1. Pantai

Pantai Solop: Daya Tarik Wisata & Keunikannya Bikin Pangling!

Indonesia merupakan negara maritim yang dimana memiliki gugusan kepulauan yang menyebar dari Sabang sampai Merauke. Tak heran negara kita dijuluki sebagai negara kepulauan. Tentu saja identik dengan kawasan pantai yang berjejer di tiap tepi pulau. Tak terkecuali Pantai Solop di Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Ada sebuah ungkapan, Indonesia itu indah, jangan di rumah saja. Ya memang seindah itu guys! Coba kamu main ke Pantai Solop, kami jamin kamu nggak mau pulang deh, serius. Nah, daripada kamu kepo, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Mengenal Keindahan Pantai Solop

Keindahan Pantai Solop
Keindahan Pantai Solop

Apa yang membuatmu takjub dengan pesona pantai? Ombak yang menggulung indah, burung yang melesap cepat di atas laut, atau sesederhana pasir pantai yang lembut dan indah? Itu semua bisa kamu rasakan ketika berkunjung ke Pantai Solop.

Secara geografis, Pantai Solop terletak di ujung Pulau Cawan, kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir. Sebut saja pantai ini adalah hidden gem yang wajib kamu kunjungi saat liburan ya guys. Pasalnya, pasir di pantai ini terlihat indah dengan pemandangan laut sepanjang mata memandang. 

Tak hanya itu, kamu akan menemui hutan mangrove yang berdiri kokoh di pinggiran pantai. Hutan ini berfungsi sebagai perlindungan alami pesisir pantai supaya terhindar dari erosi gelombang air laut. 

Konservasi hutan mangrove telah digalakkan oleh pemerintah pada beberapa tahun yang lalu. Di bawah pengawasan ketat, hutan ini telah berdiri dan memberikan kontribusi besar terhadap ekosistem pantai. Asal kamu tahu, ia dinobatkan sebagai hutan bakau terindah di Indonesia,lho.

Di sisi lain, kamu bisa melihat banyak pohon dengan bunga pink bermekaran di sepanjang pantai sehingga membuat siapa saja yang melihatnya terpesona. 

Keunikan Pantai Solop

Keindahan tidak hanya digambarkan pada pantai Solop. Namun, ada beberapa fakta unik yang perlu kamu ketahui yang bisa membuat pengunjung tercengang. Pertama, keunikan ini dapat kamu lihat secara langsung pada pasir pantainya. 

Pasir di pantai ini berbeda dari pasir di pantai lainnya lho guys. Pasalnya, pasir ini berasal dari kumpulan fosil hewan laut seperti kerang-kerang, hewan lunak, dan sejenisnya. Oleh karena itu, ia dikenal dengan nama Pasir Sirsak. Wah, gimana tuh rasanya main pasir di sana? Pasti seru banget!

Terbentuk dari kejadian alami yang berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Hal ini terjadi sebab adanya akibat dari gelombang ombak yang membawa sisa-sisa fosil laut ke bibir pantai. Tak hanya itu, warna air laut di sekitar pantai juga berwarna coklat, lho. Ada yang tau nggak itu kenapa? 

Nah jadi, warna air laut ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak orang yang ingin berkunjung untuk melihat dan bermain air di sana. Selanjutnya, warna air laut yang kecoklatan ini bukan karena pencemaran limbah ya guys. Namun, memang adanya pengaruh alami dari pantai sehingga membuatnya berubah warna. 

Fasilitas & Daya Tarik Wisata Pantai Solop

Setelah membahas keindahan dan keunikannya, sekarang kamu harus mengetahui apa saja yang bisa kamu lakukan di sana, fasilitas, dan spot keren untuk mengabadikan momen-momen mu.

Tracking Way Mangrove

Tracking Kering Hutan Mangrove
Tracking Kering Hutan Mangrove

Daya tarik wisata yang pertama adalah tracking way hutan mangrove. Tidak heran, kegiatan tracking ini begitu banyak diminati oleh para wisatawan untuk mengenal hutan mangrove secara lebih dekat. Untuk kamu yang punya rasa penasaran tinggi, cobalah untuk menjelajah dan rasakan sensasi berjalan di hutan liar.

Kamu akan menyusuri jalan setapak yang telah disediakan untuk memudahkanmu melewatinya. Kegiatan tersebut disebut tracking kering. Sebaliknya, jika air laut pasang, kemungkinan hutan mangrove akan terendam air sehingga tracking dilakukan dengan cara basah yakni berjalan di dalam air. 

Sambil melakukan tracking, kamu bisa melihat ada berbagai jenis flora dan fauna yang bisa kamu temukan di sini. Contohnya adalah bakau minyak (daek), lenggadai, nyirih batu, tengar, teruntum bunga merah, dan sebagainya. 

Wah, nggak kebayang seseru apa sensasinya? Berdiri dan berjalan di atas akar mangrove yang kokoh,menerjang air laut yang dingin, dan sinar matahari yang tertutup daun-daun rimbun membuat perjalananmu semakin menantang!

Satwa Ikan Pesut

Selanjutnya, kamu akan melihat obyek wisata lainnya yaitu satwa ikan pesut. Tahukah kamu, bahwa ikan pesut adalah hewan yang terancam keberadaannya alias sudah hampir punah. Kamu di sini akan melihat beberapa spesies ikan pesut yang unik salah satunya ikan pesut mahakam. 

Satwa Elang Bonol

Satwa Elang Bonol
Satwa Elang Bonol

Lalu, kamu akan melihat beberapa satwa langka yaitu elang bondol. Sejatinya, elang bondol adalah spesies burung pemangsa yang mempunyai ciri khas yaitu kepala yang terlihat botak. Namun, jangan ditanya seberapa lihai dalam mencari mangsa. ‘

Ia mampu terbang tinggi dan menerjang kilat mangsa yang ada di permukaan tanah. Selain itu, dia bisa merebut mangsa dari cengkeraman burung lain tanpa ada rasa takut. 

Kuliner Khas Solo

Liburan nggak lengkap kalau nggak ada wisata kuliner, ya guys ya. Tenang aja, kamu liburan di sini dijamin kenyang terus deh. Soalnya, di sekitar Pantai Solop ada beberapa stan makanan yang menjual makanan khas Solop dan lainnya. 

Memancing Ikan Pari

Sepertinya memancing ikan sudah biasa ya? Tapi pernah nggak sih kamu memancing ikan pari? Kegiatan seperti itu bisa kamu temui lho di Pantai Solop. Wah, penasaran ya rasanya memancing ikan pari itu seperti apa? Yuk, jangan lewatkan momen unikmu di sini.

Baca Juga: Kebun Teh Kayu Aro: Sejarah & Daya Tarik yang Menakjubkan

Kegiatan Seru Lainnya yang Harus Kamu Coba di Pantai Solop

Nah, fasilitas dan daya tarik di atas semata-mata diberikan untuk memberikan kenyamanan dan kesenangan untuk para pengunjung. Tapi beberapa aktivitas di bawah ini selayaknya kamu coba. 

Banana Boat

Banana Boat
Satwa Elang Bonol

Salah satu cara menikmati hari di pantai adalah bermain banana boat. Perahu karet tanpa mesin itu bisa kamu temukan di sini. Bersenang-senang sejenak untuk melepas stress dari hingar bingar perkotaan bersama keluarga atau teman adalah ide yang bagus. Menaiki boat beramai-ramai, melewati deburan ombak dan bermain di antara derunya angin pantai bisa mengembalikan moodmu jadi lebih baik lagi. 

Speed Boat

Speed boat justru sebaliknya. Ingin mendapatkan pengalaman personal dan lebih memicu adrenalin, tak ada salahnya menaiki speed boat. Speed boat disediakan oleh pihak pengelola dan dibanderol dengan harga terjangkau. Jadi, kamu bisa menikmati pemandangan pantai dari jauh atau mencoba menjelajah laut dengan jarak lebih jauh membuat kesan tersendiri buatmu. Eits, tetap ingat keselamatan ya! 

Pompong & Sampan Wisata

Sampan Wisata
Sampan Wisata

Intip gaya baru untuk menikmati liburan yaitu dengan menaiki pompong. Mungkin terlihat sederhana ya? Namun jangan salah, menikmati pantai dengan menaiki pompong atau sampan memberimu kesan tenang, nyaman, dan berkesan. Berwisata menggunakannya tidak akan membuatmu deg-degan layaknya menaiki speed boat. Kegiatan ini juga terbilang cocok karena bisa dinikmati oleh segala usia. 

Menara Mangrove

Nah, jika cuaca dan keadaan mendukung, pergi menikmati pemandangan hutan bakau akan membuatmu tenang. Dengan ketinggian menara yang sejajar dengan pohon-pohon di sana akan memudahkan untuk  melihat keseluruhan bagaimana bentuk dan keadaan hutan bakau dengan baik.

Baca Juga: Pantai Trikora: Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk

Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Solop

Untuk menuju ke Pantai Solop, kamu akan melewati jembatan beton dan terlihat di sisi sampingnya ada banyak pohon bakau yang menjulang tinggi. Akses untuk menuju pantai ini ada berbagai cara yaitu menggunakan transportasi sungai/ laut dan darat. 

Bila kamu berangkat dari kota Tembilahan dengan jalur air, maka akan memakan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam. Sedangkan jalur darat 6-7 jam. Sementara itu, dari Kecamatan Mandah menuju ke Solop hanya memakan waktu sampai 40 menit saja melalui jalur air. 

Jika kamu pelancong dari luar pulau dan hendak berwisata di sini, kamu bisa memesan homestay yang nyaman dengan harga terjangkau di sekitar Pantai Solop. Contohnya seperti Lanteng Homestay, Bambang Homestay, dan Muslim Homestay. 

Yuk, booking pesawatmu segera dan nikmati euforia berlibur di Pantai Solop!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pantai Solop: Daya Tarik Wisata & Keunikannya Bikin Pangling!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Jalan-jalan ke taman wisata sudah, berlibur akhir pekan di pantai juga sudah. Hmm, kira-kira kita mau kemana lagi ya? Gimana kalau ke pusat perbelanjaan? Why not? Berlibur atau sekedar menghabiskan waktu luang di pusat perbelanjaan seperti Lokasari Square bukanlah ide yang buruk lho. Pasalnya,beberapa aktivitas menarik seperti bermain di arcade, karaoke, sembari berbelanja pakaian bisa […]

    Trending

    Ditengah, kurangnya teman hiburan yang ramah lingkungan di Jakarta, hadirlah Allianz Ecopark menjadi salah satu list tempat wisata yang eco friendly. Tempat ini dibangun dengan luas lahan hampir 34 hektar dengan mengubah Padang Golf Ancol menjadi sebuah sarana rekreasi yang mengusung konsep hiburan, edukasi, dan pastinya ramah lingkungan. Informasi tentang Allianz Ecopark lainnya, selengkapnya bisa […]
    Yuk, kita berlibur ke Sumatera Selatan! Kira-kira selain pemandangan alam bukit barisan yang memanjakan mata, objek wisata manakah yang seru dan juga menyenangkan? Yap, main ke Alaska Park Banjarbaru adalah pilihan yang tepat. Tempat ini merupakan sebuah taman rekreasi keluarga yang memiliki wahana yang beraneka ragam. Wahana yang tersedia pun cocok untuk segala umur. Untuk […]