Perubahan Harga Tiket Masuk Borobudur 2022, Berapa Jadinya?

Daftar isi

Pemerintah baru-baru ini mengusulkan rencana untuk menaikkan harga tiket masuk Borobudur mulai tahun 2022. Kenaikan harga tersebut bertujuan demi membatasi jumlah wisatawan yang datang sehingga kondisi candi sebagai cagar budaya bangsa tetap terjaga. Lantas, bagaimana kelanjutannya? Simak informasi berikut ini.

Harga Tiket Masuk Borobudur 2022

Wisatawan Lokal

Buat kamu yang tidak ingin mempelajari sejarah langsung dari relief candi alias hanya sekadar berfoto ria, kamu dapat menjelajahi area pelataran candi dan sekitarnya saja. Harganya pun masih sangat terjangkau yakni Rp50.000 alias tidak mengalami perubahan.

Akan tetapi, apabila ingin menaiki stupa Candi Borobudur untuk mendalaminya lebih lanjut, kamu mesti membayar tiket masuk seharga Rp750.000 sebagaimana yang dicanangkan oleh pemerintah.

Turis Mancanegara

Kenaikan tiket rupanya juga berlaku kepada turis asing yang ingin menaiki stupa dengan harga 100 dollar AS per orang atau sekitar Rp1.450.000. Di samping naik dengan biaya tersebut, para turis mancanegara pun wajib menggunakan jasa guide lokal dari warga sekitar candi.

Pelajar

Sebagai bentuk keberpihakan terhadap dunia pendidikan sejarah para siswa, pihak pengelola menarifkan tiket masuk Borobudur sebesar Rp5.000 untuk kalangan pelajar. Dalam hal ini, pemesanan tiket khusus pelajar hanya dapat dilakukan oleh pihak sekolah yang bersangkutan.

Artikel Terkait

Perbandingan Tiket Masuk Borobudur 2021 dan 2022

Harga tiket masuk Borobudur 2022 memang mengalami perbedaan cukup signifikan daripada tahun 2021. Tahun lalu, wisatawan lokal yang ingin mengeksplor seluruh kawasan candi wajib membayar tiket seharga Rp50.000 (dewasa) dan Rp25.000 (anak-anak usia 3-10 tahun). Adapun untuk wisatawan asing, pihak pengelola mematok harga sebesar Rp350.000 untuk orang dewasa dan Rp210.000 untuk anak-anak.

Aktivitas Wisata Menarik di Borobudur

Berwisata di candi borubudur
Berwisata di candi Borubudur (Sumber: Pixabay)

1. Belajar Sejarah di Museum Candi

Pengunjung bisa mempelajari sejarah lebih lanjut di museum yang masih berlokasi dalam kawasan Candi Borobudur. Pertama, museum GUSBI (Galeri Unik dan Seni Borobudur Indonesia) yang menyimpan banyak koleksi historis. Museum tersebut tidak dikelola oleh pihak candi sehingga kamu mesti membayar sebesar Rp5.000.

Selanjutnya, ada Museum Kapal Samudraraksa yang dekat dengan GUSBI. Di dalamnya terdapat Kapal Samudraraksa yang pernah berlayar dari Benua Afrika sampai Indonesia. Pengunjung dapat masuk dengan membeli tiket Rp100.000, tidak jauh dari tiket masuk Borobudur.

2. Merasakan Keasrian Taman Lumbini

Selain menawarkan warisan sejarah, Candi Borobudur juga mempunyai kawasan asri, bernama Taman Lumbini. Dengan luas 70 x 65 meter, taman ini dilengkapi dengan rerumputan yang hijau dan tertata rapi, beserta rindangnya pepohonan yang menghasilkan keindahan tersendiri.

3. Menikmati Sunrise dan Sunset

Bangunan candi yang mempunyai 9 tingkatan tentu membuatnya terlihat sangat tinggi. Hal ini sangatlah pas bagi kamu yang ingin berfoto sembari menikmati pesona matahari terbit dan terbenam di sini.

4. Berkeliling Candi dengan Odong-Odong

Buat yang malas berjalan sekitaran candi, kamu bisa menumpang kereta odong-odong untuk berkeliling area candi. Harganya pun jauh lebih murah daripada tiket masuk Borobudur yakni sebesar Rp7.500.

Lokasi Candi Borobudur

Buat kamu yang ingin mengunjungi candi Budha terbesar sedunia ini, alamatnya berada di Jalan Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jam Operasional Candi Borobudur

Wisatawan mancanegara maupun lokal dapat berkunjung ke candi kapan saja, sebab destinasi wisata ini sudah beroperasi mulai pukul 06.30 – 16.30 WIB setiap harinya.

Demikianlah informasi mengenai perubahan harga tiket masuk borobudur tahun 2022 yang perlu kamu perhatikan. Tentunya semua itu akan terbayar tuntas dengan pesona kemegahan Candi Borobudur yang akan kamu temukan selama berkunjung.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *