1. Wisata Alam

Intip Daya Tarik Taman Alam Lumbini yang Memukau dan Eksotis

Jalan-jalan ke air terjun sudah. Jalan-jalan ke pantai juga sudah. Hmm ,kita akan ke mana lagi ya? Eh, kamu tahu nggak kalau di Indonesia ada taman alam yang sangat megah dan indah? Yap, namanya adalah Taman Alam Lumbini.

Kalau kamu baru tau, yuk simak serba-serbi Taman Alam Lumbini yang eksotis!

Mengenal Taman Alam Lumbini

Berlibur ke luar kota selama liburan adalah aktivitas seru yang orang-orang nantikan, terutama anak kecil atau pelajar.  Beberapa orang memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan ke luar pulau. Salah satu destinasi yang paling wisatawan sukai adalah menjelajah pulau Sumatera.

Pulau Sumatera memang memiliki daya tarik yang luar biasa lho. Seperti yang kita ketahui ada gugusan pantai yang indah, deretan pegunungan, danau yang megah hingga taman wisata yang eksotis. Taman Alam Lumbini ini adalah salah satunya.

Wisata religi dan tempat peribadatan ini berdiri di atas tanah seluas 3 hektar dan terletak di kompleks International Buddhist Center. Wah, luas banget ya! Oh iya, taman wisata ini berada di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rayat, Kota Berastagi Sumatera Utara, lho. Jadi, jarak dari Medan kota lumayan jauh sekitar 2 jam.

Baca Juga: Menilik Pesona Alam Danau Linting & Fakta Menarik Lainnya

Daya Tarik Taman Alam Lumbini

Daya Tarik Taman Alam Lumbini
Taman Alam Lumbini Dengan Aneka Tanaman yang Cantik

Selanjutnya, kita akan membahas daya tarik Taman Alam Lumbini yang buat pengunjung terkesima. Nah, ketika pengunjung telah sampai pada gerbang masuk maka mereka akan disuguhkan pemandangan yang menawan yaitu Pagoda yang berwarna kuning keemasan. It’s so beautiful, isn’t it?

Pagoda ini menjulang tinggi hingga sampai 46,8 meter, serta panjang dan lebarnya 68 meter. Oleh karena itu, ia tercatat dalam rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Di sisi lain, detail arsitektur dan fasad bangunan Taman Alam Lumbini juga terinspirasi dari Pagoda Shwedagon di Myanmar. 

Jembatan Titi Lumbini

Jembatan Titi Lumbini
Jembatan Titi Lumbini

Asal kamu tahu, kata “Lumbini” itu sendiri diambil dari nama tempat kelahiran Sidharta Gautama, lho. Pertama, sebelum masuk ke dalam pagoda pengunjung akan melewati jembatan Titi Lumbini dengan panjang sekitar 20 meter. Tak hanya itu, pengunjung juga akan melihat hamparan aneka bunga yang cantik dan menawan. 

Pagoda Taman Alam Lumbini

Wishing Tree
Wishing Tree, Tempat Menggantungkan Kertas Berisi Harapan

Nah, setelah sampai di pagoda, kamu perlu tahu apa saja aturan-aturan sebelum melanjutkan perjalanan ke dalam. Beberapa persyaratan yang harus pengunjung penuhi antara lain alas kaki harus dilepas serta berpakaian rapi dan sopan. Selain itu, pengunjung juga harus tenang atau tidak menciptakan kegaduhan saat di dalam pagoda. Hal ini dilakukan untuk menghormati orang yang beribadah. 

Pengunjung masuk ke dalam pagoda dan akan melihat banyak lonceng yang menggantung dan terpasang di langit-langit. Tak hanya itu, pagoda ini juga menyimpan banyak rupang buddha di setiap ruangannya. Adapun rupang Arahat sebanyak 30 jenis dan 108 relik suci. 

Setelah berjalan cukup jauh, pengunjung akan melihat sebuah pohon bernama  “wishing tree”. Konon, pengunjung bisa menulis sebuah permintaan di selembar kertas dan digantungkan di pohon tersebut. Kegiatan ini biasanya dilakukan saat hari perayaan tertentu. 

Berbicara mengenai fasilitas cukup beragam lho. Kalian bisa menemukan area kebugaran (fitness), area anak yang berisi perosotan dan ayunan. Tak hanya itu, jika kalian ingin sarapan atau makan siang, telah disediakan beberapa restoran contohnya adalah restoran vegetarian. 

Pengunjung yang pergi beramai-ramai bersama keluarga dan ingin mengabadikan momen yang epik, bisa dengan memakai jasa fotografer yang ada di sana. Jadi tenang saja, nggak ada kata hasil foto kurang terang, kurang jelas atau apalah. 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Sukabumi yang Menarik untuk Kamu Kunjungi

Rute & Harga Tiket Masuk Taman Alam Lumbini

Kabar baiknya adalah kamu tidak perlu membayar harga tiket masuk karena memang gratis. Mengingat penjelasan di atas, perlu memakan waktu hingga 2 jam dari Medan kota, tentu saja membuatmu merasa penat, bukan? Nah, untuk memulihkan stamina kembali atau berkeinginan untuk menginap kamu bisa beristirahat di guest house atau villa yang ada di sekitar Taman Alam Lumbini.

Asal kamu tahu, di sekitar kawasan Taman Alam Lumbini ini terdapat beberapa wisata yang nggak kalah keren untuk kamu kunjungi bersama teman atau keluarga. Contohnya adalah wisata Air Terjun Sikulikap yang berada di Desa Doulu, Kabupaten Tanah Berastagi. Kebun Strawberry yang dimana pengunjung bisa petik sendiri dan Bukit Kubu Berastagi. Percaya deh, tempat wisata tadi itu keren-keren,lho.

Wah, seru nggak tuh guys? Hmm, jadi pingin deh liburan ke sana, duh. Jangan lupa abadikan momenmu di social media dan tulis caption yang eye-catching ya!

Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya kawan advontura!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Intip Daya Tarik Taman Alam Lumbini yang Memukau dan Eksotis

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Jalan-jalan ke taman wisata sudah, berlibur akhir pekan di pantai juga sudah. Hmm, kira-kira kita mau kemana lagi ya? Gimana kalau ke pusat perbelanjaan? Why not? Berlibur atau sekedar menghabiskan waktu luang di pusat perbelanjaan seperti Lokasari Square bukanlah ide yang buruk lho. Pasalnya,beberapa aktivitas menarik seperti bermain di arcade, karaoke, sembari berbelanja pakaian bisa […]

    Trending

    Ditengah, kurangnya teman hiburan yang ramah lingkungan di Jakarta, hadirlah Allianz Ecopark menjadi salah satu list tempat wisata yang eco friendly. Tempat ini dibangun dengan luas lahan hampir 34 hektar dengan mengubah Padang Golf Ancol menjadi sebuah sarana rekreasi yang mengusung konsep hiburan, edukasi, dan pastinya ramah lingkungan. Informasi tentang Allianz Ecopark lainnya, selengkapnya bisa […]
    Yuk, kita berlibur ke Sumatera Selatan! Kira-kira selain pemandangan alam bukit barisan yang memanjakan mata, objek wisata manakah yang seru dan juga menyenangkan? Yap, main ke Alaska Park Banjarbaru adalah pilihan yang tepat. Tempat ini merupakan sebuah taman rekreasi keluarga yang memiliki wahana yang beraneka ragam. Wahana yang tersedia pun cocok untuk segala umur. Untuk […]