Keindahan Alam Serta Tempat Wisata Tanjung Pinang Paling Hits 2022

wisata tanjung pinng
Photo by pegipegi. com
Daftar isi

Tanjung Pinang merupakan Ibu kota Provinsi Kepulauan Riau yang terkenal dengan keindahan pesisir pantainya. Wisata Tanjung Pinang menyuguhkan pemandangan beberapa pantai yang eksotis. Ditambah adanya resort dan pondokan yang menjadikan wisata pesisir pantai ini semakin seru dan menyenangkan untuk dikunjungi.

Selain itu, Ibu Kota Provinsi Riau berikut menyimpan banyak sejarah dan cerita panjang mengenai kerajaan riau lingga. Selain berwisata alam wisatawan juga bisa berwisata edukasi, selain alamnya yang menarik adat dan budayanya pun juga menarik untuk dipelajari.

Bagaimana? Penasaran bukan dengan objek wisata tanjung pinang yang menarik untuk dijadikan destinasi liburan? Kali ini advontura akan mengulas tuntas tempat wisata tanjung pinang yang hits dan indah.

Wisata Tanjung Pinang

Menghabiskan waktu libur dan akhir pekan bersama keluarga dengan berwisata merupakan hal menarik dan menyenangkan. Banyak sekali objek wisata pilihan yang dapat kalian pilih di tanjung pinang. Terdapat banyak pilihan wisata yang bisa kalian nikmati untuk menghilangkan kepenatan dengan rutinitas sehari-hari.

Wisata alam,wisata religi,wisata edukasi bahkan wisata kuliner dengan makanan khas bercita rasa lezat dapat menjadi pilihan yang menarik.

Artikel Terkait

Selain banyaknya objek wisata yang disuguhkan, Tanjung Pinang juga memiliki fasilitas yang sudah sangat memadai mulai dari penginapan,transportasi hingga jalan yang mudah diakses oleh para pengunjung. Kota dengan letak geografisnya yang strategis mampu menarik perhatian para wisatawan domestik hingga mancanegara untuk datang.

Tempat Wisata Tanjung Pinang

Berikut tempat wisata Tanjung Pinang menarik yang harus dikunjungi saat berada di kota ini:

Pulau Penyengat

Pulau Penyengt ini berlokasi di Penyengat, Kecamatan Tanjung Pinang, Kota Tanjung Pinang. Pulau ini juga masuk dalam UNESCO dalam jajaran calon situs warisan dunia, hal yang membanggakan bukan. Pulau penyengat juga merupakan tempat wisata yang banyak digemari di kawasan tanjung pinang.

Letaknya yang berada di tengah laut mengharuskan pengunjung untuk menyewa perahu untuk bisa sampai ke pulau ini. Namun pengunjung juga bisa memilih tour paket wisata untuk bisa sampai ke pulau penyengat.

Saat tiba di pulau ini para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa serta peninggalan bersejarah yang berasal dari pemerintahan yang dulunya sempat berkuasa di pulau ini di antaranya yaitu kesultanan Johor,Lingga,Siak,Pahang dan juga Kesultanan Riau.

Berwisata sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan mengenai sejarah zaman dahulu, menarik bukan untuk dilakukan.

Vihara Seribu Wajah (Ksitigarbha Bodhisattva)

patung Vihara Seribu Wajah
Ksitigarbha Bodhisattva (photo by tempatwisata.pro)

Objek wisata tanjung pinang selanjutnya yang tak kalah menarik ialah vihara seribu wajah. Vihara ini dibuka untuk umum dan segala usia, artinya tempat ini dapat dikunjungi oleh semua orang.

Vihara ini sangat menarik desain dan arsitektur bangunan ini menyerupai tempat peribadatan negara china selain itu nuansa vihara ini sangat kental dengan nuansa religi.

Selain desain dan arsitekturnya objek wisata ini memiliki keunikan lainnya yaitu dengan adanya 500 patung batu yang ada pada bagian halaman vihara, patung-patung tersebut adalah patung arahat.

Patung arahat disebut juga patung murid dengan berbagai macam ekspresi wajah yang berbeda satu sama lain selain itu vihara ini juga memiliki sekitar 40 lebih jumlah patung dewa yang dipercayai dalam agama buddha. 

Patung arahat tersebut merupakan hasil hibah yang berasal dari pengusaha china, selain itu nama mereka juga dituliskan pada bagian keterangan patung tersebut. Jadi setiap patung memiliki nama-nama yang berbeda sesuai dengan nama penghibah patung tersebut. 

Areca Waterpark

Objek wisata yang satu ini berlokasi di Batu IX, Kecamatan Tanjung Pinang Timur. Wisatawan bisa menjadikan wisata ini menjadi tempat rekreasi yang mengasyikkan bersama keluarga.

Kalian dapat bermain-main wahana air dengan berbagai macam permainan air yang seru. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap weekend dan hari libur nasional. 

Masjid Raya Sultan Riau

Masjid megah ini berlokasi di Penyengat, Kecamatan Tanjung Pinang, Kota Tanjung Pinang, menariknya masjid indah ini masuk sebagai salah satu abngunan cagar alam oleh Provinsi Kepulauan Riau.

masjid ini merupakan bangunan yang memiliki nilai sejarah karena telah ada sejak pemerintahan kesultanan islam yang ada di pulau penyengat. Warna masjid ini didominasi dengan warna kuning dan juga hijau yang membuat bangunan masjid ini terlihat mencolok. 

Pantai Impian

Pantai impian merupakan salah satu tempat wisata alam yang keindahannya berhasil mempesona para pengunjung.

Pantai impian ini juga memiliki hamparan pasir putih yang cantik di tambah lagi ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Jadi para pengunjung dapat menikmati pantai ini dengan bermain-main di sekitar tepian pantai.

Tepi laut

Tempat wisata ini berada di daerah pesisir tanjung pinang. Saat tiba disini kalian dapat melihat laut samudera hindia yang luas. Duduk santai sambil menikmati deburan ombak serta angin sepoi-sepoi merupakan hal menyenangkan yang dapat kalian lakukan disini.

Selain itu menunggu sunset di tepi laut ini juga tak kalah mengasyikkan, menunggu momen sunset di tepian pantai dengan menikmati pemandangan sekitar akan membuat hati merasa damai. Berfoto dan berselfie disini juga asyik dengan latar belakan laut.

Tugu Pensil

Tugu Pensil merupakan sebuah simbol keberhasilan memberantas buta huruf Kepulauan Riau pada tahun 1960 silam. Tugu ini juga digunakan sebagai tempat berwisata masyarakat sekitar untuk bersantai sambil menikmati suasana sore hari Kota Tanjung Pinang.

Selain itu menikmati keindahan sunset dengan latar belakang pulau penyengat di tugu pensil ini tidak kalah indah dari melihat sunset di tepi pantai. Keunikan tempat serta sejarahnya membuat kawasan ini menjadi salah satu wisata yang banyak dikunjungi juga oleh wisatawan.

Baca juga: Tempat Wisata di Solo: Dekat dengan stasiun balapan?

Pantai Trikora

Wisata Pantai trikora
Pantai Trikora

Pantai Trikora merupakan objek wisata tanjung pinang yang tersohor sebagai wisata pantai terbaik. Letak pantai ini terbilang cukup jauh dari kota tanjung pinang, pantai ini memiliki pasir yang bersih serta banyak batuan granit dengan berbagai ukuran di tepian pantainya.

Pantai trikora ini juga memiliki air yang berwarna biru yang bersih, bersantai di tepi pantai ini akan sangat menyenangkan dan dapat merilekskan pikiran. 

Paket Wisata Tanjung Pinang

Bagi wisatawan yang ingin pergi berliburuntuk menikmati keindahan alam wisata tanjung pinang yang menggoda, kalian bisa menggunakan paket tour yang akan memudahkan kalian saat berwisata.

Terdapat banyak paket wisata tanjung pinang yang ditawarkan dengan harga serta fasilitas menarik di dalamnya. Paket wisata tanjung pinang dimulai dari harga Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000 an lebih tergantung paket apa yang kalian pilih.

Harga-harga tersebut berbeda sesuai dengan pilihan hotel serta destinasi apa saja yang ingin kalian kunjungi. Jadi apabila kalian memilih paket tour sesuaikanlah dengan budget dan destinasi yang kalian inginkan.

Demikian informasi mengenai Wisata Tanjung Pinang yang dapat Advontura sampaikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan membantu kalian menemukan destinasi wisata yang cocok untuk berlibur. Sampai jumpa kembali pada pembahasan destinasi wisata selanjutnya.

Baca juga: Tempat Wisata di Bali yang Keren dan Instagramable

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *