1. Rekomendasi Wisata

15 Tempat Wisata Unik di Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Jika mendengar nama Jakarta, pasti Advonturers mengasumsikannya dengan kota yang riuh dan penuh akan kemacetan. Meskipun begitu, terdapat beberapa tempat wisata unik di Jakarta yang wajib kamu kunjungi, setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Kali ini Advontura akan memberikan beberapa tempat wisata di Jakarta yang sedang hits dan harus kamu kunjungi. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Taman Mini Indonesia Indah

Sumber: commons.wikimedia.org

Jika kamu tertarik dengan wisata yang memiliki unsur budaya Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah adalah jawaban yang tepat. TMII mengemas konsep keberagaman Indonesia ke dalam satu area yang mencakup berbagai pakaian adat, miniatur kepulauan Indonesia, tarian daerah, sampai museum. Harga tiket Taman Mini Indonesia Indah hanya sebesar Rp20.000 per orang dan bukan setiap hari pada pukul 07.00 sampai 19.00 WIB.

Monumen Nasional

Sumber: wikipedia

Tempat wisata unik di Jakarta selanjutnya adalah monumen kebanggaan Indonesia, yaitu Monas atau Monumen Nasional. Jika berkunjung ke Jakarta, kamu dapat menjadikan Monas sebagai salah satu must-to-go-place. Pelataran puncak Monas adalah salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi. Dari sini, kamu dapat melihat panorama Kota Jakarta secara keseluruhan melalui teropong.

Kebun Binatang Ragunan

Sumber: wikipedia

Kebun Binatang Ragunan termasuk ke dalam salah satu tempat wisata di Jakarta yang sering dikunjungi oleh keluarga dan rombongan anak-anak. Tempat wisata ini terletak di pusat Kota Jakarta dan mudah diakses menggunakan kendaraan umum. Kebun binatang ini dapat menjadi tempat wisata yang edukatif bagi si kecil untuk lebih mengenal binatang dan tumbuhan. Sampai saat ini, Kebun Binatang Ragunan masih dikenal sebagai kebun binatang terlengkap di Indonesia. Selain melihat hewan dan tumbuhan, kamu juga dapat menonton berbagai atraksi hewan pintar.

Baca Juga: Rumah si Pitung, Wisata Sejarah di Sebelah Utara Jakarta

Dufan

Sumber: wikipedia

 

Dufan atau Dunia Fantasi adalah tempat wisata unik di Jakarta yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga, teman atau pasangan. Tempat ini menawarkan berbagai macam wahana seru yang dapat dinikmati baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Beberapa wahana di antaranya adalah roller coaster, kora-kora, bianglala, twister, dan masih banyak lagi. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp180.000, kamu sudah dapat menikmati semua wahana di Dufan.

Kota Tua

Sumber: wikipedia

 

Di Jakarta Barat, ada sebuah lokasi yang sangat populer sebagai ikon objek wisata, yaitu Kota Tua. Terletak di Pinangsia, Tamansari, DKI Jakarta, Kota Tua terkenal dengan bangunan-bangunan kolonial yang memukau. Jika kamu ingin merasakan suasana Jakarta tempo dulu tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, kamu harus mengunjungi tempat satu ini. Di Kota Tua, kamu juga dapat menemukan beberapa daya tarik lainnya, seperti Museum Fatahillah dan berbagai kafe.

Sea World Ancol

Sumber: seaworldancol

Jika sebelumnya sudah membahas Pantai Ancol, kali ini giliran Sea World Ancol. Terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Sea World Ancol adalah sebuah oceanarium yang menampung berbagai biota laut. Kamu dapat merasakan suasana layaknya berada di dasar laut jika melewati terowongan di bawah oceanarium sembari melihat ikan yang berlalu lalang. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp110.000-130.000, kamu sudah dapat menyaksikan kehidupan biota laut secara langsung.

Baca Juga: Jakarta Aquarium Neo SOHO : Harga Tiket, Lokasi dan Promonya

Taman Ismail Marzuki

Sumber: pegipegi

Tersembunyi di tengah hiruk pikuk Jakarta, terdapat sebuah tempat yang sangat cocok bagi kamu para pecinta seni, terutama perfilman, seni peran, dan seni rupa. Diresmikan pada tanggal 10 November 1968, Taman Ismail Marzuki menawarkan berbagai ruang teater yang menarik untuk dieksplorasi. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi galeri seni, balai pameran, bioskop, dan gedung arsip yang terletak di dalam area Taman Ismail Marzuki.

Pantai Ancol

Sumber: commons.wikimedia.org

Pantai Ancol adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang terkenal. Pantai ini cocok menjadi destinasi wisata untuk keluarga. Kamu dan keluarga dapat menikmati berbagai jenis wahana seru yang disediakan. Beberapa wahana menantang tapi juga edukatif, seperti kereta wisata, kolam renang, banana boat, dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk ke Pantai Ancol sebesar Rp25.000 per orang dan buka mulai pukul 06.00 sampai 20.00.

Kepulauan Seribu

Sumber: commons.wikimedia.org

Di sebelah utara Jakarta, terdapat tempat wisata yang menarik untuk kamu kunjungi, yaitu Kepulauan Seribu. Di sini, kamu dapat  menemukan sejumlah pulau indah seperti Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Bidadari, serta pulau-pulau lainnya. Jika kamu ingin mengunjungi Kepulauan Seribu, kamu harus menggunakan kapal laut dari Muara Angke. Sesampainya di area kepulauan ini, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan di laut, seperti snorkeling, berenang, sampai menyaksikan keindahan biota lautnya.

Baca Juga: Sejarah Singkat Masjid Istiqlal Jakarta dan Arsitekturnya yang Indah

Taman Wisata Alam Angke

Sumber: foresteract

Dekat dengan Kepulauan Seribu, selanjutnya adalah Taman Wisata Alam Angke. Taman wisata ini adalah hutan bakau yang saat ini sudah menjadi kawasan wisata. Kamu juga dapat menginap di penginapan terdekat untuk merasakan suasan bermalam yang asri di tengah hutan bakau. Biasanya, tempat ini juga banyak menjadi tempat foto pre-wedding. Untuk memasuki Taman Wisata Alam Angke, kamu harus membayar sebesar Rp30.000 per orang.

Setu Babakan

Sumber: commons.wikimedia.org

Setu Babakan merupakan destinasi yang menarik bagi para pengunjung yang ingin merasakan kebudayaan lokal Jakarta. Tiket masuk ke Setu Babakan juga gratis, jadi kamu mengunjungi tempat ini tanpa mengeluarkan sepeser uang. Terletak di Ciganjur, tempat ini merupakan pusat pertemuan budaya Betawi. Kamu dapat mempelajari lebih dalam tentang budaya Betawi di tempat ini. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi beberapa toko suvenir yang menjual barang-barang khas Betawi serta berbagai kulinernya.

Taman Situ Lembang

Sumber: kompas

Taman Situ Lembang adalah tempat yang cocok untuk melepas penat sembari menikmati suasana alam yang menyegarkan. Kamu dapat melihat beragam keindahan alam seperti padang rumput yang hijau, taman bunga, dan sebuah kolam yang luas. Selain menikmati alam dan melepas penat, kamu juga dapat melakukan berbagai aktifitas, seperti bersepeda dan piknik. Jangan khawatir, taman ini buka 24 jam dan tidak ada harga tiket masuk.

Baca Juga: Suka Berburu Foto? Kunjungi 20 Spot Foto di Jakarta Ini!

Museum Fatahillah

Sumber: commons.wikimedia.org

Berlokasi di Jalan Taman Fatahilla, Pinangsia, Jakarta Barat, Museum Fatahillah adalah salah satu museum yang terkenal di Jakarta. Museum ini sangat cocok menjadi tempat wisata edukatif. Di museum ini, kamu dapat melihat berbagai miniatur dan koleksi foto bersejarah yang menggambarkan kehidupan Batavia pada masa penjajahan Belanda. Jika kamu ingin mengunjungi museum ini, kamu perlu membayar sebesar Rp5.000 per orang.

Museum Macan

Sumber: pixabay

Museum Macan adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang sedang hits. Banyak orang  datang ke museum ini karena Museum Macan menampilkan berbagai pameran karya seni dengan tema modern dan kontemporer. Pameran yang diadakan juga dapat berbeda dari waktu ke waktu. Tidak hanya karya seni lokal, Museum Macan juga kerap memamerkan karya-karya seniman internasional, salah satunya adalah pameran tunggal dari pameran tunggal pertama Chiharu Shiota di Indonesia, yaitu The Soul Trembles.

Museum Nasional Indonesia

Sumber: wikipedia

Terakhir adalah Museum Nasional Indonesia atau juga dikenal sebagai Museum Gajah. Museum ini memamerkan berbagai koleksi seperti koleksi prasejarah, arkeologi mas Hindu-Buddha, numismatik-heraldik, etnografi, sampai geografi. Beberapa koleksi museum didapatkan melalui penggalian arkeologis, pembelian, serta barang hibahan dari kolektor. Harga tiket masuk ke museum ini sebesar Rp15.000, baik untuk dewasa dan anak.

Baca Juga: Gondola Ancol: Menikmati Pemandangan Laut dari Ketinggian

Demikian beberapa daftar tempat wisata unik di Jakarta. Dari semua tempat wisata di atas, mana yang menjadi wishlist-mu?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 15 Tempat Wisata Unik di Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Jalan-jalan ke taman wisata sudah, berlibur akhir pekan di pantai juga sudah. Hmm, kira-kira kita mau kemana lagi ya? Gimana kalau ke pusat perbelanjaan? Why not? Berlibur atau sekedar menghabiskan waktu luang di pusat perbelanjaan seperti Lokasari Square bukanlah ide yang buruk lho. Pasalnya,beberapa aktivitas menarik seperti bermain di arcade, karaoke, sembari berbelanja pakaian bisa […]

    Trending

    Ditengah, kurangnya teman hiburan yang ramah lingkungan di Jakarta, hadirlah Allianz Ecopark menjadi salah satu list tempat wisata yang eco friendly. Tempat ini dibangun dengan luas lahan hampir 34 hektar dengan mengubah Padang Golf Ancol menjadi sebuah sarana rekreasi yang mengusung konsep hiburan, edukasi, dan pastinya ramah lingkungan. Informasi tentang Allianz Ecopark lainnya, selengkapnya bisa […]
    Yuk, kita berlibur ke Sumatera Selatan! Kira-kira selain pemandangan alam bukit barisan yang memanjakan mata, objek wisata manakah yang seru dan juga menyenangkan? Yap, main ke Alaska Park Banjarbaru adalah pilihan yang tepat. Tempat ini merupakan sebuah taman rekreasi keluarga yang memiliki wahana yang beraneka ragam. Wahana yang tersedia pun cocok untuk segala umur. Untuk […]