12 Rekomendasi Wisata Wonosobo Hits yang Wajib Dikunjungi

Daftar isi

Hampir setiap daerah di Indonesia mempunya daya tarik wisatanya masing-masing, termasuk Wonosobo. Kabupaten di Jawa Tengah ini menyimpan sejuta tempat wisata memesona yang bahkan jarang terekspos. Penasaran? Simak informasi selengkapnya, ya, Advonturers!

1. Lubang Sewu

Lubang Sewu (@anakjateng_hitss on Instagram)

Wisata Wonosobo pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Lubang Sewu. Destinasi ini terbentuk akibat susunan batuan putih bertekstur berlubang. Bahkan, saking uniknya, Lubang Sewu sering mendapat julukan sebagai Grand Canyon mini Wonosobo.

Ketika musim penghujan tiba, bebatuan tersebut akan terendam oleh air yang mengalir dari Bendungan Wadaslintang. Sementara itu, sewaktu air mulai surut, barulah pengunjung bisa merasakan hamparan batu indah yang tentunya sangat fotogenik.

2. Gunung Prau

Gunung Prau (@prau_mountain on Instagram)

Kamu belum sah menjadi pecinta alam sejati jika belum menjajal gunung Prau di Wonosobo. Meskipun tidak sepopuler gunung lain di sekitarnya, misalnya Sindoro, Sumbing, dan Merap, Prau memiliki keistimewaan tersendiri berkat pemandangannya yang eksotis.

Gunung Prau yang mempunyai puncak setinggi 2.565 mdpl tidak hanya menawarkan atmosfer segar khas pegunungan, tetapi juga panorama alamnya dari ketinggian. Lebih lanjut, kamu juga bisa mengamati momen sunrise dan sunset langsung dari atas.

Artikel Terkait

3. Padang Savana Dieng

Padang Savana Dieng (penginapandieng.net)

Lokasi wisata Wonosobo selanjutnya yang pantang untuk kamu lewatkan adalah Padang Savana Dieng. Tempat ini merupakan salah satu pilihan favorit bagi setiap wisatawan yang datang ke Wonosobo. 

Sesuai namanya, padang savana menyuguhkan hamparan rumput ilalang yang membentang luas nan menawan. Untuk bisa sampai di sini, pengunjung perlu melakukan sebuah pendakian singkat, di mana pemandangan alam dari aneka tumbuhan dan pepohonan akan menemanimu sepanjang perjalanan.

4. Curug Winong Kaliwiro

Curug Winong Kaliwiro (@wonosobo_wisata on Instagram)

Wonosobo tidak cuma menyimpan destinasi wisata pegunungan dan dataran tinggi, melainkan juga dengan air terjun. Kamu bisa mampir ke Curug Winong Kaliwiro yang berada di Desa Temanggung. 

Derasnya air dari ketinggian 70 meter pasti dapat menyegarkan diri kembali sewaktu mandi dan bermain air di sini. Apalagi, terdapat banyak spot foto yang bisa kamu jadikan latar belakang gambar yang Instagramable.

5. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir (@bukitsikunir_ on Instagram)

Buat kamu yang ingin berburu pesona sunrise alias matahari terbit, Bukit Sikunir di Desa Sembungan adalah jawabannya. Fenomena semacam ini memang sudah menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan ataupun pecinta fotografi dalam rangka mengabadikan momen apik tersebut. 

Di satu sisi, kamu harus mendaki bukit ketika dini hari dan berhadapan dengan cuaca dingin untuk bisa menikmatinya. Walaupun begitu, pastinya perjuangan tersebut akan terbayar saat kamu berkesempatan untuk menyaksikan terbitnya sang fajar dari tempat wisata Wonosobo ini.

6. Embung Kledung

Embung Kledung (@wisata_embung_kledung on Instagram)

Berada di lereng Gunung Sindoro, wisata Wonosobo ini pada mulanya berdiri dengan tujuan untuk menanggulangi masalah kekurangan air sewaktu musim kemarau. Embung Kledung mempunyai bentuk persegi panjang dengan panjang sisi lebih kurang 83 meter dan kedalaman 3 meter.

Kamu dapat mengamati langsung keindahan danau buatan ini beralamat di Jalan Raya Parakan Wonosobo KM 11. Adapun tarif tiketnya tergolong murah bagi pengunjung yakni sebesar Rp 6.000 per orang.

7. Telaga Cebong

Telaga Cebong (@wonosoboinsta_ on Instagram)

Ingin menikmati keindahan danau di Wonosobo? Datanglah ke Telaga Cebong di Desa Sembungan. Uniknya, destinasi yang satu ini mempunyai julukan Telaga di Atas Awan karena letaknya yang berada di atas ketinggian 2.300 mdpl.

Hamparan perkebunan masyarakat di sekitar telaga semakin memperkaya eksotisme Telaga Cebong. Apabila ingin masuk, kamu cukup membayar tiket seharga Rp.10.000 yang sudah termasuk tiket menuju Air Terjun Sikarim.

8. Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng (@dyah_hermiyati on Instagram)

Jika kamu sedang mencari tempat wisata Wonosobo terbaru, rasanya kurang pas kalau belum datang ke Gardu Pandang Tieng. Seperti namanya, destinasi ini beralamat di Desa Tieng, Kecamatan Kejajar. 

Mempunyai ketinggian sekitar 1.800 mdpl, Gardu Pandang Tieng menawarkan panorama Desa Tieng yang indah bersamaan dengan kebun-kebun sayur yang menyegarkan mata. Pastikan kamu juga menyiapkan jaket sebelum datang kemari mengingat cuacanya yang cukup dingin dan sering berkabut.

9. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin (@batupandangratapanangin on Instagram)

Destinasi wisata Wonosobo berikutnya berlokasi di Kecamatan Kejajar. Namanya adalah Batu Ratapan Angin alias Batu Pandang Dieng. Kawasan ini menyuguhkan pemandangan memukau dengan rimbunan pepohonan hijau yang semakin membuat suasana di sini terasa sejuk.

Kamu dapat melihat langsung kombinasi pesona alam dari atas puncaknya, termasuk Telaga Warna. Apalagi, deretan pegunungan yang menjulang tinggi juga akan menyejukkan mata pengunjung yang datang menyaksikan.

10. Pemandian Kalianget

Pemandian Kalianget (@galeriwisatawan on Instagram)

Sehabis puas menjelajahi berbagai tempat wisata Wonosobo seharian, sudah waktunya untuk merilekskan badan dan pikiran. Kamu bisa datang ke Pemandian Air Hangat Kalianget di Jalan Raya Wonosobo KM 3, Dieng.

Lokasinya terbilang tidak begitu jauh dari Alun-Alun Wonosobo, yakni hanya sekitar 4. Adapun pemandian ini menawarkan sensasi berendam dalam air hangat yang pastinya sangat menyenangkan sembari melihat keindahan taman sekitarnya yang asri.

11. Kawah Dieng

Kawah Sikidang (@kawahsikidang on Instagram)

Sehabis melipir dari Bukit Sikunir, tidak ada salahnya untuk mampir ke Kawah Dieng alias Kawah Sikidang. Objek wisata Wonosobo dengan eksotisme kawah belerang ini berlokasi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur.

Kawah Dieng berada di atas tanah datar dengan area seluas 200 m2 sehingga pengunjung dapat menyaksikan kepulan asap yang terus mencuat dari kawah. Sebagai catatan, kamu harus selalu berhati-hati dengan menggunakan masker ketika berkunjung, mengingat kadar belerangnya yang lumayan tinggi.

12. Bukit Seroja

Bukit Seroja (@seroja_wonosobo on Instagram)

Tempat wisata Wonosobo terakhir yang patut kamu datangi adalah Bukit Seroja di Kecamatan Garung. Di sini, pengunjung nantinya bisa melihat langsung pesona Telaga Menjer yang menakjubkan, apalagi dari atas ketinggian. Banyaknya pepohonan rindang di kawasan ini pun menghadirkan suasana yang asri dan tenang.

Apabila ingin menikmati keindahannya, kamu mesti mendaki supaya bisa sampai di lokasi. Walaupun akan cukup menguras tenaga, semua perjuangan tersebut akan terbayar tuntas lewat pemandangan alam yang sangat memukau.

Demikianlah 12 tempat wisata Wonosobo yang cocok untuk kamu datangi ketika liburan bersama teman maupun keluarga. Dengan sederet pilihan objek wisata, tidak heran jika kawasan dataran tinggi ini sering menjadi opsi terfavorit untuk melakukan traveling!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *