1. Pantai

Pantai Indrayanti Yogyakarta, Pantai Pasir Putih Elok dan Menawan

Yogyakarta adalah salah satu provinsi yang berbatasan langsung dengan daerah laut. Hal tersebut membuat daerah ini memiliki banyak sekali wisata pantai, salah satunya adalah Pantai Indrayanti.

Pantai satu ini memang belum begitu familiar di telinga kita, tapi siapa sangka ternyata pantai sudah banyak dikunjungi wisatawan. Kira-kira apa saja yang menarik dari pantai ini? Simak informasi selengkapnya di sini.

Sumber: garasijogja

Sejarah Pantai Indrayanti

Pertama-tama yuk mengenal lebih dalam tentang Pantai Indrayanti dengan mengetahui sejarahnya. Siapa yang sangka ternyata nama Indrayanti bukan nama asli dari pantai ini. Jika biasanya pantai mengambil nama dari suatu tempat atau daerah, Pantai Indrayanti memiliki asal nama yang berbeda. Nama pantai ini diambil dari sebuah restoran bernama Indrayanti yang terletak tidak jauh dari kawasan pantai.

Baca Juga: Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta, Wisata Sawah Paling Populer

Restoran ini dapat terbilang cukup terkenal di kalangan wisatawan, bahkan menjadi ikon daerah tersebut. Oleh karena itu, nama Indrayanti menyebar dan membuat pantai ini lebih dikenal sebagai Pantai Indrayanti. Nama Indrayanti sendiri berasal gabungan nama dari pasangan pemilik restoran, yaitu Indra dan Yanti.

Nama asli dari pantai ini adalah Pantai Pulang Sawal, dan secara resmi digunakan oleh pemerintah setempat. Namun, para wisatawan dan warga lokal sering menyebut pantai ini sebagai Pantai Indrayanti.

Pihak pemerintah lebih banyak menggunakan nama Pantai Pulang Sawal. Namun, nama Indrayanti sudah melekat di telinga masyarakat secara umum. Di tambah lagi, nama Indrayanti juga sudah terkenal di media sosial.

Baca Juga: Benteng Vredeburg Yogyakarta – Tiket dan Sejarahnya

Lokasi Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti terletak di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Yogyakarta. Kamu dapat menempuh perjalanan ke pantai ini dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta.

Ada dua jalur yang dapat kamu gunakan untuk menuju Pantai Indrayanti ini. Jalur pertama, kamu dapat melewati pantai-pantai di sebelah selatan Yogyakarta, seperti Pantai Krakal, Pantai Baron, Pantai Sundak, Pantai Kukup, lalu melanjutkan ke arah timur hingga mencapai lokasi tujuan.

Sementara itu, rute kedua melalui Wonosari, mulai dari pertigaan di Wonosari, kemudian mengambil rute menuju  Pantai Wediombo, Pantai Sundak, dan Pantai Siung. Perjalanan melalui daerah Wonosari in akan menjadi lebih mudah karena kondisi jalan saat ini sudah cukup baik.

Baca Juga: Pasar Beringharjo Yogyakarta : Jam Buka dan Wisata Terdekat

Sebagai catatan, saat ini belum ada angkutan umum yang dapat digunakan menuju pantai ini. Kamu dapat menggunakan kendaraan seperti mobil atau motor. Jangan takut bosan karena sepanjang perjalanan kamu dapat melihat pemandangan pantai Yogyakarta.

Fasilitas Pantai Indrayanti

Meskipun dapat terbilang jauh dari pusat kota, Pantai Indrayanti Yogyakarta tetap memiliki fasilitas yang lengkap dan siap memanjakan kamu. Beberapa fasilitas yang tersedia mencakup mushola, jet ski, gazebo, area parkir yang luas dan pedagang kaki lima di sepanjang pinggiran pantai.

Kamu dapat melakukan berbagai kegiatan di pantai satu ini, seperti bermain air di pinggir pantai, berjemur, membuat istana pasir, berswafoto, piknik atau hanya duduk-duduk di area gazebo. Terlebih lagi, area pantai juga tidak jauh dari tempat-tempat makan, kamu dapat menyantap makanan sembari memandang pesona lautan.

Baca Juga:  Sungai Mudal Kulon Progo, Hidden Gem di Yogyakarta

Jika kamu ingin bermalam di area pantai ini, kamu dapat menyewa homestay atau penginapan yang tersedia di sekitar area pantai. Kamu dapat merasakan pengalaman eksotis ketika terbangun dan disambut deburan angin laut.

Sumber: yogyes

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Untuk berwisata di Pantai Indrayanti Yogyakarta, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena harganya cukup bersahabat di kantong. Harga tiket masuknya sendiri hanya sebesar Rp10.000. Harga tersebut merupakan tarif retribusi ketika kamu memasuki area pantai. 

Setelah bermain-main di pantai, tentu kamu perlu membilas diri atau pergi ke toilet. Biasanya, tarif untuk toilet adalah sukarela, tapi kami menyarankan supaya kamu menyisihkan Rp2.000-Rp5.000 untuk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan toilet.

Kamu juga dapat menyewa berbagai tambahan, seperti sewa payung pantai seharga Rp20.000 dan sewa gazebo sebesar Rp30.000. Jika kamu ingin tertarik dengan olahraga ekstrim, kamu dapat mencoba jetski yang tersedia di sini, di mana kamu hanya perlu membayar Rp250.000 per 15 menit.

Murah dan terjangkau bukan? Berwisata di Yogyakarta, khususnya Gunung Kidul memang terkenal akan kemurahannya.

Baca Juga:  Wisata Merapi Park, Asyiknya Keliling Dunia di Yogyakarta

Wisata Lain di Sekitar Pantai Indrayanti

Wisatawan sering mengunjungi Pantai Indrayanti juga karena lokasinya yang berdekatan dengan pantai pasir putih lainnya. Tentu saja, kamu dapat mengunjungi beberapa pantai secara sekaligus ketika menginap di sekitar daerah pantai ini. Beberapa pantai terdekat yang juga dapat kamu kunjungi adalah:

1. Pantai Sundak 

Pantai yang terletak di Dusun Pule Gundes ini memiliki sejarah yang terbilang menarik. Sebelum memiliki nama Pantai Sundak, pantai ini awalnya bernama Pantai Wedibelah. Nama yang unik ini memiliki asal-usul yang menarik. Pada tahun 1976, ada sebuah cerita tentang seekor anjing yang bermain di pantai dan masuk ke dalam sebuah gua. 

Ketika anjing tersebut bertemu dengan seekor landak, sang anjing yang lapar mencoba untuk memangsa landak, namun sang landak mampu menghindar. Terjadilah pertarungan sengit antara keduanya, dan pada akhirnya anjing tersebut berhasil menang dan memakan daging landak. Peristiwa tersebut kemudian menginspirasi pemberian nama Sundak, yang merupakan singkatan dari kata asu (anjing) dan landak.

Sumber: mytrip123

2. Pantai Drini 

Salah satu keunikan Pantai Drini adalah ketika air laut surut para pengunjung berkesempatan untuk menyeberangi pantai dan mencapai sebuah bukit di tengahnya. Di puncak bukit tersebut, kamu dapat menikmati panorama indah pantai melalui ketinggian. 

Selain itu, kamu juga dapat menyewa kano dan pelampung ketika berwisata di Pantai Drini. Jika kamu hanya datang untuk berleha-leha, kamu dapat duduk di sejumlah gazebo yang beratapkan alang-alang sembari menyaksikan keindahan pantai dan ombak lautan.

Sumber: wikipedia

3. Pantai Sadranan 

Pantai ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan pasir putih bersih, dikelilingi dengan berbagai biota laut . Bagi kamu yang tertarik, kamu dapat langsung menuju Dusun Pule Gendus II, Kabupaten Gunungkidul. Tiket masuk masuknya pun juga terjangkau, yaitu hanya seharga Rp10.000. Di pantai satu ini, kamu juga melakukan berbagai kegiatan seperti snorkelling dan bermain kano.

Selain itu, Pantai Sadranan juga menyediakan berbagai penginapan dan villa bagi pengunjung yang ingin menginap. Beberapa penginapan tersebut dikelola oleh warga sekitar dan menawarkan harga yang ramah di kantong.

Sumber: kompas

Baca juga: Pantai Krakal Yogyakarta: Tiket Masuk, Lokasi, & Rutenya

Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi Pantai Indrayanti? Pantai ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk kamu melepas stress sejenak di antara kesibukan. Semoga artikel kali ini dapat membantu kamu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Indrayanti Yogyakarta, Pantai Pasir Putih Elok dan Menawan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]