Kampung Pelangi Semarang: Lokasi, Tiket, & Aktivitas Wisata

Kampung Pelangi Semarang
Kampung Pelangi Semarang (Sumber: @tilytravels on Instagram)
Daftar isi

Kota Semarang saat ini tidak hanya terkenal akan tempat wisata bersejarah atau kota tuanya saja. Sekarang, Advonturers bisa menjadikan Kampung Pelangi sebagai destinasi wisata wajib saat berlibur ke Semarang.

Kampung ini sudah menjadi tempat wisata baru dan menjadi favorit wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara loh! Tertarik? Berikut Advontura akan membahas tempat wisata tersebut.

Keindahan Kampung Pelangi Kalisari Semarang

Pemandangan Kampung Pelangi yang terdiri berbagai macam warna tentu saja akan memanjakan mata Advonturers. Setiap sisi rumah dan jalanan yang ada di kampung ini diwarnai oleh cat berwarna cerah. Hampir setiap sisi dari kampung memiliki warna mencolok dan mampu menarik perhatian dari setiap mata yang memandangnya. Tak hanya itu, benda seperti payung gantung dan dekorasi lainnya juga ikut meramaikan pemandangan kampung.

Sebelumnya, kampung ini adalah sebuah kampung kumuh yang tidak tertata. Tetapi setelah ada pembenahan dari pemerintah daerah setempat, kampung ini disulap menjadi kampung yang warna-warni. Usaha pemerintah daerah dalam mengatasi kampung kumuh pun berhasil. Semua sisi dari kampung menjadi bersih, indah, dan aesthetic bahkan dimulai dari pintu masuk kampung hingga sisi lainnya.

Dari pintu masuk kampung, Advonturers bisa melihat bangunan rumah yang berada di lereng bukit. Apabila dilihat dari atas, rumah-rumah terlihat menumpuk dengan sangat indah dan berwarna cerah. Kampung Pelangi ini bisa menjadi destinasi liburan yang unik dan menarik untuk Advonturers nikmati saat berlibur ke Kota Semarang.

Artikel Terkait

Rute & Alamat Kampung Pelangi Semarang

Lokasi wisata Kampung Pelangi ada di pusat kota dan beralamat di Jalan Dokter Sutomo, Randusari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Karena lokasinya yang berada di pusat kota, Advonturers pasti tidak akan kesulitan untuk menuju kampung ini.  Destinasi wisata ini bisa Advonturers akses menggunakan kendaraan umum dan pribadi.

Untuk dapat menuju Kampung Pelangi dengan kendaraan pribadi, kamu bisa melewati beberapa rute pintu masuk, namun yang paling mudah yaitu dari arah Tugu Muda Kota Semarang. Dari arah Tugu Muda, Advonturers bisa melewati Jalan Dokter Sutomo menuju arah Selatan. Di sepanjang jalan tersebut kamu bisa melihat kawasan kampung di sisi kiri atau timur Jalan.

Rute Tugu Muda sering dipilih wisatawan karena sekaligus melewati banyak tempat wisata lain seperti Lawang Sewu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menggunakan Google Maps yang akan memberikan rute terbaik dari titik awal berangkat.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional 

Untuk dapat memasuki kampung hanya cukup dengan membayar biaya parkir kendaraan saja. Adapun harga tiket masuk Kampung Pelangi Semarang adalah Rp5.000/motor dan Rp10.000/mobil. Tiket ini tidak memberikan batasan waktu sehingga Advonturers bisa menikmati objek wisata Kampung Pelangi dengan sepuas hati.

Sedangkan untuk jam operasional buka dari Senin-Minggu selama 24 jam. Karena buka setiap hari, Advonturers bisa berkunjung kapan saja untuk menikmati pesona keindahan Kampung Pelangi tanpa dikejar waktu.

Fasilitas Wisata

Tidak perlu khawatir, kampung wisata ini pastinya sudah dilengkapi oleh beberapa fasilitas penunjang yang akan membuatmu nyaman dan memanjakan liburan seperti:

  • Tempat parkir untuk kendaraan (mobil dan motor)
  • Warung jajanan dan makanan
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Pusat souvenir dan oleh-oleh berupa kerajinan atau bunga segar 
  • Spot foto yang menarik dan instagramable

Aktivitas Wisata Menarik di Kampung Pelangi Semarang

Kampung wisata ini menawarkan beberapa aktivitas dan hal menarik yang bisa Advonturers lakukan, berikut adalah daya tarik serta kegiatan seru yang bisa kamu coba.

1. Wisata Kuliner & Souvenir

Membeli bunga untuk oleh-oleh (Sumber:Siska Rohmanita on Google Maps)

Kampung Pelangi menawarkan beberapa wisata kuliner untuk pengunjung yang datang. Beberapa rumah warga membuka warung jajanan dan makanan khas Semarang yang patut untuk dicoba. Salah satu jajanan khas adalah Es Mambo yang beraneka rasa. Minuman khas Semarang tersebut cocok untuk melepaskan dahagamu setelah asyik berkeliling. Advonturers pun dapat mencoba gorengan dan jajanan lezat lainnya yang dijual oleh warga.

Berbagai souvenir khas seperti celengan warna-warni juga dijual oleh warga sekitar dan cocok untuk dijadikan hiasan rumah. Di sekitar kawasan kampung ada banyak toko bunga yang menjual berbagai macam jenis bunga segar yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh untuk orang terkasih maupun diri sendiri.

2. Berkeliling Kampung

Berkeliling dan Menyusuri Jalanan Kampung (Sumber: @dista_aprilianto on Instagram)

Kampung Pelangi tidak hanya indah apabila dilihat dari kejauhan saja. Jalanan dan gang kecil di dalam kampung bisa memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Jalanan kavling yang tertata rapi pada kampung ini mudah dilalui sambil berjalan kaki. Selain itu terdapat banyak kursi taman kalau kamu ingin beristirahat sejenak setelah puas berkeliling.

3. Menikmati Aneka Karya Seni 3D

Berfoto di Karya Lukisan 3 Dimensi (Sumber: @ratihsukmaresi on Instagram)
Berfoto di Karya Lukisan 3 Dimensi (Sumber: @ratihsukmaresi on Instagram)

Saat mengelilingi kawasan Kampung Pelangi Semarang, Advonturers banyak melihat kerajinan tangan, lukisan, mural yang ada di sekitaran jalan dan dinding rumah warga. Mural tersebut tentunya dibuat langsung oleh masyarakat sekitar dengan berbagai macam gambar yang unik.

Tidak hanya mural, beberapa dinding rumah warga dan jalanan kampung dilukis dengan efek 3 dimensi. Gambar 3D yang dapat ditemukan adalah ikan yang tumpah, tebing jurang dalam, gambar sepeda, dan lainnya bisa kamu temukan di kampung ini.

4. Berfoto di Spot Instagramable

Berfoto di Spot Hits dan Instagramable (@megs.lane on Instagram)
Berfoto di Spot Hits dan Instagramable (@megs.lane on Instagram)

Keindahan dan keunikan pemandangan Kampung Pelangi Semarang sayang untuk dilewatkan. Salah satu spot hits yang sering lewat di sosial media adalah jembatan pintu masuk kampung. Selain spot itu tentu saja ada Taman Kasmaran yang tidak kalah hits. Pemandangan Kampung Pelangi yang dilihat dari Taman Kasmaran tampak sangat menawan.

Advonturers juga bisa menggunakan berbagai properti yang disediakan oleh kampung ini seperti berbagai macam jenis bunga dan aksesoris lainnya. Dengan begitu setiap foto yang Advonturers ambil di Kampung Pelangi hasilnya akan sangat instagramable dan kekinian.

Bagaimana? Apakah Adventurers tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini? Semoga informasi diatas bisa menjadi rujukan saat mengunjungi Semarang dan selamat jalan-jalan!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *