10 Rekomendasi Wisata Pulau Bintan Paling Hits Menakjubkan

pulau bintan
Daftar isi

Pulau Bintan merupakan salah satu pulau dengan potensi wisata yang cukup besar di Indonesia. Pulau dengan populasi penduduk sebanyak 200 ribuan ini terdiri dari berbagai pulau dengan pantai yang begitu mengagumkan. Selain itu, pulau ini juga telah menjadi tuan rumah pertandingan olahraga tingkat dunia triathlon dalam beberapa tahun terakhir. Nah, Penasaran apa saja destinasi wisata Pulau Bintan yang menarik? Simak 10 rekomendasinya di bawah ini!

Lokasi dan Rute Pulau Bintan

Pulau Bintan terletak di Provinsi Kepulauan Riau, tepatnya di Kota Tanjungpinang. Bintan merupakan pulau terbesar di Kepulauan Riau, terdiri dari sekitar 3.000 pulau besar dan kecil yang terbentang dari seberang Singapura hingga Johor Bahru, Malaysia. 

Perjalanan menuju Pulau ini dapat ditempuh dengan jalur darat atau jalur laut. Untuk jalur laut Anda bisa menggunakan Kapal  Ferry. Sedangkan untuk jalur darat, Anda bisa menggunakan pesawat.

Rute Jalur Ferry

Sebagian besar pengunjung dari Singapura dan Malaysia mengunjungi Pulau ini melalui jalur laut karena letaknya yang berdekatan dengan pelabuhan ferry Singapura dan Johor Bahru. Dari Singapura, tersedia 3 layanan diantaranya Penguin, Indo Falcon dan Berlian/Webmaster. Ketiganya menawarkan pelayanan berkala dari Pelabuhan Tanah Merah Singapura menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang dan Bandar BIntan Telani yang langsung menuju Bintan Resort. Dari Johor Bahru, tersedia 5 ferry yang melayani jadwal setiap harinya dari Pelabuhan Ferry Johor Bahru menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang.

Artikel Terkait

Rute Jalur Darat

Satu-satunya bandara di Bintan, Bandara Raja Haji Fisabilillah tidak melayani penerbangan internasional. Untuk itu, Maskapai Riau merupakan operator utama penerbangan yang menghubungkan Bintan dengan Jakarta, Palembang, Jambi, pekanbaru dan Kepulauan Natuna. Bandara di Jakarta sendiri melayani jadwal ahrian untuk penerbangan menuju Bandara Raja Haji Fisabilillah, Bintan.

10 Tempat Wisata di Pulau Bintan Terpopuler

Berikut daftar rekomendasi tempat wisata di Pulau Bintan yang wajib Anda kunjungi:

Pantai Trikora

Keindahan Pantai Trikora didukung dengan banyaknya batu granit di sepanjang pantai. Ditambah lagi dengan airnya yang jernih dan pasirnya yang bersih. Pantai Trikora terbagi menjadi dua kawasan, yaitu resort dan umum. Bagi Anda yang ingin menginap di area ini bisa mengunjungi resortnya, sedangkan jika Anda hanya ingin bermain saja bisa menuju bagian umum. Pantai ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang para wisatawan.

Pulau Mapur

Anda penyuka diving? Maka jangan lewatkan destinasi wisata yang satu ini. Pulau Mapur memiliki laut dengan pemandangan bawah laut yang begitu menakjubkan. Oleh sebab itu, tempat wisata di Pulau Bintan yang satu ini seringkali dikunjungi oleh para turis asing. Pulau ini memiliki luas 4.400 meter persegi dan jumlah penduduknya sebanyak 267 kepala keluarga. Oleh pemerintah, Pulau Mapur telah ditetapkan sebagai kawasan “COREMAP” yang fokus pada penelitian terumbu karang sejak tahun 2006.

Pulau Penyengat

Dulunya, pulau ini adalah pusat Kerajaan Melayu Riau-Lingga. Wisata Pulau Bintan yang satu ini bisa menjadi referensi rekreasi sejarah. Anda bisa melihat bangunan-bangunan lawas perpaduan arsitektur Jawa dan Kolonial di sini. Senter dari pulau yang satu ini adalah Masjid Agung Riau. Masjid tersebut dibangun dengan menggunakan campuran putih telur dan jeruk nipis sebagai semen, pembangunannya memakam waktu hingga 40 tahun

Pulau ini berjarak 2 km dari Kota Tanjung Pinang, untuk mengunjungi tempat ini, Anda perlu menyeberangi laut selama 15 menit menggunakan perahu motor.

Lagoi Bay

Bagi Anda yang berniat melakukan staycation di Pulau Bintan, destinasi yang satu ini cocok untuk dikunjungi. Lagoi Bay adalah tempat dimana hotel serta resort mewah berkumpul. Serunya lagi, Anda akan disajikan pemandangan langsung dari laut china selatan lho! Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati olahraga air dari yang ringan hingga ekstrim. Lagoi Bay telah menjadi destinasi tempat wisata di Pulau Bintan favorit wisatawan mancanegara. Meskipun belum sepopuler Bali, namun keindahannya tidak kalah dengan Pulau Dewata.

Danau Biru

Pada dasarnya, area ini merupakan sebuah penambangan pasir yang masih aktif. Cekungan yang berasal dari aktivitas pertambangan tersebut banyak terisi air hingga menyerupai danau. Yang membuatnya unik, air tersebut berwarna biru dan jernih. Wajar saja jika dinamakan dengan danau biru. Area tersebut kini menjadi salah wisata di Pulau Bintan yang banyak dikunjungi kala akhir pekan. Para pengunjung tidak hanya menyaksikan keindahannya saja, namun juga mengabadikan momen mereka di tempat menakjubkan tersebut.

Bukit Pasir Busung

Tidak hanya di Jogja saja, tetapi Anda juga bisa menemukan gurun pasir di sini. Bukit Pasir Busung merupakan salah satu destinasi wisata Pulau Bintan yang memberikan view menakjubkan. Bagi Anda yang gemar foto-foto, Anda wajib mengunjunginya saat berada di Pulau Bintan. Wisata yang populer di kalangan traveler ini sebelumnya merupakan penambangan bauksit yang kemudian dihentikan. Pada akhirnya, bekas penambangan ini menjadi salah satu tempat wisata di Pulau Bintan yang mengagumkan.

Patung 1000 Wajah

Patung 1000 wajah asalah sebutan bagi sebuah viraha bernama Ksitigarbha Bodhisattva. Disebut dengan patung 1000 wajah karena vihara ini memiliki 500 patung berbentuk manusia dengan rupa yang berbeda. Bangunan vihara dengan arsitektur bernuansa China ini pada dasarnya merupakan tempat ibadah umat Budha yang masih aktif. Namun karena keindahan dan keunikannya, saat ini vihara Kasitigarbha Bodhisattva telah menjadi salah satu destinasi wisata di Pulau Bintan yang banyak dikunjungi. Untuk masuk ke sini, Anda akan dikenai tiket masuk sebesar Rp5.000. Jangan lupa kenalan outfit terbaikmu, karana akan ada banyak spot foto yang menarik disini.

White Sands Island

White Sands Island dikenal juga dengan sebuan pantai beralas pasir. Wisata Pulau Bintan yang satu ini terletak di Teluk Bakau. Tidak banyak penduduk yang menetap disini, sehingga Anda bisa merasakan sensasi pulau yang tak berpenghuni saat mengunjunginya. Pulau kecil ini menyuguhkan keindahan pantai yang relatif sepi, cocok bagi Anda yang ingin menikmati waktu sendiri atau qualiti time bersama orang tersayang.

Crystal Lagoon

Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang kolam terbesar di Asia Tenggara? Ya di sini tempatnya. Crystal Lagoon memiliki luas mencapai 6,4 hektar dan memburuhkan sebanyak 115.060.000 liter air untuk mengisinya, air tersebut berasal langsung dari laut dan telah melewati proses penyulingan. Tempat ini tepat berada di tepi pantai, tak heran jika Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu mengagumkan. Tidak hanya berenang, Anda juga bisa menikmati berbagai olahraga air seperti Boat Ride, Kayak, Fly Board dan sebagainya.

Aroma River Spa

Meskipun hati dan pikiran merasa senang,namun setelah melakukan beberapa aktivitas berlibur pasti tubuh merasa letih bukan? Untuk itu Anda perlu beristirahat sejenak sembari menikmati perawatan tubuh di sini. Aroma River Spa memberikan sensasi perawatan tubuh di tengah-tengah rindangnya hutan bakau, sehingga Anda akan merasa lebih segar dan tenang Setelah melakukan perawatan, Anda bisa menikmati perjalanan menyusuri sungai dengan perahu. Aroma River Spa berlokasi di Mutiara Beach Resort, Jalan Trikora Km 55, Telok Dalam, Bintan, Kepulauan Riau.

Rekomendasi Hotel di Pulau Bintan

Sebagai sebuah pulau yang dikunjungi banyak wisatawan, tak heran jika Bintan menyuguhkan berbagai hotel yang bervariasi mulai dari harga yang murah hingga mahal. Jika Anda mencari hotel dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mengunjungi Serumpun Padi Emas Resort, New Marjoly Beach Resort, Bintan Laguna Restaurant and Resort atau Pelangi Hotel and Resort. Beberapa hotel tersebut memiliki harga terjangkau sekitar 400 ribuan. 

Jika Anda ingin melakukan staycation di tempat yang mewah. Anda bisa mengunjungi beberapa tempat seperti Bintan Spa Villa Beach atau Mayangsari Beach Resort. Keduanya sama-sama memiliki pemandangan yang langsung menuju laut

Demikian informasi mengenai Pulau Bintan dan beberapa tempat wisata di Pulau Bintan yang bisa menjadi pilihan Anda. Jadi bagaimana, apakah Anda sudah menentukan pilihan destinasi untuk liburan

Baca Juga: Pulau Nias Sumut, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisatanya

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *