1. Waduk

Waduk Cengklik Park: Lokasi, Harga Tiket Masuk, & Kegiatannya

Waduk Cengklik Park adalah sebuah destinasi wisata keluarga terbaru yang ada di Boyolali. Tempat wisata ini memang baru berdiri, tapi sudah ramai akan pengunjung, baik anak-anak hingga dewasa. Terlebih lagi, destinasi wisata ini hanya berjarak sekitar 30 menit dari pusat Kota Boyolali dan Solo.

Kira kira seperti apa waduk satu ini? Yuk simak informasi selengkapnya hanya di artikel Advontura kali ini!

Lokasi Waduk Cengklik Park

Waduk Cengklik terletak tidak jauh dari Bandara Internasional Adisumarno, tepatnya di Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Waduk satu ini berada di antara dua desa, yaitu Sobokerto dan Ngargorejo. Area sekitar bendungan ini terbilang cukup ramai, jadi kamu akan mudah mengenali lokasinya.

Sumber: Badan Otorita Borobudur

Harga Tiket Masuk Waduk Cengklik Park

Jika kamu tertarik mengunjungi waduk ini, harga tiket masuknya sendiri adalah sebesar Rp25.000 per orang tanpa batas usia. Yang menarik, dengan harga tiket reguler tersebut, pengunjung akan mendapatkan kesempatan untuk menjelajahi Kampung Sakura, Landmark Dunia, berbagai spot foto menarik, Rumah Adat Nusantara, Kolam Renang atau Waterboom.

Sumber: Travel Kompas

Bagi keluarga atau teman-teman yang datang, sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati berbagai wahana menarik yang tersedia. Namun, perlu kamu ingat bahwa untuk menikmati beberapa wahana, kamu perlu membayar biaya tambahan yang tidak termasuk dalam tiket masuk. 

Berikut adalah informasi lebih lanjut terkait biaya tambahan untuk menikmati wahana-wahana yang ada di waduk:

 

  • Monorail Rp20.000
  • Bom-bom car Rp20.000
  • Bioskop virtual reality (VR) Rp15.000
  • Rumah terbalik dan labirin kaca Rp15.000
  • Kereta mini Rp10.000
  • Kiddly boat Rp10.000
  • Super rally Rp10.000
  • Komidi putar Rp10.000
  • Mandi bola Rp10.000

Jam Buka Waduk Cengklik Park Boyolali 

Bagi kamu-kamu yang berencana mengunjungi Waduk Cengklik Park Boyolali, penting untuk memperhatikan jam operasionalnya. Waduk Cengklik Park buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB. Pada hari Minggu hingga Jumat, waktu operasionalnya berakhir sore, tepatnya pukul 17.00 WIB.

Sedangkan pada hari Sabtu, Waduk Cengklik Park akan tetap buka hingga malam, yaitu sampai pukul 21.00 WIB. Pada hari tersebut, pengelola juga menyuguhkan atraksi lampion bagi para pengunjung yang datang pada malam hari.

Sumber: Suara Jateng

Kegiatan Menarik di Waduk Cengklik Park Boyolali

Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan menarik jika berkunjung ke Waduk Cengklik Park. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan:

Berenang di Kolam Renang

Tidak, kamu tidak akan berenang di waduknya, melainkan di kolam renang seluas 1,2 hektar yang juga merupakan salah satu fasilitas favorit di sana. Kolam renang ini terletak di depan area foodcourt, berbentuk persegi panjang dengan lapisan keramik berwarna biru.

Terdapat area yang secara khusus diperuntukkan bagi anak-anak dan dewasa, yang dibatasi oleh jaring untuk menunjukkan kedalaman kolam yang berbeda. Di bagian kolam anak-anak, terdapat wahana permainan air mini, serta seluncuran mini dan ember tumpah mini dilengkapi dengan tangga.

Sementara itu, di kolam khusus dewasa, tidak terdapat permainan sehingga memberikan kesempatan bagi pengunjung dewasa untuk berenang tanpa terganggu oleh keberadaan anak-anak yang bermain. Bagi yang ingin bermain lempar tangkap bola, kamu dapat melakukannya di kolam khusus dewasa.

Wahana Bioskop Virtual Reality

Menikmati film di bioskop terbilang pengalaman yang sangat umum, namun menonton bioskop virtual reality pasti belum pernah kamu lakukan. Siapa yang sangka, di sini terdapat wahana khusus yang memungkinkan pengunjung menonton seolah-olah mereka berada dalam video tersebut .

Setiap wisatawan akan diberikan kacamata khusus yang terhubung dengan video, dan setiap orang mendapatkan satu set perlengkapan VR lengkap. Kemudian, sebuah video akan diputar, menciptakan sensasi seakan-akan wisatawan benar-benar berada di dalamnya. Untuk menikmati wahana ini, tentu diperlukan tiket tersendiri, namun harganya cukup terjangkau.

Sumber: Travel Kompas

Rumah Terbalik dan Labirin Kaca

Ketika mengunjungi Waduk Cengklik Park, pengunjung dapat menikmati keunikan wahana sambil berfoto, terutama di wahana Rumah Terbalik. Di wahana ini, kamu bisa bebas untuk menjelajahi sebuah rumah yang seluruh isinya terbalik. Meskipun ruangan di dalamnya dirancang mirip seperti rumah biasa, namun semuanya diputar terbalik dengan perabotan yang tertata rapi.

Pengunjung mungkin akan merasa bingung karena suasana ruangan terasa terbalik namun tetap teratur. Kursi berada di dinding, sofa berada di atap, dan posisi perabotan yang tidak lazim. Di sini, wisatawan dapat mengambil foto-foto unik seolah-olah mereka berada dalam situasi terbalik, dengan dukungan properti unik yang ada di dalam ruangan.

Selain Rumah Terbalik, terdapat pula wahana Labirin Kaca yang menarik. Di sini, pengunjung akan berpetualang di dalam ruangan yang dipenuhi dengan banyak kaca. Jumlah kaca yang melimpah akan membingungkan wisatawan dalam mencari jalan keluar. Namun, di situlah keunikannya, terutama dengan suasana ruangan yang gelap yang membuat tantangan untuk menemukan jalan keluar semakin sulit.

Menghabiskan Akhir Pekan di Taman Lampion

Pilihan yang tepat untuk mengunjungi objek wisata ini adalah pada akhir pekan, terutama pada Sabtu malam. Pada malam tersebut, Taman Lampion tetap buka hingga larut malam. Di waktu malam, pengunjung dapat menikmati keindahan wahana Taman Lampion.

Puluhan lampion berwarna-warni menyala terang, menerangi gelapnya malam. Cahaya yang dipancarkan oleh lampion-lampion ini mampu mengusir kegelapan dan menciptakan suasana yang romantis. Pengunjung dapat menikmati keindahan ini sambil mengabadikan momen dengan berfoto atau sambil menikmati hidangan lezat dari foodcourt.

Baca Juga: Wisata Candi Borobudur – Sejarah Hingga Harga Tiket

Demikian pembahasan Advontura mengenai lokasi, harga tiket masuk, jam buka, dan kegiatan menarik di Waduk Cengklik Park. Jika kamu berkunjung ke Boyolali, jangan lupa untuk berkunjung ke sini ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Waduk Cengklik Park: Lokasi, Harga Tiket Masuk, & Kegiatannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]