Cara Beli Tiket Masuk Ragunan 2022, Harga Tiket, & Syarat Masuk

Harimau Sumatera, Satwa yang ada di Kebun Binatang Ragunan (Sumber: @ragunanzoo on Instagram)
Harimau Sumatera, Satwa yang ada di Kebun Binatang Ragunan (Sumber: @ragunanzoo on Instagram)
Daftar isi

Kebun Binatang Ragunan dapat dijadikan opsi wisata di wilayah DKI Jakarta apabila ingin berwisata bersama satwa berbagai jenis. Sebelum berkunjung, yuk cari tahu harga tiket masuk Ragunan dan cara beli tiket masuk Ragunan!

Serunya Berwisata dengan Satwa di Kebun Binatang Ragunan

Hadirnya Ragunan sebagai Kebun Binatang di tengah Kota Jakarta membuatnya menjadi destinasi wisata yang sangat disukai oleh warga metropolitan. Selain berkeliling untuk melihat-lihat satwa yang unik, pengunjung juga akan disuguhi dengan udara yang sejuk dan lebih bersih. Tidak aneh jadinya bahwa banyak pengunjung yang betah berlama-lama di Kebun Binatang Ragunan Jakarta ini.

Lokasi Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan dari atas (Sumber: @ragunanzoo on Instagram)
Kebun Binatang Ragunan dari atas (Sumber: @ragunanzoo on Instagram)

Lokasi Kebun Binatang Ragunan Jakarta secara administratif terletak di Jalan Harsono No.1, Ragunan, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Walaupun berada di tengah kota, daerah Kebun Binatang Ragunan bisa dibilang cukup sejuk. Dikarenakan lokasinya yang berada di tengah kota, Ragunan dapat dengan mudah diakses dengan segala moda transportasi darat seperti motor, mobil, dan juga bus pariwisata.

Dari pusat Kota Jakarta, Kebun Binatang Ragunan yang berada di Jakarta Selatan ini dapat diakses dalam waktu kurang lebih 40-50 menit tergantung dengan padatnya jalanan di kota. Pengunjung dari pusat kota Jakarta akan menempuh kurang lebih perjalanan sejauh 14-17 km tergantung rute mana yang ditempuh. Karena sudah ditengah kota, jalan akses ke ragunan sudah bagus dan halus.

Harga Tiket Masuk Ragunan Jakarta

Gajah di Taman Margasatwa Ragunan (Sumber: @nuruldwiyd_ on Instagram)
Gajah di Taman Margasatwa Ragunan (Sumber: @nuruldwiyd_ on Instagram)

Secara rentang harga, Kebun Binatang Ragunan Jakarta menawarkan harga tiket yang terjangkau. Mulai dari Rp4.000 saja Advonturers sudah bisa masuk ke Ragunan loh! Namun metode pembayaran yang digunakan di Kebun Binatang Ragunan hanya menggunakan sistem pembayaran digital via Jakcard. Berikut merupakan rincian lengkap harga tiket masuk ragunan tahun 2022.

Artikel Terkait

Dimulai dari harga tiket masuk Ragunan, untuk anak-anak dipatok harga Rp 3.000 per anak. Sedangkan untuk dewasa Rp4.000 per orang dewasa. Untuk harga tiket masuk Ragunan rombongan, biasanya harganya akan lebih miring ketimbang membeli harga tiket satuan. Advonturers yang datang dalam rombongan besar bisa mengontak pihak pengelola untuk pemesanan tiket masuk Ragunan rombongan.

Kemudian harga tiket parkir juga dipatok berbeda sesuai dengan jenis kendaraan. Harga tiket parkirnya adalah Rp1.000 untuk sepeda, Rp3.000 untuk motor dan becak, Rp6.000 untuk mobil, Rp12.000 untuk bus kecil dan truk kecil, dan Rp15.000 untuk bus besar dan truk besar. Harga tersebut tentunya dipatok untuk parkir ragunan per kendaraan per hari.

Lalu selanjutnya terdapat berbagai wahana yang dapat dimainkan oleh pengunjung. Wahana-wahana tersebut tentunya juga memiliki harga tiket yang berbeda-beda. Berikut merupakan harga tiket wahana di Kebun Binatang Ragunan:

Harga Tiket Wahana di Kebun Binatang Ragunan Jakarta

WAHANAHARGA TIKET
Kuda TunggangRp5.000 per sekali putaran
Unta TunggangRp7,500 per sekali putaran
Kereta Keliling SatwaRp10.000 per sekali putaran
Taman Satwa anakRp2.500 per orang
Sepeda TunggalRp10.000 per orang
Sepeda GandaRp15.000 per sepeda ganda
Perahu AngsaRp18.000 per putaran
Tur Rakit KelilingRp6.000 per putaran

Selanjutnya terdapat Pusat Primata Schmutzer untuk melihat berbagai jenis primata di Indonesia. Tiket yang dipatok untuk masuk pusat primata adalah Rp6.000 per orang untuk hari senin sampai jum’at, dan Rp7.500 untuk akhir pekan dan hari libur nasional.

Perlu diketahui juga berbagai harga tiket masuk ragunan di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola dan pemerintah daerah setempat. Advontura sangat menyarankan pengunjung untuk membawa uang lebih untuk jaga-jaga dengan kemungkinan adanya perubahan harga tiket.

Cara Beli Tiket Masuk Ragunan

Kartu Jakcard Bank DKI yang harus disiapkan untuk membeli tiket masuk (Sumber: ragunanzoo)
Kartu Jakcard Bank DKI yang harus disiapkan untuk membeli tiket masuk (Sumber: ragunanzoo)

Kartu Jakcard Bank DKI yang harus disiapkan untuk membeli tiket masuk (Sumber: ragunanzoo)

Pihak pengelola dari Kebun Binatang Ragunan sudah memperbolehkan pembelian tiket secara offline langsung pada tiket yang tersedia. Jadinya untuk membeli tiket dapat melalui dua cara yaitu membeli langsung secara offline di booth tiket yang sudah tersedia atau membeli tiket sehari sebelum kedatangan secara online. Baik pembelian via offline maupun online, pengunjung tetap diwajibkan untuk menggunakan pembayaran digital via Jakcard.

Pengunjung yang ingin membeli tiket masuk Ragunan wajib memiliki kartu Jakcard Bank DKI. Jika pengunjung tidak memiliki Jakcard, pengunjung dapat membelinya terlebih dahulu melalui konter tiket yang sudah tersedia. Pihak ragunan menyediakan dua jenis Jakcard dengan isi saldo yang berbeda. 

Pengunjung dapat memilih untuk membeli varian Jakcard dengan harga Rp35.000 (biaya kartu Rp15.000, isi saldo Rp20.000) atau Jakcard dengan harga Rp65.000 (biaya kartu Rp15.000, isi saldo Rp50.000). Saldo Jakcard tersebut dapat digunakan untuk membeli tiket masuk Ragunan beserta wahana di dalamnya. Saldo Jakcard juga dapat digunakan untuk destinasi wisata lain seperti Monas, Kota Tua, dan dapat juga dipakai untuk naik bus Transjakarta.

Sebelum membeli tiket masuk Ragunan, ada baiknya pengunjung memenuhi persyaratan berikut ini:

  • Untuk pembelian tiket masuk H-1 secara offline, pengunjung dapat membelinya dengan mengunjungi link: bit.ly/PesantiketTMR
  • Pengunjung yang berasal dari luar Jakarta sudah dapat berkunjung
  • Pengunjung dewasa sudah diharuskan mendapat 2 dosis vaksin covid-19
  • Anak usia 6 sampai 12 tahun sudah harus mendapatkan dosis pertama
  • Sebelum masuk, pengunjung wajib melakukan check in menggunakan aplikasi PeduliLindungi
  • Tetap mematuhi protokol kesehatan saat berada di dalam area Ragunan

Jam Operasional Kebun Binatang Ragunan

Singa di Kebun Binatang Ragunan (Sumber: @ragunanzoo on Instagram)
Singa di Kebun Binatang Ragunan (Sumber: @ragunanzoo on Instagram)

Kebun Binatang Ragunan Jakarta buka selama 6 hari seminggu, dari hari selasa sampai dengan hari minggu. Pada hari senin, Kebun Binatang Ragunan libur beroperasi dikarenakan ada hari libur satwa di Kebun Binatang Ragunan ini. Untuk Jam operasionalnya sendiri, Ragunan buka mulai pukul 07.00 WIB pagi hari sampai dengan 17.00 WIB sore hari. 

Wahana Wisata di Kebun Binatang Ragunan

Bersepeda mengelilingi Ragunan (Sumber: @ragunanzoo on Instagram)
Bersepeda mengelilingi Ragunan (Sumber: @ragunanzoo on Instagram)

1. Taman Margasatwa

Berwisata ke Kebun Binatang Ragunan pastinya tidak lengkap rasanya kalau tidak berkeliling taman untuk melihat pemandangan satwa-satwa yang ada. Kebun Binatang Ragunan sendiri memiliki banyak sekali binatang. Binatang-binatang tersebut dikelompokkan ke dalam zona-zona yang bisa pengunjung datangi. Pada Ragunan, terdapat zona mamalia, zona reptil, dan zona unggas serta burung. 

2. Pusat Primata Schmutzer

Zona ini merupakan zona khusus yang menampung berbagai jenis primata dari seluruh Indonesia. Dibedakan zonanya dengan taman margasatwa, konsep yang ditawarkan adalah alam bebas seolah-olah kawanan primata tersebut hidup di habitat aslinya. Wisatawan dapat mengamati kawanan primata melalui jembatan dan terowongan yang tersedia di zona Pusat Primata Schmutzer ini.

3. Taman Satwa Anak

Kebun Binatang Ragunan juga ramah terhadap pengunjung anak-anak. Zona ini dikhususkan untuk anak-anak agar dapat menikmati keseruan di dalam Ragunan. Pada zona ini terdapat satwa-satwa kesukaan anak-anak. Pada zona ini juga ada aquarium yang sangat besar tempat menghuninya ikan Arapaima raksasa dari Sungai Amazon dengan bobot 100 Kg.

Di zona taman satwa anak juga terdapat perosotan, jaring laba-laba, ayunan, dan permainan lain yang anak-anak dapat mainkan.

4. Wahana Berkeliling Ragunan

Pengelola Ragunan juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat disewakan untuk berkeliling kebun binatang. Ragunan menyewakan sepeda tunggal dan sepeda ganda untuk berkeliling. Terdapat juga kereta keliling yang bisa dinaiki bersama kerabat dan keluarga. Lalu juga terdapat Kuda Bendi dan Kuda Tunggang yang dapat digunakan untuk berputar-putar di area Ragunan.

5. Wahana Air

Terdapat juga wahana air bagi yang ingin mencari kesegaran bermain di bagian danau. Ragunan menyediakan Perahu Angsa yang bisa dinaiki. Pengelola juga menyediakan Tur keliling danau menggunakan rakit.

Baca juga: Centrum Million Balls: Spot Foto, Harga Tiket & Alamat

Itu tadi merupakan informasi mengenai tiket masuk ragunan beserta dengan serba-serbi wahana yang ada di dalamnya. Kebun Binatang Ragunan dapat menjadi opsi untuk berwisata apabila sedang berada di daerah Jakarta. Salam traveling!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *