1. Pantai

Pantai Akkarena: Sejarah, Lokasi, dan Harga Tiket

Pantai Akkarena terletak di Jalan Tanjung Bunga, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Tempat wisata ini tidak hanya akan memanjakan mata dengan keindahan pantainya, tetapi juga menyajikan beragam wahana rekreasi dan pilihan kuliner yang lezat. 

Pantai wisata satu ini merupakan pilihan yang sempurna untuk menghabiskan liburan bersama keluarga di kota Makassar. Seperti apa kira-kira pantai satu ini? Simak pembahasan Advontura kali ini!

Sejarah Pantai Akkarena

Pantai Akkarena memiliki sejarah yang unik dan berjangka waktu yang cukup panjang. Sebelum dikenal dengan nama Akkarena, tempat wisata ini dulu dikenal sebagai Tanjung Bunga dan mempertahankan nama tersebut selama waktu yang cukup lama. 

Kemudian, datanglah sebuah perusahaan kontraktor asal Sulawesi Selatan yang mengambil alih kawasan ini dan melakukan berbagai pengembangan. Tanjung Bunga kemudian direvitalisasi menjadi kawasan yang lebih ramah dan menarik bagi para wisatawan.

Kehadiran restoran, kafe, resort, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya menjadi daya tarik utama Tanjung Bunga yang telah berubah wajahnya. Kawasan ini sebagian besar terdiri dari rawa, tetapi melalui proses reklamasi yang disetujui, berbagai fasilitas tambahan, perumahan, jalan raya, dan fasilitas lainnya berhasil dibangun. 

Sumber: Tribunnews

Perubahan ini membuat Tanjung Bunga menjadi lebih terawat dan bersih daripada masa sebelumnya. Para pengunjung yang datang ke sini terkesan dengan perubahan yang signifikan ini.

Kemudian, perusahaan yang mengelola kawasan ini memutuskan untuk mengganti nama Tanjung Bunga menjadi Akkarena setelah melewati proses evaluasi yang cukup panjang. Saat ini, Pantai Akkarena menjadi destinasi yang lebih unggul dan menarik perhatian wisatawan, bahkan ketenaran Pantai Losari sendiri sudah kalah. 

Perubahan ini mencerminkan perkembangan pesat dari pantai ini sebagai tempat wisata yang menarik dan populer di kawasan Makassar.

Lokasi Pantai Akkarena

Pantai Akkarena beralamat di Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Tamalate, Kota Makassar. Karena terletak di tengah perkotaan, lokasinya sangat strategis dan dekat dengan Pantai Losari serta Mall GTC.

Sumber: Kompas

Bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di Pantai Akkarena, tersedia beragam pilihan penginapan yang meliputi hotel, resort, dan homestay. Harga penginapan dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang kamu inginkan, sehingga tidak perlu khawatir untuk berlama-lama tinggal dan menginap di sana.

Harga Tiket Pantai Akkarena

Setelah terpesona oleh keindahan dan daya tarik Pantai Akkarena Makassar, mungkin beberapa dari kamu penasaran tentang harga tiket masuknya. Kadang-kadang, kita mungkin berpikir bahwa harga tiket akan cukup mahal mengingat fasilitas dan pesonanya.

Namun, jangan khawatir, biaya masuk ke kawasan pantai sangat terjangkau. Untuk dewasa, tiket masuk hanya seharga Rp10.000, sementara anak-anak cukup membayar Rp5.000. Selain itu, ada biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Sumber: Tribun Makassar

Untuk wahana permainan tambahan, wisatawan memerlukan pembayaran tambahan, dengan harga berkisar antara Rp20.000 hingga Rp25.000 per permainan. Harga ini masih terbilang sangat terjangkau, terutama jika kita mempertimbangkan keseruan dan tingkat adrenalin yang bisa kamu dapatkan dari wahana-wahana tersebut. 

Dengan biaya yang ramah di kantong ini, Pantai Akkarena Makassar tetap menjadi destinasi wisata yang menarik dan terjangkau bagi semua kalangan.

Daya Tarik Pantai Akkarena

Nama “Akkarena” memiliki asal-usul dari bahasa Makassar yang berarti “bermain”. Ini mencerminkan tujuan awal kawasan ini, yaitu sebagai tempat bermain yang menyenangkan bagi para wisatawan.

Pantai Akkarena pertama kali buka pada tahun 1998 dan memiliki luas sekitar 10 hektar. Sebelumnya, tempat ini bernama Tanjung Bunga dan sebagian besar area tersebut terdiri dari rawa.

Kemudian, sebuah perusahaan asal Sulawesi Selatan mengambil alih pengelolaan kawasan ini dengan visi untuk mengubahnya menjadi destinasi wisata yang menarik. Melalui proses reklamasi, mereka berhasil membangun beragam fasilitas, termasuk restoran, kafe, dan resort, yang semuanya berkontribusi pada perubahan positif kawasan pantai.

Perubahan nama dari Tanjung Bunga menjadi Pantai Akkarena dilakukan untuk memberikan kawasan ini identitas yang segar dan baru. Dengan upaya ini, Pantai Akkarena kini menjadi salah satu destinasi yang lebih unggul daripada Pantai Losari. Pantai satu ini sudah menawarkan pengalaman wisata yang lebih bervariasi dan menarik bagi para pengunjung.

Kegiatan Menarik di Pantai Akkarena

Menikmati Udara Segar di Taman Pantai

Taman Pantai Akkarena, dengan luas mencapai 450 meter persegi, menjadi salah satu daya tarik utama kawasan ini. Taman yang dengan desain Mediterania ini berada di tepi pantai, sehingga menciptakan suasana yang nyaman dan memungkinkan pengunjung untuk menikmati udara segar. 

Kawasan menarik satu ini juga menjadi tempat yang ideal untuk berfoto atau sekadar berjalan-jalan, sembari menikmati angin laut yang lembut yang menambahkan nuansa romantis.

Sumber: Rumah123

Pohon-pohon kelapa yang menjulang rapi menambah kecantikan taman ini, dan puluhan gazebo tersebar di sekitarnya, siap digunakan oleh pengunjung untuk bersantai bersama keluarga. 

Taman ini juga memiliki sound system yang memberikan informasi kepada pengunjung dan layar LCD yang menampilkan hiburan. Pantai Akkarena juga dilengkapi dengan pemecah gelombang untuk menjaga agar ombak tidak terlalu besar, sehingga aman untuk berenang, terutama bagi anak-anak..

Wisata Kuliner

Setelah beraktivitas di kawasan Pantai Akkarena, tentu saja perut kamu menjadi lapar. Namun, tidak perlu khawatir, karena di sekitar kawasan ini terdapat banyak restoran dan kafe yang siap memanjakan lidahmu dengan berbagai jenis masakan dan hidangan lezat.

Yang menarik, pengelola kafe-kafe ini sering mengadakan pertunjukkan musik live, biasanya pada setiap Sabtu dan Minggu. Hal ini memberikan pengalaman kuliner yang lebih istimewa, di mana wisatawan dapat menikmati makanan lezat sambil menikmati hiburan live music yang menghiasi suasana. Dan bagi kamu yang memiliki hobi menyanyi, tempat ini juga bisa menjadi wadah untuk menyalurkan bakat bernyanyimu.

Berenang 

Pantai Akkarena telah dilengkapi dengan pemecah gelombang yang berfungsi untuk mengurangi kekuatan ombak yang mencapai pantai. Hasilnya, kawasan pantai memiliki ombak yang tidak terlalu besar, menciptakan kondisi yang relatif aman bagi para pengunjung yang ingin bermain air atau berenang.

Selain itu, pengelola kawasan pantai telah memasang pemecah gelombang di ujung pantai, yang membuat ombak yang mencapai pantai terbilang lebih aman, khususnya bagi anak-anak yang ingin berenang.

Setelah selesai berenang, pengunjung dapat dengan mudah membersihkan diri dan mengganti pakaian di area yang telah tersedia. Di samping itu, tersedia juga loker untuk menyimpan barang-barang pribadi agar tetap aman saat menikmati waktu berenang yang menyenangkan. Semua ini dirancang untuk memberikan pengalaman berenang yang aman dan nyaman di Pantai Akkarena.

Wahana air 

Selain berenang, kamu juga dapat menikmati berbagai wahana permainan air yang tersedia di Pantai Akkarena. Wahana-wahana tersebut meliputi banana boat, jetski, speed boat, kano, dan bebek-bebek air.

Semua wahana ini menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi pengunjung yang menyukai tantangan dan mencari pengalaman yang menguji adrenalin. Mereka dapat merasakan sensasi bermain air yang seru dan mendebarkan dengan wahana-wahana tersebut.

Bagi kamu yang lebih suka menjelajahi area sekitar pantai tanpa perlu berbasah-basahan, kamu juga dapat menyewa perahu. Perahu ini akan membawa kamu berkeliling area sekitar pantai, memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dan santai.

Memancing 

Jika kamu suka memancing ikan, pastikan siapkan alat pancing mu jika berkunjung ke Pantai Akkarena, ya. Kamu juga dapat menyewa kapal untuk menuju kawasan pemancingan. Memancing adalah salah satu daya tarik bagi wisatawan di Pantai Akkarena. Untuk menyewa perahu, kamu dapat mengunjungi dermaga di mana perahu wisata banyak bersandar.

Baca Juga: Pantai Carita: Daya Tarik, Lokasi, dan Kegiatan Menariknya

Itulah pembahasan Advontura kali ini mengenai Pantai Akkarena. Jika kamu sudah bosan ke pantai-pantai lain di Makassar, kamu dapat memilih pantai satu ini sebagai alternatif. Semoga informasi ini dapat membantumu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Akkarena: Sejarah, Lokasi, dan Harga Tiket

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]