10 Destinasi Wisata Trawas Mojokerto Paling Seru dan Hits

Tempat Wisata Trawas (sumber: @thesoemohills on Instagram)
Tempat Wisata Trawas (sumber: @thesoemohills on Instagram)
Daerah Trawas, Mojokerto, memiliki banyak sekali destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh keluarga. Berikut Advontura rangkum destinasi seru untuk kamu!
Daftar isi

Sebagai salah satu kecamatan paling hits di Kota Mojokerto, Kecamatan Trawas menawarkan berbagai macam destinasi wisata alam dan wisata sejarah yang dapat dikunjungi. Ditemani dengan panorama alam yang indah dan suasananya yang asri, membuat Trawas menjadi tempat yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata Trawas, Mojokerto versi Advontura.

10 Destinasi Wisata Trawas Mojokerto Paling Seru dan Hits

1. Paralayang Wisata Trawas

Paralayang Trawas Mojokerto (Sumber: Travelandworld)
Paralayang Trawas Mojokerto (Sumber: Travelandworld)

List Destinasi wisata Trawas Mojokerto ini dimulai dari destinasi yang dapat menantang adrenalin. Jika Advonturers suka berwisata yang menantang, Paralayang Wisata Trawas Mojokerto dapat dijadikan pilihan untuk didatangi. Lewat paralayang, Advonturers dapat menikmati keindahan Trawas Mojokerto dari ketinggian sambil memacu adrenalin dengan seru. Pemandangan sekitarnya yang indah cocok untuk dijadikan latar belakang saat mengambil foto/

Terlepas dari belum banyak diliriknya tempat ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus mengembangkan agar destinasi ini dapat menjadi wisata olahraga udara yang menarik minat masyarakat dan wisatawan lokal. Tidak cuman menikmati keindahan Mojokerto dari ketinggian, tempat wisata baru di trawas mojokerto ini juga menawarkan wisata petik sayur. Tentunya aktivitas petik sayur ini akan jadi lebih seru dengan mengajak keluarga kesayangan.

2. Kampung Organik Brenjonk

Kampung Organik Brenjonk (Sumber: @kampung_organik_brenjonk)
Kampung Organik Brenjonk (Sumber: @kampung_organik_brenjonk)

Destinasi wisata Trawas Mojokerto selanjutnya cocok bagi Advonturers yang ingin menikmati keindahan hamparan bunga berbagai warna. Kampung Organik Brenjonk di daerah Desa Penanggungan dapat dijadikan opsi untuk berwisata alami. Kampung Organik Brenjonk sangat cocok untuk kamu kunjungi apabila ingin berburu foto berlatarkan alam.

Berlatarkan hamparan bunga Refugia yang indah, ditemani Gunung Penanggungan yang megah, serta hawanya yang sejuk, membuat Advonturers akan betah berkunjung ke tempat ini sambil mengambil foto yang memiliki nilai estetika tinggi. Hamparan sawah juga terlihat di daerah kampung ini. Pada destinasi ini juga terdapat spot foto berupa instalasi seni berbentuk bintang yang indah.

Artikel Terkait

3. Candi Jolotundo

Candi Jolotundo (Sumber: @febrian224 on Instagram)
Candi Jolotundo (Sumber: @febrian224 on Instagram)

Selain dikenal dengan wisata alamnya, Trawas juga dikenal memiliki destinasi wisata yang memiliki nilai sejarah. Candi Jolotundo merupakan situs bersejarah di daerah Trawas yang tidak boleh dilewatkan. Candi peninggalan kerajaan Majapahit ini masih menjadi tujuan favorit wisatawan yang ingin berwisata sejarah.

Saat akhir pekan tiba, pengunjung candi ini akan menjadi ramai. Sembari menikmati barisan candinya yang megah, wisatawan juga dapat mandi atau bermain air di area perairan candi. Konon katanya, sumber mata air di area Candi Jolotundo ini dapat memberikan khasiat tertentu yang bermanfaat. Tidak sedikit wisatawan yang membawa airnya ke rumah.

4. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung (Sumber: @indraiswanto84 on Instagram)
Air Terjun Dlundung (Sumber: @indraiswanto84 on Instagram)

Tempat wisata di Trawas Mojokerto selanjutnya di list ini adalah Air Terjun Dlundung di daerah Ketapanrame. Bagi Advonturers yang ingin segar-segaran bermain air, air terjun ini wajib dikunjungi saat berada di Trawas. Pengunjung dapat menikmati keindahan dari Air Terjun Dlundung setinggi 50 metert yang alami nan eksotis.

Jika Advonturers ingin berenang dan bermain air, tersedia kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun. Kolam yang terbentuk bisa dibilang aman karena arusnya tenang dan airnya jernih. Selain berenang, wisatawan juga dapat mengambil foto dengan berlatarkan Air Terjun Dlundung yang indah. Di sekitar area air terjun juga disediakan area berkemah bagi wisatawan yang masih ingin berlama-lama di tempat ini.

5. The Soemo Hills

The Soemo Hills (Sumber: @thesoemohills on Instagram)
The Soemo Hills (Sumber: @thesoemohills on Instagram)

The Soemo Hills merupakan salah satu tempat wisata baru di Trawas Mojokerto. Baru dibuka bulan Agustus 2021, The Soemo Hills menawarkan wisata glamping dengan ditemani pemandangan di sekitarnya yang indah dan asri. Memadukan konsep glamping yang sedang nge-hits belakangan ini dan juga cafe yang nyaman, menginap di The Soemo Hills akan memberikan pengalaman menyatu dengan alam yang tak dapat dilupakan.

Tempat ini menyediakan area yang luas untuk glamping. Spot foto yang cantik dan instagrammable juga tersedia di area ini bagi kamu yang hobi hunting foto. Tenda glamping yang berbentuk iglo juga untuk dan cocok untuk jadi latar belakang berfoto. Destinasi wisata Trawas Mojokerto ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan kerabat terdekat.

6. Wisata Sawah Sumber Gempong

Wisata Sawah Sumber Gempong (Sumber: @sumbergempong.id)
Wisata Sawah Sumber Gempong (Sumber: @sumbergempong.id)

Destinasi wisata Trawas Mojokerto berikut ini terkenal dengan keindahan hamparan persawahannya yang hijau dan berbentuk undakan terasering. Wisata Sawah Sumber Gempong merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit untuk menikmati alam yang indah di daerah Trawas. Hijaunya hamparan sawah disandingkan dengan gagahnya Gunung Penanggungan sebagai latar belakang menambah sejuk pemandangan yang disajikan.

Karena keindahan pemandangannya, tempat ini sangat cocok bagi Advonturers yang ingin berburu foto cantik berlatarkan alam. Selain hamparan sawah yang indah, pada kawasan wisata ini terdapat juga mata air sumber gempong yang jernih. Kemudian ada juga kolam renang serta wahana kuda tunggang dan ATV yang dapat dinaiki untuk mengelilingi kawasan wisata. Liburan bersama keluarga akan lebih berkesan jika berkunjung ke tempat ini.

7. Poetoek Soeko

Poetoek Soeko (Sumber: @nindyf01 on Instagram)
Poetoek Soeko (Sumber: @nindyf01 on Instagram)

Wisata Trawas Mojokerto terkenal akan panorama alamnya yang indah. Poetoek Soeko merupakan destinasi yang tepat untuk menikmati keindahan alam di daerah Trawas. Destinasi ini menyajikan keindahan berbagai macam hamparan bunga dengan warna yang berbeda. Sebagai daya tarik utama, pada Poetoek Soeko terdapat kebun bunga matahari yang menghampar luas.

Poetoek Soeko yang bertempat di Sukosari ini dipenuhi dengan berbagai spot foto berlatarkan hamparan bunga dan Gunung Penanggungan serta Gunung Welirang yang megah di belakangnya. Sembari menikmati keindahan hamparan bunga, Poetoek Soeko menawarkan wahana seru lainnya seperti ATV, kuda tunggang, dan wahana permainan anak.

8. Jungle Camp Café

Jungle Camp Café (Sumber: pikiranrakyat)
Jungle Camp Café (Sumber: pikiranrakyat)

Wisata Trawas Mojokerto yang satu ini berbentuk cafe kekinian yang bisa kamu kunjungi untuk duduk dan bersantai. Jungle Camp Café mengusung tema cafe kekinian dengan berbagai tempat unik nan estetik yang ada di kawasan cafe. Kursi di cafe ini berbentuk beda-beda dan unik. Sekeliling cafe nya juga dibuat seperti taman yang ditata rapi oleh pengelolanya.

Pada cafe ini terdapat spot berbentuk mirip iglo transparan yang unik. Selain itu juga terdapat instalasi tenda putih yang cocok dijadikan spot berfoto. Menikmati waktu santai sambil mengamati indahnya pemandangan Trawas dari Jungle Camp Café akan menjadi pengalaman yang tidak dapat dilupakan. Cafe kekinian ini terletak di Jl. Raya Trawas, Jibru, Belik.

9. Reco Lanang

Situs Reco Lanang (Sumber: larismanis)
Situs Reco Lanang (Sumber: larismanis)

Kembali ke wisata Trawas Mojokerto yang memiliki nilai sejarah, Reco Lanang dapat menjadi salah satu opsi wisata sejarah selanjutnya. Reco Lanang secara bahasa berarti arca laki-laki. Di tempat ini Advonturers dapat melihat arca setinggi 5.7 meter yang merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Majapahit yang dilestarikan. Arca tersebut merupakan salah satu penggambaran dari Buddha.

Menuju ke situs Reco Lanang, sepanjang perjalanan Advonturers akan disambut dengan barisan pepohonan yang rindang serta berbagai arca lainnya. Reco Lanang sendiri masih berfungsi sebagai tujuan ziarah bagi umat beragama Buddha di Trawas. Wisatawan dapat mengamati umat Buddha yang bersembahyang di arca ini.

10. PPLH Seloliman

Taman Kreatif PPLH Seloliman (Sumber: pplhselo)
Taman Kreatif PPLH Seloliman (Sumber: pplhselo)

Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Seloliman merupakan destinasi wisata Trawas Mojokerto yang berkonsep wisata edukasi. PPLH Seloliman bisa dibilang destinasi wisata yang cukup lengkap. Wisatawan dapat melakukan aktivitas panen buah dan panen tanaman herbal yang berkhasiat. Wisatawan juga dapat bermain di area permainan, mencoba outbond yang menantang, mengunjungi taman interaktif, sampai membaca di perpustakaan.

Fasilitas yang disediakan oleh PPLH Seloliman bisa dibilang lengkap. Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di tempat ini dapat menginap di ecolodge yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Berwisata bersama sanak saudara ke tempat ini menjadi sangat seru dan beragam.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Cangar Pacet Terkece Tahun 2022

Berikut tadi merupakan rekomendasi destinasi wisata Trawas Mojokerto yang wajib banget Advonturers kunjungi. Tertarik untuk mengunjungi salah satunya? Salam Traveling!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *