1. Danau

Menilik Pesona Alam Danau Linting & Fakta Menarik Lainnya

Masih dalam pembahasan obyek wisata di Pulau Sumatera ya, kawan advontura. Kira-kira apa aja nih wisata yang terkenal selain Danau Toba? Hayo, ada yang tahu? Yap, ada danau bernama Danau Linting yang terkenal dengan kisah mistisnya.

Wah, pada penasaran kan? Yuk, baca penjelasan Danau Linting sampai habis ya guys! Nanti awas aja kalau ketagihan pingin traveling ke sana. Hahaha. 

Fakta Menarik Danau Linting

Asal kamu tahu, danau ini terletak diantara tiga desa, antara lain Desa Sibunga-Bunga, Desa Durian IV Mbelang, dan Desa Gunung Manumpak.Diapit dengan tiga desa terbukti jika danau terbilang sangat luas. 

Pada bagian ini kami akan mengajak kamu untuk mengenal pesona alam yang luar biasa dari Danau Linting. Memang jika kita pikir, Indonesia penuh pesona Alam ya? Nah, apa saja mereka, simak penjelasan di bawah ini!

Air Danau yang Bisa Berubah Warna

Air Danau Linting
Air Danau Linting Dapat Berubah Warna

Wah, beneran air danaunya bisa berubah-ubah? Yap, air di Danau Linting memang bisa berubah-ubah sesuai dengan pengaruh eksternal atau internal. Perlu diingat ya guys, ini bukan sulap bukan sihir, lho.

Menurut forestdigest, air danau yang mampu berubah warna disebabkan oleh beberapa faktor seperti fitoplankton, tumbuhan renik yang hidup di dasar danau dan terkena pantulan sinar matahari. Sehingga, warna air bisa berubah menjadi biru, hijau tosca atau gradasi yang indah. 

Sementara itu, kamu tidak akan mencium bau belerang yang menyengat dari danau ya. Ini cukup menguntungkan jika kamu merasa terganggu dengan bau belerang. Pasalnya, Danau Linting termasuk ke dalam jenis danau hidrotermal. 

Maksudnya adalah danau ini terbentuk dari pemanasan air tanah jauh di bawah kerak bumi dan akhirnya keluar melalui retakan-retakan kerak bumi.Oleh karena itu, saat kalian berendam atau berenang di sini pasti tubuhmu akan merasa hangat. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu patuhi ketika ingin berenang di danau. Pihak pengelola Danau Linting dengan luas sekitar 1 hektar, melarang keras untuk para pengunjung untuk berenang ke tengah danau. 

Lebih jelasnya, mereka hanya boleh berenang di tepian danau saja ya. Tentu saja pembuatan peraturan ini untu kebaikan para pengunjung untuk terhindar dari marabahaya. 

Baca Juga: Wisata Danau Ranau Dari Lokasi, Misteri Hingga Penginapan

Misteri Dibalik Danau Linting

Oke, kita masuk ke pembahasan selanjutnya yaitu kisah magis di Danau Linting. Wah, jangan deg-deg an gitu dong!

Pasalnya, wisata alam di Indonesia memang tidak terlalu jauh dengan kisah-kisah mistis yang tidak bisa dijelaskan secara logika. Tak terkecuali dengan wisata Danau Linting. Tahukah kamu jika ada banyak kejadian di luar nalar yang menghilangkan nyawa pengunjung. 

Orang-orang yang hilang tersebut berenang di tengah danau dan sesaat kemudian sudah tidak terlihat batang hidungnya. Lalu, banyak orang yang mempercayai jika di dalam hangatnya air danau terdapat seorang putri cantik, penunggu danau tersebut. Ih, bulu kudukku merinding!

Jika ada seorang pria yang berenang ke sana, lalu sosok perempuan tersebut terpikat dengannya maka pria itu akan dibawa ke dasar danau. Dalam catatan 10 tahun terakhir, ternyata sudah ada 4 korban yang tewas dalam keadaan berbau darah. Ngeri nggak tuh? 

Tenang saja, untuk mengantisipasi kejadian-kejadian seperti itu, kalian cukup mematuhi peraturan di sana dan tidak berbicara kotor dan kasar saat bermain di sana. Sesederhana itu untuk menjaga diri tanpa mengurangi keseruan menikmati pesona alam Danau Linting. 

Baca Juga: 25 Tempat Wisata Pulau Samosir Indah & Wajib Dikunjungi

Fasilitas, Rute & Harga Tiket Masuk Danau Linting

Kedai Di Sekitar Danau Linting
Kedai Di Sekitar Danau Linting

Pasti di antara kalian ada yang tanya, gimana sih caranya bisa pergi ke sana? Nih, ada beberapa tips untuk kalian yang ingin berkunjung saat akhir pekan. Kabar baik untuk kamu yang berangkat menggunakan kendaraan pribadi.

Kamu harus menuju Desa Rumah Rih, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu. Yap, tepatnya di Deli Serdang. Dengan jarak sekitar 70 km dari pusat kota Medan yang memerlukan waktu sekitar 1,5 Jam. 

Untuk harga tiket masuknya murah meriah ya guys, hanya dengan 5 ribu rupiah, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang eksotis dan gradasi warna air danau yang eksotis. Selain itu, wisata ini buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00. 

Tak tanggung-tanggung nih. Pihak pengelola juga menyediakan beberapa gazebo untuk bersantai di tepi danau. Selain itu, jika perut kamu merasa keroncongan setelah berenang, langsung melipir aja ke warung-warung dekat area danau. Tenang saja menunya lengkap ya, dari snacks sampai makanan berat ada di sana. Boleh lah healing tipis-tipis sambil nikmati gorengan hangat setelah berenang, ya kan?

Selanjutnya, jika kamu lupa membawa tikar, kamu bisa lho menyewa di penyewaan tikar di sana. Sementara itu, berkunjung di akhir pekan tidak akan membuat kamu kerepotan karena area parkir mobil dan motor terbilang luas. 

Spot Keren Danau Linting yang Patut Kamu Coba!

Kolam Putri
Kolam Putri

Ngomong-ngomong bicara spot keren. Kalian pingin foto di tempat menarik, eksotis dan good-looking bukan? Pasalnya, semua keinginanmu bakal terwujud di sini lho. Langsung saja, berikut ada spot keren untuk mengabadikan momen bersama pasangan, teman, dan keluarga. 

Nah, jika kamu menjelajahi area Danau Linting, kamu akan hamparan kolam yang cantik dengan jumlah delapan. Wah, banyak banget, ya! Penasaran ya kelanjutannya?

Nah, berdasarkan juru kunci Danau Linting bernama bapak Antonius Sembiring atau bro, sapaan akrab beliau. Beliau bermimpi melihat sepasang kakek dan nenek yang muncul dari dalam Danau.

Sosok misterius itu mengatakan jika mereka meminta satu permohonan, yaitu dibuatkan kolam untuk para putrinya mandi. Selain itu, mereka meminta Bro untuk menggalinya sendiri tanpa bantuan orang lain. 

Setelah itu, juru kunci diberitahu tempat dimana seharusnya ia menggali kolam putri yang berjumlah 8. Setelah beliau bangun dari tidurnya, ia langsung menuju ke lokasi dimana kolam itu digali yang letaknya beberapa meter dari Danau Linting.

Akhirnya, setelah menyusuri jalan dan sampai di lokasi tujuan. Beliau tercengang karena hasil galiannya telah berisi air dan menyerupai kolam kecil. Sesuai dengan perkataan pasangan tua misterius itu, jika kamu menggalinya tanpa bantuan orang lain maka kolamnya akan memberikan kebermanfaatan untuk orang lain.

Gua Emas
Gua Emas, Tempat Tinggal Nenek Misterius

Sampai sampai ini kolam putri ini diberi nama “air cinta” dan konon mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Selanjutnya, tak jauh dari kolam putri terdapat gua perak, yang dalam bahasa Karo yaitu Gua Bulang. Sedangkan, ada juga gua emas alias gua nenek. Luar biasa,bukan?

Nah, buat kalian merasa penasaran yuk bisa dicoba tuh berkunjung ke Sumatera Utara tepatnya di Deli Serdang untuk menikmati langsung panorama danau yang indah serta semilir angin yang berhembus sejuk. Jangan lupa ajak keluarga atau sahabatmu ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Menilik Pesona Alam Danau Linting & Fakta Menarik Lainnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]