolam renang, hingga pusat kebugaran.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Matras

Berikut adalah beberapa kegiatan menarik yang dapat kamu lakukan jika berkunjung ke Pantai Matras.

Piknik

Melakukan piknik dengan membawa tikar dan bekal makanan sambil menikmati udara pantai yang sejuk adalah kegiatan yang seru dan menyenangkan. Makan bersama orang yang tersayang di atas pasir yang lembut dan menikmati pemandangan laut adalah pengalaman yang tak terlupakan. Agar piknikmu semakin nyaman, sebaiknya persiapkan perlengkapan seperti alas duduk, tabir surya, kacamata hitam, sandal, dan lainnya sebelumnya.

Berfoto Ria

Aktivitas yang tak boleh kamu lewatkan di Pantai Matras adalah berfoto ria. Banyak sudut indah yang cocok sebagai latar belakang foto. Batu granit yang menyatu dengan pasir putih dan pohon kelapa adalah pemandangan menawan yang bisa jadi latar yang sempurna.

Camping sambil Memanggang Ikan

Menghabiskan malam di Pantai Matras dengan berkemah dan memanggang ikan segar hasil tangkapan nelayan adalah pengalaman seru bersama teman atau keluarga. Suasana malam dengan lampu-lampu perahu nelayan di tengah laut memberikan nuansa romantis dan penuh cahaya. 

Sumber: Wikipedia

Berenang di Tepi Pantai

Pantai Matras mempunyai gelombang air yang tenang, menjadikannya area yang aman untuk berenang dan bersantai di dalam air. Terutama bagi keluarga yang membawa anak-anak, pantai ini cocok karena kondisi air yang relatif aman dan tetap diawasi oleh orang dewasa.

Berwisata Kuliner Hasil Olahan Laut

Pantai Matras menawarkan berbagai hidangan laut segar hasil tangkapan nelayan lokal. Banyak restoran menyajikan masakan laut khas Bangka dengan cita rasa khas. Selain bersantap hidangan siap saji, kamu juga dapat membeli ikan segar di area lelang ikan yang biasanya berlangsung antara pukul 06.00 hingga 07.00 di tepi pantai. Jenis ikan yang tersedia meliputi bawal, cumi-cumi,  tirusan, udang, dan juga kepiting.

Menyaksikan Pemandangan Matahari Senja

Salah satu kegiatan menarik lainnya adalah menikmati pemandangan indah saat matahari terbenam. Kehangatan cahaya matahari menjelang senja yang memantul di permukaan laut menciptakan panorama yang memesona.

Tak kalah menakjubkan adalah deretan batu granit yang tersebar di atas pasir putih, dihiasi oleh pohon kelapa dan langit biru sebagai latar belakang. Para pengunjung bisa duduk-duduk sambil menikmati keindahan alam yang diciptakan Tuhan.

Bermain Pasir

Pantai Matras adalah tempat yang sempurna bagi keluarga untuk bermain pasir. Pasir putih yang lembut menjadi tempat aman bagi anak-anak untuk bermain dan berkreasi. Aktivitas ini memungkinkan anak-anak untuk berimajinasi dan membuat karya seni di pasir seperti bangunan kecil atau tulisan nama mereka.

Baca Juga: Telaga Ngebel Ponorogo: Lokasi, Daya Tarik, Tiket Masuk

Jadi bagaimana pembahasan Advontura kali ini? Jika kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Pangkal Pinang, jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai Matras ya. Tempat wisata ini sangat cocok kamu kunjungi bersama keluarga, teman, dan orang terdekatmu.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Matras: Daya Tarik, Rute dan Kegiatannya yang Menarik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pantai Ngebum adalah sebuah pantai yang memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Hal ini memungkinkan para pengunjung untuk bermain air dan berenang dengan aman. Di pantai wisata ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan kapal-kapal besar yang keluar masuk dari Pelabuhan Tanjung Emas, serta perahu-perahu nelayan yang sibuk mencari ikan. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini! […]
    Pantai Akkarena terletak di Jalan Tanjung Bunga, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Tempat wisata ini tidak hanya akan memanjakan mata dengan keindahan pantainya, tetapi juga menyajikan beragam wahana rekreasi dan pilihan kuliner yang lezat.  Pantai wisata satu ini merupakan pilihan yang sempurna untuk menghabiskan liburan bersama keluarga di kota Makassar. Seperti apa kira-kira pantai satu ini? […]

    Trending

    Semua orang Indonesia tahu jika Pulau Bali adalah pulau yang terkenal dengan keindahannya. Sudah sekian lama  Pulau Bali menjadi destinasi wisata andalan bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Tak heran, jika jumlah pengunjung di Pulau Dewata meningkat setiap tahunnya sehingga obyek wisata di Bali pun akan mengalami peningkatan dari segi pelayanan dan pariwisata. Oleh karena itu, […]
    Kota Palu terkenal akan sebutan kota lima dimensi. Dengan kata lain, kota yang mempunyai lanskap alam yang menakjubkan antara lain seperti sungai, lautan, pegunungan, teluk dan lembah. Dari kelima lanskap tersebut, kamu bisa menikmati pemandangan berupa lautan yang indah dari Pantai Talise. Menjadi salah satu wisata bahari di Palu, banyak pengunjung dan pendatang yang familiar […]
    Saatnya travelling ke Maluku! Jika di pembahasan sebelumnya kita bersenang-senang di Indonesia bagian barat. Kali ini kita akan mengintip keindahan pantai yang ada di Ternate, Provinsi Maluku. Yap, Pantai Sulamadaha yang begitu eksotis membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sana.  Biar makin penasaran, yuk simak perjalanan wisata di Pantai Sulamadaha berikut ini! Daya Tarik Pantai […]