1. Pantai

Pantai Pasir Putih PIK 2, Pantai Indah yang Dekat Jakarta

Bagi kamu yang tinggal di Jabodetabek, pasti merasa kejauhan jika harus pergi Yogyakarta atau kota-kota lain di Jawa Tengah untuk menikmati keindahan pantai pasir putih, kan? Jangan khawatir, kamu sekarang dapat pergi ke Tangerang untuk menyaksikan keindahan pasir putih yang tidak kalah indahnya.

Pantai Pasir Putih PIK 2 adalah salah satu pantai pasir putih yang dapat kamu kunjungi jika tidak ingin menempuh perjalanan yang terlalu jauh. Pantai yang sempat tutup ini letaknya juga tidak jauh dari Pantai PIK 1. Kira kira apa yang menarik dari pantai ini? Yuk, simak artikel Advontura kali ini!

Sejarah Singkat Pantai Pasir Putih PIK 2

Sebelum kamu mengunjungi pantai satu ini, kamu perlu tahu bahwa pantai ini awalnya dikenal sebagai Pulau C yang termasuk ke dalam hasil reklamasi Teluk Jakarta. Saat in, PIK 2 atau Pantai Indah Kapuk 2 terkenal sebagai salah satu kawasan elit dan bergengsi di Jakarta yang berisi perumahan elit dan pertokoan. 

Pada awal pembangunanya, proyek ini sempat mengalami kontroversi karena berpotensi menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan, serta tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Sumber: wisata milenial

Terlebih lagi, lokasi PIK direncanakan sebagai ruang terbuka hijau, tapi kemudian berganti menjadi area perumahan sampai saat ini. Namun, kawasan ini menjadi salah satu kawasan yang membantu perekonomian dan menjadi tempat menarik di sekitar Jakarta

Fasilitas di Pantai Pasir Putih PIK 2

Pantai Pasir Putih PIK 2 menawarkan fasilitas yang lengkap, termasuk area parkir yang luas, mushola, area live music, toilet umum, dan food court. Selain menampilkan pemandangan pantai yang indah, pengunjung juga dapat menikmati panorama perkotaan dengan gedung-gedung tinggi, tata kota yang teratur, serta berbagai acara yang sering diadakan di sini.

Lokasi ini juga sangat cocok untuk berfoto dengan banyaknya spot menarik yang tersedia di sekitar pantai. Terkadang, bahkan ada pasangan yang memilih lokasi ini sebagai latar untuk sesi foto pra-nikah mereka. Pantai ini menghadirkan suasana seperti pantai pasir putih di Los Angeles.

Sumber: Fimela

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sini, mulai dari bermain pasir, bersepeda, jogging, berwisata kuliner, atau hanya menikmati pemandangan pantai. Jika ingin berbelanja, pantai ini juga dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Emporium Pluit, Baywalk Mall Pluit, PIK Avenue, Pluit Village, atau Pluit Junction. Oleh karena itu, pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Baca Juga: Pantai Widodaren : Lokasi, Harga Tiket Masuk & Daya Tarik

Lokasi Pantai Pasir Putih PIK 2

Pantai Pasir Putih PIK 2 terletak di Kecamatan Kosambi, Dadap, Kabupaten Tangerang dan masuk ke dalam kawasan yang sedang dalam tahap pembangunan, yang terdiri dari perumahan dan perkantoran. Jaraknya sekitar 25 Km dari pusat Jakarta, dengan waktu tempuh sekitar setengah jam. 

Saat ini, masih jarang ada kendaraan dari luar kawasan PIK 2 yang mengangkut penumpang menuju pantai tersebut. Terlebih lagi, kawasan ini cukup luas, bahkan menyerupai kota kecil yang berdiri sendiri. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor agar lebih mudah untuk akses pulang pergi dari pantai.

Sumber: travel kompas

Selain itu, pengunjung juga dapat menggunakan shuttle bus yang mencakup wilayah Pantjoran PIK. Namun, untuk mencapai pantai, tetap perlu memesan ojek online. Perlu kamu ingat, pemesanan ojek online di sini juga tidak begitu mudah dari pantai karena lokasinya yang agak jauh dari keramaian.

Harga Tiket Masuk PIK 2

Pantai Pasir Putih PIK 2 saat ini sudah berumur sekitar dua tahun. Namun, sempat tutup karena pandemi Covid-19. Ketika sudah dibuka kembali, antusiasme masyarakat ternyata cukup tinggi. Hal tersebut bukan berarti harga tiket masuk ke pantai ini akan melambung jauh karena nyatanya tidak. Kamu bebas keluar masuk ke pantai ini tanpa harus membayar tarif tiket masuk. Jika kamu membawa kendaraan pribadi, kamu akan dikenai tarif parkir sebesar Rp15.000 untuk motor dan Rp25.000 untuk mobil.

Sumber: traveloka

Kegiatan yang Dapat Dilakukan

Seperti yang sudah Advontura sebutkan di atas, pantai ini menawarkan berbagai kegiatan yang menarik. Beberapa di antaranya adalah:

Menikmati Pemandangan sambil Berjalan-jalan

Letaknya yang tidak jauh dari Jakarta membuat pantai satu ini menjadi tempat yang sangat pas untuk melepas penat. Udara yang segar dan pasir putih yang bersih membuat pikiran siapapun tersegarkan kembali. Kamu dapat berjala-jalan santai di sekitar pantai dan menyaksikan keindahan alam.

Kawasan ini terjaga kebersihannya dan teratur sehingga setiap sudut tempat ini terlihat menakjubkan. Bagi yang membawa anak-anak, mereka pasti akan senang bermain di pasir putihnya. Namun, pantai ini tidak cocok untuk berenang. Meskipun sebagai pantai utara terkenal dengan ombak yang tenang, area pantai ini tidak cocok untuk menjadi tempat bermain air.

Duduk Santai Menikmati Pemandangan

Bagi kamu yang ingin menikmati kegiatan santai, di sepanjang tepi pantai tersedia banyak tempat duduk untuk bersantai. Keberadaan barisan pohon kelapa memberikan suasana yang asri dan memberikan suasana teduh di tepi pantai.

Selain itu, pemandangan luas lautan biru yang membentang sejauh mata memandang siap memanjakan matamu.  Saat matahari mulai terbenam, pemandangan di kawasan PIK 2 semakin mempesona. Cahaya senja yang perlahan memudar di sebelah barat menciptakan suasana yang romantis. Pada saat ini, angin berhembus semakin sejuk, dan pencahayaan lampu-lampu yang mulai menyala menambah keindahan suasana pantai.

Sumber: travel kompas

Berburu Kuliner Di Food Street PIK 2

Salah satu keunggulan dari wisata PIK 2 adalah adanya food street yang berlokasi dekat pantai. Di sini, terdapat beragam kuliner dari seluruh Indonesia, mulai dari makanan tradisional hingga makanan ringan yang sedang populer saat ini. Karena berdekatan dengan pantai, banyak warung kuliner yang juga menyajikan hidangan seafood.

Kamu tidak perlu khawatir tentang harga, karena makanan di area kuliner ini memiliki harga yang terjangkau. Tempatnya juga nyaman dan bersih, sehingga membuat pengunjung betah berkeliling lebih lama.

Selain itu, suasana di malam hari semakin menawan dengan adanya hiburan live music. Karena itu, kawasan wisata PIK 2 menjadi salah satu pilihan tempat wisata bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Baca Juga: Pantai Wediombo Gunung Kidul: Lokasi & Harga Tiket Masuk

Demikian pembahasan Advontura kali ini tentang Pantai Pasir Putih PIK 2. Sebagai saran, kamu dapat mengunjungi pantai ini di luar hari libur atau weekend untuk menghindari ramainya pengunjung. Ketika kamu merasa penat dengan suasana Jakarta, kamu dapat berkunjung ke pantai satu ini untuk melepas penat sejenak, dan jangan lupa untuk membawa payung atau topi karena matahari di PIK 2 terbilang cukup terik. Semoga penjelasan Advontura kali ini membantu kamu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Pasir Putih PIK 2, Pantai Indah yang Dekat Jakarta

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]