1. Tips Wisata

Pentingnya Wisata untuk Anak dan Tempat yang Cocok

Anak memiliki hak untuk bermain yang harus dipenuhi dan telah dilindungi undang-undang. Hal ini juga berkaitan dengan kebutuhan anak untuk liburan ke tempat yang layak, atau singkatnya wisata untuk anak. 

Memang sepenting apa wisata untuk anak sampai tersedia wahana bermain yang khusus dibuat untuk anak anak? Pada kesempatan kali ini, Advontura akan membahas lebih dalam tentang pentingnya wisata untuk anak dan tempat yang cocok dikunjungi.

Pentingnya Wisata untuk Anak

Menghabiskan masa liburan dengan liburan berbasis edutainment bisa menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi buah hati. Terutama pada zaman ini, terdapat banyak tujuan wisata yang menyediakan area bermain berbasis edutainment, yakni perpaduan antara pendidikan dan hiburan.

Hal ini memiliki pengaruh yang penting karena anak-anak tidak hanya bermain semata, melainkan juga dapat memperoleh pengetahuan baru dalam suasana liburan mereka. Meski begitu, orangtua perlu memilih lokasi liburan yang ramah untuk anak-anak. Di samping aspek kesenangan dan hiburan, faktor keamanan di tempat wisata juga wajib kamu pertimbangkan.

Sumber: Unsplash

Kriteria Destinasi Wisata

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengemukakan bahwa terdapat empat kriteria esensial yang termasuk dalam ciri khas dari tempat wisata yang mendukung pengalaman positif bagi anak-anak. Aspek-aspek tersebut mencakup aspek keselamatan, tindakan pencegahan risiko, pelayanan yang baik, serta ketaatan terhadap regulasi.

Manajemen dan pengelola tempat wisata perlu mengedepankan tingkat kenyamanan dan keamanan bagi anak-anak ketika sedang berwisata. Tak hanya itu, setiap fasilitas yang ada di area wisata juga haruslah dirancang agar mudah dijangkau dan tidak menimbulkan potensi risiko bagi anak-anak. 

Sumber: Unsplash

Lebih dari itu, penting bagi tempat wisata ramah anak untuk memiliki sistem keamanan yang terfokus pada kebutuhan khusus anak-anak, guna memastikan keamanan dan kenyamanan mereka terjaga dengan baik.

Pengaruh Psikologi Wisata pada Anak

Berlibur bersama keluarga memang terbukti dapat memberikan dampak yang signifikan bagi pertumbuhan mental anak. Menurut Dr. Margot Sunderland, seorang Direktur Pendidikan di The Centre for Child Mental Health di London, menjelaskan bahwa berpetualang di lingkungan baru bersama keluarga bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Pengalaman liburan memiliki potensi untuk merangsang dan membentuk dasar emosional yang kuat dalam pembentukan karakter anak. Selain itu, berwisata juga dapat meninggalkan kenangan positif yang akan terus membekas hingga mereka dewasa.

Berlibur dengan keluarga juga mampu meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini karena mengeksplorasi tempat-tempat baru dapat merangsang perhatian, kemampuan belajar hal-hal baru, konsentrasi dan membantu anak anak mengatasi situasi stres.

Rekomendasi Wisata Anak di Jakarta

Sebagai referensi, Advontura akan memberimu beberapa tempat wisata yang cocok untuk anak, sekaligus membantu perkembangan tumbuh kembangnya.

Skyworld Taman Mini Indonesia

Fenomena alam luar angkasa selalu memiliki daya tarik khusus dan mendalam bagi anak-anak. Bagi anak-anak yang kepo pada segala hal berbau ruang angkasa, Skyworld di Taman Mini Indonesia Indah menjadi destinasi wisata bersama anak.

Di tempat ini, terdapat area pameran berhiaskan dengan berbagai objek menarik seperti replika roket berukuran besar, kostum astronot imitasi, dan bahkan diorama yang menggambarkan susunan tata surya. Anak-anak mempunyai kesempatan untuk belajar sambil berfoto seakan menjadi seorang astronot yang bertugas di ruang pusat kendali.

Sumber: Skyworld TMII

Skyworld Taman Mini Indonesia juga menawarkan dua atraksi menarik yang tidak boleh kamu, yaitu sebuah Cinema 5D dan Planetarium. Pertunjukkan Planetarium tersebut akan mempertontonkan pemandangan luar angkasa yang lengkap dengan sensasi layaknya terbang di luar angkasa. 

Selain itu, tersedia taman bermain lengkap dengan trampolin, ayunan, dinding panjat, seluncuran, dan bahkan area taman air mini. Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sejumlah Rp70.000.

The Wave Pondok Indah Waterpark

Jika kamu ingin membawa anak ke daerah-daerah eksotis yang banyak pantai layaknya di Bali, tapi masih belum memiliki waktu yang sesuai, kamu dapat mencoba untuk mengajak anak-anak ke The Wave Pondok Indah Waterpark. Di sini, kamu dapat mengajak anak-anak untuk bermain air sepuasnya, layaknya bermain air di pantai-pantai yang ada di Bali.

Sumber: Pondok Indah Waterpark

Di sini, anak-anak dapat belajar berselancar dengan pengawasan dan pengarahan dari staf terlatih di area Wizard Slide yang memiliki ketinggian berbeda. Anak-anak juga dapat bermain tembakan air lalu menanti ember raksasa yang akan menumpahkan air di Aqua Play. Pada weekday, pengunjung harus membayar sebesar Rp100.000, sedangkan pada weekend sebesar Rp150.000.

Houbii Urban Adventure Park

Tempat apa yang mempunyai beragam kegiatan indoor yang menarik dan memeras keringat di Jakarta?. Mungkin, kamu dapat mengunjungi Houbii Urban Adventure Park. Tempat wisata berbasis indoor yang terletak di Kebayoran Lama ini menawarkan berbagai jenis aktivitas menarik yang cocok dinikmati oleh berbagai kelompok usia, terutama anak-anak.

Sumber: Linkedin

Di tempat ini, anak anak dapat menyalurkan energi mereka, melatih otot tubuh, dan menjaga tubuh tetap aktif,. Selain itu, mereka juga dapat bersosialisasi dengan teman-teman sebaya. Houbii Urban Adventure Park menawarkan beberapa fasilitas menarik, seperti Ninja Course Obstacle, High Rope Course,  Dodge Ball Arena, Extreme Slide, serta berbagai aktivitas seru lainnya.

Jakarta Aquarium

Selain Taman Mini Indonesia Indah dan Sea World Ancol, Anda dan anak dapat menjelajahi alternatif destinasi wisata anak yang menampilkan kehidupan laut seperti Jakarta Aquarium. Terletak di Jakarta Barat. Jakarta Aquarium memberi kesempatan  anak-anak untuk dapat menikmati pesona keanekaragaman biota laut dan berinteraksi dengan binatang lucu seperti pinguin.

Sumber: Wikipedia

Terdapat juga kolam sentuh tempat di mana anak dapat bermain dan berinteraksi langsung dengan binatang laut favorit mereka. Selain itu, juga ada Aqua Trekking yang memperlihatkan keindahan gerakan ikan pari melalui air. Lalu, ada pertunjukan teater bertaraf internasional berjudul ‘Pearl of the South Sea’ yang mempertontonkan ilusi dan tarian bawah laut. Untuk anak-anak, tiket masuk tersedia dengan harga Rp125.000 pada hari kerja dan Rp150.000 pada akhir pekan.

Museum of Toys

Apabila kamu dan anak memiliki minat yang sama dalam mengumpulkan mainan unik, maka Museum of Toys adalah destinasi yang tepat untuk kamu kunjungi bersama buah hati. Sebagai museum mainan pertama di Indonesia, Museum of Toys memamerkan kumpulan koleksi mainan berbentuk action figure dari berbagai desainer lokal maupun internasional.

Sumber: Klook

Museum ini memamerkan koleksi pribadi Win Satrya serta beberapa kolektor mainan lainnya yang mereka sudah kumpulkan kurang lebih selama 15 tahun. Terdapat lebih dari 3.000 action figure edisi sangat terbatas yang terpajang di sini lengkap dengan gaya desain yang unik, cerita dibaliknya, dan juga nilai-nilai historisnya. Untuk masuk ke dalam museum ini, kamu perlu membayar tiket masuk seharga Rp60.000 pada hari kerja dan Rp80.000 pada akhir pekan.

Baca Juga: Pantai Madasari, Pantai Batu Karang di Pangandaran

Demikian pembahasan Advontura kali ini tentang pentingnya wisata untuk anak dan beberapa rekomendasi tempat wisata yang dapat kamu kunjungi bersama anak. Semoga informasi ini dapat membantu kamu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pentingnya Wisata untuk Anak dan Tempat yang Cocok

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]