20 Tempat Wisata Probolinggo yang Asyik Jadi Spot Liburan

Wisata Probolinggo (sumber: @dwiayuandiny on Instagram)
Wisata Probolinggo (sumber: @dwiayuandiny on Instagram)
Daftar isi

Probolinggo merupakan kawasan di Jawa Timur dengan segudang destinasi wisatanya yang indah dan memukau. Selama ini orang mungkin mengenal Probolinggo sebatas dari Gunung Bromo-nya saja, padahal banyak lho tempat wisata keren lainnya. Apa saja destinasi wisata Probolinggo yang dapat kamu kunjungi? Simak ulasan selengkapnya, ya, Advonturers!

20 Destinasi Wisata Probolinggo Paling Hits 2022

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo (sumber: @dwiayuandiny on Instagram)
Gunung Bromo (sumber: @dwiayuandiny on Instagram)

Berbicara soal destinasi wisata Probolinggo, yang wajib kamu kunjungi pertama sudah pasti Gunung Bromo. Sebetulnya, area Bromo sendiri mencakup empat daerah, yaitu Probolinggo, Malang, Lumajang, dan Pasuruan.

Dengan ketinggian 2.392 meter, kamu dapat menyaksikan pemandangan alam yang indah langsung dari puncaknya. Fenomena kawah gunung dengan kepulan asap tiada henti juga bisa dinikmati pengunjung mengingat Gunung Bromo termasuk gunung berapi yang masih aktif. 

Tidak hanya itu, gunung ini memiliki hamparan pasir yang terbentang luas. Biasanya, pengunjung memanfaatkannya untuk berkeliling dengan kuda, sepeda motor trail, jeep, quadbike, ataupun bermain pasir. 

Soal jam operasional, tempat wisata Probolinggo ini buka selama 24 jam dengan harga tiket Rp 27.500 (hari biasa) dan Rp 32.500 (akhir pekan).

Artikel Terkait

2. Gili Ketapang

Gili Ketapang (sumber: @giliketapangtours on Instagram)
Gili Ketapang (sumber: @giliketapangtours on Instagram)

Tempat wisata Probolinggo yang populer berikutnya adalah Gili Ketapang. Pulau ini berlokasi di tengah Selat Madura dan berjarak 8 km dari garis pantai utara Probolinggo. Untuk bisa ke sana, kamu perlu menaiki kapal seharga Rp10.000 saja dengan waktu tempuh lebih kurang 40-60 menit.

Gili Ketapang yang terbentuk akibat letusan Gunung Semeru menawarkan segarnya pemandangan laut biru beserta suasana pulau kecil yang tenang nan damai. Dengan dtarik utama berupa pantai pasir putih dan pemandangan bawah lautnya, sudah pasti pengunjung akan sangat terpesona. 

Di pulau yang masih asri ini, kamu dapat menikmati berbagai kegiatan seru bersama teman maupun keluarga. Mulai dari menyewa perahu, bermain pasir di pantai, berenang, hingga snorkelling untuk menikmati keindahan terumbuh karang.

3. Ranu Merah

Ranu Merah (sumber: @azzizahulfakh on Instagram)
Ranu Merah (sumber: @azzizahulfakh on Instagram)

Sesuai namanya, Ranu Merah di Kec. Tiris, Kab. Probolinggo merupakan objek wisata Probolinggo berupa danau dengan airnya yang berwarna merah. Hal tersebut disebabkan akibat banyaknya ganggang merah yang tumbuh di dasar danau.

Di sini, kamu akan disuguhkan dengan panorama danau yang indah, sekaligus air merahnya yang berbeda dengan danau seperti biasa. Namun, uniknya air tersebut ternyata bening sewaktu diambil.

Rindangnya pepohonan hijau membuat suasana dan hawanya menjadi lebih sejuk. Selain itu, kamu juga bisa mendirikan kemah apabila ingin bermalam di Ranu Merah.

Untuk masuk ke area danau, pengunjung cukup membayar biaya parkir sebesar Rp5.000. Sementara itu, jika ingin menikmati sepeda air, dikenakan biaya Rp10.000.

4. Museum Dr. Mohammad Saleh

Museum Dr. Mohamad Saleh (sumber: @muskitnasofficial on Instagram)
Museum Dr. Mohamad Saleh (sumber: @muskitnasofficial on Instagram)

Kalau kamu menyukai sesuatu yang berbau medis atau kedokteran, destinasi wisata Probolinggo ini cocok buatmu. Beralamat di Jalan Dr. Mohammad Saleh No. 1, Kec. Kanigaran, Kab. Probolinggo, tempat yang dimaksud adalah Museum Dr. Mohammad Saleh.

Nama Mohammad Saleh sendiri diambil dari nama seorang dokter yang pertama kali diberi mandat untuk memimpin rumah sakit umum di Probolinggo. Menyimpan segala peninggalan sejarah beliau, pengunjung akan menjumpai alat kesehatan dan perabot yang biasa digunakan sang Dokter saat itu.

Dengan tiket masuk yang gratis, kamu bisa datang ke sini dari hari Selasa sampai Minggu (08.00-15.00). Pengecualian untuk hari Jumat-Minggu, museum tutup sebelum pukul 12.00.

5. Tanjung Tembaga

Tanjung Tembaga (sumber: Pexels)
Tanjung Tembaga (sumber: Pexels)

Tidak selamanya berwisata harus merogoh biaya yang besar. Ada juga tempat gratis yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya Pelabuhan Tanjung Tembaga. Objek wisata Probolinggo yang satu ini sering didatangi wisatawan dan warga setempat yang ingin menikmati pemandangan laut.

Namanya pelabuhan, tentu beragam jenis perahu nelayan sampai kapal angkut muatan dapat kamu jumpai. Buat para pecinta kuliner laut, ada pula pasar ikan di mana kamu bisa membeli berbagai macam ikan segar dengan harga yang lebih bersahabat.

Area Pelabuhan Tanjung Tembaga terbagi menjadi dua. Bagian pertama dikhususkan untuk pelabuhan dan pasar ikan, sedangkan bagian kedua merupakan tempat wisata, festival, dan pemancingan.

Dermaga yang buka di Jalan Tanjung Tembaga Barat ini buka setiap hari dari pukul 08.00-18.00. Kamu pun cukup membayar uang parkir saja jika ingin masuk.

6. Forest Park Madakaripura

Forest Park Madakaripura (sumber: @backpackerjakarta on Instagram)
Forest Park Madakaripura (sumber: @backpackerjakarta on Instagram)

Terkhusus buat kamu yang suka foto-foto, Forest Park Madakaripura wajib masuk dalam daftar destinasi wisata Probolinggo untuk didatangi. Panorama alam hijau dan rindang diiringi udara di Desa Negorejo sejuk sudah siap melepaskan penat siapa saja yang mampir ke sana.

Ayunan, gardu pandang, serta anjungan matahari merupakan tiga spot favorit yang biasanya digunakan untuk berfoto. Caranya yaitu, silahkan menuju pertigaan Lumbang, kemudian ambil rute menuju Air Terjun Madakaripura. Satu kilometer sebelum air terjun, silakan belok kiri dan lanjutkan perjalanan anda sampai lokasi.

Dengan tiket Rp 5.000 per orang, pengunjung sudah dapat mengunjungi Forest Park pada hari apapun dari pukul 08.00-20.00.

7. Pantai Duta

Pantai Duta (sumber: @the_view34 on Instagram)
Pantai Duta (sumber: @the_view34 on Instagram)

Walaupun namanya masih kalah dibandingkan destinasi wisata Probolinggo lainnya, Pantai Duta mempunyai keistimewaannya tersendiri. Cakrawala langit matahari terbenam sekaligus desiran angin sepoi-sepoi dari pohon cemara membuat mereka yang datang ke sana akan merasa betah.

Selanjutnya, kamu pun dapat menyusuri hutan mangrove di sekelilingnya dengan melintasi jembatan kayu panjang. Disediakan pula tempat duduk sebagai tempat beristirahat sejenak. Jika ingin kemari, pengunjung akan dikenai biaya Rp 5.000 untuk tiket masuknya.

8. Danau Ronggojalu

Danau Ronggojalu (sumber: @rdlarasati.23 on Instagram)
Danau Ronggojalu (sumber: @rdlarasati.23 on Instagram)

Tempat wisata Probolinggo berupa danau selanjutnya adalah Danau Ronggojalu di Desa Tegalsiwalan, Kec. Leces, Kab. Probolinggo. Danau ini dikenal sebagai sumber air bersih dan alami bagi masyarakat setempat. 

Ibarat paket lengkap, suasana dan pemandangan sekitar Danau Ronggojalu terasa apik, ditunjang dengan fasilitas gazebo sebagai tempat istirahat dan kolam renang untuk anak-anak.

Jam buka Danau Ronggojalu dimulai dari pukul 08.00-20.00 setiap hari. Untuk tiket masuknya hanya seharga Rp 5.000 per orang.

9. Mahoni Grand Park

Mahoni Grand Park (sumber: @ardianhery18 on Instagram)
Mahoni Grand Park (sumber: @ardianhery18 on Instagram)

Berlokasi di Kuweni, Kec. Sumber, Kab. Probolinggo, nama Mahoni Grand Park sedang hits di kalangan wisatawan sebagai destinasi wisata Probolinggo yang menakjubkan. 

Lewat suguhan sensasi berekreasi di tengah alam, pengunjung dapat melakukan aneka kegiatan. Mulai dari berkemah, memancing, sampai mencoba wahana-wahana permainan outbound yang menantang adrenalin.

Terkait jam operasionalnya, Mahoni Grand Park buka setiap hari (07.00-05.00) dengan tiket masuk yang dipatok sebesar Rp 10.000/orang.

10. Mangrove BJBR

Mangrove BJBR (sumber: @dephii_cute on Instagram)
Mangrove BJBR (sumber: @dephii_cute on Instagram)

Mangrove BeeJay Bakau Resort (BJBR) adalah tempat wisata Probolinggo dengan pemandangan laut dan hutan bakau, disertai penataan taman yang ciamik. Lokasinya berada di pinggir Pelabuhan Mayangan, Probolinggo. 

Pemandangan hutan mangrove di sini sangat eksotis, terutama jika dijadikan latar belakang untuk mengambil gambar. Pengunjung juga dapat menginap di pinggir pantai tentunya dengan view kamar yang dikelilingi oleh tanaman bakau.

Kamu bisa berkunjung kapan saja dari jam 08.00-22.00. Nantinya, akan dikenakan biaya tiket Rp 15.000 (hari biasa) dan Rp 30.000 (akhir pekan).

11. Alun-alun Probolinggo

Alun-Alun Probolinggo (sumber: @ratihdiah31 on Instagram)
Alun-Alun Probolinggo (sumber: @ratihdiah31 on Instagram)

Kamu ingin mencari tempat nongkrong yang nyaman dan dekat dari pusat kota? Mudah saja, Alun-alun Probolinggo adalah jawabannya. Tanpa tiket masuk alias gratis, kamu bisa bercengkerama sepuasnya di sini.

Alun-alun menjadi pilihan yang tepat untuk bersepeda dan lari santai di pagi maupun sore hari. Selain itu, sekadar bersantai atau menikmati kuliner sekitar pun menjadi alternatif kegiatan lain yang bisa dicoba. 

12. Agrowisata Sumberbendo

Agrowisata Sumberbendo (sumber - IhateGreenJello)
Agrowisata Sumberbendo (sumber – IhateGreenJello)

Tampaknya, agrowisata merupakan konsep destinasi wisata Probolinggo yang masih menjadi primadona. Sebut saja, Agrowisata Sumberbendo yang selalu ramai pengunjung setiap akhir pekan atau hari libur. Alamatnya ada di Desa Sumberbendo, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo.

Di objek wisata Agrowisata Sumberbendo, kamu bisa langsung memetik dan memakan buah anggur, sekaligus membelinya untuk dijadikan oleh-oleh. Bagi yang belum tahu, Probolinggo dikenal sebagai Kota Anggur sehingga belum afdol kalau tidak mampir ke kebun anggur Probolinggo.

Tidak perlu takut kehabisan slot, Agrowisata Sumberbendo beroperasi dari pukul 07.00-17.00 setiap hari. Harga tiket masuknya yakni cuma Rp 3.000 per orang.

13. Candi Kedaton

Candi Kedaton (sumber: @probolinggo_blusukan on Instagram)
Candi Kedaton (sumber: @probolinggo_blusukan on Instagram)

Candi Lawang Kedaton, atau lebih populer dengan nama Candi Kedaton ialah tempat wisata Probolinggo yang sarat akan nilai sejarah. Candi berbahan dasar batu andesit ini bertempat sekitar 60 km arah selatan dari pusat Kabupaten Probolinggo.

Berdiri pada akhir abad ke-14 di era Kerajaan Majapahit, Candi Kedaton dipercaya dibangun atas permintaan Dewi Rengganis sebagai syarat untuk menerima lamaran Sang Maharaja. 

Dalam wilayah candi berukuran 6 m2, terukir beraneka relief indah dengan tiga cerita utama, meliputi Arjunawiwaha, Garuda, dan Bhomakwya. Namun, sayangnya cuma kaki dan baturnya saja yang tersisa sekarang, sedangkan badan atau atap candi tidak diketahui keberadaannya. 

14. Air Terjun Kali Pedati

Air Terjun Kali Pedati (sumber: @aryagentaaa_ on Instagram)
Air Terjun Kali Pedati (sumber: @aryagentaaa_ on Instagram)

Banyak sekali destinasi wisata Probolinggo bertemakan alam yang pantang dilewatkan, salah satunya Air Terjun Kali Pedati. Surga tersembunyi yang satu ini menawarkan pesona alam yang masih terjaga karena masih jarang dijamah manusia.

Buat kamu yang ingin menikmati langsung, jangan lupa untuk menyiapkan tenaga ekstra mengingat medan yang harus dilalui lumayan terjal. Normalnya, perjalanan bisa ditempuh selama 1 jam dari Desa Kalianan ke Desa Kali Pedati. Adapun tiket masuk ke kawasan air terjun cuma nol rupiah alias gratis. 

Bosan dengan kegiatan rekreasi yang begitu-begitu saja? Coba aktivitas seru memacu adrenalin misalnya arung jeram. Di Probolinggo sendiri, terdapat sebuah sungai yang pas dijadikan lokasi arung jeram, namanya Sungai Pekalen.

Sungai Pekalen sendiri melewati tiga kecamatan di Kabupaten Probolinggo, yaitu Kec. Tiris, Gading, dan Maron. Dengan jarak lebih kurang 25 km dari pusat kota, tempat wisata Probolinggo ini tidaklah sulit dijangkau.

Para wisatawan nantinya dapat memilih zona arung jeram sesuai keinginan masing-masing, mengingat setiap zona dilengkapi dengan tingkat kesulitan dan panjang jalur yang berbeda. Tidak lupa pula dengan peralatan keamanan lengkap dan pendampingan dari instruktur. 

Wisata Arung Jeram Pekalen beroperasi setiap hari dari pukul 08.00-18.00. Untuk merasakan keseruannya, kamu mesti merogoh kocek hingga Rp 250.000 – Rp 300.000 per orang. 

16. Pemandian Air Panas Desa Tiris

Pemandian Air Panas Desa Tiris (sumber - Direktori Pariwisata)
Pemandian Air Panas Desa Tiris (sumber – Direktori Pariwisata)

Hampir semua orang suka mandi dan berendam dengan air panas. Apalagi di tengah cuaca yang dingin, kehadiran tempat seperti ini jelas sangat memancing para wisatawan. Di Kecamatan Tiris, terdapat Pemandian Air Panas Desa Tiris yang disebut sebagai destinasi wisata air panas Probolinggo nomor satu. 

Sambil berendam di kolam, kamu dapat menyaksikan bentang alam di sekitarnya yang membuat pikiran semakin rileks. Air panasnya dengan kandungan belerang pun dipercaya dapat mengobati penyakit kulit.

Cukup bermodalkan Rp 4.000 sebagai tiket masuk, pengunjung sudah bisa merasakan paket lengkap kenikmatan tersebut. Adapun Pemandian Air Panas Desa Tiris beroperasi dari pukul 07.00-18.00 setiap harinya.

17. Pantai Bentar

Pantai Bentar (sumber: @phonegraphyindonesia on Instagram)
Pantai Bentar (sumber: @phonegraphyindonesia on Instagram)

Masih soal wisata air, Pantai Bentar merupakan tempat wisata Probolinggo yang sering dikunjungi banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Letaknya persis di perbatasan Selat Madura.

Pasir yang lembut dan pepohonan yang berjejer menjadi daya tarik utama dari Pantai Bentar. Di samping itu, terdapat jembatan kayu yang memanjang dari bibir pantai menuju laut. Para pengunjung biasanya memanfaatkannya untuk berfoto ria. 

Tidak hanya jembatan, fasilitas gazebo, arena bermain anak-anak, serta penyewaan perahu sudah disiapkan bagi pengunjung yang mau merasakan pelayaran menyusuri perairan di pinggir Laut Jawa. Jika beruntung, di sana anda bisa juga menyaksikan kawanan hiu tutul yang sedang bermigrasi.

Pantai Bentar buka setiap hari (08.00-19.00) dengan harga tiket masuk sebesar Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. 

18. Air Terjun Umbulan 

Air Terjun Umbulan (sumber: @drizanjir_ on Instagram)
Air Terjun Umbulan (sumber: @drizanjir_ on Instagram)

Probolinggo memang tidak pernah kehabisan destinasi wisata air terjun. Meskipun jarang terjamah, Air Terjun Umbulan di Watulumpang, Kec. Sukapura, Kab. Probolinggo tetap menarik didatangi karena lingkungannya yang masih alami dan asri. Ditambah lagi dengan pemandangan air terjun di antara pepohonan dan bukit yang siap memanjakan mata.

Perjalanan ke air terjun ini lumayan menguras tenaga, tetapi akan sebanding dengan hasilnya. Jika berangkat dari Terminal Probolinggo, kamu bisa berkendara ke kawasan Gunung Bromo, lalu ke Pasar Sukapura, baru terakhir menyusuri jalan setapak menuju spot air terjun.

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang, kamu bisa mampir setiap hari mulai pukul 07.00-17.00.

19. Kebun Teh Andung Biru

Kebun Teh Andung Biru (sumber: @explorewisataprobolinggo on Instagram)
Kebun Teh Andung Biru (sumber: @explorewisataprobolinggo on Instagram)

Kebun Teh Andung Biru merupakan tempat wisata Probolinggo berikutnya yang menjadi primadona di kalangan wisatawan. Lokasinya tepat berada di Desa Andung Biru, Kec. Tiris, Kab. Probolinggo.

Kamu bisa melihat hamparan teh yang hijau dan asri di sini. Udara khas perkebunan yang sejuk juga dijamin akan membuat pengunjung betah menghabiskan waktu berlama-lama.

Beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00-18.00, Kebun Teh Andung Biru mematok tiket masuk yang bersahabat, yakni Rp 5.000/orang.

20. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro (sumber: @exploregunungyuk on Instagram)
Gunung Argopuro (sumber: @exploregunungyuk on Instagram)

Selain Bromo, terdapat pula destinasi wisata alam yaitu Gunung Argopuro. Objek wisata Probolinggo ini membentang luas menuju lima kabupaten berbeda, antara lain Probolinggo, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Lumajang.

Dikenal sebagai gunung dengan trek pendakian paling panjang (40 km), Argopuro menjulang tinggi hingga 3.088 mdpl. Di atas puncaknya yang menawan, terdapat situs purbakala berupa punden berundak. Menurut masyarakat lokal, reruntuhan tersebut merupakan kediaman Dewi Rengganis, anak perempuan dari Raja Brawijaya. 

Buat kamu yang ingin menjajalnya, tidak perlu khawatir sebab Gunung Argopuro buka 24 jam setiap hari. Biaya masuknya sendiri hanya sebesar Rp 20.000/orang.

Baca juga: Gili Ketapang: Info Snorkeling, Tiket Masuk, Lokasi, & Rute

Demikianlah rekomendasi 20 destinasi wisata Probolinggo terbaik versi Advontura. Kalau kamu sendiri, tertarik liburan ke mana dulu, nih?

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *