1. Pantai

Pantai Gunung Payung, Permata Tersembunyi di Pulau Dewata

Pantai Gunung Payung di Desa Kutuh, bagian selatan Badung, menjadi tambahan menarik pada daftar destinasi pantai berpasir putih di Bali. Pulau kecil ini sungguh menakjubkan dengan daya tarik alamnya yang melimpah, menjadikannya salah satu tujuan liburan paling istimewa di dunia. Yuk simak informasi selengkapnya di sini!

Tentang Pantai Gunung Payung

Kecantikan Bali tidak hanya terletak pada objek-objek wisata populer. Salah satunya adalah Pantai Gunung Payung, sebuah pantai tersembunyi di Pulau Dewata. Destinasi ini akan memberikan pengalaman yang segar dan berbeda dalam perjalanan liburan Anda di Bali.

Selain itu, di sekitar area ini, kamu akan menemukan Pura Gunung Payung, sebuah situs pura kuno yang juga menampilkan lanskap alam yang menakjubkan.

Pantai Gunung Payung adalah tujuan yang indah dengan pasir putih yang lembut dan dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang memisahkan pantai ini dari keramaian kota. Hal ini memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin mencari ketenangan dan melarikan diri dari keramaian kota untuk bersantai dan menikmati kedamaian alam.

Lokasi Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, hanya sekitar 18,2 kilometer dari Bandara Ngurah Rai, dengan waktu perjalanan sekitar 35 menit.

Selain dekat dengan bandara, pantai ini juga berdekatan dengan beberapa pantai lain di selatan Bali, seperti Pantai Pandawa. Untuk mencapai pantai ini, kamu dapat mengikuti jalan dari Bandara Ngurah Rai Bali menuju Jalan bypass ke arah selatan.

Sumber: Pantaipedia

Dari sana, kamu dapat melanjutkan ke selatan, melewati Universitas Udayana dan menuju ke arah Goa Gong. Setelah itu, kamu dapat berbelok ke kiri menuju Jalan Dharmawangsa hingga kamu menemui Warung 86 Banyuwangi.

Dari titik tersebut, kamu dapat melanjutkan perjalanan lurus ke arah Jalan Gunung Payung dan mengikuti petunjuk arah yang tersedia di setiap papan penunjuk jalan.

Menuju Pantai Gunung Payung

Sebagaimana telah Advontura katakan sebelumnya, Pantai Gunung Payung tersembunyi di balik tebing di Desa Kutuh. Untuk mencapai pantai ini, kamu perlu menempuh waktu dan usaha yang ekstra karena baik mobil maupun sepeda motor tidak dapat mencapai bibir pantai ini secara langsung.

Kamu harus bersedia menempuh perjalanan dengan melewati ratusan anak tangga yang memungkinkan akses ke pantai. Jika berencana berlibur bersama keluarga, terutama jika ada bayi, sebaiknya kamu pertimbangkan dengan baik sebelum mengunjungi pantai satu ini.

Sumber: Pexels

Kendaraan hanya dapat mencapai area parkir, dan setelah itu kamu harus berjalan kaki melalui jalur yang telah disediakan menuju pantai. Selanjutnya, kamu akan menghadapi serangkaian undakan anak tangga yang berjumlah sekitar 195 anak tangga (tidak lebih dari 200 anak tangga) yang harus kamu lalui.

Perjalanan ke Pantai Gunung Payung mungkin akan menjadi tantangan yang agak menantang, tetapi bagi para pecinta alam dan trekking, ini adalah pengalaman yang akan menambah pengalaman petualangan alammu di Pulau Bali.

Meskipun bibir pantai pasir putih Gunung Payung sebenarnya tidak terlalu jauh, namun karena kemiringan tangga yang curam, perjalanan ini bisa terasa sedikit melelahkan. Namun, sepanjang perjalanan, kamu dapat beristirahat sejenak, menikmati keindahan alam laut dan pantai, serta mengabadikan momen dengan mengambil foto-foto indah sepanjang perjalanan.

Tiket Masuk Pantai Gunung Payung

Meskipun pantai ini termasuk dalam kategori pantai yang tersembunyi, pemerintah tetap berupaya keras untuk mempromosikan destinasi wisata ini.

Dengan pembangunan Gunung Payung Cultural Park, pendapatan dari daerah ini telah mengalami peningkatan signifikan karena berhasil menarik perhatian wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Sumber: Wikipedia

Untuk menikmati kecantikan alam di pantai ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp2.000 per orang. Selain itu, biaya parkir untuk kendaraan roda empat sekitar Rp5.000 dan kendaraan roda dua sekitar Rp2.000.

Jam Buka Pantai Gunung Payung

Setiap tempat wisata biasanya memiliki jam operasional yang berbeda, dan hal yang sama berlaku untuk destinasi di Bali ini.

Pantai hidden gem ini tetap buka setiap hari selama 24 jam, artinya tidak ada jam khusus atau waktu penutupan bagi para wisatawan yang ingin mengunjunginya. Kamu bebas datang kapan saja, tetapi jangan lupa untuk membayar tiket masuk terlebih dahulu.

Namun, karena pantai ini terletak di balik tebing dengan akses yang cukup jauh dan tidak mudah, sebaiknya kunjungi pantai ini pada pagi hingga sore hari.

Fasilitas Pantai Gunung Payung

Terkait dengan fasilitas di kawasan pantai, karena masih termasuk dalam kategori destinasi tersembunyi dan belum lama dibuka, maka belum memiliki fasilitas lengkap seperti yang dimiliki oleh beberapa pantai lain yang lebih terkenal.

Namun, pihak pemerintah dan pengelola terus mengembangkan pantai ini dengan segera melengkapi fasilitasnya. Dengan demikian, fasilitas tersebut akan meningkatkan daya tarik dan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Sumber: Tripadvisor

Kegiatan Menarik di Pantai Gunung Payung

1. Paragliding

Di sekitar area pantai yang indah ini, terdapat banyak tempat sewa untuk aktivitas Paragliding. Setiap pengunjung yang ingin mencoba olahraga ini akan didampingi oleh instruktur yang sudah berpengalaman untuk memastikan keselamatan para peserta.

Instruktur tersebut akan memberikan panduan dan bimbingan kepada peserta tentang cara menerbangkan paralayang serta teknik pendaratan yang aman. Melalui olahraga ini, para pengunjung dapat mengabadikan momen dengan mengambil foto-foto pantai dari ketinggian yang spektakuler.

2. Gunung Payung Cultural Park

Selain berolahraga dengan paragliding, juga terdapat beberapa rumah adat Bali yang sengaja dibangun untuk memberikan daya tarik tersendiri.

Ada juga goa di area ini yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata. Pengunjung juga dapat merasakan suasana romantis di pantai ini karena terdapat taman yang terawat dengan baik.

Para wisatawan juga memiliki kesempatan untuk menikmati berbagai pertunjukan tradisional yang sering dilakukan di Gunung Payung Cultural Park.

Baca Juga: Pantai Depok: Lokasi, Rute, Harga Tiket Masuk, dan Fasilitas 

Demikian pembahasan Advontura mengenai Pantai Gunung Payung. Semoga informasi kali ini dapat membantu kamu ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Gunung Payung, Permata Tersembunyi di Pulau Dewata

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Jalan-jalan ke taman wisata sudah, berlibur akhir pekan di pantai juga sudah. Hmm, kira-kira kita mau kemana lagi ya? Gimana kalau ke pusat perbelanjaan? Why not? Berlibur atau sekedar menghabiskan waktu luang di pusat perbelanjaan seperti Lokasari Square bukanlah ide yang buruk lho. Pasalnya,beberapa aktivitas menarik seperti bermain di arcade, karaoke, sembari berbelanja pakaian bisa […]

    Trending

    Ditengah, kurangnya teman hiburan yang ramah lingkungan di Jakarta, hadirlah Allianz Ecopark menjadi salah satu list tempat wisata yang eco friendly. Tempat ini dibangun dengan luas lahan hampir 34 hektar dengan mengubah Padang Golf Ancol menjadi sebuah sarana rekreasi yang mengusung konsep hiburan, edukasi, dan pastinya ramah lingkungan. Informasi tentang Allianz Ecopark lainnya, selengkapnya bisa […]
    Yuk, kita berlibur ke Sumatera Selatan! Kira-kira selain pemandangan alam bukit barisan yang memanjakan mata, objek wisata manakah yang seru dan juga menyenangkan? Yap, main ke Alaska Park Banjarbaru adalah pilihan yang tepat. Tempat ini merupakan sebuah taman rekreasi keluarga yang memiliki wahana yang beraneka ragam. Wahana yang tersedia pun cocok untuk segala umur. Untuk […]