10 Rekomendasi Tempat Wisata di Tuban Terhits Tahun 2022

Wisata Pantai di Tuban
Wisata Pantai di Tuban (Sumber: @tyaa_kim_20 on Instagram)
Daftar isi

Kalau Advonturers sedang merencanakan liburan ke Tuban, nggak lengkap rasanya kalau belum mampir ke objek wisata terhits dan terpopuler di kalangan wisatawan saat ini. Nah, Advontura sudah merekomendasikan 10  tempat wisata di Tuban hits yang sayang sekali jika kamu lewatkan. Simak informasi tempat wisata di Tuban Jawa Timur hanya di sini.

10 Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Dikunjungi

1. Air Terjun Nglirip

Menikmati Indahnya Air Terjun Nglirip (Sumber:@barusshofa on Instagram)

Air terjun ini adalah salah satu tempat wisata di Tuban sedang ramai diperbincangkan karena memiliki pemandangan air terjun yang sangat indah. Nglirip memiliki air berwarna kehijauan dan memiliki deretan bebatuan besar aesthetic, sehingga wisata ini jadi primadona wisatawan. Adapun untuk lokasi air terjun ada di Nglirip, Tingkis, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Tempat wisata ini sangat cocok buat Advonturers yang ingin relaksasi badan serta pikiran, sambil menikmati indahnya panorama alam. Saat berada di sana kamu pun nggak perlu takut merasa lapar, pastinya tempat wisata ini punya warung makan dan jajanan yang akan mengenyangkan perutmu. Harga tiketnya juga sangat affordable, hanya Rp5.000 saja per orang. 

2. Goa Putri Asih

Travelling ke Goa Putri Asih yang sangat cantik (Sumber: @denbaguz22 on Instagram)
Travelling ke Goa Putri Asih yang sangat cantik (Sumber: @denbaguz22 on Instagram)

Goa ini adalah goa yang tak kalah indah untuk dikunjungi. Objek wisata yang berada di Desa Nguluhan, Kecamatan Montong menawarkan pemandangan mutiara goa yang sangat menawan, beserta stalaktit, stalagmit, flowstone, dan soda traf yang ada di dalamnya.

Sorotan cahaya matahari yang masuk ke dalam goa pastinya akan menambah kecantikannya. Terlebih lagi saat menempuh perjalanan ke objek wisata ini, Advonturers akan disuguhkan dengan banyak pepohonan jati yang rindang sehingga membuat perjalanan terasa sangat menyenangkan. Untuk dapat memasuki wisata ini hanya membayar tiket sebesar Rp 10,000.

Artikel Terkait

3. Goa Akbar

Berpose di dalam Goa Akbar (@tubannow on Instagram)
Berpose di dalam Goa Akbar (@tubannow on Instagram)

Goa eksotis ini letaknya ada di pusat Kabupaten Tuban dan mudah untuk dijangkau oleh siapapun. Menurut masyarakat, Goa Akbar adalah tempat bertemunya para wali di zaman dahulu. Selain itu, di dinding pintu masuk menuju goa terdapat relief unik yang menggambarkan kehidupan masyarakat Tuban pada masa lalu.

Advonturers bisa menyusuri megahnya Goa Akbar dengan mengikuti jalur yang sudah disediakan. Di dalam Goa ini, kamu bisa melihat bagaimana bentuk stalaktit dan stalagmit yang masih aktif. Kamu pun juga bisa bebas berfoto di dalamnya loh, karena banyak spot foto yang bagus untuk mengisi feed di instagram mu. Sementara untuk tiket masuknya hanya Rp 4,000 saja. 

4. Pantai Pasir Putih Remen

Pemandangan Senja yang Indah di Pantai Remen (Sumber: @jetinwsari on Instagram)
Pemandangan Senja yang Indah di Pantai Remen (Sumber: @jetinwsari on Instagram)

Tempat wisata di Tuban satu ini memiliki hamparan pasir berwarna putih, dihiasi deretan pohon cemara, dan memiliki air pantai yang berwarna kebiruan. Hal tersebut pasti akan benar-benar memanjakan mata Advonturers. Untuk bisa masuk ke sana pun tergolong sangat murah, yaitu sebesar Rp10.000 saja per orang. 

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, tempat wisata ini juga terdapat kios penjual souvenir khas Pantai Remen, seperti kaos, baju, dan pernak pernik lainnya. Lokasi pantai ini dapat ditemukan di Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

5. Pantai Boom

Potret Sunrise di Pantai Boom (Sumber: @beritatuban on Instagram)
Potret Sunrise di Pantai Boom (Sumber: @beritatuban on Instagram)

Selain Pantai Remen, Pantai Boom juga termasuk salah satu tempat wisata di Tuban yang populer. Letak pantai ini sangat strategis, yaitu berada di dekat alun-alun dan masjid Agung sehingga tidak pernah sepi pengunjung. Pemandangan yang ditawarkan juga sangat eksotis, terutama pada saat Sunrise dan Sunset yang akan memanjakan mata.

Banyak fasilitas yang bisa Advonturers temui, mulai dari tempat parkir, toilet, area bermain anak, live musik, warung makan, bianglala, dan spot foto menarik. Sembari menikmati angin pantai di bawah pepohonan yang rindang, kamu bisa melihat pemandangan nelayan yang sedang sibuk mencari ikan.

6. Pemandian Bektiharjo

Berenang di Jernihnya Air Pemandian Bektiharjo (Sumber: @exploretuban on Instagram)
Berenang di Jernihnya Air Pemandian Bektiharjo (Sumber: @exploretuban on Instagram)

Salah satu tempat wisata di Tuban yang telah hadir sejak puluhan tahun lalu adalah Pemandian Bektiharjo. Disini kamu akan disuguhkan kolam dengan sumber mata air alami. Menurut cerita masyarakat setempat, mata air tersebut adalah peninggalan Raden Danur Wendo sejak abad ke-13.

Di dalam kolam Advonturers juga bisa menikmati sensasi berenang dengan air yang sejuk dan melihat pemandangan alam yang asri. Di pemandian ini jangan heran kalau kamu melihat banyak kera yang berkeliaran, namun jangan takut, kera tersebut dijamin sudah jinak kok.

7. Perum Perhutani KPH Jatirogo

Liburan Asyik dengan Sahabat di Perhutani KPH Jatirogo (@mllnniatrd on Instagram)
Liburan Asyik dengan Sahabat di Perhutani KPH Jatirogo (@mllnniatrd on Instagram)

Jatirogo adalah tempat wisata di Tuban yang menyediakan berbagai macam area alam menarik untuk kamu kunjungi. Destinasi yang banyak dicari oleh wisatawan adalah rumah pohonnya. Kamu juga bisa bersantai sambil menikmati rindangnya pepohonan dan udara yang sejuk di area ini.

Selain rumah pohon, ada juga aktivitas sporty seperti ATV, flying fox, dan wall climbing. Untuk melepas lelah setelah berkeliling, kamu bisa bersantai di atas perahu bebek, ataupun berfoto di area yang sudah didekorasi dengan unik dan menarik.

8. Klenteng Kwan Sin Bio

Spot Foto Hits di Area Klenteng Kwan Sin Bio (Sumber: @niaby_hapsari on Instagram)
Spot Foto Hits di Area Klenteng Kwan Sin Bio (Sumber: @niaby_hapsari on Instagram)

Tempat wisata di Tuban yang selanjutnya adalah Klenteng Kwan Sing Bio. Klenteng ini adalah satu-satunya klenteng di Indonesia yang menghadap ke arah laut dan memiliki ornamen bangunan yang unik. Ada beberapa patung ikonik dan lilin berukuran besar yang bisa kamu lihat sejak pertama kali masuk di area klenteng.

Klenteng ini memiliki daya tarik utama berupa arsitektur khas negara Tiongkok yang indah dan sebagian besar berwarna merah. Kamu bisa mengambil foto di spot menarik sepuasnya dan tidak dipungut biaya tiket sepeser pun.

9. Tebing Pelangi

Tebing Warna-warni Hits Tuban (@alwiah_aulia on Instagram)
Tebing Warna-warni Hits Tuban (@alwiah_aulia on Instagram)

Nama wisata ini adalah Tebing Pelangi, sebuah objek wisata hits yang ada di kawasan tebing batu kapur. Destinasi wisata ini menempati bekas galian tambang batu yang sudah lama tidak dimanfaatkan. Setelah dipastikan aman, area ini disulap menjadi wisata unik dan colourful.

Kamu akan dimanjakan oleh beberapa wahana permainan dan fasilitas wisata yang lengkap. Wahana permainan dimulai dari spot foto, area bermain (sky bike, swing, magic carpet, dan flying fox), dan  ada juga kolam renang. Kamu pun bisa bermain sambil melihat pemandangan alam berupa tebing berwarna-warni yang ada di tempat wisata ini.

10. Bukit Kapur Tuban

Mendaki Bukit Kapur Tuban (@aridyprasetya on Instagram)
Mendaki Bukit Kapur Tuban (@aridyprasetya on Instagram)

Rekomendasi tempat wisata di Tuban yang terakhir adalah bukit kapur. Bukit ini memiliki perpaduan warna putih kehitaman dan kadang kemerahan pada dinding bukit yang menambahkan kesan eksotis. Bukit Kapur Tuban sebenarnya bukan bukit alami, namun terbentuk dari sisa pahatan para penambang kapur yang menyisakan guratan indah pada dinding. Bekas pahan penambang kapur itu akhirnya membentuk arsitektur yang batu sangat indah.

Tempat wisata ini hanya buka di pagi sampai siang hari, karena memang sebenarnya bukan untuk tempat wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah, maka pada malam hari tidak ada penerangan. Tetapi kamu harus tetap membayar tiket parkir sebesar Rp2.000 sampai Rp5.000 untuk motor dan mobil.

Nah itulah beberapa tempat wisata di Tuban Jawa Timur yang hits dan sedang populer pada tahun 2022. Tuban memang sebuah kabupaten yang kaya dengan berbagai tempat wisata yang menarik dan indah, bukan? Semoga informasi ini bermanfaat.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *