1. Wisata

Wisata Trijaya Kuningan: Referensi Tempat Camping di Jawa Barat

Kuningan merupakan kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan sisi geografisnya, Kota Kuningan letaknya diapit oleh 2 kota lain, yakni Tasikmalaya dan Cirebon. 

Mungkin belum banyak yang mengetahui, kalau ternyata Kota Kuningan memiliki salah satu tempat wisata yang cukup populer bagi warga setempat. Tempat ini bernama Wisata Trijaya Kuningan. Yuk, buat yang penasaran dan sedang mencari informasi seputar tempat ini, temukan jawabannya melalui artikel yang ditulis oleh Advontura ini!

Tentang Wisata Trijaya Kuningan

Wisata Trijaya Kuningan ini sebenarnya sebuah destinasi berupa bumi perkemahan yang juga terkenal dengan sebutan Bumi Perkemahan Trijaya. Objek wisata ini memang termasuk tempat rekomendasi untuk kegiatan camping. Letaknya berada di Desa Trijaya, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Lokasi tepatnya adalah pada kaki Gunung Ciremai, yang merupakan gunung tertinggi se-Jawa Barat dengan tinggi kurang lebih 3.078 meter.

Sumber: Muhammad Nursidik

Pemandangan sejuk ditambah dengan pohon pinus yang cukup luas dan rumput hijau yang segar menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Maka tidak heran, Wisata Trijaya Kuningan memiliki pengunjung yang bukan hanya berasal dari Kuningan saja. Namun, wisatawan dari berbagai kota lainnya seperti Cirebon, Tasikmalaya hingga Jakarta dengan tujuan untuk melepas penat sejenak.

Baca Juga: Bukit Kubu, Wisata Alam di Karo yang Menyegarkan Mata

Rute Menuju Wisata Trijaya Kuningan

Rute untuk menuju Wisata Trijaya Kuningan adalah sekitar 20-30 kilometer atau sekitar 45 menit dari pusat Kota Kuningan bila menggunakan kendaraan beroda dua maupun empat, dengan melalui Jalan Siliwangi. 

Cara mudah untuk menemukan tempat ini adalah ketika menemui Jalan Seda, lalu jalan terus dan letaknya berada di sebelah kanan (bisa sesuaikan atau cek pada aplikasi maps). Tenang, jika sudah mendekati tempat tujuan, kamu akan menemukan tulisan berupa petunjuk arah beserta jaraknya untuk menuju tempat ini. 

Sumber: Kompasiana

Memang, perjalanannya cukup jauh dan panjang dan kondisi jalan aksesnya masih terjal. Meskipun begitu, kamu akan disuguhkan pemandangan indah kebun dan area persawahan. Tak hanya itu kamu juga bisa melewati tempat wisata sekitar Wisata Trijaya, seperti Woodland, Batu Hanjuang, Lesehan Alam, dan Monumen Linggarjati, yang merupakan tempat terjadinya perjanjian Linggarjati pada tahun 1946.

Harga Tiket Wisata Trijaya Kuningan

Untuk harga tiket masuknya sendiri adalah seharga Rp5.000. Terdapat biaya tiket tambahan jika kamu membawa kendaraan bermotor (sesuai dengan informasi terbaru). Bagi kamu yang ingin ber-camping, ada biaya tambahan sebesar Rp20.000.

Jadi, kalau ingin sekalian berkemah, budget yang harus kamu keluarkan adalah sebesar Rp25.000. Biaya ini baru hanya untuk sewa tempat untuk berkemah saja. Sebagai catatan, kalau ingin menyewa sleeping bag, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Jam Operasional Wisata Trijaya Kuningan

Jam operasional Wisata Trijaya Kuningan adalah setiap hari dari Pukul 07.00 hingga 17.00. Tapi ada beberapa saran berikut buat kamu yang tidak ingin terlalu atau yang kurang nyaman dengan keramaian, lebih baik kamu datang pada waktu tertentu antara lain saat siang hari atau tanggal yang tidak termasuk musim liburan atau cuti bersama.

Baca Juga: Bedengan Malang – Keindahan alam Bumi Perkemahan

Aneka Aktivitas di Wisata Trijaya Kuningan

Kamu berencana untuk kunjungi Wisata Trijaya Kuningan? Sebagai referensi, ada beberapa aneka aktivitas berikut ini yang bisa kamu lakukan:

Bermain Flying Fox

Jika kamu sedang mencari wahana permainan, kamu bisa mencoba flying fox. Terlebih bagi kamu penyuka permainan yang penuh tantangan dan memacu adrenalin. Apalagi kamu meluncur dari sebuah pohon tinggi ke tempat yang rendah dengan kecepatan tinggi. Ini tentu menambah keseruan dari permainan ini.

Piknik

Tidak hanya untuk berkemah saja, banyak orang yang menggunakan lahan yang tersedia untuk piknik. Bahkan, pihak pengelola juga menyediakan sewa tikar yang bisa kamu gunakan untuk piknik. Kapan lagi bisa menikmati udara segar sembari piknik santai?

Sumber: Rakyat Cirebon

Bersantai Dengan Menggunakan Hammock

Selain menggunakan tikar, kamu bisa menggunakan hammock sebagai alternatif untuk piknik atau bersantai. Hammock merupakan sejenis tempat tidur yang terbuat dari kain yang bentuknya seperti ayunan. Cara memakainya dengan cara mengikat tali pada bagian dua batang pohon yang panjangnya sama.

Kamu bisa memilih ketinggian dan posisi yang kamu inginkan  untuk pemasangan hammock, tapi dengan catatan kalau kamu tidak mengalami kesulitan saat menaiki dan menuruninya. Disarankan jaraknya tidak jauh dari anggota lainnya, jika kamu berkunjung dengan orang lain.

Menikmati Fasilitas yang Tersedia

Tentu kamu sebagai pengunjung, bebas untuk menikmati berbagai fasilitas yang tersedia antara lain tempat ibadah, warung, toilet umum dan ayunan. Terdapat fasilitas berupa spot yang bisa untuk mengambil gambar, berfoto hingga membuat konten. Antara lain pepohonan pinus dan sekitar tangga warna-warni.

Baca Juga: Wisata Kawah Ratu Gunung Salak – Info Harga, Rute dan Lokasinya

Wisata Trijaya dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin berlibur dengan suasana yang berbeda. Kelebihan lainnya, kamu dapat bersantai sambil menikmati  keindahan alam yang masih asri dan melakukan berbagai macam aktivitas wisata. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburanmu ke Wisata Trijaya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Wisata Trijaya Kuningan: Referensi Tempat Camping di Jawa Barat

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]