1. Air Terjun
  2. Wisata Alam

Mengenal Pesona Wisata Air Terjun Bajuin Yang Eksotis di Kalsel

Halo, kawan advontura! Kita akan berenang-senang lagi kali ini. Coba tebak, kamu mau kami ajak membahas tempat wisata apa? Yap, hari ini kita akan membahas tentang Air Terjun Bajuin.

Air terjun ini terletak di Kalimantan Selatan. Tepatnya di Desa Sungai Bakar, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut. Berbicara tentang keindahan alam di Kalimantan memang nggak ada duanya, ya. Saking indahnya, healing tipis-tipis ke alam sudah termasuk agenda wajib bagi anak zaman now buat refreshing. 

Nah, daripada penasaran. Yuk, ikuti cerita kami dari atas sampai selesai ya!

Pesona Air Terjun Bajuin

Pesona Air Terjun Bajuin
Pesona Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin adalah salah satu wisata alam yang dikelola dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut. Hal ini dapat kamu lihat dari hari ke hari bahwa terjadi peningkatan area wisata yang signifikan. Oleh karena itu, tak heran banyak pengunjung yang suka berlibur di sini.

Nah, pertama kali kamu menginjakkan kaki di sini, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan pepohonan yang rindang. Tak hanya itu, kamu akan melihat potret alam berupa pegunungan Meratus. 

Oh iya, kamu juga akan berdecak kagum dengan berbagai jenis tanaman  langka yang hanya bisa kamu temui di kawasan air terjun ini seperti beberapa spesies anggrek hutan dan bungai bangkai (Rafflesia arnoldi). Tentunya, mereka di bawah naungan perlindungan konservasi hutan ya.

Sesekali angin sepoi-sepoi menyapa dan mengajakmu untuk bermain dengan alam. Sementara itu, berbagai jenis burung berkicau dan bertengger di atas ranting pohon-pohon tinggi. Tentu saja, kamu ingin cepat-cepat bermain air, kan?

Baca Juga: Menikmati Sejuknya Wisata Air Terjun Umbul Songo Kopeng

Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Bajuin

Adapun aktivitas yang nggak kalah menyenangkan untuk kamu coba, antara lain:

Bermain Air & Berfoto Ria

Keseruan Bermain Air
Keseruan Bermain Air

Air Terjun Bajuin mempunyai 3 air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda. Pertama ada air terjun berjarak 750 meter, dan  air terjun 2 berjarak 1200 meter. Lalu, air terjun 3 dengan jarak terjauh sekitar 1800 meter. 

Ketiga sumber air tersebut terbilang jernih dan segar, lho guys. Beberapa spot yang menarik bagi pengunjung adalah bermain air di bawah batu-batuan besar. Untuk mengambil foto yang estetik, pengunjung bisa pergi dengan tangga menuju spot pengambilan foto. Jika kamu berlibur ke sana, jangan lupa tunjukkan pose terbaik ya!

Kamu juga bisa menikmati pemandangan air terjun dari atas,lho. Jembatan yang terhubung akan memudahkan untuk melakukan pengambilan gambar atau sekedar mencari pengalaman menikmati air terjun yang berbeda. 

Selain itu, kamu nggak perlu khawatir takut terbawa arus ya, karena kedalamanya hanya sekitar satu meter. Juga, di bagian tepinya dipasang dinding beton, sehingga aman bagi pengunjung untuk  berendam atau bermain di dalam air. 

Selanjutnya tidak jauh dari lokasi air terjun, ada beberapa gazebo yang nyaman sebagai tempat istirahat pengunjung. Tak jarang, beberapa pengunjung membawa beberapa makanan ringan atau kudapan. 

Tak hanya itu,  jika waktu sholat tiba, pengunjung tidak usah khawatir untuk ketinggalan waktu. Pihak pengelola telah menyediakan fasilitas tambahan seperti musholla, tempat wudhu, dan toilet.

Baca Juga: Mengintip Keindahan Tersembunyi Air Terjun Suwono Ngawi

Melakukan Aktivitas Outdoor 

Outbound
Aktivitas Outbound yang Menyenangkan

Ternyata wisata Air Terjun Bajuin juga ramah anak-anak, ya. Pasalnya, terdapat juga area outbond untuk melepaskan kepenatan. Aktivitas outdoor ini juga memiliki resiko yang lebih kecil untuk dinikmati anak-anak di bawah umur. 

Kegiatan seru lainnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan aktivitas alam seperti hiking, climbing, atau tracking. Siapa sih yang nggak suka aktivitas pemicu adrenalin? Beberapa anak remaja dan kalangan dewasa tidak jarang menikmati aktivitas alam ini. 

Wah, asyik banget kan?  Jika kamu penasaran, tidak ada salahnya untuk mencobanya bersama teman-temanmu!

Harga Tiket dan Rute Air Terjun Bajuin

Pada bagian ini, kita akan membahas harga tiket dan bagaimana untuk bisa menuju ke sana. Tenang saja, untuk masuk dan menikmati wisata air terjun kamu nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam ya. Pasalnya, berdasarkan informasi harga tiket masuk hanya sebesar 5000 rupiah saja. 

Selanjutnya untuk menuju ke Air Terjun Bajuin memerlukan waktu sekitar 1 jam 15 menit dari Banjarbaru. Tenang saja, perjalanan akan tetap menyenangkan karena jalanan mulus beraspal. Nah, ketika sudah sampai lokasi di  parkiran, kamu perlu berjalan kaki untuk menuju air terjun sekitar 700 meter. 

Berjalan kaki tidak akan terasa sulit karena terdapat anak-anak tangga dan jalan setapak yang akan membawamu sampai ke tujuan. Jika, dirasa cukup melelahkan, kamu bisa menyewa jasa ojek dengan harga sekitar 15 ribu untuk pulang pergi. 

Nah, gimana kamu merasa tertarik, kan? Yuk, tunggu apa lagi habiskan masa liburanmu dengan mengunjungi Air Terjun Bajuin. Main air seharian, siapa takut? Jangan sampai ketagihan ya, oops. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Pesona Wisata Air Terjun Bajuin Yang Eksotis di Kalsel

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Jalan-jalan ke taman wisata sudah, berlibur akhir pekan di pantai juga sudah. Hmm, kira-kira kita mau kemana lagi ya? Gimana kalau ke pusat perbelanjaan? Why not? Berlibur atau sekedar menghabiskan waktu luang di pusat perbelanjaan seperti Lokasari Square bukanlah ide yang buruk lho. Pasalnya,beberapa aktivitas menarik seperti bermain di arcade, karaoke, sembari berbelanja pakaian bisa […]

    Trending

    Ditengah, kurangnya teman hiburan yang ramah lingkungan di Jakarta, hadirlah Allianz Ecopark menjadi salah satu list tempat wisata yang eco friendly. Tempat ini dibangun dengan luas lahan hampir 34 hektar dengan mengubah Padang Golf Ancol menjadi sebuah sarana rekreasi yang mengusung konsep hiburan, edukasi, dan pastinya ramah lingkungan. Informasi tentang Allianz Ecopark lainnya, selengkapnya bisa […]
    Yuk, kita berlibur ke Sumatera Selatan! Kira-kira selain pemandangan alam bukit barisan yang memanjakan mata, objek wisata manakah yang seru dan juga menyenangkan? Yap, main ke Alaska Park Banjarbaru adalah pilihan yang tepat. Tempat ini merupakan sebuah taman rekreasi keluarga yang memiliki wahana yang beraneka ragam. Wahana yang tersedia pun cocok untuk segala umur. Untuk […]