1. Gunung
  2. Wisata Alam

Bukit Kubu, Wisata Alam di Karo yang Menyegarkan Mata

Pasti waktu kamu kecil pernah menonton Teletubies kan? Ternyata ada lho bukit yang menyerupai bukit rumah Teletubies tinggal di Karo, namanya adalah Bukit Kubu. Seperti apa memang bukit satu ini? Yuk simak informasi selengkapnya di artikel Advontura kali ini.

Daya Tarik Bukit Kubu

Bukit Kubu menawarkan luas taman hijau yang cocok untuk tempat rekreasi. Mayoritas pengunjung yang datang biasanya tidak menginap, karena pengunjung tidak diwajibkan untuk menyewa kamar hotelnya. 

Pengunjung juga diizinkan membawa makanan dari luar, sehingga cukup membayar tiket masuk sesuai dengan harga yang tertera. Selain itu, Bukit Kubu menyediakan berbagai sarana hiburan seperti naik kuda, delman, sampai flying fox.

Sumber: Wikipedia

Tidak hanya sebagai destinasi wisata keluarga, Bukit Kubu juga sering digunakan untuk berbagai acara seperti seminar, kebaktian, arisan keluarga, pertemuan komunitas, dan masih banyak lagi. Tempat ini juga menyajikan latar belakang yang indah dan asri untuk dokumentasi foto dan video.

Bukit Kubu juga memiliki beberapa peninggalan sejarah, termasuk rumah yang pernah ditempati oleh Soekarno. Selain keindahannya, kebersihan tempat ini juga terjaga dengan baik, karena terdapat petugas yang melakukan pembersihan dan rutin mengumpulkan sampah yang ada di kawasan bukit.

Fasilitas Bukit Kubu

Untuk membeli makanan ringan dan jajanan, pengunjung tidak perlu meninggalkan area Bukit Kubu. Di sana, terdapat satu tempat yang diisi oleh para pedagang lokal. Mereka menawarkan berbagai macam jajanan, mainan, dan oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

Tidak jauh dari Bukit Kubu, terdapat beberapa destinasi wisata lainnya seperti Mikie Funland, Hillpark, Dataran Tinggi Berastagi, Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk, Air Terjun Sikulikap, Taman Alam Lumbini, dan Bukit Gundaling.

Sumber: Pariwisata Sumut

Fasilitas dan sarana yang beragam tersedia di Bukit Kubu, seperti sado, kuda, dan ATV sebagai alat transportasi alternatif. Area bermain yang luas juga dapat digunakan untuk bermain layang-layang. Selain itu, tersedia restoran di tempat tersebut bagi pengunjung yang tidak membawa makanan sendiri. Fasilitas pendukungnya juga cukup lengkap karena sudah mencakup musala dan toilet yang terjamin kebersihannya. Bagi kamu yang ingin menginap, tersedia hotel yang dapat kamu sewa. 

Lokasi Bukit Kubu

Bukit Kubu merupakan sebuah hotel tua yang memiliki taman seluas 5 hektar dan terletak di Jl. Letjen Jamin Ginting, Gundaling II, Berastagi, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Bukit Kubu juga menjadi salah satu destinasi yang populer di kalangan penduduk Sumatra Utara dan sering dijadikan tempat kunjungan. Mayoritas wisatawan yang datang adalah warga lokal dari Kota Medan dan berbagai kota lain di wilayah Sumatra Utara.

Biaya Tiket Masuk

Biaya masuk ke tempat wisata ini menyesuaikan dengan jenis kendaraan yang pengunjung gunakan. Tarifnya adalah  Rp30.000 untuk sepeda motor, Rp100.000 untuk mobil atau minibus, Rp200.000 untuk bus berkapasitas 14 seat, Rp300.000 untuk bus berkapasitas 24 seat, dan Rp500.000 untuk bus dengan kapasitas lebih dari 30 seat.

Selain itu, untuk menikmati pemandangan indah dari bukit dengan naik kuda, kamu cukup membayar biaya tambahan sebesar Rp50.000 untuk satu kali perjalanan dengan rute yang sudah ditentukan.

Sumber: Pariwisata Sumut

Rute Menuju Bukit Kubu

Untuk mencapai Bukit Kubu dari Kota Medan, terdapat beberapa opsi akses perjalanan yang bisa kamu pilih, seperti menggunakan mobil, sepeda motor, atau bus. Rute perjalanan dari Kota Medan dapat kamu awali dari Jalan Sunggal menuju ke Jalan Setia Budi, lalu Jalan Jamin Ginting dan berakhir di Jalan Jamin Ginting (Kabupaten Karo).  Dengan jarak yang ada, perjalanan dari Medan menuju lokasi Bukit Kubu dapat kamu dalam waktu sekitar 2-3 jam, tergantung pada situasi kepadatan lalu lintas.

Sumber: Wikipedia

Sementara itu, dari Kota Pematang Siantar, jaraknya sekitar 110 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 3-4 jam. Kamu dapat memilih rute perjalanan dari Jalan Nagari, menuju Jalan Saribu Dolok ke Jalan Besar Kabanjahe Merek, dan berakhir ke Jalan Jamin Ginting. Atau alternatif lain dari Jalan Medan-Pematangsiantar masuk ke Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan berakhir di Jalan Jamin Ginting.

Kegiatan yang Dapat Kamu Lakukan di Bukit Kubu

Keindahan dan keasrian kawasan bukit ini membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata ini. Dimulai dengan piknik, menunggang kuda, atau bermalam, semuanya dapat kamu lakukan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di Bukit Kubu Berastagi.

Bertemu dan Berkumpul dengan Orang Terdekat

Bertemu dan berkumpul dengan orang terdekat menjadi pengalaman yang berharga di Bukit Kubu. Dengan pemandangan perbukitan yang berkontur naik turun dan dihiasi oleh deretan pohon pinus yang mempesona, tempat ini cocok untuk piknik keluarga. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung dapat bersantai sambil berbincang dan berbagi waktu bersama teman dan keluarga.

Suasana rerumputan yang luas dengan kontur tanah yang lembut serta perawatan yang baik, membuat tempat ini indah dengan berbagai tanaman bunga yang menghiasi. Pohon-pohon besar dan pinus tumbuh di sekitar dan di tengah padang rumput, memberikan bingkai panorama yang menakjubkan di lokasi wisata alam ini.

Bukit Kubu Berastagi menawarkan fleksibilitas dalam menjalani aktivitas wisata. Berbagai permainan menarik dapat kamu nikmati bersama keluarga atau teman di destinasi wisata ini. Udara yang sejuk dan segar menjadikan tempat ini nyaman untuk wisatawan yang membawa anak-anak.

Pengunjung dapat duduk santai di atas tikar di area rerumputan. Jika kamu tidak membawa bekal makanan, kafe dan kantin di Bukit Kubu menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman. Tempat ini adalah pilihan ideal untuk melakukan piknik yang tenang dan nyaman.

Menikmati Penginapan Bergaya Kolonial

Di tempat wisata ini, terdapat hotel berbintang yang menawarkan pengalaman menginap dengan suasana alam terbuka. Menginap di Hotel Bukit Kubu memberikan kesempatan untuk menikmati keindahan taman dari kamar hotel dengan pandangan yang menawan. Reservasi kamar dapat kamu lakukan secara langsung maupun melalui aplikasi pemesanan hotel.

Pengunjung dapat merasakan nuansa peninggalan kolonial Belanda melalui bangunan-bangunan tua yang tersebar di area ini. Kehadiran bangunan bersejarah ini memberikan sentuhan khusus pada suasana tempat ini dan membawa wisatawan merasakan atmosfer masa lalu.

Sumber: Wikipedia

Wisata Naik Kuda dan Delman 

Bagi yang ingin menjelajahi kawasan ini, ada opsi untuk menaiki delman yang melewati jalan-jalan di sekitarnya. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sepanjang rute yang mereka lewati menggunakan delman tersebut.

Selain itu, tersedia jasa sewa kuda yang dapat pengunjung coba. Menunggang kuda di sepanjang rute yang sudah ada adalah cara lain untuk menjelajahi area ini, sembari menikmati pemandangan alam dan diantar oleh penunggang kuda yang ahli.

Sensasi Wahana ATV dan Flying Fox

Kamu dapat mencoba wahana ATV juga tersedia di Bukit Kubu, lho. Wisatawan dapat mengelilingi area rerumputan dengan mengendarai kendaraan mini beroda empat ini. Wahana ATV dapat kamu nikmati dengan durasi 10 menit.

Baca Juga: Pantai Toronipa: Lokasi, Biaya, Daya Tarik, dan Fasilitas

Tak hanya itu, wahana Flying Fox juga menarik untuk kamu coba. Pengunjung yang mencoba wahana ini akan merasakan sensasi meluncur di kereta baja yang mengasyikkan. Saat meluncur, pengunjung dapat menikmati pandangan sekitar dari ketinggian, menambah kepuasan dalam mengeksplorasi keindahan alam di sekitar.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Bukit Kubu, Wisata Alam di Karo yang Menyegarkan Mata

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]