1. Pantai
  2. Wisata Alam

Mengenal Keindahan Pantai Rembat yang Eksotis!

Kalau artikel sebelumnya, kami mengajak kalian mengenal pantai-pantai yang ada di Jawa Timur, maka kali ini kami mengajak kalian mengenal lebih dekat pantai yang ada di daerah Indramayu, Jawa Barat. Salah satu pantai yang terkenal adalah Pantai Rembat. Konon, pantai ini menyajikan pemandangan yang cukup berbeda dari pantai-pantai lainnya, lho.

Tak jarang, banyak para pengunjung yang memilih untuk berlibur di pantai ini. Kira-kira hal apa ya yang menarik dari pantai ini? Yuk, simak penjelasannya sampai tuntas!

Mengenal Lebih Dekat Pantai Rembat

Tak kenal maka tak sayang, begitulah ungkapan yang sering kita dengar. Oke, siapa tau mengenal lebih dekat pantai ini, kalian malah ingin main ke sini setiap pekan? Hehehe. Pantai Rembat merupakan pantai yang berada di Kabupaten Indramayu yakni di jalur pantai utara Pulau Jawa. Daerah Indramayu merupakan daerah khas sebagai penghasil mangga dan memiliki pantai-pantai yang menarik. 

Kebetulan pantai yang akan kita bahas adalah pantai yang terkena abrasi. Terkikis oleh air laut sehingga ia memiliki penampakan yang landai. Oleh sebab itu, pemerintah daerah melakukan revitalisasi sehingga layak menjadi tempat wisata yang menarik.

Revitalisasi atau pengelolaan kembali baru dilakukan sejak tahun 2019. Jika kalian melihat sekilas, pantai tersebut berkonsep natural dan terdapat beberapa fasilitas dan spot foto yang oke untuk berswafoto. Wah, pasti cocok banget buat koleksi foto kalian deh!

Baca Juga: Wisata Trijaya Kuningan: Referensi Tempat Camping di Jawa Barat

Daya Tarik Wisata Pantai Rembat

Setiap pantai itu memiliki daya tarik yang eksotis. Entah dari pemandangan pantai, pasir, atau ekosistem pantai yang baik. Daya tarik wisata Pantai Rembat memang terbilang beragam, lho. Nah, apa sajakah itu?

Berenang dan Bermain Air

Tak lengkap jika ke pantai tidak berenang maupun bermain air. Air laut yang terdapat di pantai ini cukup tenang, mengingat Pantai Rembat termasuk ke dalam golongan  pantai utara sehingga cocok untuk tempat bermain air anak-anak. 

Warna air di pantai ini tidak terlalu jernih, berwarna agak kecoklatan. Namun jangan salah, baik pasir dan airnya sangat bersih, hampir tidak ada sampai sama sekali. Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri, karena mengingat kenyamanan diri adalah hal yang penting termasuk saat berwisata di pantai. Tak hanya itu, pihak pengelola pun telah menyediakan pelampung sehingga para Ibu tidak perlu khawatir terhadap anaknya.  

Spot Foto yang Menawan

Spot Foto Pantai Rembat
Spot Foto Pantai Rembat

Setelah memarkir kendaraan, kalian akan disuguhkan gapura selamat datang dengan jalan masuk yang menghadap ke arah laut. Setelah itu, kalian akan mendapati jembatan kayu panjang yang mengitari pantai sehingga kalian bisa berfoto dan melihat panorama laut dari berbagai sisi.  

Melansir infopublik.id, Salah satu hal yang menonjol di pantai ini adalah spot foto yang kekinian berupa bingkai foto berbentuk love sebagai background foto yang terbuat dari akar-akar pohon. Dengan begitu, deburan ombak bisa terlihat jelas di tengah. Abadikan momen kalian di sini bareng orang tercinta tentu ide yang bagus. 

Spot Memancing

Selanjutnya adalah spot memancing. Di Pantai Rembat juga ada kawasan yang dibuka untuk kegiatan memancing. Jadi, siapapun bisa menangkap ikan di sini. Wah, dijamin seru nggak tuh? Lokasi ini berdekatan dengan hutan mangrove. 

Tak hanya itu, kalian juga bisa memanfaatkan area di jembatan kayu atau batu-batuan untuk menangkap ikan. Jika kalian beruntung, kalian akan mendapatkan tangkapan ikan kerapu atau kakap. Eits, ingat jangan sampai pulang nggak dapat tangkapan ikan yah!

Wisata Mangrove

Wisata Mangrove Pantai Rembat
Wisata Mangrove Pantai Rembat

Selanjutnya adalah ekowisata mangrove. Pengelola pantai membuat konsep sedemikian rupa tidak hanya untuk estetik belaka namun juga berupaya mengedukasi pengunjung tentang betapa pentingnya hutan mangrove atau bakau demi kelangsungan ekosistem pantai.Meskipun areanya terbilang minim, namun keberadaan hutan mangrove ini cukup penting di pantai ini sebagai upaya penekanan dampak abrasi oleh air laut. 

Baca Juga: Puncak Pelita, Referensi Wisata Alam di Tasikmalaya

Fasilitas Pantai Rembat

Potensi ekonomi yang didapatkan dari pengelolaan pantai tentu membuat pihak pengelola membuat berbagai fasilitas pendukung demi kenyamanan para wisatawan. Tak jauh beda dengan pantai-pantai lain. Beberapa fasilitas Pantai Rembat cukup lengkap antara lain toilet, kamar mandi bilas, mushola, tempat parkir, aneka spot foto, dan warung makan yang menghidangkan olahan laut yang nikmat.

Harga Tiket Masuk & Rute Menuju Lokasi

Secara administratif, Pantai Rembat berlokasi di Desa Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Kurang lebih berjarak 20 kilometer dari alun-alun Indramayu. Kalian bisa menikmati perjalanan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. 

Lalu, untuk tiket masuk, pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp.10.000. Kemudian, untuk biaya parkir berbeda-beda tergantung jenis kendaraan yang kalian bawa. Parkir motor sekitar Rp.2000, sementara mobil dibanderol dengan harga Rp.5000. 

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan tentang Pantai Rambat. Apakah kalian tertarik untuk mengunjungi pantai ini bersama keluarga atau orang tercinta? Pantai Rembat merupakan pantai baru namun tak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya lho. So, jangan lupa untuk menikmati momen bersama di pantai ini ketika berkunjung ke Indramayu ya? Oke, sampai disini dulu ya teman-teman, sampai bertemu di kesempatan berikutnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Keindahan Pantai Rembat yang Eksotis!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]