1. Pantai
  2. Wisata Alam

Pantai Buyutan Pacitan: Daya Tarik, Lokasi, & Info Tiket

Pantai Buyutan adalah surga tersembunyi yang berada di Kabupaten Pacitan dengan deretan batu karangnya yang megah seperti mahkota. Pantai ini mempunyai ombak yang tidak terlalu besar lengkap suasana keindahan alamnya yang masih terjaga dengan baik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Penasaran kelanjutannya? Simak ulasan ini, ya, Advonturers!

Daya Tarik Utama Pantai Buyutan

Pemandangan pantai buyutan pacitan
Pemandangan pantai buyutan pacitan (Sumber: Wisata Oke)

1. Deretan Perbukitan Karang

Perbukitan karang di kawasan pantai ini merupakan spot favorit bagi pengunjung untuk melihat deburan ombak laut, menikmati panorama sunset dan sunrise, sampai berkemah.

Bagi yang ingin berkemah bersama teman maupun keluarga, kamu bisa memilih area dengan sabana yang lumayan luas dan tidak terjal supaya lebih aman. Selain itu, kamu pun boleh menyalakan api unggun dan memainkan musik ringan yang pastinya akan membuat liburanmu semakin seru.

2. Spot Olahraga Air

Ombak yang lumayan besar membuat Pantai Buyutan cocok menjadi tempat olahraga air, seperti berenang, surfing, sampai diving. Akan tetapi, pengunjung harus menyiapkan peralatan sendiri karena tempat penyewaan belum tersedia di sini.

Adanya kawasan perbukitan berselimut sabana hijau, birunya air laut, hamparan pasir putih bak mutiara pasti akan membuat suasana berolahraga menjadi lebih hidup dan nikmat.

3. Batu Karang Mahkota Dewa Narada

Dari deretan batu karang yang terdapat di area pantai, ada satu batu karang besar yang bentuknya menyerupai mahkota. Menurut cerita masyarakat setempat, alkisah mahkota Dewa Narada terjatuh ke laut sewaktu ia sedang terbang di atas langit Pantai Buyutan.

Mahkota itulah yang kemudian dinamakan sebagai Batu Karang Mahkota Dewa Narada. Biasanya, banyak juga wisatawan mengambil gambar dengan latar belakang objek satu ini.

4. Sumber Air Tawar yang Jernih

Pantai Buyutan Pacitan Jawa Timur menyimpan sumber air tawar yang berasal dari pegunungan yang letaknya cukup dekat dari pantai. Dengan begitu, pengunjung pun tidak akan kesulitan untuk mencari akses air bersih dan jernih.

Meskipun begitu, sumber air tawar ini memang lumayan sulit untuk ditemukan sehingga tidak semua pengunjung bisa menjumpainya, kecuali mereka melakukan eksplorasi untuk mencari keberadaannya.

5. Habitat Monyet

Tidak hanya suasana alam yang asri dan masih sangat terjaga, kamu juga berkesempatan untuk bertemu dengan ‘penghuni asli’ dari Pantai Buyutan, yaitu monyet-monyet.

Kawanan monyet ini berhabitat di sekitar tebing yang lokasinya ada di belakang belakang kawasan pantai. Tenang saja, mereka tidak akan mengganggu para wisatawan karena pada dasarnya takut dengan manusia. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk selalu waspada dan menjaga barang bawaan supaya tetap aman.

Aktivitas Wisata di Pantai Buyutan Pacitan

Selain sekadar bersantai, para wisatawan boleh berenang di sekitar laut. Namun, alangkah baiknya untuk tidak berenang terlalu jauh di lautan alias cukup bermain-main di bibir pantai saja demi keselamatan.

Aktivitas lainnya yang pantang untuk kamu lewatkan adalah berfoto. Berbekal eksotisme pasir dan laut pantai sekaligus panorama alam yang menakjubkan, tentunya akan membuat liburanmu berkesan di sini.

Buat kamu yang ingin bermalam, tidak perlu risau karena sudah ada sejumlah penginapan yang berada di sekitar Pantai Buyutan. Walaupun bukan hotel berbintang, cottage-cottage yang terdapat di sini sudah cukup untuk menyajikan sensasi menginap yang tidak terlupakan bagi para wisatawan.

Harga Tiket Masuk Pantai Buyutan

Objek wisata bahari ini mematok harga tiket masuk sangat bersahabat bagi wisatawan. Kamu cukup membayar sebesar Rp5.000 untuk bisa menikmati sekaligus menjelajahi seluruh area pantai.

Apabila membawa kendaraan pribadi, pengunjung mesti membayar iuran parkir dan keamanan pula seharga Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp3.000 untuk kendaraan roda empat.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Buyutan

Pantai eksotis ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Jika bertolak dari Pacitan, rute yang paling mudah untuk pengunjung lalui adalah via Goa Gong. 

Nantinya, setelah melihat Masjid Besar Punung di pertigaan, beloklah ke kiri, kemudian belok kanan di pertigaan kedua untuk menemui Goa Gong. Dari sini, kamu tinggal lurus sampai jurusan Kalak dan akan menjumpai papan petunjuk menuju Pantai Buyutan.

Sesudah mengetahui aneka informasi mengenai Pantai Buyutan, apakah Advonturers tertarik untuk berkunjung? Objek wisata ini sangat layak untuk kamu tambahkan ke dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi selama berlibur ke Pacitan, Jawa Timur.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Buyutan Pacitan: Daya Tarik, Lokasi, & Info Tiket

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]