1. Wisata Air

Puncak Pelita, Referensi Wisata Alam di Tasikmalaya

Jawa Barat merupakan salah satu pusat wisata alam di Indonesia. Kamu dapat menemukan berbagai destinasi, seperti pantai, area outbound, hingga pegunungan. Salah satunya adalah yang akan dibahas pada artikel kali ini. Tempat wisata tersebut bernama Puncak Pelita yang berada di Tasikmalaya. Untuk lebih lengkapnya, yuk baca dalam artikel ini!

Penjelasan Singkat Tentang Puncak Pelita

Puncak Pelita adalah sebuah tempat wisata alam yang terletak pada bukit Desa Kertamukti, Kecamatan Ciawi, Tasikmalaya, Jawa Barat. Tempat wisata ini terletak pada ujung tebing dengan ketinggian sekitar 1700 meter di atas permukaan laut.

Awalnya, Puncak Pelita berdiri karena adanya upaya untuk mengembangkan kawasan wisata berupa perbukitan pada tahun 2016 oleh Pemerintah setempat. Pada saat itu, kawasan tersebut hanya berupa daerah perkebunan yang tidak terawat. 

Namun, pengembangannya sempat terganjal masalah karena sulitnya akses jalan serta tidak adanya akses air. Akhirnya, dengan menggunakan dana desa, Pemerintah setempat sukses membangun Puncak Pelita hingga menjadi salah satu objek wisata alam favorit di Tasikmalaya.

Sumber: Pinterest

Rute Menuju Puncak Pelita

Untuk menuju Puncak Pelita, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Tasikmalaya dengan menggunakan kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor. Jalannya sendiri melewati jalan raya pada umumnya, tanpa perlu melalui pintu tol. Ada 2 pilihan rute yang dapat kamu lalui, antara lain melalui Tasikmalaya-Karangnunggal dan melewati Sukaraja-Mangunreja. Jangan khawatir, kedua  jalur tersebut memiliki waktu tempuh yang hampir sama.

Jika dari Jakarta, kurang lebih waktu tempuhnya adalah 4 jam 30 menit melalui jalur Tol Cipularang. Jika menggunakan Tol Cikopo-Palimanan, durasi perjalanannya akan lebih lama yaitu sekitar 5 jam 20 menit. 

Baca Juga: Wisata Puncak Lawang Bukittinggi, Pesona Negeri di Atas Awan

Jam Buka & Harga Tiket Masuk

Puncak Pelita beroperasi setiap hari dari pukul 06.00 hingga 17.00. Untuk harga tiket masuknya terbilang cukup murah, yakni Rp5.000 (dewasa)  dan Rp2.000 (anak-anak). Jika membawa kendaraan bermotor, kamu harus membayar tarif parkir sebesar Rp2.000 (parkir motor) dan Rp5.000 (parkir mobil).

Sumber: Pikiran Rakyat

Aktivitas Favorit yang Dilakukan Wisatawan

Beberapa aktivitas berikut yang ada di bawah ini, merupakan aktivitas favorit dan kerap wisatawan lakukan saat berlibur ke Puncak Pelita, antara lain:

Melihat Pemandangan Kota Tasikmalaya

Karena letaknya berada di perbukitan yang termasuk wilayah yang tinggi, kamu bisa melihat pemandangan Kota Tasikmalaya dari bukit tersebut. Meskipun, terkadang tertutup kabut tebal pada saat tertentu.

Melakukan Penelitian

Buat kamu yang mengambil jurusan pariwisata, ilmu komunikasi, atau keilmuan lain yang relevan, ada hal yang bisa kamu jadikan sebagai bahan penelitian di tempat ini. Kamu bisa menjadikan tempat wisata Puncak Pelita sebagai topik penelitian ilmiah. Jika berencana untuk melakukan penelitian, sebaiknya kamu meminta izin terlebih dahulu, baik kepada pengelola tempat wisata maupun masyarakat setempat. 

Merasakan Fasilitas Beragam

Banyak fasilitas yang tersedia di Puncak Pelita untuk menunjang kegiatan wisatawan seperti kolam renang yang bisa untuk berenang dan berendam, permainan flying fox, gazebo untuk tempat bersantai, kantin untuk berburu jajanan hingga musholla agar wisatawan muslim bisa melaksanakan ibadah shalat.

Selain itu, juga tersedia lapangan luas yang bisa untuk tempat mendirikan tenda camping. Kalau yang ingin menyewa kamar, Penduduk setempat juga menyediakan villa yang bisa kamu sewa per-malamnya.

Sumber: Dreamstime

Hunting & Jadi Spot Foto

Pemandangan indah kawasan wisata ini memang sangat cocok menjadi latar belakang pada fotomu. Maka dari itu, bisa menjadi latar untuk foto saat bersama (seluruh anggota) dan pre-wedding. Untuk para pemburu foto (fotografi) bisa sekalian hunting foto. Berikut beberapa bocoran spot foto antara lain, tulisan ‘Puncak Pelita’ pada sebelah kolam renang dan replika miniatur Menara Eiffel dan area persawahan.

Buat yang berniat untuk mengambil foto atau video dengan drone, karena terkait dengan keamanan dan kenyamanan. Sebaiknya mengajukan izin terlebih dahulu kepada pihak terkait. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan pada kemudian hari. Kalau bisa sekalian tanyakan tempat manakah yang boleh dan tidak boleh untuk mengambil foto.

Baca Juga: Puncak Becici Jogja: Lokasi, Rute, Tiket Masuk, & Aktivitas

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berkunjung ke Puncak Pelita

Satu hal yang semua orang melakukannya, sebelum berkunjung ke suatu tempat yaitu dengan mempersiapkan apa saja yang akan dilakukan. Termasuk dengan membawa barang yang akan kamu bawa. Berikut beberapa hal ini  yang mesti kamu siapkan sebelum ke tempat wisata ini:

Bawalah Peralatan Camping

Kalau kamu ingin mengadakan camping, disarankan membawa peralatan camping masing-masing. Mulai dari tenda, peralatan untuk api unggun, alat & bahan masak hingga untuk hiburan seperti alat musik. Karena untuk berjaga-jaga jika pihak Puncak Pelita tidak menyediakan peralatan camping dan hanya menyediakan lahan saja.

Sumber: Pikiran Rakyat Garut

Siapkan Kantong Sampah

Karena bisa saja, tempat sampah masih terbatas dan mungkin jauh dari jangkauanmu. Sebaiknya, siapkan kantong/kresek besar untuk menampung semua sampahmu. Nanti kalau menemukan tempat sampah langsung kamu dapat membuangnya sekaligus. Tujuannya adalah untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar kawasan Puncak Pelita.

Baca Juga: 10 Wisata Alam di Garut yang Seru untuk Dikunjungi

Demikian penjelasan mengenai objek wisata Puncak Pelita. Berhubung tempat wisata ini masih termasuk hidden, jadi sebaiknya lebih memperbanyak promosi dengan membuat konten yang menunjukkan keindahan dari Puncak Pelita.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Puncak Pelita, Referensi Wisata Alam di Tasikmalaya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]