Hutan Menyala Bandung: Keunikan, Lokasi & Harga Tiket 2022

Indahnya Berwisata Malam di Hutan Menyala Bandung (@hutanmenyala on Instagram)
Indahnya Berwisata Malam di Hutan Menyala Bandung (@hutanmenyala on Instagram)
Ingin menikmati indahnya berwisata malam di Hutan Menyala Bandung? Yuk, simak informasinya mulai dari keunikan, lokasi dan harga tiketnya.
Daftar isi

Liburan akhir tahun hampir tiba nih, Advonturers. Siapa yang tak sabar ingin cepat-cepat healing bersama keluarga maupun kerabat? Kota Bandung bisa menjadi salah satu referensi ampuh untuk liburan menyenangkan kamu, sebab Kota Bandung memiliki banyak destinasi wisata menarik. Destinasi wisata menarik di Bandung salah satunya adalah Hutan Menyala. Dari namanya saja sudah unik, bukan? Apalagi ketika kamu beneran datang ke tempat wisata yang satu ini, pasti kamu nggak bakalan mau pulang kerumah deh!

Wisata malam yang satu ini mengusung konsep fairy garden, yang akan membuatmu merasa sedang berada di taman peri yang menjadi impian kamu saat kecil, lho! Berikut ini Advontura akan mengulas beberapa informasi dan keunikan dari Hutan Menyala Bandung ini. Penasaran? Langsung cek infonya berikut ini, yuk!

Hutan Menyala Tahura Bandung, Wisata Malam Bak Fairy Garden

Keindahan Warna-Warni Lampu di Hutan Menyala Bandung (@hutanmenyala on Instagram)
Keindahan Warna-Warni Lampu di Hutan Menyala Bandung (@hutanmenyala on Instagram)

Tempat wisata yang terletak di Bandung ini sangat hits dan viral di media sosial, sehingga nama wisatanya mungkin terdengar tidak asing bagi kalian. Hutan Menyala Bandung telah dibuka sejak awal bulan Oktober 2021 yang lalu.

Walaupun tergolong sebagai wisata baru, lokasinya memiliki lahan cukup luas sekitar 526,98 hektar, lho. Wisata malam ini dibangun di daerah Komplek Tahura, tepatnya di Ciburial, Kota Bandung. Hutan Menyala Bandung ini menawarkan konsep bak fairy garden yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat berswafoto. Disini, Advonturers akan melihat banyaknya penggunaan teknologi audio visual seperti suguhan hiasan lampu berwarna-warni yang akan memanjakan matamu. Pokoknya, Advonturers akan merasakan sensasi seolah-olah sedang berada di dunia fantasi!

Selain itu, bagi kalian yang ingin membawakan oleh-oleh bagi keluarga atau teman di rumah, wajib banget membeli merchandise dan cinderamata seperti kaos, kalung, kartu pos dan berbagai handycraft dari pengrajin lokal. Cinderamata seperti kaos anak dijual seharga Rp129.000/pcs, sementara untuk ukuran dewasa perlu merogoh kocek sebesar Rp149.000/pcs. Pengunjung dapat melakukan pembayaran secara tunai maupun kredit.

Artikel Terkait

Keunikan Hutan Menyala Bandung

Keunikan Hutan Menyala Bandung (@hutanmenyala on Instagram)
Keunikan Hutan Menyala Bandung (@hutanmenyala on Instagram)

Ada berbagai macam keunikan Hutan Menyala Bandung yang menarik para wisatawan untuk berkunjung, berikut adalah daftar keunikannya.

1. Sensasi Bermain di Hutan Saat Malam Hari

Keunikan pertama adalah sensasi bermain di hutan pada malam hari yang pastinya sangat seru. Di tempat ini kamu akan menjelajahi kawasan konservasi sekaligus kebun raya di Bandung, Jawa Barat yang akan memberikan sensasi seperti di alam terbuka.

2. Tempatnya Menjadi Perpaduan Indah dari Alam, Seni dan Teknologi 

Keunikan kedua adalah Hutan Menyala Bandung memiliki perpaduan indah dari pemandangan alam yang terbuka serta seni dan teknologi dari lampu LED. Advonturers akan melihat beraneka ragam lampu warna-warni yang menarik untuk dilihat. Jika dihitung-hitung, total energi listrik yang dipakai lampu LED dan RGB ini kisaran 30.000 watt, lho.

3. Cahaya Lampu Warna-Warni yang Apik dan Memiliki Makna Filosofis

Keunikan ketiga adalah tatanan cahaya lampu yang apik disini ternyata memiliki makna filosofis. Seperti cahaya lampu kunang-kunang yang menandakan bahwasanya tempat wisata itu bersih dari polusi hiruk-pikuk perkotaan.

4. Menyantap Makanan di Bawah Langit Malam

Keunikan keempat adalah tiap pengunjung yang datang bisa menikmati makanan dengan nuansa wisata alam pada malam hari. Kalian dapat menyantap makanan di sini hanya dengan menukar tiket masuk kepada kasir atau penjaga. Hidangan yang disajikan berbagai macam, seperti nasi goreng, bakso original, bakso tomyam, nasi ayam penyet, dan sebagainya.

5. Kawasan Makan Kelas VIP Cocok Dijadikan Tempat Makan Romantis

Kelima, hutan menyala juga menawarkan kawasan makan kelas VIP yang berlokasi di dekat patung Bapak Haji Juanda. Kawasan tersebut menawarkan pemandangan cahaya berwarna-warni yang cocok dijadikan sebagai tempat makan romantis bagi keluarga maupun pasangan. Advonturers hanya perlu menambah biaya sebesar Rp25.000 per orang untuk memasuki kawasan ini.

Bagi kalian yang ingin berkunjung, tak perlu risau akan tersesat di jalan. Para staff Hutan Menyala Bandung akan siap berjaga di beberapa titik lokasi, sehingga jalan-jalan di hutan dijamin keamanannya. 

Lokasi Hutan Menyala Bandung

Kastil Menyala (@hutanmenyala on Instagram)
Kastil Menyala (@hutanmenyala on Instagram)

Alamat: Jalan Maribaya Nomor KM. 3, RW.9, Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Akses menuju lokasi tempat wisata ini cukup mudah karena tak jauh dari pusat kota. Advonturers membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit agar sampai di tujuan. Apabila kalian datang dari Jakarta, maka membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam lewat jalan tol Cipularang.

Berikut rute lokasi lainnya yang dapat menjadi patokan kalian saat mengunjungi Taman Hutan Menyala Bandung:

  • Rute dari hotel dekat Bandara Husein Sastranegara, berjarak 10.3 km, dengan waktu tempuh sekitar 29 menit.
  • Rute dari hotel dekat Stasiun Bandung, berjarak 8.3 km, dengan waktu tempuh sekitar 23 menit.
  • Rute dari penginapan dekat Terminal Leuwipanjang, berjarak 13 km, dengan waktu tempuh sekitar 36 menit.

Harga Tiket Hutan Menyala Bandung 2022

Jenis TiketHarga Tiket per Kendaraan
Parkir MotorRp6.000
Parkir MobilRp12.000
Parkir BusRp32.000

Tiket Reguler Weekend

Harga Tiket Per OrangFasilitas yang DidapatkanKuota per Hari
Rp65.000
  • Tiket Masuk Taman Hutan Raya Djuanda
  • Tiket Masuk Hutan Menyala
  • Free all spot foto dan fotografer
  • 1x soft file foto
300 orang/hari

Tiket Reguler Weekday

Harga Tiket Per OrangFasilitas yang DidapatkanKuota per Hari
Rp50.000
  • Tiket Masuk Taman Hutan Raya Djuanda
  • Tiket Masuk Hutan Menyala
  • Free all spot foto dan fotografer
300 orang/hari

Tiket Special Weekday

Harga Tiket Per OrangFasilitas yang DidapatkanKuota per Hari
Rp75.000
  • Tiket Masuk Taman Hutan Raya Djuanda
  • Akses keluar maupun masuk Hutan Menyala selama 4 jam
  • Free all spot foto dan fotografer
  • 1x Tiket face painting
300 orang/hari

Tiket Special Weekend

Harga Tiket Per OrangFasilitas yang DidapatkanKuota per Hari
Rp90.000
  • Tiket Masuk Taman Hutan Raya Djuanda
  • Akses keluar maupun masuk Hutan Menyala selama 4 jam
  • 1x tiket face painting
  • Free all spot foto dan fotografer
  • 1x soft file foto
300 orang/hari

Perlu dicatat bahwasanya harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan. Harga tiket per orang sudah termasuk ke Tahura, Hutan Menyala, voucher makan malam serta kontribusi bibit tanaman bagi hutan konservasi.

Advonturers dapat membeli tiketnya secara online maupun offline. Apabila kalian tidak mau repot mengantri dan ingin membeli tiket secara online, silahkan kunjungi website berikut https://hutanmenyala.thelodgemaribaya.com/.

Namun, jika kalian ingin membeli tiket secara offline dapat mengisi petunjuk yang telah disediakan. Berikut adalah Langkah-langkah untuk reservasinya:

  • Pertama, pilih waktu berkunjung sesuai dengan jadwal yang disediakan.
  • Kedua, pilih tanggal dan jumlah orang yang akan berkunjung ke taman hutan.
  • Ketiga, selalu pastikan kembali pesanan kalian agar tidak ada yang terlewat.
  • Selanjutnya, kalian perlu mengisi data pribadi atau dapat menyerahkan username dari akun Facebook yang dimiliki.
  • Terakhir, lakukan pembayaran tiket melalui virtual account, QRIS atau melalui bank BJB.

Waktu operasional dari tempat wisata alam Hutan Menyala Bandung dibuka dari hari Jumat sampai dengan Minggu, mulai pukul 18.00-22.00 WIB. Saat memasuki tempat wisata, pengunjung harus memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker kesehatan. Jadi, jangan lupa untuk selalu memakai masker, ya!

Fasilitas Hutan Menyala Bandung

Demi kenyamanan para pengunjungnya, tempat wisata ini bekerja sama dengan Satoe Komunika Event Organizer serta Taman Hutan Raya Djuanda sehingga menyediakan fasilitas lengkap seperti berikut ini.

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Akses Wi-Fi
  • Stop Kontak
  • Restoran atau Cafe
  • Fasilitas Protokol Kesehatan

Baca juga: The Lodge Maribaya Bandung, Ini Harga Tiket Masuk Terbarunya
Itulah informasi mengenai Hutan Menyala Bandung dari keunikan, lokasi sampai harga tiket yang dapat menjadi referensi destinasi wisata kalian selama liburan akhir tahun nanti. Jangan sampai kamu menyesal karena nggak mengunjungi tempat wisata ciamik yang satu ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam lestari!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *