Pulau Tabuhan: Rute Perjalanan dan Aktivitas Wisata Favorit

Pulau tabuhan banyuwangi
Pulau Tabuhan Banyuwangi (Sumber: Backpaker Jakarta)
Daftar isi

Pulau Tabuhan merupakan destinasi menarik di Banyuwangi yang menyuguhkan pantai cantik berpasir putih dan air laut yang sangat jernih. Objek bahari satu ini menjadi surga tersembunyi yang sayang untuk kamu lewatkan saat berlibur bersama orang-orang tercinta. Penasaran? Berikut informasinya.

Keindahan Alam Pulau Tabuhan Banyuwangi

1. Keanekaragaman Biota Laut

Tidak cuma keindahan daratan pulau, aneka biota laut dan terumbu karang dalam air yang begitu indah siap memanjakan mata para wisatawan. Ekosistem di pulau ini pun masih terjaga, lho. Terbukti, sangat sedikit sampah yang bisa kamu temukan di sekitar bibir pantai.

2. Pantai Pasir Putih yang Menawan

Pantai pasir putih yang menawan di Pulau Tabunan
Pantai pasir putih yang menawan di Pulau Tabunan (Sumber: @dongvns on Instagram)

Daya tarik lainnya dari Pulau Tabuhan adalah pantai pasir putihnya yang begitu memukau. Apalagi, panorama air lautnya yang berwarna biru toska semakin menunjukkan keindahan alam yang terdapat di sini.

3. Deretan Pohon Hijau dan Rindang

Dengan area seluas 5 hektare, tempat ini mempunyai jenis tanah yang subur sehingga tidak sedikit pepohonan hijau yang tumbuh di sekitarnya. Selain itu, deretan pohon tersebut pun dapat wisatawan manfaatkan sebagai tempat berteduh dari teriknya cahaya matahari.

Aktivitas Wisata di Pulau Tabuhan

1. Snorkeling

Berbekal kondisi airnya yang jernih dan tenang, banyak wisatawan yang tertarik untuk melakukan aktivitas snorkeling. Adapun spot perairan yang cocok berada di bagian utara karena ombaknya yang tidak terlalu besar. Selain itu, mulai kedalaman tiga meter pun kamu sudah bisa menyaksikan keragaman biota laut yang tentunya cantik-cantik.

Artikel Terkait

2. Camping

Kamu dapat berkemah dengan teman maupun keluarga pada beberapa spot di Pulau Tabuhan. Camping di sini pun tidak berbahaya karena ombaknya begitu tenang. Namun begitu, jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu pada warga setempat apabila ingin berkemah, ya!

3. Diving

Di sini, kamu dapat menyelam dengan teknik free diving yang mengandalkan kekuatan pernapasan pribadi. Adapun untuk scuba diving masih boleh dilakukan asalkan wisatawan menyiapkan dan membawa segala keperluannya sendiri sewaktu mampir ke pulau.

4. Kitesurfing atau Kiteboarding

Tahukah kamu kalau pantai Pulau Tabuhan pernah terpilih sebagai tuan rumah kejuaraan kiteboarding pada tahun 2014-2015? Perlombaan tersebut biasanya populer dengan sebutan Banyuwangi Summer Kitesurf. Bukan tanpa alasan, kecepatan angin di pulau ini memang cukup konstan dalam kisaran 20–25 knot yang ideal untuk olahraga kitesurf.

5. Berfoto

Pulau cantik ini menjadi salah satu destinasi utama para wisatawan untuk mengambil gambar yang ciamik. Banyak sekali spot foto Instagramable dan ragam flora fauna yang dapat kamu abadikan gambarnya. Tidak usah takut kehabisan baterai handphone atau kamera, di sini terdapat jasa penyewaan kamera yang bisa kamu manfaatkan sewaktu-waktu.

Tiket Masuk Pulau Tabuhan 

Untuk saat ini, pulau terbuka untuk masyarakat umum sehingga pengunjung tidak perlu membayar sepeserpun untuk masuk dan menghabiskan waktu di Tabuhan. Akan tetapi, kamu mesti menyiapkan biaya tiket kapal untuk pergi dan keluar pular dengan harga Rp60.000 per orang setiap kali jalan.

Alamat dan Rute Menuju Pulau Tabuhan

Berada di antara Pulau Jawa dan Bali, persisnya di tengah Selat Bali, akses menuju Tabuhan dapat kamu tempuh dengan perahu. Jika bertolak dari Banyuwangi, pergilah ke arah Pelabuhan Ketapang, lalu terus ke arah Pantai Watudodol. Ketika menjumpai pom bensin, ambil belokkan ke kanan–Masjid Perumahan Griya–arah rumah apung.

Ikuti terus papan petunjuk sampai tiba di Pantai Bangsring, kemudian kamu bisa menyewa kapal ke Tabuhan. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 45 menit dengan kapal berkapasitas maksimal 15 orang.

Tips Berwisata ke Pulau Tabuhan Banyuwangi

Terdapat sejumlah tips yang mesti kamu perhatikan supaya momen liburanmu di sini semakin berwarna dan seru pastinya.

  • Berkunjunglah pada waktu terbaik, yaitu pagi atau sore hari
  • Jangan datang sewaktu ombak sedang tinggi dan ketika ada prediksi terjadinya badai
  • Hindari menggunakan jasa penyewaan kapal ilegal alias pastikan kamu menyewa kapal resmi yang disediakan pihak pengelola
  • Selalu siapkan sunblock maupun sunscreen
  • Sediakan pula baju ganti jika berencana untuk snorkeling atau berenang

Begitulah informasi mengenai wisata Pulau Tabuhan di Banyuwangi. Berkunjung ke pulau eksotis ini sangatlah cocok buat Advonturers yang ingin melepas penat sejenak dari rutinitas pekerjaan. Terlebih apabila kamu senang dengan olahraga air, wajib sekali untuk berkunjung sini!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *