1. Wisata Air
  2. Wisata Buatan

Mau Main Air? Intip Kesegaran & Keasrian Pemandian Kalireco!

Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari pemandian ini adalah memiliki banyak sumber mata air yang bersih dan jernih. 

Sekilas Tentang Pemandian Kalireco

Sekilas Sejarah Pemandian Kalireco
Sekilas Sejarah Pemandian Kalireco

Pemandian Kalireco menjadi pilihan terbaik untuk melepas penat di akhir pekan. Orang-orang menyebutnya sebagai Kalireco Sumber Waras. Tempat wisata ini merupakan sebuah kolam pemandian alami yang dahulunya merupakan milik Pemerintah Hindia Belanda. 

Menurut beberapa referensi, Pemandian Kalireco pernah mengalami renovasi pada tahun 1984 dan berganti kepemilikan salah satu perusahaan daerah yaitu Jasa Yasa lho. Seiring bertambahnya tahun, pemandian kolam tersebut mengalami perubahan yang signifikan . Perubahan tersebut bisa dilihat dari kolam yang dibangun lebih luas dan terbagi menjadi dua area, yakni untuk dewasa dan anak-anak. 

Kolam renang di pemandian ini terlihat menarik dan penuh warna. Setiap kolam memiliki kedalaman dan luas yang berbeda. Sejauh mata memandang ke arah kolam, kalian akan menemukan pagar pembatas yang tersusun dari tanaman hias yang cantik di sepanjang kolam. Dekorasi tersebut membuat kolam terlihat segar dan memukau. 

Mengingat tempat wisata ini terletak di Desa Kalirejo, membuat area wisata ini terasa segar karena suasana alam di sekelilingnya. Selain itu, sumber airnya yang berasal dari mata air Polaman jernih membuat siapa saja yang berenang di situ merasa segar dan bersemangat.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Malang Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

Pesona Pemandian Kalireco

Pesona pemandian ini kalireco terlihat menawan karena adanya renovasi dan peremajaan yang baik. Ngomong-ngomong tentangn pemandian ini, apa saja sih pesona pemandian Kalireco? Oke guys, Check this out!

Suasana Pemandian Kalireco

Terdapat Gazebo yang Nyaman
Terdapat Gazebo yang Nyaman

Meskipun terjadi revitalisasi, pemandian ini masih mempertahankan keasriannya. Kalian akan mendapati berbagai sumber mata air yang jernih di sepanjang jalan menuju kolam. Rupaya, sumber mata air tersebut sudah tertata dengan baik. 

Nah, ketika badan menyentuh air kolam, sensasi dingin dan segar berbaur menjadi satu. Bbbrr…. kesegaran air menggugah semangat untuk berenang. Mengingat kolam tersebut terbagi menjadi dua, kedalamannya  pun berbeda. Kolam renang dewasa kedalamannya sebatas dada orang dewasa, sedangkan kolam renang anak-anak cukup dangkal sehingga aman digunakan. Hmm, kira-kira kalian tertarik nggak untuk berenang di sini? Kalau aku sih yes!

Nah, kabar baiknya adalah Pemandian Kalireco telah dilengkapi beberapa gazebo lho guys. Gazebo tersebut dibangun untuk memfasilitasi para pengunjung supaya lebih nyaman dalam bersantai. 

Wande Kalireco

Setelah berenang pasti perut terasa lapar, iya kan? Eits tenang saja, adapun stand makanan lengkap yang menjual berbagai makanan ringan, minuman hingga makanan berat.  Kalian hanya tinggal berjalan kaki sebentar dan merapat ke wande Kalireco. 

Rute & Lokasi Pemandian Kalireco

Tempat pemandian ini cukup mudah untuk dicari. Kalian bisa mencari di Google Maps dengan menuliskan alamat Jl. Sumber Waras 2 Nomor 97. Maka, disitu akan muncul pemandian Kalireco. Letaknya yang berada di Kabupaten Malang, membuat pengunjung harus melakukan perjalanan sekitar 1 jam 40 menit melewati Jalan Tol Pandaan-Malang. 

Selanjutnya untuk menuju ke sana kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Jika tidak memungkinkan, bisa menggunakan transportasi umum seperti angkutan atau ojek online. Mengingat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tiba, maka pilih kendaraan yang nyaman. Oke?

Jam Operasional & Harga tiket 

Asal kalian tahu guys, wisata ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai 17.00 WIB. Untuk mengantisipasi keramaian, datang di waktu pagi adalah solusinya. Pada jam-jam pagi, pengunjung masih belum terlalu ramai. Lalu, hindari datang pada akhir pekan atau hari libur nasional. 

Dengan begitu, kalian bisa leluasa menikmati berenang dan bermain air dengan nyaman tanpa berdesak-desakan. Selanjutnya, harga tiket adalah gratis untuk saat ini. Namun, menurut beberapa informasi lainnya tiket pemandian Kalireco ditetapkan harga tiket standar yaitu Rp.5000 sampai Rp.10.000.

Baca Juga: Pantai Hidden di Jawa Timur yang bernama, Osanna Beach

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan menarik mengenai Pemandian Kalireco. Meskipun terlihat sederhana, namun air sumber di sana terbukti segar dan  jernih. Harga makanan dan minuman yang dijual pun affordable dan enak-enak. Jadi, kalian tidak usah khawatir tentang kualitas air, fasilitas dan lingkungannya. Pasalnya, lingkungan di sekitar kolam terawat dan tetap terjaga keasriannya. 

Jangan lupa untuk mampir kesini jika kalian berlibur ke Malang bersama keluarga atau orang tercinta. Nikmati setiap waktu  yang berarti bersama mereka dan abadikan momen yang manis untuk dikenang!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mau Main Air? Intip Kesegaran & Keasrian Pemandian Kalireco!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]