Gili Nanggu Lombok, Destinasi Eksotis untuk Pecinta Senja

Keindahan Laut di Gili Nanggu
Keindahan Laut di Gili Nanggu (Sumber: Lombok Network)
Daftar isi

Mempunyai pantai pasir putih di tengah hamparan laut biru yang luas, Gili Nanggu di Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu destinasi wisata dengan segudang eksotisme. Pulau yang satu ini lumayan populer sebagai wahana diving dan snorkeling karena aneka biota laut indah yang berhabitat di sana. Penasaran? Simak informasi selanjutnya dalam artikel ini!

Daya Tarik Utama Gili Nanggu

Keindahan laut Gili Nanggu (Sumber: omucu.com)

1. Sensasi seperti Pulau Pribadi

Tahukah kamu kalau sebetulnya Gili Nanggu merupakan pulau kosong alias tidak berpenghuni? Bahkan, hanya terdapat beberapa penginapan untuk para wisatawan yang berkunjung. Sewaktu berada di sini, kamu akan langsung merasakan sensasi seolah sedang berlibur di pulau pribadi yang memang jarang terjamah oleh manusia. Sangat cocok buat kamu yang ingin menghabiskan waktu di tempat yang sepi.

2. Kawasan Konservasi Penyu

Sebagai tempat konservasi penyu selama 11 tahun, pulau eksotis yang satu ini mempunyai lebih dari 4000 telur yang siap menetas di pantainya, lho. Apabila beruntung, kamu dapat melihat aktivitas bertelur dari penyu-penyu tersebut. Menarik sekali, bukan?

3. Aktivitas Snorkeling dan Diving

Saking banyak dan beragamnya biota laut yang berhabitat di pantai Gili Nanggu, kamu bisa melihatnya langsung dengan menyelam alias diving. Ombak lautnya pun terbilang lumayan tenang sehingga kamu juga boleh melakukan snorkeling. Bahkan, berjalan beberapa meter dari pantai saja, keindahan ekosistem bawah laut yang menakjubkan sudah siap menyambut kamu.

4. Suasana yang Tenang dan Damai

Gili Nanggu Lombok
Gili Nanggu Lombok (Sumber: Wisata Lombok aja)

Seperti yang sudah disebutkan, pulau ini tidaklah berpenghuni. Dengan begitu, keindahan alamnya benar-benar masih terjaga. Melihat fenomena matahari senja dengan suasana yang tenang dan damai beserta angin pantai yang menyejukkan pasti akan membuat siapa saja betah menghabiskan waktu di sini.

Artikel Terkait

5. Kesempatan Memberi Makan Ikan

Pengunjung dapat memberi makan ikan-ikan sembari melakukan snorkeling atau diving. Caranya sendiri sangatlah mudah. Kamu tinggal menyiapkan sebuah botol kosong berisi roti hancur dan tambahkan sedikit air. Lubangi satu sisi botol supaya adonan roti becek tersebut bisa keluar setiap kali ditekan. Sebagai catatan, pastikan kamu juga tidak menangkap ikan di sana demi menjaga kelestariannya.

Aneka Fasilitas di Gili Nanggu

Beragam fasilitas yang tersedia di sini sebetulnya tidak dapat kamu sandingkan dengan pulau-pulau populer di Lombok lainnya. Akan tetapi, sebagai pulau yang menawarkan suasana privat, hal ini tentu bukan masalah. Apalagi, tidak banyak wisatawan yang mampir ke sini sehingga kondisinya masih sangat terjaga.

Selain itu, kamu masih bisa menjumpai aneka fasilitas lainnya, seperti gazebo di pinggir pantai, kafe, warung setempat, toilet, serta musala. Untuk penginapannya sendiri di Gili Nanggu resort, wisatawan dapat menyewa kamar mulai dari Rp500.000 per malam.

Jam Buka Gili Nanggu Lombok

Kamu dapat mengunjungi pulau sekaligus menikmati segala keindahannya mulai pukul 09.00 sampai 15.00 waktu setempat. Tidak cuma satu Gili, kamu juga berkesempatan untuk mendatangi dua pulau dekat lainnya, yakni Gili Sudak dan Gili Kedis.

Tiket Masuk Gili Nanggu

Wisatawan tidak perlu membayar sepeser pun untuk masuk dan menghabiskan waktu di pulau. Hanya saja, kamu mesti membayar tiket sewa perahu sebesar Rp35.000 per orang dengan maksimal angkut 10 orang setiap perahu.

Lokasi dan Rute Gili Nanggu

Pulau eksotis yang satu ini berlokasi di Desa Sekotong Barat, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Terdapat beberapa rute yang dapat kamu pilih untuk bisa sampai ke sana. 

Apabila kamu bertolak dari Mataram, pergilah ke Desa Batu Kijuk, kemudian langsung menyeberang sekitar 20 menit menuju Gili Nanggu. Di sisi lain, jika dari bandara, cukup naik bus DAMRI hingga Patung Sapi Gerung dan melanjutkan perjalanan dengan angkot ke Pelabuhan Lembar. Selanjutnya, kamu pun tinggal menyeberang ke Gili Nanggu sekitar 20-40 menit.

Itulah informasi mengenai Gili Nanggu, destinasi pulau eksotis di Lombok buat kamu si pecinta senja. Objek bahari yang satu ini cocok sekali untuk kamu tambahkan ke dalam daftar wisata yang wajib didatangi. Happy holiyay!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *