Wisata Semarang Saloka, Theme Park Megah & Hits se-Semarang

Saloka Theme Park Semarang
Saloka Theme Park Semarang (Sumber: Dhana Wicaksono on Google Maps)
Daftar isi

Belajar akan jauh lebih menyenangkan apabila media pembelajarannya tepat. Saat ini banyak tempat wisata yang berusaha mengusung tema edukasi. Tempat wisata berbasis edukasi dapat mencerdaskan kehidupan anak bangsa, namun tetap bisa memberi kebahagiaan dan kesenangan. Nah untuk saat ini sudah mulai banyak bermunculan wisata edukasi berupa taman hiburan yang bisa kamu temukan di hampir seluruh kota besar di Indonesia.

Kalau Advonturers sedang berkunjung ke Semarang tidak ada salahnya untuk mengunjungi satu tempat wisata di Semarang yang paling hits, yakni wisata Semarang Saloka atau Saloka Theme Park. Saloka merupakan tempat rekreasi tematik keluarga pertama dan terbesar yang ada di Jawa Tengah loh. Kali ini Advontura akan merangkum aneka informasi wisata Semarang Saloka yang seru dan wajib kamu kunjungi saat liburan.

Wisata Semarang Saloka, Theme Park Paling Megah se-Semarang

Semarang Saloka atau yang biasa dikenal sebagai Saloka Theme Park tak kalah megah dan lengkap dibandingkan Jatim Park ataupun Dufan. Tempat wisata ini resmi dibuka pada tanggal 15 Desember 2018 yang menyediakan sekitar 25 wahana permainan untuk anak-anak dan dewasa.

Tempat wisata ini didirikan di atas lahan seluas 18 hektar. Megah dan luasnya Semarang Saloka ditunjukkan oleh berbagai banyaknya wahana, terutama wahananya mengusung tema legenda di Jawa Tengah yang digunakan pada 25 wahana berbeda dan tersebar di 5 zona. Keunikan inilah yang membuat taman hiburan ini sangat berbeda dan menarik.

Selain itu lokasinya yang sangat strategis, dimana berada di dekat Rawa Pening dan berlatarkan Gunung Merbabu, kamu bisa menikmati keseruan bermain wahana sambil melihat keindahan pemandangan sekitar. Hal ini tentunya membuat kamu semakin betah untuk menghabiskan waktu disini!

Artikel Terkait

Alamat Wisata Semarang Saloka

Lokasi tempat wisata Semarang Saloka sangat strategis yang berada di jalur utama Semarang-Solo. Untuk alamat lengkapnya di Jalan Fatmawati no 154, Gumuksari, Lopait, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50773. 

Untuk sampai di lokasi wisata ini apabila kamu dari pusat Kabupaten Semarang, kamu harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 22 km. Sedangkan untuk kamu yang datang dari arah Kota Solo, Saloka Park berjarak sekitar 60 km. Lalu apabila kamu dari arah Salatiga, kamu diperkirakan akan tiba di lokasi setelah menempuh perjalanan sejauh 40 km.

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini. Sementara untuk rutenya kamu bisa menyesuaikan sendiri dengan arah kedatanganmu. Maka dari itu untuk yang berada diluar kota jangan khawatir untuk berkunjung karena tempat sangat mudah diakses kok!

Jam Operasional, Fasilitas, & Harga Tiket Wisata Saloka

Tempat wisata Semarang Saloka ini buka setiap hari namun untuk jam operasionalnya berbeda antara hari kerja dan hari libur. Pada hari biasa (weekdays) jam bukanya dimulai pada pukul 10 pagi dan tutup pada pukul 6 sore. Sedangkan untuk akhir pekan (weekend) dibuka dari pukul 10 pagi hingga pukul 7 malam. 

Jika kamu menginginkan suasana yang tidak terlalu ramai, Advontura menyarankan untuk memilih kunjungan pada hari kerja ya! Mengingat tempat wisata ini sangat terkenal, pada saat akhir pekan Saloka Park selalu ramai pengunjung.

Selain menyediakan wahana yang sangat lengkap, pihak pengelola wisata juga sudah menyiapkan beberapa fasilitas umum untuk kenyamanan pengunjung. Adapun fasilitas yang ada di Saloka Park antara lain:

  • Tempat dan area parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Klinik
  • Toko souvenir
  • Ruang ibu menyusui (ruang laktasi)
  • Shuttle bus yang mengantar wisatawan dari area parkir ke dalam kawasan wisata

Harga tiket yang harus dibayar untuk bisa memasukinya mungkin agak sedikit merogoh kantong. Kamu harus membayar tiket seharga Rp. 120.000 apabila datang di hari kerja dan Rp. 150.000 jika datang pada hari libur dan akhir pekan.

7 Wahana Seru di Wisata Semarang Saloka

Seperti yang disebutkan di atas, wisata Semarang Saloka menyediakan sebanyak 25 wahana permainan. Ke-25 wahana tersebut dikategorikan ke dalam 4 zona yang berbeda yakni zona balalantara, pesisir, ararya, dan prada.

Berikut ini 7 wahana seru dan permainan paling favorit yang ada di wisata Semarang Saloka:

1. Ijo Royo Royo

Ijo Royo-Royo (Sumber: @salokapark on Instagram)
Ijo Royo-Royo (Sumber: @salokapark on Instagram)

Wahana permainan bertema alam yang sangat terkenal adalah Ijo Royo-royo. Wahana ini  sebagai area edukasi untuk pengenalan berbagai jenis tanaman buah dan bunga. Ijo Royo-royo akan membawamu untuk menikmati sensasi seperti saat menjadi pembudidaya tanaman dan memuat banyak edukasi terkait hal tersebut. Salah satu contoh kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah mengelilingi tempat ini di taman hortikultura.

2. Ferris Wheel

Ferris Wheel (Sumber: @salokapark on Instagram)

Wahana Ferris Wheel atau bianglala setinggi 33 meter akan membawa kamu berputar-putar dan mendapat pengalaman yang tidak akan terlupakan. Bianglala atau Ferris Wheel di Saloka Park mempunyai nama lokal yaitu sebagai wahana Cakrawala. Wahana Cakrawala membawamu sambil menikmati keindahan pemandangan area Gunung Merbabu dan Rawa Pening.

3. Lumbung Ilmu Galileo

Lumbung Galileo (Sumber: @salokapark on Instagram)

Selain wahana yang disebutkan, ada juga juga Lumbung Ilmu Galileo yang merupakan salah satu wahana unggulan wisata edukasi di Saloka Park. Di wahana ini, kamu dapat menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya pada kehidupan purba dan dinosaurus. Selain itu ada juga beberapa spot selfie dengan background benda langit seperti planet.

4. Pakubumi

Paku Bumi (Sumber: @salokapark on Instagram)
Paku Bumi (Sumber: @salokapark on Instagram)

Pakubumi adalah  salah satu wahana yang dapat memompa dan menguji adrenalin. Selama berada di wahana ini, kamu akan dibawa naik sampai puncak ketinggian pasak besar, lalu turun dengan kecepatan yang cepat sehingga membuat wisatawan yang menaiki wahana ini berteriak kencang. Di lain sisi, untuk posisi duduk yang membelakangi pasa akan membuat kamu merasakan sensasi benar-benar jatuh dari ketinggian.

5. Angon-Ingon

Angon-Ingon (sumber: @salokapark on Instagram)
Angon-Ingon (Sumber: @salokapark on Instagram)

Wahana ini memiliki luas sebesar 1.240 meter. Disini kamu bisa mengenal berbagai macam burung, unggas, kura-kura, kelinci, dan hewan lainnya. Adapun unggas yang berada di wahana ini mulai dari burung belibis, jalak bali, burung macaw, merak biru, bebek mandarin, dan ayam golden pheasant. Banyaknya variasi hewan dijamin bakal bikin hari kamu lebih berwarna!

6. Roller Coaster

Roller Coaster (sumber: @salokapark on Instagram)
Roller Coaster (Sumber: @salokapark on Instagram)

Wahana seru dan menegangkan yang dapat memacu adrenalin kamu dan telah menjadi favorit wisatawan di Saloka adalah Roller Coaster. Di tempat wisata ini Roller Coaster mempunyai nama lokal yaitu wahana Lika-liku. Penamaan tersebut tentunya bertujuan untuk menjunjung kearifan lokal setempat. Wahana Roller Coaster ini akan membawa kamu melintasi jalur dengan kecepatan yang tinggi.

7. Jejogetan

Jejogetan (Sumber: @salokapark on Instagram)

Wahan terakhir yang menjadi banyak favorit pengunjung adalah wahana Jejogetan yang merupakan dancing fountain atau air mancur menari. Selama di wahana ini, kamu bisa menyaksikan pertunjukan yang menghibur sekaligus bisa berelaksasi setelah mencoba berbagai wahana. Saat malam hari, Jejogetan penuh dengan lampu yang colourful sehingga mempercantik gerak tarian air mancurnya.

Demikianlah yang dapat Advontura rekomendasikan mengenai wisata Semarang Saloka. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam menyiapkan perjalanan wisata ke taman rekreasi yang sangat recommended ini.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *