1. Wisata
  2. Wisata Alam

Menikmati Panorama Malam Kota Jogja di Bukit Bintang

Berkunjung ke Jogja tidak afdol kalau belum mampir ke destinasi alam satu ini. Apalagi kalau bukan Bukit Bintang Jogja? Objek wisata yang satu ini menawarkan panorama kota lengkap dengan kerlap-kerlip lampu bak cahaya bintang dari atas bukit. Cocok sekali buat kamu yang menyukai wisata malam. Penasaran? Simak informasi selengkapnya.

Asal Usul Bukit Bintang Jogja

Tahukah kamu kalau tempat satu ini dikenal dengan sebutan Bukit Hargodumilah? Dulunya, bukit satu ini merupakan pesanggrahan Sri Sultan Hamengkubuwono IX pada tahun 1972 dan sampai sekarang pun kepemilikan tanahnya masih menjadi milik Sultan Yogyakarta.

Pada mulanya, terdapat sebuah bangunan yang berfungsi sebagai tempat peristirahatan bagi orang-orang yang melintas di sini. Akan tetapi, bencana alam Gempa Bantul pada tahun 2006 lantas merusak pemukiman penduduk sekitar, termasuk bangunan tersebut.

Sebagai langkah pemulihan akibat gempa, penduduk setempat mendirikan kembali sejumlah bangunan di atas bukit. Seiring berjalannya waktu, semakin marak orang yang mendirikan warung maupun kedai kopi di sini. Bahkan, mulai banyak restoran, cafe, sampai hotel dekat Bukit Bintang Jogja. Bukit yang semula sepi pun bertransformasi menjadi objek wisata malam yang ramai.

Daya Tarik Bukit Bintang Jogja

1. Panorama Kota Jogja di Malam Hari

Pemandangan di bukit bintang
Pemandangan di Bukit Bintang (Sumber: @jogja on Instagram)

Malam hari merupakan waktu terbaik bagi wisatawan untuk datang ke Bukit Bintang. Sebab, pemandangan Kota Jogja yang tampak dari tempat tinggi akan sangat memukau pada jam tersebut. Hampir semua sudut kota beserta gemerlap lampu bangunan dapat terlihat jelas dari sini sehingga menghadirkan sebuah pemandangan menakjubkan.

2. Surga Aneka Kuliner Lezat

Mengingat lokasinya yang tergolong strategis dan gampang dijangkau, banyak sekali jajanan kuliner yang siap menyambut pengunjung, apalagi buat kamu yang berniat mencari makanan khas Jogja. Baik warung kecil maupun restoran di sini, semuanya menghadirkan berbagai macam hidangan yang nikmat sayang untuk kamu lewatkan.

3. Tempat Nongkrong Terbaik

Selain menawarkan keindahan Jogja di malam hari, destinasi satu ini juga menghadirkan aneka jajanan kuliner. Tidak heran, banyak orang yang mampir untuk nongkrong bersama teman, pasangan, maupun keluarga. Posisi yang strategis pun menjadikannya sebagai tempat persinggahan bagi para wisatawan yang baru saja menyelesaikan perjalanan jauh.

4. Sensasi Ketinggian seperti Luar Angkasa

Pemandangan Bukit Bintang ketika malam hari dengan suasana yang indah
Pemandangan Bukit Bintang ketika malam hari dengan suasana yang indah (Sumber: Mundomaya Travel)

Seperti namanya, Bukit Bintang Jogja berada di atas area yang sangat tinggi sehingga memberikan kesan seakan kamu sedang berada di luar angkasa. Apabila mengarahkan pandangan ke bawah, akan ada hamparan gemerlap kota bak bintang-bintang yang di langit berserakan. Indah sekali, bukan?

Jam Buka Wisata Bukit Bintang Jogja

Pemandangan Bukit Bintang di Jogja
Pemandangan Bukit Bintang di Jogja (Sumber: @albetgunawan_ on Instagram)

Meskipun buka selama 24 jam setiap hari, kebanyakan wisatawan datang pada malam hari. Sebab, pesona malam Jogja dengan aneka gemerlap lampu kota akan lebih terasa pada jam-jam tersebut.

Tiket Masuk Bukit Bintang Jogja

Perlu kamu ketahui, Bukit Bintang merupakan suatu kawasan bebas yang di dalamnya terdapat banyak usaha yang akan memanjakan pengunjung. Dengan begitu, pengunjung tidak dikenakan tarif sama sekali alias gratis apabila ingin sekadar menghabiskan waktu atau bersantai di sini.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Bintang Jogja

Destinasi wisata malam ini berada di tepi jalan perbukitan yang menghubungkan Wonosari dengan Yogyakarta, tepatnya di Jalan Raya Yogyakarta-Wonosari KM.15, Kecamatan Bukit Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Untuk menuju lokasi, kamu bisa memanfaatkan angkutan umum maupun pribadi. Namun begitu, alangkah lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena lebih bebas untuk menentukan waktu pulang ketimbang transportasi umum yang sudah memiliki jadwal tersendiri.

Jika berangkat dengan angkutan umum, naiklah dari arah manapun dan turun di perempatan Ringroad Jalan Wonosari. Dari situ, naik saja bus besar ataupun mini bus menuju Bukit Bintang seharga Rp5.000 dan kamu pun akan diantar langsung ke lokasi sekitar 30 menit.

Adapun perjalanan dengan kendaraan pribadi juga melewati rute yang sama. Pastika untuk selalu berhati-hati selama berkendara, ya, mengingat kondisi jalan yang menanjak, berkelok-kelok, serta terdapat sejumlah tikungan curam dan tajam.

Demikianlah informasi mengenai wisata Bukit Bintang Jogja yang menawarkan pemandangan indah Kota Jogja khususnya di malam hari. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Menikmati Panorama Malam Kota Jogja di Bukit Bintang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]