Gunung Sumbing: Jalur Pendakian, Harga Tiket, & Spot Wisata

Gunung Sumbing
Gunung Sumbing (Sumber: Kompas)
Daftar isi

Gunung Sumbing merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit di Jawa Tengah, terutama buat mereka yang gemar mendaki dan menaklukkan alam. Kemegahan sekaligus keindahannya memang sudah sangat populer. Bahkan, gunung ini tercatat sebagai gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Semeru dan Slamet, lho.

Ketinggian Gunung Sumbing sendiri mencapai 3.371 mdpl dengan beberapa jalur pendakian menuju puncak yang bisa kamu tempuh. Selain itu, terdapat pula sejumlah tempat wisata sekitarnya yang tidak kalah menarik. Berikut informasi selengkapnya.

Jalur Pendakian Gunung Sumbing

Jalur pendakian gunung sumbing
Jalur pendakian gunung sumbing (Sumber: Anggara Wikan Prasetya on Travel Kompas)

1. Jalur Garung

Jika kamu adalah pendaki pemula, sangat disarankan untuk mendaki via Garung. Soalnya basecamp di jalur tersebut lumayan mudah untuk kamu temui karena letaknya yang ada di pinggir jalan.

Pengunjung bisa melewati jalur Sumowono–Temanggung–Wonosobo apabila datang dari Semarang. Tepat sesudah perbatasan Temanggung–Wonosobo, terdapat jalur ke kiri yang dapat kamu ikuti berbekal informasi dari papan petunjuk bertuliskan ‘Basecamp Garung Gunung Sumbing’.

Perkiraan waktu tempuh dari sini menuju puncak Gunung Sumbing adalah 8-9 jam. Nantinya, akan ada 3 pos yang harus kamu lewati dengan waktu sekitar 3,5 jam, serta sisanya sampai puncak lebih kurang 5 jam perjalanan.

Artikel Terkait

2. Jalur Bowongso

Jalur berikutnya yang tidak kalah populer adalah Bowongso. Mengingat areanya yang penuh tantangan dan cukup sepi pengunjung, trek pendakian satu ini kurang direkomendasikan untuk para pemula.

Kamu cuma perlu menuju terminal Mendolo Wonosobo, kemudian berjalan ke Pasar Kertek. Dari pasar tersebut, tandanya posisimu sudah terbilang dekat dengan basecamp Bowongso. Adapun perjalanan akan memakan waktu sekitar 7 jam, yang bergantung pula dengan kecepatan trekking selama mendaki.

3. Jalur Cepit Parakan

Meskipun tidak selalu menjadi opsi utama para petualang yang ingin menjajal Gunung Sumbing, jalur yang berada di Desa Cepit, Kabupaten Temanggung ini menawarkan pemandangan indah, lho.

Untuk bisa sampai ke basecamp, kamu harus bertolak ke arah Rumah Sakit Ngesti Waluyo, yang mana posisinya juga sudah dekat dengan Desa Cepit. Pendakian Gunung Sumbing via jalur ini pun tergolong cukup singkat. Dengan melalui tiga pos dan tiba di Puncak Buntu, pendaki cuma memerlukan waktu 7 jam.

4. Jalur Sipetung

Jalur pendakian Gunung Sumbing berikutnya berada di Desa Jambu, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Dari arah Magelang–Wonosobo, ada banyak papan petunjuk menuju Gerbang Desa Jambu yang berada di sebelah kiri jalan.

Selanjutnya, kamu tinggal berjalan ke basecamp yang berjarak 500 meter saja dari gerbang desa. Apabila semua persiapan sudah selesai, perjalanan bisa dilakukan dengan waktu tempuh 7-8 jam untuk sampai ke atas puncak.

5. Jalur Mangli Kaliangkrik

Walaupun tidak sepopuler yang lain, jalur Mangli di Desa Mangli sesekali menjadi favorit para pengunjung lantaran waktu pendakiannya yang lebih cepat. Untuk dapat mencapai desa tersebut, kamu perlu menuju Desa Kalegen terlebih dahulu.

Dari situ, cukup menyewa ojek untuk sampai ke Mangli dan basecamp Gunung Sumbing. Setidaknya, terdapat 4 pos dengan 4 jam perjalanan, serta pos terakhir menuju dengan waktu 2 jam yang mesti kamu lalui. Dengan total 6-7 jam, kamu sudah bisa sampai di atas Gunung Sumbing. Tidak heran, jalur ini dinilai lebih dekat ke arah puncak oleh sebagian pendaki.

Harga Tiket Masuk Gunung Sumbing

Sebenarnya, harga tiket masuk ke Gunung Sumbing sangat bervariasi tergantung jalur pendakian mana yang kamu ambil. Dari dua jalur paling ramai, misalnya Garung dan Bowongso, pendaki mesti membayar retribusi sebesar Rp20.000 per orang.

Spot Wisata Sekitar Gunung Sumbing

1. Nepal van Java

Nepal van Java
Nepal van Java (Sumber: @nepal_vanjava)

Apakah kamu pernah mendengar sebutan tersebut? Julukan itu sebenarnya melekat pada Dusun Butuh yang berada di Kecamatan Kaliangkrik. Letaknya sendiri memang berada di atas ketinggian 1.700 mdpl sehingga sering dianggap sebagai pemukiman tertinggi di kawasan Magelang.

Rumah-rumah yang ada di dusun tersebut tampak serasi menutupi keseluruhan punggung bukit. Selain itu, jalanannya pun ibarat sebuah sungai yang mengalirkan keindahan alam menakjubkan. Pemandangan di sini pastinya akan langsung mengingatkanmu pada desa cantik favorit pendaki Everest, Namche Bazar di Nepal.

2. Silancur Highland

Pemandangan Silancur Highland
Pemandangan Silancur Highland (Sumber: U Report)

Berlokasi di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, destinasi sekitar Gunung Sumbing ini merupakan spot selfie favorit wisatawan. Apalagi, dengan panorama sunrise dan sunset yang memukau dari sini.

Apabila tidak berencana berkemah, kamu bisa datang untuk sekadar melihat-lihat pemandangan dan berfoto sembari menikmati udara khas pegunungan yang super sejuk. Cocok sekali buat wisatawan yang mencari ketenangan untuk merilekskan pikiran.

3. Terasering Sitegong

Terasering Sitegong
Terasering Sitegong (Sumber: @nampan_sukomakmur on Instagram)

Sebagai wisata yang tergolong baru, terasering yang mempunyai nama lain Terasering View Sumbing ini menghadirkan panorama indah dengan latar belakang kemegahan Gunung Sumbing. Lokasi sendiri bisa kamu temukan di Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran.

Sesuai dengan namanya, pengunjung akan merasakan langsung sensasi berjalan di antara terasering yang menutupi perbukitan selama menghabiskan waktu di sini. Aksesnya pun tergolong mudah, yakni cukup berangkat dari Pasar Kaliangkrik dan menempuh jarak sekitar 7 km.

4. Mangli Sky View

Mangli Sky View
Mangli Sky View (Sumber: @ediwibowo_jp on Instagram)

Spot terakhir berada di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, yang bernama Mangli Sky View. Dari tempat ini, pengunjung dapat melihat langsung panorama Gunung Sumbing sekaligus menyaksikan fenomena sunrise ataupun sunset.

Tidak hanya itu, lokasi yang terletak di atas ketinggian 1.570 mdpl ini juga menjadi area yang cocok untuk melakukan camping. Karena masih berada di lereng gunung, udaranya pun sangatlah sejuk dan pastinya membuat siapa saja betah berlama-lama.

Demikianlah ulasan mengenai Gunung Sumbing. Buat kamu yang ingin melepas penat di akhir pekan, tidak ada salahnya untuk datang dan menjelajahi salah satu gunung terpopuler di Pulau Jawa ini. Selamat mendaki!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *