1. Danau
  2. Flora Fauna
  3. Wisata Air
  4. Wisata Alam

Kampung Cai Ranca Upas: Harga Tiket & Berbagai Kegiatanya

Bagi Advonturers yang sedang mencari tempat untuk menenangkan pikiran sembari bermain bersama keluarga maka Kampung Cai Ranca Upas adalah pilihan yang tepat. Ada berbagai kegiatan yang dapat kamu lakukan ketika berkunjung ke sini diantaranya adalah camping, bermain dengan rusa di penangkaran, dan masih banyak lagi. Penasaran? Berikut informasi lengkapnya. 

Asal Usul Kampung Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas di Bandung
Kampung Cai Ranca Upas di Bandung (sumber: ITrip.id)

Ranca Upas berasal dari bahasa Sunda, yaitu “Ranca” yang berarti rawa dan “Upas” yang merujuk pada seorang petugas perum Perhutani yang terkenal di kawasan Gunung Patuha. Upas sendiri adalah seorang pria Belanda dengan tinggi 198 cm dan tubuh yang kekar. 

Legenda mengatakan bahwa Upas meninggal saat menjalankan tugasnya mengeksplorasi daerah rawa, dan hingga saat ini jasadnya belum ditemukan. Ada banyak cerita mengenai Upas, ada yang mengaku telah bertemu dengan Upas, yang dikenal memakai topi koboi dan seragam lengkap sebagai petugas perhutani. Konon katanya sih, penampakan Upas ini sering terlihat oleh orang lain di sekitar kawasan tersebut.

Kegiatan di Kampung Ranca Upas

Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Kampung Cai Ranca Upas:

1. Menikmati Danau Cai Ranca Upas

Danau Cai Ranca Upas
Danau Cai Ranca Upas (sumber: Urbandung)

Danau Cai Ranca Upas adalah salah satu daya tarik utama Kampung Cai Ranca Upas. Pengunjung bisa menikmati keindahan danau yang indah dengan air yang jernih dan terlihat sangat menawan di bawah sinar matahari. Di sekitar danau, terdapat area piknik dan juga spot untuk berfoto yang sangat instagramable.

2. Trekking

Bagi yang suka petualangan dan ingin menikmati keindahan alam di Kampung Cai Ranca Upas secara lebih intens, trekking bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada beberapa jalur trekking yang tersedia di sekitar kampung ini, dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Jalur trekking di Kampung Cai Ranca Upas biasanya melewati hutan pinus yang hijau dan lembah yang indah.

3. Menyewa kuda

Selain trekking, pengunjung juga bisa menyewa kuda untuk menjelajahi hutan. Menyewa kuda bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin menikmati alam sambil beristirahat di atas kuda.

4. Flying fox

Bagi yang suka aktivitas petualangan, flying fox bisa menjadi pilihan yang seru di Kampung Cai Ranca Upas. Di sini, pengunjung bisa menikmati flying fox dengan panorama alam yang menawan.

5. Bermain air

Selain Danau Cai Ranca Upas, Kampung Cai Ranca Upas juga memiliki beberapa air terjun dan sungai yang indah. Pengunjung bisa bermain air atau sekedar bersantai di tepi sungai.

6. Camping

Camping di Ranca Upas
Camping di Ranca Upas (sumber: Traveloka)

Kampung Cai Ranca Upas juga menyediakan camping ground bagi yang ingin menghabiskan malam di tengah alam pedesaan. Pengunjung bisa menikmati suasana alam yang tenang dan menyegarkan di kampung ini.

7. Bermain dengan Rusa di Penangkaran

Penangkaran Rusa Ranca Upas
Penangkaran Rusa Ranca Upas

Aktivitas yang paling diminati di Kampung Cai Ranca Upas Bandung adalah bermain dengan rusa secara langsung dan bahkan berfoto dengan mereka. Di penangkaran rusa di Ranca Upas, kamu dapat berada dekat dengan rusa tanpa terhalang pagar dan mendapatkan bantuan dari pawang. 

Selain itu, kamu juga bisa memberi makan langsung pada rusa dengan membeli makanan yang dijual di area penangkaran. Pastikan untuk membeli makanan yang tepat untuk rusa agar mereka tetap sehat dan terjaga kesejahteraannya.

Harga Tiket Masuk Kampung Cai Ranca Upas

Bagi Advonturers yang tertarik ke sini, harga tiket masuk Kampung Cai Ranca Upas sangat murah yakni Rp25.000/orang. Namun, tiket akan bervariasi tergantung tujuan kamu datang. Berikut harga tiket masuk Kampung Cai Ranca Upas:

Tiket Masuk Wisatawan Domestik: Rp25.000

Tiket Masuk Wisatawan Asing: Rp44.000

Camping Pass Wisatawan Domestik: Rp40.000

Camping Pass Wisatawan Asing: Rp59.000

Alamat & Jam Operasional Kampung Cai Ranca Upas

Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No. KM. 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: Senin-Jumat pada buka pada pukul 09.00 WIB-17.00, sedangkan pada weekend yakni Sabtu & Minggu akan buka pada 08.00 – 17.00.

Baca juga: Hutan Menyala Bandung: Keunikan, Lokasi & Harga Tiket 2023

Nah itu tadi informasi lengkap tentang kampung wisata yang berada di Bandung ini. Tempat ini sangat cocok untuk Advonturers yang sedang ingin berlibur dari hiruk pikuk dan padatnya pekerjaan. Selamat liburan!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kampung Cai Ranca Upas: Harga Tiket & Berbagai Kegiatanya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]