1. Uncategorized

Sejarah Pantai Popoh & Daya Tarik Pantai yang Eksotis

Katanya sih, obat dari sakit hati itu vitamin sea, emang bener? Yap, sebagian besar orang-orang memilih berlibur ke pantai untuk meredakan stress, patah hati atau melepas penat setelah sepekan bekerja. Salah satu pantai yang nyaman dan layak untuk dikunjungi adalah Pantai Popoh. 

Menurut beberapa referensi, Pantai Popoh adalah salah satu pantai yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Tertarik untuk berlibur di pantai ini? Simak penjelasannya di sini!

Sejarah Singkat Pantai Popoh

Kerajaan Mataram Kuno
Raden Kromodipo, Kepala Prajurit Kerajaan Mataram Kuno,

Sebelum kita menyimak keindahan Pantai Popoh, alangkah baiknya kita membaca kilas balik atau sejarah singkat dari pantai ini. Kisah pantai ini mulai terungkap sejak ditemukannya prasasti. Prasasti tersebut menceritakan bahwa terdapat seorang tokoh bernama Tumenggung Yudonegoro. Beliau adalah Kepala Prajurit dari era Mataram Islam. Masyarakat sekitar kala itu menyebutnya sebagai Raden Kromodipo. 

Pada suatu hari, Raden Kromodipo melakukan kegiatan ekspansi di beberapa kawasan Pantai Selatan. Hingga akhirnya beliau mendapat tugas dari Adipati Andong Biru untuk melakukan babat alas dan pembangunan permukiman pada wilayah Popoh. Pada saat itu  wilayah tersebut masih berupa hutan belantara.

Nah, tugas tersebut berhasil dilaksanakan dengan baik dan berhasil menjadi pemukiman baru untuk masyarakat Popoh. Atas jasa besar Raden Kromodipo, beliau mendapat keistimewaan untuk menikahi putri Gambar Inten, yakni anak dari Adipati Andong Biru. Sebagai bentuk rasa syukurnya, Raden Kromodipo melakukan sedekah laut dengan cara melarung sembonyo ke laut Pantai Popoh. 

Tradisi ini masih dipertahankan secara turun menurun dan telah menjadi adat istiadat masyarakat setempat. Jika kalian ingin mengenal lebih dekat tradisi ini, silahkan datang ke pantai ini pada hari Minggu kliwon pada Bulan Selo. Masyarakat akan mengadakan tradisi tersebut dengan  meriah dan tak jarang banyak wisatawan yang ikut memeriahkannya. Wah, sayang banget untuk dilewatkan, bukan? 

Waktu telah lama bergulir, tepatnya pada tahun 1999-2000, pantai ini mengalami peremajaan atau revitalisasi sehingga menjadi tempat wisata favorit di Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur.

Daya Tarik Pantai Popoh

Setelah mengetahui sejarahnya, adapun daya tariknya yang memukau yang membuat kalian berpikir dua kali untuk melewatkan liburan ke pantai ini. Nah, apa saja ya?

Kegiatan Budaya di Pendopo

Pendopo
Pendopo Pantai Popoh

Jika kalian ingin berkunjung ke pantai yang masih kental dengan budaya, maka Pantai Popoh adalah pilihannya. Pada hari-hari tertentu, kalian akan melihat serangkaian kegiatan budaya yang memenuhi Pendopo di Pantai Popoh. Pendopo tersebut berukuran cukup besar sehingga mampu memuat beberapa orang. Tak jarang, terdapat panggung di sebelah barat yang digunakan untuk pentas seni. 

Hal yang menarik lainnya adalah, kalian akan menemukan patung penjaga berwujud buto yang terpajang kokoh di depan pendopo. Patung tersebut bernama dwarapala. Konon, patung tersebut adalah penjaga keamanan bangunan pendopo tersebut serta masyarakat sekitar mengenal patung tersebut dengan sebutan Reco Pentung. 

Tak hanya itu, terdapat sebuah meriam tua yang terpajang di halaman depan pendopo. Di sisi depan, tertulis “Kyai Roro” dalam bahasa aksara Jawa.

Baca Juga: Puncak Pelita, Referensi Wisata Alam di Tasikmalaya

Pemandangan Laut & Dermaga yang Indah

Pemandangan Dermaga yang Indah
Pemandangan Dermaga yang Indah

Untuk menikmati pantai ini, kalian perlu untuk menuruni anak tangga yang tersedia, mengingat letak pantai berada di bawah. Sejauh mata memandang, kalian akan mendapati puluhan perahu-perahu nelayan yang berlayar di perairan pantai. Sesekali ada perahu dan sampan yang berlayar menjauh. Dermaga yang berukuran sedang tersebut mampu memikat hati pasalnya pemandangan pantai terlihat lebih mempesona pada sore hari. 

Di samping itu, tak jarang banyak nelayan yang berjibaku dengan pekerjaannya. Hilir mudik perahu dan sampan bagaikan aktivitas wajib yang dilakukan oleh nelayan di daerah sini. Jika kalian melihat ke sisi barat, kalian akan menemukan tanggul yang memanjang guna menahan abrasi. Aktivitas seru yang lain adalah bisa melakukan aktivitas memancing di daerah teluk. Berhubung airnya yang tenang, banyak para pemancing yang memilih daerah ini karena airnya yang tenang dan nyaman. 

Hmm, untuk para pengunjung lainnya seperti kalian, tak ada salahnya untuk berdiri atau bermain-main air di atas bebatuan pantai. Kalian akan merasakan deburan ombak yang tidak terlalu kencang dan semilir angin pantai selatan. Burung-burung berkicauan di angkasa menambah keeksotisan pantai ini Menghabiskan waktu di sini setelah pulang bekerja, bukanlah ide yang buruk, ya? 

Taman Bermain yang Atraktif

Selanjutnya ada taman bermain yang atraktif berupa ayunan dan jungkat-jungkit. Rupanya pantai ini menyediakan fasilitas menarik untuk si kecil. Tentu, hal ini memudahkan Ibu-Ibu yang sedang bertamasya bersama anak-anak. Tak hanya itu, ada juga patung-patung hewan yang menambah kesan menyenangkan. 

Sentra Kerajinan, Stand Makanan & Pusat Oleh-Oleh

Pantai Popoh tak hanya dikenal dengan keindahannya, namun juga pusat kerajinan. Banyak pengunjung domestik maupun mancanegara yang mengunjungi sentra kerajinan batu Onyx . Batu ini cukup populer di kalangan penyuka kesenian atau penyuka cincin antik. Batu onyx merupakan batu kapur alam yang sifatnya dapat menembus cahaya. Melansir wikipedia, batuan tersebut merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten Tulungagung. 

Rasanya tak lengkap jika tidak mengunjungi pusat oleh-oleh di pantai ini. Di tepi pantai, kalian akan melihat banyak stand makanan yang berdiri dan menjual berbagai jenis olahan laut. Tak jarang, rumah makan juga tak sepi dari pengunjung. Makanan tersebut dijual dengan harga terjangkau dan tentunya sesuai dengan lidah orang Indonesia. 

Jika ingin memberikan cinderamata untuk sanak saudara, tak ada salahnya membelikan beberapa hiasan di pusat oleh-oleh. Mulai dari gantungan kunci, sandal, pakaian, maupun pernak pernik. Semua cinderamata cantik ada di situ lengkap!

Lokasi dan Rute Pantai Popoh

Pantai Popoh terletak di Desa Besole, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Lokasinya berjarak sekitar 30 km dari pusat kota. Pantai ini termasuk ke dalam pantai selatan dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Secara demografis, pantai ini termasuk ke dalam daratan dengan garis pantai pendek serta landai. 

Selanjutnya, untuk mencapai pantai ini tersedia banyak rute yang bisa kalian pilih. Namun, sebagian besar, orang-orang memilih menggunakan rute utama. Melansir tugujatim, rute utama yakni melintasi jalan utama dari Kecamatan Campurdarat dan Boyolangu. Namun, jika ingin mencoba jalan yang berbeda, silahkan melewati Jalan Raya Tulungagung-Blitar. Adapan wisatawan yang melakukan perjalanan dari Kota Tulungagung sejauh 27 km dengan waktu kurang lebih satu jam. 

Tiket Masuk Pantai Popoh

Menikmati pantai yang indah ini cukup murah lho, guys. Tiket yang dibanderol sekitar Rp10.000 per orang, kalian bisa menghabiskan momen di sini selama berjam-jam. Eits, tapi harga tiket tersebut tidak termasuk ongkos parkir kendaraan, ya. Tarif parkir berbeda-beda tergantung dengan jenis kendaraan wisatawan. Jadi, jangan lupa siapkan uang parkir dan tiket  masuk ya. 

Baca Juga: Pantai Ngandong: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tarik Wisatanya

Kesimpulan

Wah, keren ya berlibur di Pantai Popoh. Banyak hal yang bisa dilakukan di sana, seperti main air, berfoto, mengunjungi sentra kerajinan, memancing,  memeriahkan acara atau tradisi, dan lain-lain. 

Kira-kira apa yang kalian lakukan apabila berkunjung ke sana? Pastikan jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama orang tersayang. Sampai di sini dulu ya, nantikan pembahasan menarik lainnya hanya di Advontura. See you when I see you!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Sejarah Pantai Popoh & Daya Tarik Pantai yang Eksotis

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]