1. Desa Wisata
  2. Taman Bermain

Taman Narmada: Sejarah & Daya Tarik Wisata Yang Eksotis

Salah satu pulau yang terkenal dengan keindahannya  di Indonesia adalah Pulau Lombok. Pulau ini berada di sebelah timur Pulau Bali. Dua pulau tersebut sudah terkenal hingga mancanegara karena mempunyai pemandangan dan wisata alam yang mengesankan.  Nah, ada sebuah destinasi wisata yang berada di Pulau Lombok bernama Taman Narmada.

Nah, daripada kamu penasaran. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. Siapa tau, barangkali kamu tertarik untuk mengunjunginya saat berlibur di Pulau Lombok.

Sejarah Taman Narmada

Pura Kalasa
Pura Kalasa di Taman Narmada

Oke, sebelum mengenal daya tarik wisata yang ada di taman ini. Alangkah baiknya jika kamu mengenal kilas balik berdirinya Taman Narmada. Taman Narmada pertama kali dibangun sejak tahun 1727 masehi, tepatnya pada saat masa kerajaan. Ia berdiri di atas lahan kurang lebih berukuran 2 hektar. Tempat ini juga dikenal sebagai taman peribadatan dan tempat peristirahatan Sang Raja. Di sisi lain, juga banyak digunakan sebagai tempat ritual kurban pada masanya. 

Nama Narmada sendiri berasal dari kata diambil dari nama anak Sungai Gangga yang berada di India yang mempunyai makna yaitu mata air atau sumber kehidupan.  Nah pada saat itu, raja yang turut berperan dalam keberhasilan pembangunan Taman Narmada adalah I Gusti Ngurah Ketut Karangasem. 

Tujuan dari Raja membangun taman ini adalah sebagai bentuk kesetiaannya kepada Tuhan untuk berdoa. Memang saat itu usianya cukup senja sehingga Sang Raja tidak bisa mendaki dan bertapa di gunung Rinjani. 

Jika kamu perhatikan secara seksama, bentuk bangunan tersebut mempunyai detail yang mirip seperti Gunung Rinjani. Tak hanya itu, konsep arsitektur dan corak yang terdapat di setiap bangunan tersebut bernuansa alam yang eksotis. Wah keren juga ya konsepnya!. 

Nah, jika pengunjung masuk ke dalam, mereka akan melihat tiga buah kolam berair jernih yang bersumber dari mata air.  Kolam tersebut disebut sebagai Danau Segara Anak. Yap, mirip sekali dengan tiga danau yang berada di Puncak Gunung Rinjani. 

Selain itu, kamu juga akan disuguhkan pemandangan pura megah yang menjulang tinggi. Pura Kalasa sampai sekarang masih digunakan untuk peribadatan umat Hindu. Untuk mencapai kesana, pengunjung harus berjalan kaki melewati anak tangga yang didesain bentuknya seolah mereka sedang menaiki gunung.

Di sisi lain, aktivitas Taman Narada terbilang sangat ramai ketika bertepatan dengan hari-hari perayaan agama Hindu contohnya adalah hari Pujawali. Sebagian umatnya akan melaksanakan ibadah di Gunung Rinjani. Namun, jika terdapat kendala tertentu, umat Hindu bisa melaksanakannya di Taman Narmada ini.  

Asal kamu tahu guys, tempat ini sudah beberapa kali melakukan perbaikan dari waktu ke waktu. Mengingat ia menjadi cagar budaya, tentu pihak pemerintah melakukan pemantauan dan perbaikan di kala ada bagian fasilitas yang rusak. 

Baca Juga: Gunung Rinjani | Info Rute, Tips, & Jalur Pendakiannya

Daya Tarik Wisata Taman Narmada

Daya Tarik Taman Narmada
Daya Tarik Taman Narmada

Adapun daya tarik wisata yang perlu kamu ketahui, antara lain:

Area Jabalkap

Salah satu daya tarik Taman Narmada adalah keindahan alamnya. Pemandangan gradasi warna air yang indah dipadupadankan dengan tatanan taman yang baik. Pengunjung yang melihatnya akan dibuat takjub dengan keindahan sekaligus keteduhan taman wisata Narmada.

Terdapat juga jalur tracking yang memadai. Jadi, buat kamu yang ingin tracking tipis-tipis boleh lah ya ke sini. Tracking di hari-hari tertentu dan tentunya tidak saat weekend cocok untukmu yang ingin mendapatkan pengalaman yang lebih personal.

Kamu juga nggak akan merasa kepanasan, karena kamu akan merasakan nuansa keteduhan dari pohon-pohon tinggi di sepanjang jalan tracking. Lalu, sisi jalurnya juga terdapat danau yang luas dan indah.  

Mata Air Tirta Murni

Mata Air Murni
Mata Air Murni

Tepat di sebelah timur Taman Narmada, terdapat sebuah mata air. Sumber mata air ini, konon dipercaya masyarakat bisa membuat tampilan wajah menjadi tampak lebih muda apabila membasuh muka dengannya. 

Beberapa rumor lainnya menyebutkan bahwa ia bisa mendatangkan rejeki dan jodoh. Memang terdengar tidak masuk akal, namun semua kembali ke kepercayaan masing-masing. Bagi wisatawan muslim bisa menggunakan sumber air ini untuk berwudhu sebelum sholat.

Tempat Bersejarah yang Edukatif

Nah, Taman Narmada cocok masuk ke dalam daftar kunjungan liburanmu bersama keluarga,lho. Seperti yang kita tahu, wisata ini sangat mengedukasi kalangan pelajar tentang agama dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Tak jarang saat menjelang libur semester, banyak pelajar melakukan study tour ke Taman Narmada. 

Wisata Keluarga

Poin ketiga adalah kegiatan klise para pengunjung yaitu berwisata bersama keluarga. Memang tidak ada lagi kegiatan yang lebih mengasyikkan selain berkumpul bersama orang-orang tercinta. Jalan-jalan seharian, piknik di tepi danau, dan sekali-sekali menaiki sepeda air yang ada di sana. Pasti berkesan,bukan?

Naik sepeda air bersama teman atau keluarga memang ide yang bagus saat berada di Taman Narmada. Pasalnya, danau di sana memang terlihat segar dengan gradasi warna yang indah. Mengayuh sepeda air membuatmu terasa rileks dan membakar kalori di tubuhmu. Sekalian olahraga bukan? 

Rute Menuju Taman Narmada

Wah, ada kabar baik ini untuk kamu yang ingin berkunjung ke sana. Pasalnya, jarak antara Taman Narmada dengan Kota Mataram hanya sekitar 13 km saja. Berarti, kita bisa menyimpulkan bahwa jarak tempuh hanya memakan 30 menit. 

Jika kamu ingin sampai lebih cepat, menggunakan kendaraan pribadi adalah pilihan terbaik. Nah, bagi kamu yang  berasal dari luar daerah. Tentu saja tidak ingin merasa kerepotan, bukan? Ngomong-ngomong di sini ada berbagai jenis transportasi umum yang bisa kamu gunakan. 

Baca Juga: Menilik Pesona Alam Danau Linting & Fakta Menarik Lainnya

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional 

Berbicara mengenai harga tiket masuk di wisata ini terbilang sangat murah, lho guys. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek 10 ribu saja bisa leluasa masuk dan menikmati setiap daya tarik yang ada. Sementara itu, jam operasional Taman Narmada buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai 17.00. 

Akhirnya kita sudah sampai di pembahasan terakhir. Gimana seru banget ya? Yuk, pergi ke Lombok! Eitss… tapi jangan sampai ketagihan main sampai nggak mau pulang. See you when I see you guys!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Taman Narmada: Sejarah & Daya Tarik Wisata Yang Eksotis

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pantai Ngebum adalah sebuah pantai yang memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Hal ini memungkinkan para pengunjung untuk bermain air dan berenang dengan aman. Di pantai wisata ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan kapal-kapal besar yang keluar masuk dari Pelabuhan Tanjung Emas, serta perahu-perahu nelayan yang sibuk mencari ikan. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini! […]
    Pantai Akkarena terletak di Jalan Tanjung Bunga, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Tempat wisata ini tidak hanya akan memanjakan mata dengan keindahan pantainya, tetapi juga menyajikan beragam wahana rekreasi dan pilihan kuliner yang lezat.  Pantai wisata satu ini merupakan pilihan yang sempurna untuk menghabiskan liburan bersama keluarga di kota Makassar. Seperti apa kira-kira pantai satu ini? […]

    Trending

    Semua orang Indonesia tahu jika Pulau Bali adalah pulau yang terkenal dengan keindahannya. Sudah sekian lama  Pulau Bali menjadi destinasi wisata andalan bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Tak heran, jika jumlah pengunjung di Pulau Dewata meningkat setiap tahunnya sehingga obyek wisata di Bali pun akan mengalami peningkatan dari segi pelayanan dan pariwisata. Oleh karena itu, […]
    Kota Palu terkenal akan sebutan kota lima dimensi. Dengan kata lain, kota yang mempunyai lanskap alam yang menakjubkan antara lain seperti sungai, lautan, pegunungan, teluk dan lembah. Dari kelima lanskap tersebut, kamu bisa menikmati pemandangan berupa lautan yang indah dari Pantai Talise. Menjadi salah satu wisata bahari di Palu, banyak pengunjung dan pendatang yang familiar […]
    Saatnya travelling ke Maluku! Jika di pembahasan sebelumnya kita bersenang-senang di Indonesia bagian barat. Kali ini kita akan mengintip keindahan pantai yang ada di Ternate, Provinsi Maluku. Yap, Pantai Sulamadaha yang begitu eksotis membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sana.  Biar makin penasaran, yuk simak perjalanan wisata di Pantai Sulamadaha berikut ini! Daya Tarik Pantai […]